Cara Mengirim Produk Ke Luar Negeri dengan Aman

cara mengirim produk ke luar negeri

Ketika mengembangkan bisnis sampai ke pasar internasional, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Termasuk menyediakan cara mengirim produk ke luar negeri yang aman dan terpercaya.

Dengan memasarkan produk / brand kosmetikmu secara online, maka akan semakin mudah juga bagimu menjangkau pasar yang lebih luas. Termasuk mencapai pasar luar negeri, yang mungkin malah tidak kita prediksi sebelumnya.

Untungnya,  kini mengirim produk ke luar negeri sangatlah mudah dan cepat dilakukan. Bahkan beberapa ekspedisi menyediakan pelayanan secara online dan dapat menjemput paket ke alamat rumah maupun kantor kamu.

Lantas apa saja ekspedisi yang bisa dan melayani pengiriman barang ke luar negeri? Bagaimana cara memilihnya, serta tips pengemasan barang agar sampai dengan aman ke tangan konsumen?

Tenang, semua hal ini akan kita bahas pada artikel ini. Kamu bisa menyimak semua cara mengirim produk ke luar negeri, termasuk berapa ongkosnya, apa saja ekspedisi yang bisa kamu pilih?

Penasaran? Langsung baca ulasan di bawah ini sampai habis, ya, Beautypreneurs!

Tips Memilih Ekspedisi yang Tepat

Meski ada banyak jasa pengiriman barang ke luar negeri yang bisa kamu coba, namun kamu juga harus memilih perusahaan yang tepat agar produk bisa sampai di tangan konsumen dengan aman.

Berikut ini beberapa tips memiliih ekspedisi yang tepat untuk pengiriman paket kamu hingga keluar negeri. Yuk, simak baik-baik!

  1. Memilih ekspedisi yang mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan.
  2. Gunakan sistem ekspedisi yang cepat dan aman.
  3. Pertimbangkan ekspedisi yang menyediakan sistem tracking paket dan profesional.
  4. Pilih ekspedisi dengan jaminan keamanan dan jasa asuransi yang lengkap.

Cara Mengirim Produk ke Luar Negeri dengan Mudah

Kamu mungkin bingung mengenai bagaimana cara mengirim produk ke luar negeri dengan mudah. Namun, pada dasarnya cara mengirim produk ke luar negeri sendiri tak jauh beda dengan pengiriman dalam negeri.

Hanya saja, kamu perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan tambahan. Biasanya, syarat dan ketentuan ini pun berbeda pada tiap perusahaan ekspedisi. Namun, secara umum kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini bila ingin mengirim produk ke luar negeri dengan mudah.

Yuk, simak baik-baik cara mengirim produk ke luar negeri ini, Beautypreneur!

  1. Persiapkan semua produk yang akan kamu kirimkan ke luar negeri dan kemas dengan aman.
  2. Pilih ekspedisi  yang menyediakan pengiriman paket hingga ke luar negeri
  3. Serahkan paket kepada ekspedisi dan lengkapi formulir pengiriman barang yang diberikan oleh petugas.
  4. Lakukan pembayaran tarif ongkos kirim sesuai dengan yang telah ditentukan .
  5. Cek status pengiriman paket
  6. Minta no resi untuk monitoring paket yang sedang dikirim
  7. Pantau paket secara berkala hingga sampai tujuan

Jenis Jalur Pengiriman Paket ke Luar Negeri

Ketika memilih pengiriman barang ke luar negeri, kamu harus mempertimbangkan banyak hal. Termasuk jenis jalur pengiriman paket yang digunakan.

Pada dasarnya, ada dua jenis jalur pengiriman paket ke luar negergi yang banyak digunakan saat ini. Yakni pengiriman jalur via udara dan jalur via laut.

Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang bisa langsung kamu simak dalam uraian berikut ini.

