Lama Di Ruangan Ber-AC Bikin Kulit Kering, Begini Cara Mengatasinya!

dampak buruk ac pada kulit

Dengan cuaca panas nan lembap di Indoneisa, siapa yang tak suka berada di ruangan ber-AC dan menyejukkan diri sendiri? Tak khawatir teriknya sinar matahari, terbebas dari keringat berlebihan yang lengket sepertinya menjadi oase menyenangkan, bukan?

Well, sayangnya hembusan udara dingin ini rupanya memberikan efek yang cukup signifikan pada kesehatan dan kecantikan kulit. Terlepas dari apapun jenis kulit tubuh dan wajah kamu, pasti ada rasa tidak nyaman dan kering pada kulit setelah lama berada di ruangan ber-AC.

Tak jarang juga, beberapa orang akan mengalami kulit yang kering, bersisik, bahkan enggak sedikit juga yang kadang akan mengalami alergi ringan. Seperti ruam kemerahan dan bentol-bentol kecil layaknya digigit nyamuk.

Apakah efek buruk AC terhadap kulit ini benar adanya? Lalu apa saja produk body care / skincare untuk mengatasi dampak buruk AC pada kulit?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan di atas, simak baik-baik penjelasan yang telah kami rangkum lewat ulasan berikut ini, ya!

Berbagai Dampak Buruk AC pada Kulit

dampak buruk ac pada kulit

Hal yang hebat tentang AC adalah adanya udara dingin yang mengurangi tingkat kelembapan. Ini tentu terasa sangat sempurna, kalau kamu suntuk dengan panas dan lembapnya udara perkotaan.

Akan tetapi, dampak buruk AC pada kulit sangatlah nyata, apalagi kalau kamu terlalu lama menggunakannya. Dilansir dari Pusat Informasi Bioteknologi Nasional (NCBI) Eropa, kurangnya kelembapan pada udara justru bikin kulit jadi gampang kering.

NCBI juga menyatakan bahwa penelitian menunjukkan bahwa kelembaban yang rendah dapat menyebabkan beberapa perubahan pada kulit, termasuk mengganggu proses pengelupasan kulit.

Jika kulit tubuh kamu tidak mampu melepaskan penumpukan sel kulit mati di permukaan, hal itu dapat mempengaruhi tekstur dan penampilan luar kulit. Mereka juga mengaitkan kelembapan rendah dengan penurunan elastisitas kulit dan peningkatan kekasaran— jadi tidak keren.

Meskipun cukup normal untuk tidur dengan AC menyala, itu mungkin bukan ide yang bagus. Jika Anda khawatir berkeringat di malam hari Cara terbaik Anda adalah menyalakan AC selama 30 menit hingga satu jam sebelum Anda memejamkan mata untuk menikmati udara sejuk.

Cara Menetralkan Dampak Buruk AC pada Kulit

gunakan pelembap

Sayangnya, kadang kita tidak memiliki banyak pilihan selain terus berada di ruangan ber-AC dalam jam-jam tertentu. Misalnya ketika di kantor, sedang kuliah, maupaun berada di ruang kelas.

Tentu kita enggak bisa sembarangan meminta AC-nya dimatikan, hanya karena takut kulit tubuh dan wajah jadi kering bersisik.

Nah, karena itu berikut beberapa tips menjaga kelembapan kulit di ruangan ber-AC yang kami kumpulkan dari berbagai sumber hanya untukmu! Selamat menikmati, Ladies!

Gunakan Pembersih Wajah yang Melembabkan

Untuk mengatasi kulit kering karena AC, maka pilihan yang paling tepat adalah menggunakan pembersih wajah yang bisa mengangkat noda dan kotoran tanpa bikin wajah terlalu kering.

Pokok perawatan kulit ini membantu menghilangkan kotoran dan sisa riasan yang menumpuk di kulit sepanjang hari sambil merawatnya dengan hidrasi yang sangat layak.

Kamu bisa memilih produk dengan kandungan humektan atau pelembap, misalnya hyaluronic acid, glycolic acid, dan berbagai bahan aktif lain yang bisa mempertahankan kadar air dalam kulit.

Menggunakan Air Hangat untuk Mencuci Wajah

Setelah seharian berada di ruangan dengan suhu dingin, kulit wajah kamu bakalan terasa lebih kering dan membuat sebum tidak diproduksi dengan baik.

Nah, karenanya setelah pulang ke rumah kamu bisa merawat wajah dan mengembalikan kelembapan kulit dengan menggunakan air hangat. Atau, kamu bisa juga menggunakan metode steaming face untuk menghangatkan wajah.

Steaming face akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit, menenangkan saraf di wajah, pun membantu membersihkan dan melembapkan kulit wajah kamu.

Baca juga 10+ Manfaat Steaming Face dan Cara Melakukannya di Rumah Berikut Ini

Jangan Pernah Melewatkan Penggunaan Pelembap Kulit

Saran untuk menggunakan pelembap ini enggak akan cukup dikatakan sekali! Karena produk perawatan kecantikan ini adalah suatu yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit seseorang. Apalagi kalau kamu bekerja dalam ruangan ber-AC dalam waktu yang lama.

Setelah sesi pembersihan wajah, mengoleskan pelembab dapat membantu kulit kamu mengunci hidrasi untuk rasa yang segar dan seimbang.

Pilihlah produk pelembap wajah yang mengandung bahan-bahan humektan, rendah fragrance, dan sesuaikan kandungan-kandungan dengan sensitifitas kulit wajah kamu untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Gunakan Masker Wajah yang Melembabkan

Masker wajah adalah salah satu cara untuk mengembalikan vitalitas dan hidrasi kulit, setelah kamu berada dalam ruangan AC dengan durasi yang panjang.

Campuran pelembap, nutritisi, dan bahan-bahan lain yang ada dalam masker wajah akan membantu memperbaiki kulit kering. Cara terbaik untuk mengikuti tren perawatan diri, masker wajah yang menghidrasi dapat membantu menghidupkan kembali kulit kamu.

Cobalah menggunakan masker wajah yang diformulasikan dengan Pro-Retinol, asam hialuronat, dan vitamin C. Dengan begitu, wajah akan jadi lebih ternutrisi dan tampak cerah keesokan harinya.

Gunakan Face Mist Agar Wajah Tetap Terhidrasi

Face mist merupakan salah satu cara yang sangat sederhana untuk meningkatkan hidrasi kulit, di manapun dan kapanpun kamu membutuhkannya.

Tak hanya itu, produk ini pun bisa membantu menenangkan dan menyegarkan kulit wajah kamu. Karena formulanya yang cenderung ringan, kamu enggak perlu takut akan merasa wajah jadi lebih lengket ataupun jadi terlalu berminyak.

Karena kandungan face mist dapat masuk ke dalam kulit lebih cepat dibanding produk perawatan kulit lainnya. Nilai tambahnya, produk ini bahkan bisa membuat make up yang kamu kenakan jadi lebih flawless, lho.

Gunakan Serum Wajah

Serum wajah sangat berguna ketika kamu ingin memberikan kelembapan pada kulit dan meminimalkan tanda-tanda penuaan yang terlihat. Karena rutinitas harian kamu yang berada dalam ruangan ber-AC ini bisa membuat kulit kering dan sangat mudah menua.

Untuk itu, serum wajah sangat diperlukan untuk mendorong hidrasi kulit, mengunci kelembapan alami agar bertahan lebih lama, dan membuat wajah jadi lebih cerah alami.

Tak hanya itu, dengan penggunaan rutin selama jangka waktu tertentu, bukan tak mungkin kamu akan mendapatkan wajah yang tampak awet muda.

Gunakan Humidifier

Saat mematikan AC bukanlah pilihan, bantulah dengan mengembalikan kelembapan udara dengan pelembab udara (humidifier). Cara ini direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology (AAD), sebagai penengah masalah dilematis kamu dengan AC.

Cukup simpan pelembab udara di samping tempat tidur kamu untuk membantu kulit mempertahankan kelembapan saat AC dinyalakan sepanjang malam. Ingat, ini disebut tidur cantik karena suatu alasan, jadi jam-jam saat kamu tertidur itu penting!

Dari ulasan di atas, kamu pasti sudah menyadari bahwa sinar matahari bukanlah satu-satunya yang menyebabkan kerusakan pada kulit. Bahkan ketika di ruangan ber-AC sekalipun kamu masih bisa terkena banyak masalah, lho.

Karenanya, jangan lupa untuk selalu merawat dan memperhatikan kesehatan kulit. Baik dengan secara teratur menggunakan body lotion, SPF, dan berbagai bahan lain yang bisa membantu menghidrasi kulit.

Nah, sampai sini dulu artikel kita hari ini, semoga dapat membantumu!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment