Bisnis Kosmetik

4 Cara Riset Produk Kosmetik Lewat Google Trend, Begini Langkahnya!

cara riset produk kosmetik lewat Google Trend

Sebelum membuat produk kosmetik, wajib hukumnya untuk para Beautypreneur merisetterlebh dahulu tentang produk yang dibuat. Apakah produk tersebut dibutuhkan di pasaran, atau justru sebaliknya. Untuk mengetahui hal tersebut, ada alternative yang bisa kamu lakukan. Yakni dengan menggunakan Google Trend.

Istilah Google Trend mungkin sudah tidak terlalu asing di telinga para pembaca. Sebab tools Google yang satu ini memang banyak dimanfaatkan dalam dunia digital marketing. Apalagi untuk kamu yang aktif membuat konten tulisan di website.

Dengan menggunakan Google Trend, kamu bisa mengetahui apa saja yang sedang dicari atau diperbincangkan orang akhir-akhir ini. Sehingga dengan adanya Google Trend akan sangat membantumu membuat konten dan merencanakan strategi untuk ke depannya.

Tapi apasih sebenarnya Google Trend itu? Mengapa keberadaannya dinilai sangat penting dalam promosi. Dan bagaimana cara melakukan riset melalui tools yang satu ini? Tenang, karena di dalam artikel ini kamu akan mendapatkan jawaban dari apa yang kamu cari. Baca sampai selesai ya. Happy reading!

Tools yang digagas oleh Google ini tercipta pada 2006 lalu. Meskipun sudah 14 tahun berlalu, hingga saat ini Google Trend masih mengembangkan potensinya. Dan hingga saat ini pula masih banyak digunakan oleh pengguna internet untuk melakukan riset.

Google Trend sendiri adalah sebuah layanan atau tools yang dibuat oleh Google untuk menyediakan data yang sedang trending atau banyak dicari oleh banyak orang dari waktu ke waktu. Data ini biasanya digunakan oleh para creator untuk merancang strategi baru dalam membuat konten.

Tak jarang pula mereka yang melakukan riset dan menggunakannya sebagai ide topic dari konten yang akan dibuat. Sebab semakin ikut perkembangan tren tersebut, potensi website ditemukan oleh orang pun akan semakin tinggi.

Google akan menampilkan website tersebut pada halaman pertama. Seperti yang diketahui bahwa pengguna internet memiliki kecenderungan untuk memilih halaman pertama saja yang ada di Google. Sehingga website yang berada pada urutan pertama akan berpotensi mendapatkan banyak pengunjung.

Inilah salah satu alasan mengapa harus melakukan riset terlebih dahulu di Google Trend. Sebab data yang didapat dari Google Trend akan sangat berguna untuk meyusun strategi promosi.

Baca Juga: 4 Cara Menggunakan Google Trend untuk Riset Bisnis, Ikuti Langkahnya!

Nah, jika untuk bisnis kometik sendiri bagaimana, dong? Tenang, ada beberapa cara riset produk kosmetik lewat Google Trend yang wajib kamu ketahui. Seperti apa? Berikut langkah-langkahnya.

Cara Riset Produk Kosmetik Lewat Google Trend

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam sebuah bisnis memahami konsumen merupakan prioritas yang penting. Mengetahui apa yang mereka butuhkan dapat menjadi acuan bagi para produsen untuk menciptakan produk yang sesuai. Dengan begitu produk kosmetik yang kamu buat bisa tepat sasaran.

Selain itu dengan melakukan riset dan memahami apa yang dibutuhkan oleh pasar, potensi gagal dalam peluncuran produk baru pun akan sangat minim. Sehingga hal ini sangat cocok dilakukan untuk menghindari kerugian.

Perlu diketahui bahwa sebelum melakukan riset terhadap produk, alangkah baiknya kamu menentukan target pasar terlebih dahulu. Dengan menentukan siapa target pasar yang ingin kamu tuju, itu akan mempermudahkanmu untuk melakukan riset.

Nah setelah tahu siapa pasar yang ingin kamu tuju, barulah kamu bisa melakukan riset produk kosmetik melalui Googl Trend. Berikut langkah-langkahnya:

Lakukan Riset Produk Terlaris Lewat Marketplace Jualanmu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset produk terlaris lewat marketplace jualanmu. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengetahui produk apa saja yang laris di pasaran. Tak hanya satu marketplace saja, namun kamu perlu meriset penjualan produk di seluruh marketplace yang kamu punya.

Sebagai contoh targetmu adalah wanita muda. Kemudian kamu bisa melihat produk mana saja yang paling pengguna atau target pasarmu sukai.

Misalnya pada marketplace A lebih laris acne serum. Sedangkan di marketplace B lebih banyak whiteting serum. Begitupun di marketplace C yang ternyata produk terfavoritnya adalah moisturizer.

Kamu bisa mengetahui data-data tersebut melalui halaman membandingkan dalam Google trend. Dalam halaman tersebut Google Trend akan menampilkan produk terlaris dari setiap marketplacemu. Data ini bisa kamu jadikan acuan untuk merancang stategi ke depannya.

Buka Laman Google Trend

Selain itu kamu juga bisa melakukan strategi lain dengan cara membuka laman Google Trend dan mencari produk kosmetik yang ingin kamu buat. Tentunya ini bebas. Kamu bisa memasukkan segala macam keyword produk pada laman Google Trend.

Masukkan kata kunci produk yang ingin kamu ketahui. Dari halaman ini kamu bisa melihat potensi produk yang sedang kamu riset di pasar. Apakah peminatnya cukup tinggi ataukah justru sebaliknya. Dari sini kamu juga bisa melihat yang sedang trend melalui berbagai elemen.

Yakni secara geografis dan kurun waktu tertentu. Tentu melihat trend ini sangat kamu perlukan. Kamu bisa melakukan perbandingan dari kurun waktu tertentu perihal minat dari produk yang sedang kamu riset. Dengan begitu kamu bisa membandingkan dan membuat perkiraan untuk ke depannya.

Apakah produk yang akan kamu ciptakan ini mempunyai potensi besar di pasar untuk jangka panjang, atau justru sebaliknya. Jadi pada bagian ini kamu harus sangat teliti.

Cek Hasil Penelusuran Lebih Dalam dan Bandingkan

Tak berhenti sampai di situ saja. Masih ada langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan. Yakni dengan melakukan penelusuran lebih dalam dengan membandingkan keyword produk satu dengan yang lain. Tentunya saat melakukan riset produk di Google Trend jangan hanya satu saja. Harus lebih.

Dengan begini kamu bisa membandingkan produk mana yang memiliki potensi lebih laris di pasar. Hal tersebut dapat membantumu memanimalisir kerugian untuk ke depannya nanti.

Dari dua produk atau lebih yang sudah kamu bandingkan melalui Google Trend, kamu bisa melihat yang terlaris dan banyak peminat dari waktu ke waktu.

Pilihlah produk yang memiliki peminat yang lebih banyak dari waktu ke waktu. Sebab hal ini akan membuat produk barumu nanti berpotensi laris dan sukses di pasaran.

Nah, itulah beberapa cara riset produk kosmetik yang dapat kamu lakukan lewat Google Trend. Setelah mengatahui caranya, tidak afdol jika kamu tidak mengetahui manfaat yang akan kamu dapat ketika menggunakan Google Trend ini. Berikut adalah manfaat mengetahui produk terpopuler di Google Trend.

Manfaat Mengetahui Produk Populer di Google Trend

Tak bisa dipungkiri bahwa Google Trend masih menjadi tools favorit yang digunakan para digital marketer dalam merancang strategi pemasaran digital. Sebab tools yang satu ini diklaim memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah untuk mengetahui produk popular.

Lantas apa sih yang akan kamu dapatkan ketika sudan mengetahui produk terpopuler di Google Trend? Well, berikut daftar manfaatnya.

Menemukan Ide Produk yang Potensial

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya bahwa dengan mengetahui apa yang pasar butuhkan, sehingga dapat membantumu menemukan ide produk kosmetik yang postensial. Dengan begitu kamu menciptakan produk yang paling masyarakat butuhkan.

Apalagi jika produkmu juga menawarkan solusi dari permasalahan yang sering dialami pasar saat ini. Tentu hal tersebut juga akan berpotensi tinggi untuk meminimalisir kegagalan dalam peluncurannya nanti.

Mempertajam Pemasaran Produk

Manfaat selanjutnya yang dapat kamu rasakan adalam mempertajam pemasaran produk. Yep, dengan mengetahui produk terpopuler, kamu akan mempunyai ide untuk menciptakan produk baru. Selain itu pasti kamu juga akan segera memikirkan bagaimana cara memasarkannya.

Kamu juga dapat menyusun strategi pemasaran produk tersebut. Membuat hipotesis-hipotesis berdasarkan data yang telah ada dan Google Trends sajikan dengan rinci buatmu. Jadi, jika rancangan pemasaran produk sudah tertata, potensi untuk rugi pun sangat minim.

Data Lebih Lengkap

Selain mempertajam pemasaran produk, manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalah memiliki data yang lengkap. Dari data ini kamu bisa menciptakan hipotesis-hipotesis baru saat akan menciptakan suatu produk.

Akurasi data tersebut juga dapat kamu gunakan sebagai rancangan strategi pemasaran. Kamu bisa melihat data di mana produk tersebut laku keras, pada bulan apa dan tahun apa, hingga kapan saja permintaan pasar sangat tinggi untuk produk tersebut.

Dengan adanya data ini kamu sudah akan mengantisipasi hal-hal buruk yang nantinya mungkin akan terjadi pada produkmu.

Target Lebih Jelas

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapat adalah target yang kamu tuju akan lebih jelas. Mulai dari gender, demografi hingga usia calon konsumen bisa kamu perkirakan. Tentu hal ini akan mempermudah kamu dalam pemasaran nanti.

Dengan menemukan target yang lebih jelas, kamu dapat memprogram sasaran iklan untuk pemasaran nanti. Sehingga promosi yang kamu lakukan bisa lebih terarah dan tepat sasaran. Sehingga potensi penjualan meningkat pun akan semakin tinggi.

Menemukan Ide Konten

Salah satu strategi untuk memasarkan produk kosmetik adalah melalui online. Baik sosial media ataupun website. Ketika kamu sudah menemukan produk terpopuler di Google Trend, kamu juga bisa merancang strategi dan ide konten untuk ke depannya.

Sehingga konten pun akan lebih tertata dan bervariasi. Tentu konten ini tidak hanya berkutat pada text saja, namun juga gambar dan video. Tak lupa juga untuk selalu menyisipkan SEO dalam konten. Hal ini untuk membuat kontenmu lebih mudah masyarkat temukan.

Mendongkrak Penjualan

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan utama dalam sebuah bisnis adalah meningkatkan penjualan. Jika penjualan meningkat, itu berarti pendapatan perusahaan juga meningkat dan produk kosmetik pun laris di pasaran.

Salah satu faktor tersebut juga dipengaruhi oleh promosi yang dikemas dalam bentuk konten. Jika banyak pengguna internet yang menemukan konten yang kamu buat, itu berarti strategi pemasaran atau promosi yang kamu lakukan sukses berat.

Itu artinya potensi untuk mendapatkan pelanggan pun sangat tinggi. Dengan begitu penjualan produk kosmetik pun dapat meningkat.

Memilih Brand Ambassador Lebih Tepat

Tak bisa kita pungkiri bahwa menggunakan public figure dalam promosi merupakan salah satu pilihan yang tepat. Sebab public figure tersebut memiliki pengikut yang cukup banyak dan potensial untuk dijadikan sebagai pelanggan baru.

Dengan mengetahui target audience yang pas, kamu juga bisa menentukan public figure yang tepat pula untuk mempromosikan produk kosmetikmu.

Ingin tahu cara menentukan brand ambassador yang tepat untuk bisnismu dan manfaatnya? Simak di sini, ya!

Nah, itulah cara riset produk kosmetik lewat Google Trend yang perlu kamu ketahui. Dengan tips ini, kamu bisa menemukan inspirasi produk apa saja yang akan kamu produksi nantinya.

Juga menggunakan data yang ada untuk inovasi dan pengembangan brand kosmetikmu. Mash Moshem Indonesia dalam hal ini akan membantumu menciptakan produk dengan kualitas terbaik dan mampu bersaing di kancah internasional.

Enggak percaya? Segera datang dan diskusi langsung dengan tim maklon kosmetik kami, ya!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011