Pengiriman Paket Via Udara

Pengiriman paket via udara ini berarti dalam prosesnya barang akan dikirim ke negara tujuan menggunakan jalur udara, atau menggunakan pesawat.

Penggunaan metode ini sangat cocok apabila kamu ingin produk yang dikirimkan tersebut cepat sampai ke tangan pembeli. Karenanya, banyak juga yang menggunakan jenis pengiriman barang ini untuk kebutuhan yang mendesak.

Kecepatannya ini didukung oleh ketersediaan jasa pengiriman barang via udara yang selalu ada setiap hari. Karenanya, kamu tidak harus menunggu beberapa minggu atau bulan untuk mengirimkan paket ke luar negeri.

Sayangnya, pengiriman paket via jalur udara ini cukup mahal, lho. Sebab itu, sangat jarang para pelaku bisnis menggunakan jenis jasa pengiriman ini, kalau tidak untuk kepentingan yang sangat mendesak.

Terlebih jenis pengiriman ini juga tidak mendukung produk dalam jumlah yang terlalu besar. Karena jalur udara ini memiliki kapasitas berat yang tidak terlalu besar. Sehingga kerap digunakan untuk mengangkut dokumen, surat-surat penting, atau barang yang mudah rusak dalam waktu lama.

Pengiriman Paket Via Laut

Jenis pengiriman paket selanjutya adalah via laut, yang maksudnya dalam prosesnya menggunakan kapal besar pengangkut barang (kapal kargo). Biasanya produk akan dimasukkan ke dalam kontainer yang diangkut oleh kapal tersebut.

Tarif pengiriman paket ke luar negeri dengan jalur laut ini terbilang lebih murah dibandingkan dengan jalur udara atau pesawat.

Sayangnya, pengiriman kargo ini enggak bisa secepat ketika kamu mengirim video via udara. Karena kapal kargo memang khusus untuk mengantarkan barang-barang tersebut dalam jumlah banyak.

Sehingga diperlukan waktu untuk mengumpulkan barang kiriman menjadi lebih banyak terlebih dahulu, baru bisa diangkut dan diantarkan sesuai dengan negara tujuan masing-masing.

Nah, sebagai penjual tentu pengiriman barang dengan kargo bisa menjadi pilihan yang cukup ideal untuk digunakan. Untuk menenangkan konsumen, kamu bisa mencantumkan waktu estimasi produk sampai ke tangan konsumen.

Biaya Kirim Paket ke Luar Negeri

Selain jenis jalur pengirimannya, kamu juga pasti bertanya-tanya mengenai biaya kirim paket ke luar negeri. Apakah memang semahal yang kamu pikirkan selama ini, atau bisa jadi lebih murah?

Jawabannya, biaya kirim paket ke luar negeri ini relatif sesuai dengan kebijakan dan layanan ekspedisi yang kamu gunakan. Biasanya, tiap perusahaan memiliki pilihan metode layanan pengiriman paket dan promo yang berbeda-beda.

Misalnya ada potongan harga untuk pengguna layanan pengiriman online, pembayaran dengan metode transfer bank tertentu, hingga ke negara tertentu.

Selain itu, tarif pengiriman produk ke luar negeri ini pun berbeda-beda pada tiap negara tujuannya. Contohnya, ketika kamu mengirim produk ke negara tetangga, seperi Malaysia, Thailand, ataupun Singapore akan jauh lebih murah dibandingkan kamu mengirim produk ke Amerika.

Pajak Kirim Paket ke Luar Negeri

Selain jarak dan jenis pengiriman barang, hal yang mempengaruhi pengiriman paket ke luar negeri ini adalah pajak pengiriman. Karenanya, sebelum mengirimkan paket sebaiknya kamu cari tahu dulu mengenai aturan dan ketentuan pajak dari negara tujuan pengiriman.

Sebab semua negara pasti memiliki aturan batas maksimum dikenakan pajak bea cukai terhadap barang yang masuk ke negara mereka. Bukan tidak mungkin, kalau produk yang kamu kirim ini tidak terkena pajak sama sekali, dan akhirnya hanya membayar ongkir.

Meski begitu, kalaupun dikenakan pajak atas paket yang dikirimkan tersebut, namun yang berkewajiban untuk membayar pajak adalah si penerima paket. Karenanya, kamu perlu berdiskusi dengan pembeli atau konsumen kamu terlebih dahulu.

Tips Mengirim Produk Ke Luar Negeri Agar Barang Tetap Aman

Agar barang / produk yang kamu kirimkan ke luar negeri sampai dengan aman, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini!

Packing Barang dengan Aman

Langkah pertama adalah dengan mempersiapkan produk yang akan dipaketkan dalam kemasan seaman mungkin. Dengan begitu, produk yang akan kamu kirim tidak akan pecah dan selamat dalam perjalanan.

Kamu bisa menggunakan kardus yang kokoh, plastik pembungkus dan melapisi paket dengan selotip bila produk yang kamu kirim ini termasuk mudah rusak karena benturan. Kamu juga dapat melapisinya dengan bubble wrap agar paket lebih tahan akan goncangan.

Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan alamat tujuan paket. Tulis alamat tujuan paket dengan benar dan rinci, agar produk bisa sampai ke tangan konsumen.

Pilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih jasa ekspedisi yang tepat. Artinya kamu harus memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya dan memiliki sistem pelacakan paket, sehingga akan memudahkanmu dan konsumen memonitoring keberadaan produk yang kamu kirim.

Tentukan Estimasi Biaya Pengiriman

Karena pengiriman barang ke luar negeri bisa memakan waktu yang cukup lama, apalagi ketika menggunakan pengiriman kargo. Maka, kamu perlu melakukan estimasi biaya dan ketersampaian barang ke tangan konsumen.

Untuk itu, sebelum memilih jasa pengiriman kamu bisa membandingkan tarif pengiriman beberapa ekspedisi sekaligus dan pilih yang paling murah.

Gunakan Asuransi

Ketika kamu mengirimkan paket berisi barang-barang berharga, maka sangat penting untuk menggunakan asuransi pada pengiriman paket yang disediakan pada perusahaan penyedia ekspedisi yang kamu pilih.

Daftar Expedisi dengan Layanan Pengiriman Ke Luar Negeri

Setelah mengetahui berbagai cara mengirim produk ke luar negeri dan tips agar produk aman sampai tujuan. Apakah kamu sudah mengembangkan produkmu hingga ke pasar internasional?

Nah, tak perlu terlalu terburu-buru, berikut ini ada daftar perusahaan pengirim barang ke luar negeri yang dapat kamu jadikan referensi. Apa aja? Langsung simak jenis-jenisnya berikut ini, ya!

  1. TNT Express
  2. Pos Indonesia
  3. DHL Express
  4. EMS Pos Indonesia
  5. FedEx
  6. United Parcel Service (UPS)
  7. JNE International
  8. Titipan Kilat (TIKI)
  9. Dan banyak lainnya.

Nah, itu adalah berbagai penyedia jasa pengiriman produk hingga ke luar negeri yang mungkin belum kamu tahu. Kamu bisa memilih mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan pengirimanmu.

Dari uraian di atas, kamu pasti sudah mengerti bahwa sekarang menjalankan dan mengembangkan bisnis terbilang lebih mudah. Kamu bahkan bisa mengembangkan bisnismu ke Luar Negeri dan menjangkau konsumen Internasional.

Cara mengirim produk ke luar negeri di atas bisa kamu terapkan pada bisnis yang kamu jalankan sekarang. Jangan lupa pastikan keamanan produk dan berikan layanan terbaik untuk konsumenmu. Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman dan mau melakukan pembelian ulang di masa mendatang.

Nah, sampai sini dulu tips bisnis kali ini. Semoga beruntung, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

Leave a Comment