Paid Promote – Manfaat & Cara Menggunakannya untuk Bisnis

paid promote

Sebagai seorang beautypreneur, kamu pasti memahami bahwa persaingan pasar nasional kini sangat ketat. Apalagi tak hanya bersaing dengan merk kosmetik lokal, kamu pun juga harus bertarung dengan brand luar negeri yang jauh lebih popular.

Karenanya, jalan utama untuk memenangkan persaingan ini sebenarnya terletak pada strategi pemasaran yang kamu miliki. Tujuannya bukan hanya untuk menaikkan angka penjualan produk, melainkan membuat brand lebih dikenal dan diakui masyarakat.

Nah, sebenarnya ada banyak jenis kegiatan promosi yang bisa kamu jadikan strategi pemasaran. Misalnya dengan memanfaatkan kekuatan media social dan orang-orang yang cukup berpengaruh di media tersebut.

Yap! Yang lagi kita bicarain sekarang adalah penggunaan jasa influencer dan penggunaan strategi paid promote. Kamu pasti pernah dengar soal teknik pemasaran ini, kan?

Paid promote sebenarnya sudah sangat marak digunakan sejak keberadaan selebgram atau influencer begitu memengaruhi audience media social.

Lantas mengapa jenis pemasaran ini begitu ramai digunakan? Apakah benar paid promote bisa memberikan banyak keuntungan untuk bisnis?

Simak ulasan di bawah ini biar kamu tahu jawabannya!

Sekilas Soal Paid Promote

Paid promote adalah jasa layanan promosi dengan standar tarif atau harga tertentu, sesuai dengan perjanjian atau kesepakatan antara penyedia jasa dan penggunanya.

Sistem paid promote ini pun banyak digunakan di media social, khususnya akun-akun yang memiliki jumlah pengikut aktif yang besar dan engagement rate yang tinggi.

Kini, penyedia jasa paid promote didominasi oleh selebriti, influencer, hingga reviewer yang popular di kalangan pengguna media social.

Penggunaan paid promote dirasa menguntungkan karena followers aktif dari orang-orang yang berpengaruh ini diharapkan dapat tertarik dengan promosi yang dibuat.

Sehingga akan memberikan hasil yang memuaskan pada pengguna jasa paid promote. Misalnya, meningkatkan kunjungan pada akun bisnis mereka, mencari tahu tentang brand / produk, hingga melakukan pembelian.

Manfaat Menggunakan Paid Promote untuk Bisnis Kosmetik

manfaat paid promote

Setelah mengetahui konsep dasar paid promote, kamu juga harus tahu apa saja manfaat menggunakan strategi pemasaran ini untuk bisnis kosmetik yang kamu rintis.

Simak penjelasannya di bawah ini, Beautypreneur!

Dapat Menargetkan Audience yang Diinginkan

Manfaat menggunakan paid promote yang pertama adalah dapat menargetkan audience yang diinginkan. Sehingga konten promosi yang dilakukan akan jauh lebih efisien dan tepat sasaran.

Seperti yang kamu tahu, sebelum menggunakan jasa influencer atau pihak lain untuk melakukan paid promote. Kamu pasti sudah melakukan riset dan analisis terhadap akun mereka terlebih dahulu.

Misalnya siapa saja yang mem-follow mereka, bagaimana keaktifan followers, serta bagaimana cara mereka mempromosikan suatu brand / produk kecantikan.

Tak hanya itu, umumnya sebelum iklan benar-benar dibuat dan diunggah. Pihak penyedia paid promote pun menyesuaikan konten mereka dengan target audience yang ingin diraih.

Promosi Memiliki Jangkauan yang Lebih Luas

Meski audience dapat ditargetkan, pada dasarnya ketika kita memasarkan bisnis di media social ada kemungkinan iklan tersebut akan menjangkau lebih banyak audience. Ini merupakan manfaat menggunakan jasa paid promote lainnya.

Keuntungan ini akan semakin besar bila kamu bisa menentukan media social yang paling banyak digunakan akhir-akhir ini, serta kesesuaiannya dengan produk atau brand kosmetik milikmu.

Pemilihan platform ini tak hanya akan membuat jangkauan promosi lebih luas, bahkan kamu bisa membidik calon audience potensial yang memiliki ketertarikan pada brand kosmetikmu.

Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Kosmetik

Karena menggunakan jasa influencer atau public figure yang telah memiliki penggemar sendiri, paid promote bisa membantu meningkatkan brand awareness bisnismu.

Keuntungan ini pun akan jadi lebih maksimal kalau kamu memilih influencer atau public figure yang tepat. Misalnya dengan mempertimbangkan image mereka dan menyesuaikannya dengan brand kosmetikmu, melihat keteraturan dan keaktifan mereka di media social, juga interaksinya dengan penggemar.

Ketika image influencer ini sangat baik dan bisa menggambarkan produkmu dengan baik, maka masyarakat bisa turut tertarik untuk mengenal brand kosmetik yang kamu promosikan.

Dengan meningkatnya brand awareness, maka permintaan dan pembelian terhadap produk kosmetik pun akan meningkat.

Meski image dan popularitas influencer ini memegang peranan penting, jangan lupakan juga konsep konten promosi yang akan dibuat.

Kamu harus memastikan iklan tersebut memuat konten yang padat, singkat, namun bisa menarik rasa penasaran konsumen terhadap brand kosmetik milikmu.

Kekurangan Paid Promote untuk Bisnis

Selain memiliki kelebihan, penggunaan paid promote sebagai teknik pemasaran pun memiliki kekurangan tersendiri. Seperti yang dijelaskan dalam poin-poin berikut ini.

Harga yang Relatif Mahal

Sama halnya ketika akan menyewa jasa untuk endorsement, menggunakan influencer untuk paid promote pun memiliki harga yang cukup mahal. Apalagi kalau pihak penyedia jasa ini memiliki akun yang kuat dan followers aktif yang besar.

Sementara menggunakan akun-akun yang lebih kecil pun dikhawatirkan tidak dapat memberikan banyak feedback pada bisnis kosmetik milikmu.

Pengaruh yang Relatif Kecil di Media Sosial

Setiap iklan tentu memiliki kekurangan masing-masing, begitu juga dengan paid promote. Jenis iklan ini sayangnya memiliki pengaruh yang kecil.

Sebab umumnya ketika iklan dibuat di media social Influencer tersebut, konten yang dibuat tidak memuat foto dari influencer. Sehingga audience pun bisa saja kurang tertarik dan mempercayai manfaat dari produk tersebut.

Konten Iklan yang Cenderung Kurang Menarik

Kekurangan menggunakan jasa paid promote lainnya adalah konten iklan yang cenderung dibuat hard selling dan kurang menarik.

Ini dikarenakan dalam melakukan paid promote, penyedia jasa menggunakan materi iklan yang kurang menarik dan cukup umum. Sebab hanya menampilkan gambar atau video produk tanpa disertai entertain tertenu yang bisa menarik audience.

Cara Memilih Akun Terpercaya untuk Paid Promote

Untuk dapat melakukan paid promote yang tepat, kamu harus tahu siapa yang akan kamu sewa atau beli jasanya. Ini dilakukan agar promosi berjalan lebih efisien dan terarah, juga ada manfaat yang akan kamu dapatkan secara langsung.

Lantas, bagaimana cara menemukan paid promote terbaik dan cocok untuk bisnis kosmetikmu? Simak beberapa tips memilih akun paid promote yang tepat berikut ini!

Menargetkan Akun yang Kerap Membuat Konten Serupa

Tips memilih akun paid promote yang pertama adalah dengan memilih akun yang kerap membuat konten serupa. Maksudnya, bila kamu menjual produk kosmetik, maka kamu harus menggunakan akun yang juga tertarik pada dunia kosmetik dan kerap membuat konten yang sama.

Nah, ini akan membuat konten promosi untuk paid promote jadi lebih terfokus. Selain itu, pemilik akun pun akan lebih luwes dalam mempromosikan dan mengenalkan produk kosmetik yang kamu jual pada audience mereka.

Tak hanya itu, karena akun sudah sering membuat konten sesuai dengan produk yang kamu jual. Maka akan lebih mudah juga audience untuk menerima konten paid promote yang akan kamu buat bersama akun tersebut nantinya.

Perhatikan Besaran Followers

Tips selanjutnya adalah dengan memperhatikan besaran followers aktif yang dimiliki oleh penyedia paid promote. Selain melihat angka followers, kamu juga bisa melihat interaksi tiap konten melalui jumlah like dan comment.

Semakin banyak pengikut aktif yang dimiliki akun ini, maka kamu bisa memperkirakan berapa jangkauan konten promosi berbayar tersebut. Lalu, seberapa besar juga impact yang dihasilkan untuk bisnis kosmetik kamu.

Namun, kalau jumlah interaksinya cukup rendah dibanding dengan jumlah followers, kamu harus lebih hati-hati. Karena bisa saja, followers yang ada di akun tersebut hanyalah bot atau pengikut bayaran.

Tentu, impact yang akan dihasilkan untuk brand atau bisnis kosmetikmu pun tidak akan sebesar yang kamu harapkan.

Pastikan Akun Tersebut Aktif dan Mengunggah Konten secara Teratur

Tips selanjutnya untuk menemukan akun terpercaya sebagai promosi berbayar adalah dengan memastikan keaktifan akun dalam mengunggah konten.

Tak hanya keaktifan followers, akun penyedia jasa promosi berbayar ini pun harus kamu pertimbangkan keaktifannya. Karena ketika dia membuat konten secara teratur, maka akan berpengaruh pada keaktifan dan loyalitas audience-nya.

Apa Beda Paid Promote dan Endorsement?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih yang membedakan promosi berbayar dan endorsement? Apalagi keduanya dilakukan di Instagram dan umumnya menggandeng public figure dengan jutaan followers.

Perbedaan promosi berbayar dan endorsement yang cukup signifikan dapat dilihat dari proses pembayarannya. Pada paid promote, jasa promosi dibayar menggunakan uang dan tarif telah ditentukan oleh penyedia jasa sebeumnya.

Sementara pada endorsement, penggunaan jasa promosi ini tidak selalu dibayar menggunakan uang. Melainkan bisa lewat barter produk atau memberikan sample produk kepada influencer yang ingin mereka gaet. Selebihnya, influencer tersebut akan mereview singkat produk yang kamu kirimkan.

Baca Juga: Endoresement – Manfaat dan Cara Menggunakannya untuk Bisnis Kosmetik

Setelah membaca ulasan di atas, kira-kira cara promosi mana yang paling cocok dan kamu butuhkan untuk brand kosmetikmu? Kasih tahu kami lewat kolom komentar!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment