Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dan Manfaatnya untuk Bisnis
Pengelola website pasti sudah tidak asing dengan istilah backlink. Istilah yang satu ini memang cukup popular di dunia digital marketing. Selain sangat berpengaruh terhadap Search Engine Optimization (SEO), backlink juga terbilang sangat efektif untuk meningkatkan traffic website. Lantas bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas untuk Website-mu?
Tentu saja peningkatan traffic website ini adalah tujuan dari stategi digital marketing. Tak heran bila banyak marketer yang berlomba-lomba untuk memperbanyak backlink. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan berbagai mitra.
Namun perlu juga kamu ketahui bahwa membuat backlink tidak boleh sembarangan dan asal-asalan. Tetap harus berkualitas. Nah, pada artikel ini kamu akan mengetahui bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas.
Sebelum ke pembahasan tersebut, alangkah baiknya kamu mengerti terlebih dahulu tentang pengertian backlink. Selain itu juga mengapa backlink sangat penting untuk diterapkan jika kamu dalam pengembangan website? Berikut penjelasan dari pertanyaan pertanyaan tersebut.
Apa Itu Backlink?
Backlink merupakan sebuah link yang dicantumkan di sebuah wensite yang bertujuan mengarah ke halaman websitemu. Kegiatan ini juga biasa disebut dengan link building. Dengan membangun link semakin banyak, hal ini juga dapat memberi pengaruh besar terhadap keberhasilan SEO.
Selain itu terdapat pula istilah outbound link dan inbond link. Biasanya lebih dikenal dengan istilah pemberi dan penerima link. Jika ada sebuah website yang mencantumkan link dan bertujuan mengarahkan pembaca ke halaman websitemu, itu berarti kamu disebut sebagai penerima link.
Namun ketika kamu mencantumkan link halaman website lain dan bertujuan mengarahkan pembaca untuk mengunjungi halaman tersebut, itu berarti kamu disebut sebagai pemberi link. Nah, ketika membangun backlink, kamu akan lebih cenderung sebagai penerima daripada pemberi.
Meskipun terlihat sederhana, namun jangan salah jika backlink ternyata memiliki dampak yang cukup signifikan dengan kenaikan traffic website. Oleh karena itu backlink sangat penting untuk diterapkan. Selain itu masih banyak alasan lain mengapa backlink penting untuk diterapkan. Penjelasannya seperti berikut.
Mengapa Backlink Itu Penting?
Tak hanya sangat efektif untuk meningkatkan traffic pada website, namun backlink juga memiliki pengaruh yang sangat penting lainnya. Untuk itu sebelum kamu menerapkan strategi digital marketing yang satu ini, alangkah baiknya kamu mengetahui alasan mengapa backlink penting untuk diterapkan.
Website Mudah Ditemukan dalam Pencarian Gogle
Alasan pertama adalah backlink dapat membuat website mudah ditemukan dalam pencarian Google. Tentu saja berada di peringkat pertama atau teratas halaman Google menjadi impian pemilik website. Oleh karena itu untuk menerapkannya, dibutuhkan strategi SEO yang sangat matang.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa backlink sangat berpengaruh terhadap SEO. Selain kata kunci, sistem Google akan melakukan crawling untuk mengidentifikasi website dengan menggunakan link. Ini sangat efektif diterapkan oleh website-website baru.
Keberadaan backlink itu seperti peta. Link tersebut akan terindeks oleh Google. Sehingga websitemu akan dengan mudah ditemukan. Semakin banyak backlink yang kamu dapat, akan semakin mudah pula bagi Google mengidentifikasi websitemu.
Namun perlu diketahui bahwa membuat backlink tidak boleh sembarangan. Backlink yang asal-asalan dapat dikhawatirkan membawa boomerang bagi websitemu. Tentu saja pasti hal tersebut bisa jadi mimpi buruk.
Backlink Berguna untuk Menjaga Reputasi di Google
Selain mudah ditemukan Google, backlink juga berguna untuk menjaga reputasi. Reputasi merupakan hal yang cukup penting menurut mesin pencarian. Sebab ketika orang sedang mencari sesuatu di Google, mereka akan memasukkan kata kunci.
Dari kata kunci tersebut, Google akan menampilakan halaman website yang paling popular untuk ditampilkan pada halaman pertama. Website yang paling popular akan direkomendasikan kepada si pencari. Semakin banyak backlink pada websitemu, maka semakin teridentifikasi pula website tersebut sebagai yang popular.
Backlink Relevan Meningkatkan Kredibilitas Website
Alasan lain mengapa backlink penting adalah sangat relevan untuk meningkatkan kredibilitas website. Semakin banyak backlink yang mengarah ke halamanmu, itu berarti websitemu dipercaya menjadi sumber referensi dan dianggap sangat kredibel.
Perlu juga diketahui bahwa Google menilai backlink tidak hanya dari kuantitas saja, namun juga dari relevansinya. Apasih backlink relevan itu? Backlink relevan merupakan backlink yang didapatkan dari website atau blog dari niche yang relevan.
Misalnya kamu mengelola website toko beauty product. Nah, jika kamu mendapatkan backlink dari website khusus beauty care, itu berarti backlink yang kamu gunakan sangat relevan. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam penilaian Google.
Backlink Mendatangkan Trafik ke Website
Alasan lain mengapa backlink penting adalah dapat mendatangkan traffic ke website. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ketika sebuah website mencantumkan link halaman websitemu, itu berarti mereka menjadikan websitemu sebagai sumber.
Nah, pengunjung website tersebut juga akan berpotensi untuk mengunjungi websitemu. Selain itu dengan menggunakan backlink, Google juga akan mengidentifikasimu sebagai website popular. Ketika websitemu popular akan sangat besar potensinya untuk berada pada peringkat atas dan halaman pertama.
Jika websitemu berada pada halaman pertama, itu berarti akan menjadi rujukan orang ketika mereka mencari informasi tertentu. Dengan begitu traffic wesbitemu juga akan meningkat secara signifikan.
Itulah alasan penting mengapa backlink penting untuk diterapkan. Nah, selanjutnya bagaimana sih cara mendapatkan backlink yang berkualitas? Berikut ulasan selengkapnya.
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
Tidak semua backlink bagus untuk website. Jika kamu menerapkan backlink yang asal-asalan, justru hal tersebut akan membawa dampak buruk bagi website. Oleh karena itu kamu perlu link yang berkualitas. Berikut adalah hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan link berkualitas.
Bangun Kredibilitas
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun kredibilitas. Buat websitemu menjadi sumber yang kredibel. Selain itu kamu juga bisa menggunakan outbound link yang kredibel.
Dengan menggunakan outbound link yang kredibel, itu berarti websitemu juga akan telihat kredibel. Dan backlink yang kamu dapatkan juga akan kredibel dan berkualitas pula.
Tulis Konten yang Lengkap dan Solutif
Untuk membangun website yang berkualitas, hal yang harus kamu perhatikan adalah dengan membuat konten yang berkualitas pula. Buatlah konten yang kredibel dengan sumber-sumber yang dapat diperaya. Selain itu konten yang kamu buat juga harus lengkap.
Usahakan konten websitemu menjawab pertanyaan yang dicari oleh pengguna. Sehingga masalah yang mereka alami akan terselesaikan dengan membaca artikel yang kamu buat. Bahkan mereka juga tidak akan ragu membagikan kontenmu ke laman sosial media maupun website mereka.
Membuat Skyscraper Content
Cara selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan membuat skyscraper content. Strategi ini dinilai cukup efektif untuk mendapatkan link berkualitas. Skyscraper content yakni cara yang dilakukan dengan membuat atau mengembangkan konten yang memiliki rating tinggi.
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika memakai strategi ini adalah dengan cara menelisik Google Analytics. Dalam tools tersebut kamu bisa mengetahui konten mana saja yang paling diminati dan masuk di halaman pertama Google.
Atau bisa juga kamu memasukkan kata kunci yang berkaitan di halaman pencarian. Lalu konten yang berada di urutan teratas merupakan konten yang popular. Nah, kamu bisa membuat dan mengembangkan kembali konten tersebut.
Buat Konten yang Unik
Semakin original konten yang kamu buat, akan semakin unik. Dengan konten yang unik kamu juga akan memiliki cirri khas tersendiri di mata pengguna internet. Jika memungkinkan kamu bisa membuat konten yang belum pernah dibuat oleh orang lain.
Dengan begitu kamu akan menjadi pertama dan pelopor. Jika konten yang kamu buat tersebut viral, maka kontenmu akan semakin diperhitungkan. Perusahaanmu pun akan dinilai sangat kreatif.
Buat Infografik
Langkah berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah membuat infografik. Tak menutup kemungkinan pula bagi pembaca internet untuk malas membaca artikel berbentuk paragraph. Sebab akan terasa sangat melelahkan.
Oleh karena itu banyak di antara pengguna internet yang suka memilih membaca konten infografik. Selain mudah untuk dibaca, konten berbasis infografik ini juga mudah untuk dibagikan. Sehingga akan sangat efektif bagi pengguna untuk memahami informasi yang kamu sajikan.
Ingin tahu bagaimana cara membuat konten infografik dan manfaatnya untuk promosi? Simak di sini.
Gunakan Tools Backlink
Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, kamu juga bisa menggunakan tools. Tak hanya mengandalkan membuat konten yang solutif dan unik saja untuk mendapatkan backlink dari website yang berkualitas.
Selain pendekatan personal, kamu juga bisa memantau website mana sajakan yang dirasa layak untuk dijadikan backlink. Untuk mengetahui website berkualitas tersebut, kamu bisa menggunakan tools backlink.
Salah satunya adalah Ahrefs. Tools yang satu ini menjadi yang terfavorit. Sebab dengan Ahrefs kamu bisa mengetahui website atau blog mana saja yang berkualitas. Dengan begitu kamu bisa bekerjasama untuk mendapatkan backlink dari website tersebut.
Gunakan Content Sharing Platform
Selain menggunakan tools backlink, kamu juga bisa menggunakan content sharing platform. Cara ini dinilai cukup efektif untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Beberapa content sharing platform yang bisa kamu gunakan adalah Medium, Kompasiana, Hipwee, VIVA Blog, Kaskus, Reddit, dan SlideShare.
Kamu bisa menulis konten dalam platform tersebut dan kemudian menyisipkan baclink agar menuju website. Dengan begitu sama saja kamu akan mendapatkan link yang berkualitas. Sebab platform tersebut terbilang kredibel dan memiliki nilai yang cukup bagus. Sehingga sangat efektif jika backlink yang kamu dapatkan berasal dari platform tersebut.
Lakukan Guest Blogging
Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan melakukan guest blogging. Apa itu guest blogging? Guest blogging merupakan kegiatan saat kamu menulis artikel tidak untuk diterbitkan di websitemu, melainkan di website lain.
Nah, dengan menerbitkan artikel di website orang lain ini kamu bisa menyisipkan backlink untuk menuju ke websitemu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan link yang berkualitas. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan apakah website tersebut berkualitas atau tidak.
Gunakan Metode Broken Link Building
Tak hanya melakukan guest blogging, kamu juga bisa menggunakan metode broken link building. Metode ini merupakan metode mengganti link yang telah rusak. Kamu bisa mencari website yang memiliki outbound link yang rusak.
Selanjutnya kamu bisa menawarkan kepada mereka untuk mengganti link yang rusak tersebut dengan link yang menuju websitemu. Dengan begitu backlink berkualitas akan semakin banyak kamu dapatkan.
Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan link berkualitas. Namun sebelum melangkah lebih jauh menggunakan backlink, kamu perlu mengetahui kriterianya. Dan berikut kami kelaskan tentang criteria dan contoh backlink.
Kriteria dan Contoh Backlink Berkualitas
Perlu kamu ingat bahwa kamu tidak bisa asal-asalan dalam membuat backlink. Justru ada banyak hal yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan. Sebab jika tidak, hal tersebut akan menjadi boomerang bagi kamu. Justru bukannya peringkat teratas Google yang didapatkan, namun justru blacklist.
Sebelum hal itu terjadi, kamu perlu mengetahui kriteria seperti apa sih, blacklink berkualitas itu. Berikut penjelasan selengkapnya.
Relevansi
Kriteria pertama yang harus kamu perhatikan adalah relevansi. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa untuk mendapakan backlink yang berkualitas, kamu memerlukan relevansi. Relevansi ini juga akan membangun kredibilitas pada website.
Oleh karena itu kamu perlu melakukan riset tentang website mana saja yang memiliki relevansi dengan websitemu. Setelah melakukan riset, kamu bisa membuat skema untuk mengelompokkan website tersebut. Skema tersebut dibuat berdasarkan tiga golongan. Yakni sangat relevan, cukup relevan dan tidak relevan.
Sangat relevan ini merupakan website review. Carilah website review yang berkaitan dengan produk yang sedang kamu pasarkan. Misalnya kamu sedang memasarkan produk pemutih wajah. Jadi kamu bisa menggunakan website yang berkaitan dengan review produk kecantikan.
Golongan ke dua adalah cukup relevan. Kategori website ini adalah umum. Kamu bisa mencari website atau blog yang berkaitan dengan produk yang kamu pasarkan. Sedangkan golongan ke tiga adalah tidak relevan.
Sebenarnya dalam golongan ini kamu bisa menjawab iya dan tidak. Biasanya kamu bisa menggunakan backlink dari portal berita. Jika portal berita tersebut membahas tema yang relevan dengan produk yang kamu pasarkan, kamu bisa menggunakannya sebagai backlink. Apalagi jika traffic website tersebut sangat tinggi. Tentu perlu hal ini perlu kamu perhitungkan baik-baik.
Sedangkan jika website tersebut tidak relevan dan tidak mempunyai traffic yang tinggi, kamu tidak perlu menggunakannya. Sebab backlink yang kamu dapatkan akan cenderung tidak berkualitas.
Punya Pengaruh (Authority)
Kriteria berikutnya adalah memiliki pengaruh. Website yang kamu gunakan tidak cukup mempunyai relevansi saja, namun juga harus memiliki pengaruh. Website yang memiliki pengaruh yang cukup besar akan meningkatkan kredibilitas websitemu.
Lantas bagaimana cara mengetahui bahwa website tersebut memiliki pengaruh atau tidak? Kamu bisa mengetahuinya dengan cara menggunakan tools Ahrefs.
Tools ini akan membantumu mencari website yang kredibel. Yakni dengan cara mengukur skala 1 sampai 100 dengan Domain Rating (DR). Semakin tinggi DR dari website tersebut, maka semakin kredibel pula website itu.
Trafik
Tak hanya domain rating saja yang perlu diperhatikan, yakni trafik website tersebut juga sangat perlu diperhatikan. Pastikan bahwa website yang akan kamu Tanami backlink memiliki trafik yang cukup tinggi. Bagaimana caranya?
Masih sama, kamu bisa menggunakan Ahrefs untuk mengetahui website mana saja yang memiliki traffic tinggi. Dengan begitu kamu tidak akan ragu lagi untuk menjadikan mereka tempat untuk menanam link.
Standar Editorial
Kriteria berikutnya adalah strandar editorial. Meskipun terihat sepele, namun editorial artikel menjadi aspek yang cukup penting untuk melihat kredibilitas dari website tersebut. Oleh karena itu pastikan website mempunyai standart editorial yang sesuai.
Kualitas Outbound Link
Selain kualitas dari editorial yang perlu kamu perhatikan, kualitas outbound link juga perlu kamu lihat juga. Website yang menggunakan backlink berkualitas, biasanya akan memberi backlink yang berkualitas pula.
Nah, untuk memastikan hal tersebut, alangkah baiknya kamu juga perlu mengecek outbound link yang ada dalam website tersebut.
Ingin tahu lebih jelas soal outbound link? Simak penjelasannya di sini!
Terindeks Google
Kriteria terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah terindeks oleh Google. Jika website yang akan kamu Tanami backlink tidak terindeks oleh Google, maka hal tersebut adalah sia-sia. Tidak akan ada impact yang kamu dapat dari website tersebut.
Lantas bagaimana cara mengetahuinya? Kamu bisa mengunjungi ‘site:contohwebsite.com’ untuk memastikan. Jika dari hasil percarian tersebut tidak muncul apa-apa, maka sebaiknya urungkan niat untuk menanam baclink di website tersebut.
Itulah beberapa criteria yang perlu kamu perhatikan ketika mencari website yang cocok untuk menjadi partner building link. Selain itu ternyata ada beberapa jenis backlink. Apa saja? Berikut daftarnya.
Jenis-jenis Backlink
Pada dasarnya backlink terbagi menjadi dua jenis. Yakni quality backlink dan toxic backlink. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Nah, untuk mengetahui perbedaan dari dua backlink ini, simak penjelasannya sebagai berikut.
Quality Backlink
Merupakan jenis backlink yang berasal dari sumber-sumber yang kredibel dan terpercaya. Quality backlink tidak digunakan untuk memanipulasi SERP seperti Google. Jenis backlink yang satu ini cocok untuk digunakan pemilik website yang memiliki tujuan meningkatkan kualitas website.
Biasanya hanya website yang dianggap sangat kredibel yang akan mendapatkan backlink. Sebab orang akan merasa website tersebut memiliki beragam manfaat. Sehingga mereka tidak akan ragu menempatkan website tersebut sebagai backlink.
Untuk mengetahui quality backlink, biasanya kamu lihat dari tiga kategori. Yakni datang dari sumber terpercaya, punya potensi memberikan referral topic, serta topic sesuai dengan konten yang kamu buat.
Toxic Backlink
Sedangkan toxic backlink merupakan backlink yang kerap marketer gunakan untuk memanipulasi peringkat Google. Hal ini tentu saja sangat beresiko. Sebab akan berpotensi membuat SEO terancam.
Dampak buruknya websitemu akan terhalang algorithm adjustment Google. Selain itu juga dapat berdampak buruk pada traffic organic website.
Lantas bagaimana sih cara mengetahui toxic backlink? Kamu bisa mengetahuinya dengan cara melihat darimana asal sumber tersebut. Biasanya toxic backlink berasal dari sumber yang mencurigakan. Selanjutnya juga tidak sesuai dengan topic kontenmu.
Bahkan juga spam di komen blog, menggunakan anchor yang sama persis, ada pada website yang tidak teridentifikasi Google, backlink disembunyikan di footer hingga link tersebut selalu ada di halaman website.
Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai cara mendapatkan backlink berkualitas yang perlu kamu tahu. Apakah kamu mau menggunakan tips di atas dalam strategi pemasaran digitalmu?
Jangan lupa untuk tinggalkan pendapatmu di kolom komentar, serta ikuti terus berbagai tips branding dan promosi menarik di laman Berita Terkini.