5 Manfaat Desain Kemasan Kosmetik yang Unik dan Menarik

Tahukah kamu kalau banyak dari masyarakat seringnya membeli sesuatu secara impulsif setelah melihat kemasan yang menarik? Apalagi, kalau kemasan produk kosmetik yang sangat variatif dan dekoratif. Pasti bakal membuat masyarakat langsung jatuh cinta pada pandangan pertama.
Tak heran, kalau desain kemasan kosmetik wajib unik dan berbeda dari kompetitor. Hal inilah yang menciptakan kesan pertama kuat bagi konsumen terhadap produk kosmetik kamu. Bahkan, dapat membantu buat meningkatkan loyalitas mereka terhadap brand.
Tapi, sebenarnya apa manfaat desain kemasan kosmetik yang unik dan menarik? Yuk, cari tahu jawabannya pada artikel ini!


5 Manfaat Desain Kemasan Kosmetik Bagi Branding
Pada dasarnya, kemasan menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk kita. Hal ini karena kemasan dapat menyampaikan konten atau karakter dari produk yang kita jual.
Berikut ini beberapa manfaat desain kemasan kosmetik bagi branding yang perlu kamu ketahui:
Sebagai Pelindung Produk
Ingat, fungsi utama dari kemasan adalah untuk melindungi produk kosmetikmu. Kemasan yang aman akan dapat melindungi produk dari kemungkinan rusak, yakni sejak keluar dari tempat produksi hingga sampai ke tangan konsumen.
Apabila kamu hanya memikirkan keindahannya saja, dan memberi sedikit perhatian kepada fungsinya. Bisa-bisa produkmu sampai di tangan konsumen dalam keadaan yang rusak. Hal ini tentunya memberi banyak kerugian untuk bisnismu.
Tak hanya itu, banyak dari pembeli juga akan mempertimbangkan kegunaan kembali dari kemasan produk kita. Misalnya, kemasan sabun mandi dapat digunakan kembali sebagai wadah setelah isi produk habis terpakai.
Dengan desain kemasan yang layak dan efisien, keamanan produk kecantikan kita juga akan terjamin. Hal ini memungkinkan produk dapat dipasarkan ke wilayah yang jauh dan tidak gampang rusak, hingga sampai ke tangan pembeli.
Memberikan Daya Tarik
Terlepas dari kandungan dan kualitas produk, jika kemasannya dibuat sangat sederhana dan bahkan cenderung tidak menarik, maka konsumen pun tidak akan memberikan perhatian lebih pada produk tersebut.
Jadi, menciptakan desain kemasan kosmetik yang unik dan menarik menjadi langkah yang paling terbaik. Tidak cuma memberikan kesan pertama yang kuat saja bagi konsumen, tapi juga membuat mereka loyal terhadap produk kita.
Membangun Kepercayaan
Memiliki kemasan yang menarik akan menaikkan nilai jual produk dari brand kosmetikmu. Konsumen akan lebih merasa percaya untuk membeli ketika kemasannya bagus dan layak. Hal itu pastinya dapat menaikkan penjualan produk untuk ke depannya.
Selain itu, kemasan yang layak dan menarik akan memberikan pengalaman menyenangkan kepada pengguna produk kosmetikmu. Demikian, secara tidak langsung kamu juga membangun kepercayaan antara brand-mu dengan mereka.
Dalam kemasan juga dimuat berbagai informasi mengenai merk kosmetik yang akan dijual. Mulai dari informasi kandungan produk, manfaat, standar keamanan produk, hingga legalitas BPOM.
Dari sanalah, kamu dapat menumbuhkan kepercayaan dalam diri konsumen melalui informasi yang jelas dan lengkap. Sebab kepercayaan konsumen adalah hal yang sangat penting untuk menjaga reputasi dari brand kosmetik Anda.
Baca Juga: Jasa Maklon Kosmetik Halal, Inovasi Baru Bagi Pebisnis
Membangun Ciri Khas atau Brand Image
Seiring dengan banyaknya merk-merk bisnis kosmetik yang bermunculan akhir-akhir ini, masyarakat kadang bingung untuk menentukan pilihan mereka, sehingga membangun brand image sangatlah penting untukmu, yakni dengan membentuk sebuah ciri khas yang dapat dijadikan sebagai identitas dan pembeda dari merk lainnya. Dalam hal ini, kemasan dapat menjadi media untuk merepresentasikan identitas tersebut. Baik melalui warna, gambar/ilustrasi, hingga desain kemasan yang unik.
Namun membuat desain kemasan kosmetik yang bagus dan dapat berkesan dengan baik tidak bisa sembarangan. Pastikan konsep dan brand image sesuai dengan target pasar yang kamu tuju.
Dengan demikian kamu dapat membuat konsumen lebih mudah mengingat brand kosmetikmu. Selain itu, akan timbul juga kesan brand dan kualitas yang baik dari produk kecantikan yang ada di dalamnya. Hal ini kemudian dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen untuk terus menaruh perhatian pada produk-produk yang akan kamu keluarkan selanjutnya.
Merefleksikan Produk yang Akan Dipasarkan
Ketika belanja secara daring, tentu kita tidak dapat menilai produk yang akan kita beli secara langsung. Kemasan kemudian dijadikan sebagai gambaran singkat atas konten dari produk kosmetik yang akan kita jual.
Misalnya, kandungan yang ada dalam produkmu diambil dari bahan-bahan alami. Maka untuk merepresentasikannya bisa melalui warna, slogan, stiker dan desain kemasan kosmetik yang selaras dengan poin tersebut.


Kriteria Kemasan Produk Kosmetik yang Menjual
Nah, kamu telah mengetahui mengapa kemasan begitu penting bagi suatu produk. Tapi memangnya kriteria apa saja sih yang harus ada dalam sebuah kemasan, hingga dianggap layak dan menarik?
Yuk, simak aspek-aspek yang harus ada dalam kemasan produk di bawah ini!
Aspek Keindahan
Hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk desain packaging atau kemasan adalah keindahannya. Aspek ini berkaitan dengan daya tarik visual kemasan produk. Misalnya lewat bentuk, warna dan desain produk.
Dalam hal ini, warna menjadi salah satu faktor merk dapat dikenali dalam pandangan pertama. Warna juga dapat digunakan untuk membangun citra dari produk terkait.
Sama berpengaruhnya, bentuk kemasan juga dapat menaikkan nilai jual dari produkmu. Dengan bentuk kemasan yang inovatif, baru dan orisinil, kamu bisa membangung pengalaman menarik selama menggunakan produk tersebut pada pengguna.
Selanjutnya adalah desain produk. Desain ini berkaitan dengan corak atau gambar yang ada pada kemasan. Desain ini akan memaksimalkan efek dan keindahan setelah warna dan bentuk produk
Tapi, pastikan desainnya sesuai dengan target konsumen yang kamu buat. Misalnya, konsep yang dipakai adalah girly, menyenangkan, dan bersemangat dengan target perempuan remaja sampai dewasa.
Untuk menyelaraskan konsepnya desain dibuat seimut mungkin. Berbentuk kapsul dengan warna-warna cerah namun tidak terlalu mencolok. Sehingga tak hanya berfungsi sebagai wadah, kemasan ini juga bersifat dekoratif dengan mampu mempermanis isi kamar mandi. Tak sampai di sana, desain kemasan juga dibuat seinovatif mungkin dan dapat memberikan pengalaman baru saat menggunakannya.
Aspek Informatif
Setelah jatuh cinta pada pandangan pertama dengan kemasan produk kosmetik. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah aspek informatif yang dimuat.
Kembali dengan konsep skincare untuk anak-anak. Setelah melihat tampilan yang lucu dan menarik, orangtua juga akan memperhatikan kandungan yang ada dalam produk tersebut.
Sebuah kemasan yang baik, paling tidak harus memuat bahan, kegunaan, cara penggunaan dan efek samping penggunaan. Karena pembeli juga akan sangat mempertimbangkan keamanan produk tersebut.
Selain itu, kemasan yang baik juga selaras dengan informasi merk. Misalnya merk produkmu mengampanyekan nilai-nilai ramah lingkungan. Maka desain kemasanmu haruslah selaras dengan nilai-nilai tersebut.
Baca Juga: 8 Jenis Kemasan Kosmetik untuk Tingkatkan Daya Tarik Brand
Aspek Daya Tarik Emosional
Aspek selanjutnya adalah daya tarik emosional, yakni berkaitan dengan keteradaan daya tarik emosional yang dirasakan oleh konsumen untuk membeli produk tersebut.
Sederhananya, desain kemasan kosmetik harus bisa memberi kesan yang menjanjikan atau setidaknya menyampaikan kesan utama dari produkmu. Lebih jelasnya perhatikan contoh produk dari Eskulin berikut.
Misalnya, kemasan dengan desain bentuk karakter kartun Mickey Mouse. Salah satu kartun yang digemari anak-anak. Dari desain dan ilustrasi itu, anak-anak secara emosional akan terdorong ingin memiliki produk tersebut.
Inilah yang disebut dengan daya tarik emosional. Misalnya ketertarikan untuk memiliki sesuatu karena berkaitan dengan tokoh idola, atau hal-hal kesuakaan lainnya.
Aspek Kegunaan
Terakhir hal yang perlu diperhatikan saat membuat kemasan yang menarik adalah nilai gunanya. Yakni berkaitan dengan kemudahan dalam pemakaian dan keamanan penyimpanan.
Sebagai contoh, kemasan botol untuk produk skincare wajah, khususnya serum. Ukurannya botolnya yang kecil sangat praktis dan mudah dibawa bepergian. Namun, yang lebih penting kemasan yang sudah dilengkapi dengan dropper membantu memudahkan cara pengaplikasian serum wajah.
Dengan demikian, akan lebih mudah bagi pengguna untuk mengontrol seberapa banyak serum yang dibutuhkannya. Sehingga resiko tumpah atau jumlah yang keluar berlebihan bisa dihindari.
Yuk, Wujudkan Impian Miliki Brand Kosmetik Sendiri Bersama Mash Moshem Indonesia!
Bagaimana? Sudah tahu kan, kalau untuk memikat hati konsumen perlu memiliki desain kemasan kosmetik yang menarik? Tapi, agar penjualan terus meningkat, memastikan kualitas dan mutu produk kosmetik menjadi hal yang tidak boleh disepelekan. Jadi, pastikan untuk membuat produk kosmetik berkualitas bersama jasa maklon tepercaya, seperti Mash Moshem Indonesia.
Berpengalaman sejak 2011, Mash Moshem Indonesia berhasil membantu 1.752+ brand serta 6.273+ produk. Dengan fasilitas produksi berstandar CPKB Grade A, dijamin produk kosmetik berkualitas dan sesuai standar BPOM hingga Halal MUI. Jadi, tidak perlu khawatir terkait keamanan produknya.
Tunggu apalagi? Yuk, hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan untuk memproduksi kosmetik berkualitas dengan klik banner di bawah ini sekarang juga!

