Intimate Hygiene Product untuk Laki-laki, Mengapa Diperlukan?

intimate hygiene product untuk laki-laki

Dibandingkan pada perempuan, pembicaraan mengenai kebersihan dan kesehatan organ intim untuk laki-laki cenderung sangat jarang ditemukan. Seolah-olah industri kosmetik dan kesehatan hanya berorientasi pada kebutuhan konsumen perempuan.

Hal ini pun akhirnya menyebabkan banyak lelaki yang tidak menyadari betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim meraka. Bahkan enggak sedikit juga yang tidak bisa mempraktekkannya dengan benar.

Tapi, kebersihan intim untuk pria sangat penting, sebagian karena menjauhkan alat kelamin mereka dari infeksi atau PMS dan sebagian karena aktif secara seksual.

Semua orang tahu pentingnya mandi secara teratur dan menjaga kebersihan. Namun, penting untuk memberikan perawatan dan perhatian ekstra pada area intim di tubuh yang lebih rentan terhadap kelembapan dan infeksi.

Menjaga mereka tetap bersih dan kering sangat penting untuk kebersihan yang baik. Dilansir dari Man Matters sekitar 3 dari 4 pria mengeluh setidaknya setahun sekali gatal dan ketidaknyamanan di daerah selangkangan mereka!

Well, sebenarnya apakah menjaga kebersihan area selangkangan dan organ intim lelaki memang perlu? Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaganya?

Simak ulasan mengenai intimate hygiene product untuk laki-laki berikut ini, termasuk bagaimana  cara penggunaan, dan bahan apa saja yang baiknya ada di dalam formulanya.

Alasan Mengapa Intimate Hygiene Product for Men Diperlukan

intimate hygiene product untuk laki-laki

Kebanyakan pria mungkin masih akrab dengan rasa tidak nyaman pada area selangkangan, misalnya iritasi karena penggunaan celana jeans yang ketat, produksi keringat berlebih, hingga infeksi jamur karena terlalu sering berolah raga.

Enggak hanya menyebabkan iritasi, beberapa juga bahkan mengalami infeksi jamur kulit. Nah, pada beberapa orang infeksi jamur ini bisa menyebabkan masalah yang cukup serius.

Tak hanya itu, tidak mencuci atau menjaga kebersihan intim secara teratur menyebabkan bau badan, akumulasi keringat dan kotoran, dan bahkan meningkatkan kemungkinan infeksi jamur penis.

Yang kamu butuhkan adalah keseimbangan antara pencucian menyeluruh yang lembut pada saat yang bersamaan. Tak perlu dikatakan lagi, area intim kita lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur karena selalu tertutup dalam waktu yang lebih lama sepanjang hari.

Meski mencuci atau membersihkan area selangkangan secara teratur adalah hal yang penting. Namun kamu pun harus memastikan  bahwa proses tersebut sama sekali tidak membahayakan kulit, terutama di area yang sensitif.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit di area intim kamu adalah dengan menggunakan intimate hygiene product yang diformulasikan khusus untuk laki-laki.

Produk ini akan diformulasikan dengan bahan-bahan yang cocok dengan kebutuhan para lelaki. Sebab, pada dasarnya hormone dan produksi keringat pada laki-laki akan cenderung berbeda dengan perempuan.

Tak hanya itu, kulit di area kemaluan pria sedikit asam yang membantu menjaga bakteri alami tubuh sambil menjaga jumlahnya tetap terkendali. Setiap gangguan pada keasaman (pH) ini dapat menyebabkan bakteri tumbuh di luar kendali dan menyebabkan infeksi.

Memilih Intimate Hygiene Product for Men Tebaik!

Meski berperan sangat penting, bukan berarti kamu bisa sembarangan memilih produk perawatan organ intim dengan sembarangan. Karena area ini tentu memiliki pH dan sensitifitas yang berbeda dengan kulit pada bagian tubuh lainnya.

Misanya ketika kamu memilih produk dengan bahan kimia yang terlalu keras, ataupun mengaplikasikannya dengan kasar akan membuat kulit mengalami peradangan.

Menyadari pentingnya memilih intimate hygiene product untuk laki-laki, kami bertanya pada formulator Mash Moshem Indonesia tentang bahan-bahan apa saja yang sebaiknya ada dalam produk tersebut.

“Pada dasarnya, produk seperti intimate hygiene ini memang bertujuan untuk menjaga kebersihan area intim. Karenanya, bahan-bahan yang harusnya ada dalam produk tersebut yang sifatnya sebagai antiseptic. Namun, ada baiknya untuk memilih bahan-bahan yang sifatnya alami,” tutur Head RnD Mash Moshem Indoneia.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa bahan-bahan yang sebaiknya adalah intimate hygiene product untuk laki-laki antara lain ekstrak daun sirih, aloe vera, centella asiatica, juga beberapa jenis essential oil.

Ekstrak Daun Sirih

Pada dasarnya, daun sirih telah lama dikenal sebagai bahan alami yang memiliki kandungan antiseptik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan area slangkangan.

Tak hanya bisa membersihkan area V, daun sirih pun efektif untuk meredakan infeksi bakteri dan jamur di kulit.

Beberapa penelitian menyebuktan bahwa daun sirih mengandung senyawa-senyawa yang dapat menyembuhkan luka dengan efektif, menghentikan pendarahan, pun membunuh mikroorganisme.

Aloe Vera (Lidah Buaya)

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan kulit dan rambut. Kamu mungkin sudah banyak menemukan produk-produk kecantikan yang telah menggunakan ekstrak aloevera ke dalam formulanya.

Ini dikarenakan, lidah buaya dapat bekerja sebagai agen pelembap dan antimikroba yang sangat baik. Meski bisa menghidrasi kulit, aloe vera tidak akan menyebabkan kulit terlalu berminyak karena dapat terserap ke dalam kulit.

Tak hanya itu, agen antiinflamasi dan antimikroba dalam bahan ini akan melawan pertumbuhaan mikroorganisme penyebab masalah kulit. Pun membantu meringankan gejala iritasi, peradangan, maupun infeksi kulit.

Centella Asiatica

Centella asiatica merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan nutrisi. Bahkan, banyak juga produk perawatan kulit yang menggunakannya dalam formula.

Centella bisa memabntu mengurangi masalah peradangan, kemerahan, dan menenangkan kulit.

Tak hanya itu, centella bisa bekerja sama baiknya untuk membuat kulit jadi lebih halus. Ini tentunya merupakan kabar baik buat kamu yang punya selangkangan kasar, bertekstur, ataupun memiliki jaringan parut.

Selain itu, centella pun kerap diagung-agungkan karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit. Sama halnya untuk kulit pada bagian lain, bahan alami ini pun bisa membuat selangkangan lebih cerah.

Essential Oil (Minyak Atsiri)

Minyak atsiri merupakan bahan alami lainnya yang bisa digunakan dalam intimate hygiene product untuk laki-laki. Bahan alami ini memiliki jenis yang sangat beragam, namun secara umum mengandung antiseptic, antiinflamasi, juga berbagai jenis vitamin.

Minyak atsiri yang kerap digunakan dalam produk perawatan area intim laki-laki antara lain minyak mawar, minyak cendana, minyak basil, minyak lavender, dan masih banyak lainnya.

Tips Merawat Bagian Intim dengan Tepat

Selain menggunakan intimate hygiene product untuk laki-laki ini, kamu pun bisa menerapkan berbagai tips merawat bagian intim berikut dengan rutin. Simak baik-baik, ya, Gentlemen!

  1. Selalu perhatikan kebersihan tubuh dan celana yang kamu kenakan.
  2. Jangan menggunakan celana yang terlalu ketat atau dengan bahan yang kasar.
  3. Usahakan untuk sesering mungkin mengganti celana dalam, apabila sudah dirasa terlalu lembap dan basah.
  4. Gunakan produk intimate hygiene untuk laki-laki sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu.
  5. Hindari produk yang menggunakan bahan terlalu keras, yang bisa membuat kulit jadi makin kering, atau mudah teriritasi.

Pada dasarnya produk-produk perawatan area intim untuk laki-laki cukup beragam. Hanya saja, tak banyak orang yang melakukan ulasan atau membahasnya.

Mulai dari produk sabun khusus untuk area intim laki-laki, minyak alami yang juga kerap digunakan untuk melembutkan dan antiseptic, juga gel yang digunakan untuk meredakan inflamasi ataupun sebagai antimikroba.

Nah, kamu bisa memilih produk mana yang akan kamu gunakan. Enggak perlu semuanya juga, Bosku! Cukup pilih salah satu yang cocok dan paling kamu butuhkan.

Well, sampai di sini dulun artikel kita kali ini, semoga kamu bisa mendapatkan banyak informasi, khususnya soal intimate hygiene product untuk laki-laki. See you!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment