Cara Meningkatkan Jangkauan Akun YouTube Secara Organik
YouTube marketing pada dasarnya memegang peranan penting untuk meningkatkan awareness brand atau perusahaan. Sebab, pengguna platform ini terbilang sangat besar dan menjangkau semua kalangan. Nah, untuk meningkatkan efisiensinya, berikut ini beberapa tips dan cra meningkatkan jangkauan akun YouTube bisnismu.
Lebih dari 1 miliar jam setiap harinya orang di dunia menghabiskan waktu di YouTube. Mulai dari menonton vlog, video anjing atau kucing, video memasak, hingga video humor yang dapat membuat perut ngakak kocak.
Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa YouTube menjadi salah satu platform yang cukup bagus untuk promosi. Apalagi sosial media yang satu itu juga bisa dijadikan sumber penghasilan. Para creator berlomba-lomba membuat video sekreatif mungkin.
Tak hanya masyarakat saja yang beralih dari televise ke YouTube. Namun para marketer pun lebih tertarik beriklan di YouTube daripada media konvensional. Sebab dinilai sangat efektif untuk meningkatkan pelanggan dan juga branding.
Oleh karena itu penting sekali untuk kamu yang sudah mempunyai akun YouTube untuk meningkatkan jangkauannya supaya lebih luas. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan selengkapnya.
Bagaimana Algoritma YouTube Bekerja?
Untuk menjadi YouTuber ataupun hanya ingin sekedar beriklan di YouTube, kamu perlu memahami algoritmanya.Algoritma YouTube sendiri diciptakan dengan dua tujuan. Yakni untuk menemukan video yang tepat untuk pengguna, dan juga memikat mereka untuk terus menonton.
Algoritma YouTube sendiri menyeleksi video untuk pengguna berdasarkan beberapa kategori. Berikut kategorinya yang perlu kamu ketahui.
- Memilih video untuk beranda YouTube
- YouTube memberikan peringkat untuk tiap hasil pencarian yang mereka berikan.
- Memilih video yang disarankan untuk ditonton pemirsa berikutnya.
YouTube sendiri menjelaskan bahwa video yang terdapat disarankan di beranda atau homepage adalah video paling popular dari berbagai channel. Video-video trending akan muncul di halaman utama. Oleh karena itu tak heran bila video yang trending di YouTube selalu mendapatkan lebih banyak view lagi dan lagi.
Bagaimana sih YouTube menentukan algoritmanya?
Perlu diketahui bahwa YouTube memiliki beberapa aspek dalam menyeleksi video. Umumnya YouTube akan bekerja berdasakan personalisasi atau riwayat dan prefensi penonton, juga kinerja dari video tersebut.
Tak hanya itu, algoritma YouTube juga menilai berdasarkan faktor eksternal. Yakni penonton atau pasar secara keseluruhan. Dari beberapa faktor tersebut algoritma YouTube akan bekerja dan menilai apakah video yang kamu buat layak untuk ditampilkan pada beranda penonton atau tidak.
Bagaimana sih YouTube menentukan algoritma berandanya?
Setiap kali seseorang membuka aplikasi YouTube atau mengetik di YouTube.com, algoritme YouTube menawarkan beragam video yang menurutnya mungkin ingin ditonton oleh orang tersebut.
Video dipilih untuk beranda YouTube itu sendiri didasarkan pada dua jenis perangkat sinyal. Yakni:
Performa
YouTube mengukur kinerja dengan metrik seperti rasio klik-tayang, durasi penayangan rata-rata, persentase penayangan rata-rata, suka, tidak suka, dan survei pemirsa. Pada dasarnya, setelah kamu mengunggah video, algoritme menunjukkannya kepada beberapa pengguna di beranda.
Jika video itu menarik, melibatkan, dan memuaskan pemirsa tersebut (yaitu, mereka mengeklik, menontonnya sampai habis, menyukainya, membagikannya, dll.) kemudian ditawarkan kepada lebih banyak pemirsa di beranda mereka.
Personalisasi
Selanjutnya adalah personalisasi. Yang berarti bahwa YouTube menawarkan video kepada orang-orang yang dianggap relevan dengan minat mereka berdasarkan perilaku masa lalu mereka, alias riwayat tontonan.
Jika pengguna menyukai topik tertentu atau menonton banyak saluran tertentu, lebih banyak hal yang sama akan ditawarkan. Selain itu, factor ini juga terbilang cukup sensitive terhadap berubahnya perilaku audience dari waktu ke waktu. Sebab minat dan ketertarikan seseorang selalu naik turun alias berubah-ubah.
Bagaimana YouTube menentukan algoritma video yang disarankan?
Saat menyarankan video untuk ditonton orang berikutnya, YouTube menggunakan pertimbangan yang sedikit berbeda. Setelah seseorang menonton beberapa video selama kunjungan, algoritme memiliki lebih banyak gagasan tentang apa yang diminati seseorang pada saat itu. Jadi algoritme ini menawarkan beberapa opsi atau rekomendasi video ditonton selanjutnya di sisi kanan layar.
Selain performa dan personalisasi, algoritme kemungkinan besar akan merekomendasikan:
- Video yang sering di tonton bareng.
- Konten yang terkait topik populer atau minat.
- Video yang telah pengguna tonton sebelumnya.
Tips untuk pembuat konten, kamu bisa menggunakan YouTube Analytics untuk melihat video lain apa yang telah ditonton pemirsa. Hal itu akan membantumu membidik topik dan minat yang lebih luas atau terkait dan minat pemirsa.
Bagaimana YouTube menentukan algoritma penelusurannya?
YouTube adalah mesin pencari seperti halnya platform video. Yang berarti bahwa pengetahuan tentang SEO sangat diperlukan. Tentu, terkadang orang membuka YouTube untuk mencari video tertentu untuk ditonton.
Tetapi meskipun demikian, algoritme memutuskan bagaimana memberi peringkat pada hasil pencarianmu saat mengetik. Lantas bagaimana video rekomendasi dalam penelusuran teratas itu muncul? Well, untuk menentukan rekomendasi penelusuran, YouTube sendiri bekerja berdasarkan beberapa hal.
Kata kunci
Yang pertama adalah kata kunci. Algoritme pencarian YouTube bergantung pada kata kunci yang kamu gunakan dalam metadata. Jadi, jika kamu ingin video yang telah kamu buat muncul di kolom pencarian, kamu harus menyertakan kata kunci.
Performa
Setelah algoritme memutuskan seperti apa videomu, ia akan menguji hipotesis itu dengan menunjukkannya kepada orang-orang di hasil penelusuran. Saat itulah kinerja (rasio klik-tayang, waktu tonton, suka, umpan balik survei, dll.) menjadi penting.
Jika videomu menarik dan memuaskan orang yang mencari kata kuncimu, itu akan ditampilkan kepada lebih banyak orang, dan naik ke SERP. Menarik sekali bukan?
Nah, itulah bagaimana cara algoritma YouTube bekerja. Setelah mengetahui bagaimana algoritmanya bekerja, kini kamu perlu mengetahui bagaimana cara meningkatnya jangkauannya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.
Cara Meningkatkan Jangkauan Akun YouTube
Meningkatkan jangkauan YouTube tidak cukup dengan konsistensi. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan jangkauan akun YouTube yang bisa kamu lakukan. Simak, ya!
Lakukan Riset Keyword
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan riset keyword. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa keyword merupakan aspek yang cukup penting. Bahkan dalam kolom penelusuran keyword atau kunci merupakan salah satu aspek yang akan membantu algoritma YouTube menemukan videomu.
Algoritme akan melihat metadata saat memutuskan tentang apa video tersebut, video atau kategori mana yang terkait, dan siapa yang mungkin ingin menontonnya.
Saat menjelaskan video untuk algoritme, tentunya kamu ingin menggunakan bahasa yang akurat dan ringkas yang sudah digunakan orang saat mereka menelusuri.
Karena YouTube adalah mesin pencari dan juga platform video. Kamu dapat melakukan penelitian kata kunci dengan cara yang sama seperti yang kamu lakukan untuk posting blog atau salinan web. Yakni menggunakan tools gratis seperti Google Adwords atau SEMrush.
Setelah mengidentifikasi kata kunci utama, kamu bisa menggunakannya di beberapa tempat. Seperti:
- Dalam nama file video (mis., laparoskopi-appendektomi.mov).
- Untuk judul video (menggunakan bahasa yang menarik seperti).
- Dalam deskripsi video YouTube (terutama dalam dua baris pertama, di paro atas).
- Pada bagian skrip video (dan karenanya dalam subtitel dan teks tertutup video—yang berarti mengunggah file SRT).
Namun ada satu tempat dimana kamu tidak perlu memasukkan kata kunci. Yakni di tag video. Menurut YouTube, tag berperan cukup sedikit untuk penelusuran video.
Baca Juga: Cara Riset Keyword YouTube Agar Video Banjir Penonton, Gampang!
Buat Thumbnail yang Menarik
Membuat thumbnail yang menarik juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan jangkauan YouTube. Seperti yang kamu ketahui bahwa thumbnail memegang peranan penting bagi penonton untuk mengklik sebuah video.
Semakin menarik desain thumbnail yang kamu buat, akan semakin menarik pemirsa untuk melihat video. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat thumbnail.
- Unggah thumnail khusus (dan pertahankan gaya visual yang konsisten di semua thumbnail).
- Tulis judul yang menarik dan menarik
- Ingat kalimat pertama atau lebih dari deskripsi akan muncul di pencarian, jadi buatlah menarik dan relevan.
Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui ketika akan membuat thumbail.
Sisipkan Rekomendasi Video dalam Konten
Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyisipkan rekomendasi video dalam konten. Cara ini terbilang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah penayangan videomu secara merata.
Sebab secara tidak langsung mereka akan melihat video yang direkomendasikan YouTube dalam video yang mereka tonton. Jika judul yang kamu buat menarik, mereka akan mengklik. Sehingga jumlah viewer dalam videomu akan merata.
Setelah kamu memiliki pemirsa yang menonton satu video, permudah mereka untuk terus menonton konten dan tetap berada dalam ekosistem saluranmu. Untuk tujuan ini, gunakan:
- Kartu: tandai video lain yang relevan di video.
- Layar akhir: akhiri dengan CTA untuk menonton video lain yang relevan.
- Daftar putar: dari video yang serupa secara topic.
- Tanda air berlangganan.
Distribusikan Video ke Berbagai Sumber
Memdistribukan video ke berbagai sumber juga terbilang cukup efektif untuk meningkatkan jangkauan YouTube. Buatlah para pengikutmu di sosial media yang lain mengetahui jika kamu juga punya channel YouTube.
Jangan lupa pula saat membagikan ke mereka, sertakan link yang langsung tertuju untuk menonton video. Jangan hanya gambar dan video saja. Permudah para pengikut untuk mengunjungi video di YouTube-mu.
Baca Juga: 10+ Jenis Media Promosi Online yang Cocok untuk Branding Bisnis Kosmetik
Berinteraksi dengan Audience dan Channel Lain
Salah satu cara untuk sukses dalam mengjangkau lebih banyak audience di YouTube adalah dengan rutin melakukan interaksi dengan mereka. Hal ini bisa kamu mulai dengan membalas komentar-komentar mereka.
Dengan adanya interaksi ini, keterikatan antara kamu dan mereka akan terbangun. Sehingga loyalitas akan tercipta. Dengan begitu setiap kamu mengunggah video baru, pastinya mereka akan menyempatkan waktu untuk melihatnya.
Tak hanya di YouTube saja, kamu juga bisa melakukan interaksi dengan audience di channel lain. Kamu bisa menjawab pertanyaan mereka di pesan atau di platform lain. Tentunya jangan lupa untuk menanggapi semua hal dengan positif ya.
Buat Konten yang Audience-mu Inginkan dan Butuhkan
Cara selanjutnya untuk meningkatkan jangkauan akun YouTube adalah dengan cara membuat konten yang dibutuhkan oleh audience. Dengan membuat konten yang diinginkan dan dibutuhkan, potensi videomu akan muncul dan ditonton pun akan semakin tinggi.
Untuk mengetahui apa yang audience butuhkan, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu. Lakukan riset mulai dari apa saja yang sering orang bicarakan atau trending. Kamu bisa mengetahuinya melalui YouTube itu sendiri. Selain itu kamu juga bisa melakukan riset di beberapa tools.
Terus Lakukan Eksperimen
Tak ada salahnya jika kamu terus melakukan eksperimen. Sebelum menentukan genre yang kamu pilih, kamu bisa membuat video dengan berbagai macam tema. Dari berbagai tema tersebut kamu bisa menilai mana yang paling banyak orang-orang sukai.
Dari evaluasi tersebut kamu bisa memutuskan selanjutnya akan membuat video seperti apa. Selain itu kamu bisa memulai eksperimen dengan melakukan riset kompetitor terlebih dahulu. Lihatlah channel dengan jumlah subscriber terbanyak dan yang ada kaitannya dengan video apa yang kamu buat.
Selanjutnya kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai insirasi untuk membuat konten. Tentu saja kamu harus memodifikasinya. Supaya tidak ada unsure plagiasi di dalam video tersebut.
Nah, itulah beberapa cara yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan jaungkauan pada akun YouTube. Tips ini bisa kamu terapkan dalam mempromosikan akun bisnis atau milik brand kosmetikmu juga, lho.
Seperti yang kamu tahu, YouTube merupakan platform video terbesar dengan miliaran juta pengguna di dunia. Memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan bisnis atau brand kosmetikmu adalah langkah yang tepat. Kamu bisa mengunggah konten video behind the scene pembuatan produkmu, company profile, dan banyak lainnya.
Selain cara meningkatkan jangkauan akun YouTube ini, kamu bisa menemukan berbagai tips branding dan digital marketing lainnya di laman Berita Terkini. Jangan lupa tinggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya!