Jangan Diremehkan, Ini Cara Merawat Kepala Botak dengan Tepat

cara merawat kepala botak dengan benar (1)

Pada umumnya, banyak lelaki yang mengalami kebotakan. Entah karena piliha mereka, pertambahan usia, atau karena masalah kesehatan rambut yang menyebabkan kerontokan dan kebotakan dini.

Namun, jika kamu memilih untuk memiliki rambut botak. Well, sebenernya enggak ada yang salah juga? Itu sangat normal dan sah, sama seperti orang yang memilih memanjangkan rambut mereka.

Dan, kebotakan juga enggak akan mengurangi pancaran ketampananmu, kok. Yakin, deh!

Sayangnya meski sangat trendi, banyak orang botak menyepelekan perawatan kulit kepala mereka. Meski memang bisa dibilang, perawatannya tentu lebih simple ketimbang ketika kamu memiliki rambut yang super panjang dan tebal.

Kulit kepala kamu layak mendapatkan banyak perhatian, sama seperti yang didapatkan oleh kulit wajah dan tubuh. Apalagi kalau kamu baru saja mencukur bersih rambutmu, tentu ada beberapa perawatan kulti yang harus kamu perhatikan baik-baik.

Seperti yang dibilang tadi, syukurnya kamu enggak perlu meluangkan waktu ekstra lama, menyisihkan uang cukup banyak untuk memberikan perawatan pada kulit kepalamu.

Dilansir dari Byirdie, berikut beberapa cara untuk merawat kepala botak yang tepat langsung dari ahlinya. Dikatakan bahwa perawatan ini dibagi menjadi dua sesi, yang pertama sebelum kamu benar-benar mencukurnya sampai habis, dan yang kedua setelah kamu menjadi botak.

Penasaran soal bagaimana cara merawat kepala botak dengan benar? Yuk, simak baik-baik artikel ini sampai habis!

Perawatan Sebelum Mencukur Rambut Sampai Habis

cara merawat kepala botak dengan benar (2)

Ketika memilih style rambut botak, ada baiknya bila kamu enggak langsung mencukur habis rambutmu begitu saja. Ahli menyebutkan bahwa setidaknya ada beberapa perawatan yang harus kamu perhatikan.

Karena meski terasa lebih bersih dan segar, kulit kepala juga perlu diperhatikan dengan baik. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan apakah jenis rambutmu cocok jika menggunakan style bald hair ini.

Sebab, pada beberapa kasus, jika rambut kamu tergolong keriting / kasar sebelumnya. Aka nada kemungkinan rambut tumbuh kembali dan masuk ke dalam kulit. Akhirnya ini akan menyebabkan iritasi, infeksi, dan benjolan di kulit kepala.

Namun, jika tekadmu sudah sangat bulat untuk mencukur rambut sampai habis. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah adanya efek buruk pasca pencukuran rambut berikut ini.

Potong Rambut Sependek Mungkin

Sebelum benar-benar memangkas habis rambutmu, para ahli menyarankan untuk memotong rambut tersebut sependek mungking dengan gunting.

Tujuannya, untuk memastikan pisau cukur yang akan digunakan nantinya tetap dekat dengan kulit. Sehingga rambut dapat disingkirkan dengan lebih merata, dan tidak ada bagian yang tertinggal.

Selain itu, ada baiknya untuk meletakkan handuk panas di kepala kamu. Sehingga pori-pori kulit kepala akan terbuka, rambut juga akan jadi lebih lembut.

Setelah itu, kamu bisa mengoleskan minyak sebelum bercukur untuk memberikan lapisan pelumasan dan perlindungan ekstra pada kulit kepala.

Pilih Pisau Cukur yang Tepat dengan Jenis Rambut

Mencukur rambut sendiri di rumah memang enggak mudah, bahkan jika kamu ingin membuatnya botak sekalipun. Karena, bisa saja ketika menggunakan teknik atau pisau yang salah kamu justru bisa mengiritasi kulit kepalamu.

Para ahli pun mengingatkan bahwa sangat penting untuk memilih pisau cukur yang tepat, sesuai dengan jenis rambutmu. Misalnya, ketika kamu memiliki rambut  yang agak keriting, maka semakin banyak mata pisau yang harus kamu gunakan.

Sementara jika kamu memiliki rambut yang lebih lurus, pisau cukur dengan tiga mata pisau bisa cukup membantumu untuk mendapatkan kepala botak.

Tapi, kalau kamu memiliki rambut kasar, keriting, serta kulit sensitif, sangat direkomendasikan pisau cukur tunggal. Agar kulit kepala terhindar dari iritasi ekstra, dengan proses pencukuran yang lebih cepat dan efisien.

Gunakan Krim Cukur

Untuk mencegah adanya iritasi atau luka, kamu bisa menggunakan krim cukur. Langkah ini akan membantu melembutkan rambut, serta mempermudah ketika rambut akan dicukur sampai ke bagian yang paling bawah.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk selalu menghilangkan kelebihan krim cukur dan rambut kamu setiap kali sapuan. Usahakan untuk mencukur di depan kaca, karena mengandalkan insting pribadi kurang dianjurkan demi keamanan kulit kepalamu.

Cara Merawat Kepala Botak dengan Benar

Setelah mencukur rambut, maka gambaran pertama yang akan kamu dapatkan ketika melihat ke cermin adalah kepala botak yang tampak licin dan sehat.

Jangan khawatir, ini adalah hal yang sangat normal. Mengingat rambutmu bekerja optimal untuk melindungi kulit kepala dari berbagai dampak buruk stress eksternal.

Dengan kata lain, kulit kepala kamu belum mengalami tingkat kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan pencemaran lingkungan lainnya. Berbeda dengan kulit wajah atau tubuh yang tidak memiliki pelindung seperti rambut.

Nah, karena kondisi ini pula, kamu perlu memberikan perawatan tersendiri sebagai pengganti fungsi rambut. Apa saja? Langsung simak cara merawat kepala botak dengan benar berikut ini!

Perhatikan Perawatan Pasca Bercukur

Cara merawat kepala botak yang pertama adalah memperhatikan perawatan pasca bercukur, apalagi kalau kamu tak sengaja menggores kulit kepalamu.

Dalam langkah ini, direkomendasikan untuk menyegarkan kulit kepala dengan handuk dingin dan mengoleskan pelembap yang menenangkan. Bisa dengan menggunakan krim, gel lidah buaya, atau jojoba oil.

Selain menenangkan, pelembap ini akan membantu mengondisikan kulit kepala kamu yang baru saja dicukur. Namun, jika ada iritasi atau luka, yang paling utama adalah menggunakan sesendok gel lidah buaya.

Produk ini akan membantu menenangkan kulit dan meredakan gejala iritasi, sehingga dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala secara menyeluruh.

Keramas Secara Rutin

Cara merawat kepala botak selanjutnya adalah dengan rutin membersihkannya, atau keramas. Apakah memang perlu?

Well, bagaimana pun kulit kepalamu merupakan kulit juga. Sama seperti wajah atau kulit tubuh, yang sangat rentan tertempel debu dan kotoran.

Paling tidak, kamu bisa mencucinya secara teratur, meski tidak sering. Gunakan shampoo secukupnya, karena kotoran dan minyak masih dapat menumpuk di kepala botak.

Hindari penggunaan produk dengan kandungan yang terlalu keras, seperti mint dan mentol. Dua kandungan ini bisa membuat kepalamu terlalu kering dan justru membuatnya tampak kasar, serta kurang sehat.

Gunakan Pelembap Tambahan

Selain mencucinya dengan teratur, kamu pun harus rutin menggunakan pelembap sebagai cara merawat kepala botak selanjutnya.

Langkah ini sangat penting dilakukan utnuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit kepala. Apalagi setelah tidak adanya rambut, kulit kepalamu akan secara langsung terpapar radikal bebas dan paparan sinar matahari berlebihan.

So, more moisturizer is a must!

Aplikasikan SPF untuk Melindungi Kulit Kepala

Tak hanya moisturizer sehabis keramas, kamu juga harus melindungi kulit kepalamu dari sinar matahari secara langsung. Bukan hanya dengan topi, ya. Gunakan juga tabir surya atau SPF.

Kamu mungkin tidak menyadari sebelumnya, kalau rambut memberikan perlindungan yang sangat penting untuk kulit kepala. Termasuk mencegah dampak buruk sinar matahari yang berlebihan.

Nah, kini ketika kamu botak, tidak ada perlindungan yang sama lagi. Selain bisa memicu sunburn yang tak nyaman, mengekspos kepala botak kamu langsung ke sinar UVA dan UVB bisa memicu masalah kesehatan kulit kepala.

Misalnya, dapat memunculkan tanda penuaan dini sama seperti pada wajah. Termasuk hiperpigmentasi, iritasi, kulit yang kehilangan kekencangannya, juga membuatnya terasa kasar dan kering.

Inilah yang kemudian membuat SPF sangat penting kamu tambahkan dalam cara merawat kepala botak. Karena memang manfaatnya sepenting itu, Gentlemen!

Pijat Kulit Kepala dengan Minyak Alami

Cara merawat kepala botak selanjutnya adalah dengan memijat kulit kepala dengan minyak alami yang menenangkan. Perawatan ini sebenarnya juga dilakukan ketika kamu memiliki rambut yang rusak dan kurang lembap.

Well, karena itu bisa menghasilkan efek yang sama baik dan pentingnya. Minyak alami, seperti jojoba oil, olive oil, dan coconut oil akan membantu melembapkan kulit kepala dan membuatnya jadi lebih halus.

Tak hanya itu, pemijatan secara teratur, terutama dengan scrub kulit kepala, akan membuat kulit kepala menjadi lebih kencang. Selain itu kotoran dan sel kulit mati akan terangkat, hasilnya kulit kepala akan tampak berkilau sehat.

Nah, sampai sini dulu artikel kita hari ini, kamu bisa mencari tahu lebih banyak soal info kecantikan dan perawatan rambut di sini.

Jangan lupa untuk selalu bahagia, dan kamu bisa membagikan rahasia perawatan rambutmu di kolom komentar dengan pengguna lain. See you di artikel selanjutnya, Boys!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment