Jaga Kesehatan Kulit Kaki dengan Rangkaian Foot Care Product

Merawat kecantikan kaki

Karena dianggap sering tidak terlihat, kaki kerap menjadi anggota tubuh yang biasanya tidak dirawat dengan baik. Sebagaian besar orang justru lebih berfokus pada wajah, rambut, atau kulit tubuh mereka.

Padahal berbagai masalah kecantikan dan kesehatan pada kaki juga enggak sedikit. Mulai dari kaki pecah-pecah, mata kaki menghitam, kapalan, bau kaki, hingga berbagai masalah yang disebabkan oleh jamur dan bakteri lainnya.

Apalagi kaki juga terbilang sangat rentan, karena kamu harus menutupinya dengan kaos kaki dan sepatu dalam waktu yang lama. Akibatnya, kulit tidak terkena udara, keringat yang menumpuk, dan kebersihan yang kurang dijaga akan memancing infeksi bakteri.

Nah, kamu pasti enggak mau kakimu mengalami hal itu? Ada baiknya, untuk merawat kesehatan kaki sama dengan kamu merawat bagian tubuh yang lain.

Terlebih kini juga banyak produk perawatan khusus kaki yang dijual di pasaran, mulai dari krim, essence, withening, scrub, dan masih banyak lainnya.

Enggak percaya? Simak ulasan lengkap soal foot care product di bawah ini, ya!

Berbagai Masalah Kecantikan dan Kesehatan Kaki Diserta Penyebabnya

cara mengatasi kaki pecah-pecah (3)

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah merawat kesehatan dan kecantikan kaki itu sangat penting? Ataukah ada hal urgent lain yang membuatmu harus melakukannya?

Sama halnya dengan tubuh bagian lain, kaki juga sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Namun, pengobatannya tidak semudah yang kamu bayangkan. Karena beberapa masalah yang cukup kompleks, membuatmu harus melakukan perawatan medis yang tidak sederhana.

Nah, supaya ada gambaran, berikut beberapa masalah kecantikan dan kesehatan kaki disertai penyebabnya.

Tumit Pecah-Pecah

Siapa yang enggak pernah dengar dengan masalah kesehatan kaki satu ini? Ya, tumit pecah-pecah merupakan hal yang sangat umum terjadi, baik dari kalangan laki-laki maupun perempuan.

Meski jarang menimbulkan rasa sakit, tumit pecah-pecah biasanya juga disertai dengan pengelupasan kulit, kapalan, hingga tekstur kasar, dan bau pada kaki.

Penyebabnya juga sangat beragam, mulai dari kebiasaan yang buruk, pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, hingga adanya penyakit tertentu.

Kebiasaan buruk yang dimaksudkan adalah sering berdiri dalam waktu yang terlalu lama, suka berjalan-jalan tanpa alas kaki, menggunakan sepatu yang terlalu sempit, durasi mandi yang terlalau lama, hingga menggunakan produk atau sabun yang mengandung bahan iritatif.

Meski bisa dihilangkan, tumit pecah-pecah juga perlu waktu yang tidak sebentar untuk kembali mulus seperti sediakala.

Nah, daripada menunggu sampai terjadi, bukannya lebih  baik kalau kamu mencegah masalah ini terjadi dengan rajin merawat kebersihan dan kesehatan kulit kaki?

Mata Kaki Menghitam

Sama halnya dengan siku, dengkul, atau area sendi lain dalam tubuh yang menonjol, mata kaki pun dapat menggelap dan berubah menghitam.

Kondisi ini memang jarang menimbulkan rasa sakit atau tidak  nyaman, namun enggak sedikit juga orang yang merasa kurang percaya diri karena mata kaki mereka yang lebih hitam dari kulit tubuh lainnya.

Memang apa yang membuat mata kaki kita menghitam? Well, faktor yang membuat kondisi ini terjadi sebenarnya cukup beragam.

Kamu mungkin selama ini mendengar kalau penggelapan warna pada mata kaki ini terjadi karena banyaknya gesekan yang terjadi di area tersebut, entah karena sepatu yang terlalu sesak atau sangat longgar, sering duduk bersila, dan lain sebainya.

Padahal ada banyak penyebab selain gesekan itu, yakni karena adanya bekas luka, paparan sinar matahari yang berlebihan, penumpukan sel kulit mati, adanya reaksi peradangan, dan beberapa penyakit tertentu.

Untungnya, mata kaki yang berwarna menghitam ini tidak bersifat permanen atau paten. Justru kamu dapat melakukan sejumlah perawatan untuk memudarkan area yang gelap dan membuat tampilan mata kaki jadi jauh lebih baik.

Seperti melakukan rangkaian tindakan medis tertentu dan bertemu spesialis kulit, hingga menggunakan foot care product dengan formula pemutih alami dan aman digunakan.

Bau Kaki

Satu lagi masalah kesehatan dan kecantikan kaki yang sangat umum dialami oleh sebagian besar orang adalah bau kaki. Apakah kamu pernah atau sedang mengalaminya sekarang?

Well, bau kaki disebabkan karena tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan pad daerah kaki. Hal ini kemudian menimbulkan bebauan yang tidak sedap, apalagi akan tambah buruk kalau kamu memakai sepatu dan kaos kaki yang sama dalam beberapa hari berturut-turut.

Dan bila kondisi ini dibiarkan atau diabaikan, bau kaki juga bisa memberikan rasa tidak  nyaman kepada penderitanya. Misalnya dengan merangsang masalah lain, seperti adanya jamur di kaki, rasa gatal, hingga ruam di kulit kaki kamu.

Jika kamu mengalami permasalahan tersebut, jangan cemas terlebih dahulu. Sebab, bau kaki bisa dihilangkan dengan cukup mudah dibanding dengan permasalahan lainnya.

kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami di rumah, maupun rajin menggunakan produk perawatan kaki (foot care product).

Kapalan

Kapalan atau yang dikenal dengan istilah medis callus, merupakan kondisi di mana kulit jadi menebal dan terasa mengeras. Tak cuma itu, kamu juga bisa mengetahui kapalan dengan rasa kering dan warna telapa kaki yang agak putih dan kekuningan.

Enggak hanya terjadi di telapak kaki, kapalan pun bisa muncul di mata kaki, serta pada sela-sela jari kaki kamu.

Walaupun umumnya tidak menimbulkan masalah yang serius, kapalan tetap memberikan efek atau perubahan yang besar pada tekstur dan tampilan kulit kaki.

Sama halnya dengan kaki pecah-pecah, kapalan terjadi karena banyaknya gesekan yang terjadi pada kulit. Kapalan pada dasarnya adalah reaksi tubuh dalam memperkuat jaringan kulit dan mencegah adanya iritasi, yakni dengan meregenerasi terus menerus jaringan kulit dan mempertebalnya.

Berbagai Foot Care Product yang Mesti Kamu Tahu

foot care product (2)

Setelah mengetahui berbagai masalah kesehatan dan kecantikan kaki di atas, kamu pasti menyadari bahwa merawat kaki merupakan hal yang sama pentingnya dengan merawat wajah.

Ya, terlebih dari beberapa masalah di atas tidak bisa hanya diselesaikan dengan perawatan rumahan. Melainkan harus melalui tindakan medis yang juga merogoh kocek yang lumayan dalam.

Selain menjaga kebersihan dan menghindari kebiasaan jorok, kamu pun dapat merawat kaki dengan menggunakan berbagai foot care product yang dijual di pasaran.

Karena, berbagai foot care product ini biasanya diformulasikan dengan bahan-bahan yang ampuh mengatasi masalah kaki dan menjaganya agar tetap sehat dan lembut.

Penasaran apa saja foot care product yang dimaksud? Cek daftarnya berikut ini, ya, Guys!

Fragrance Foot Spray

Tahukah kamu, selain rajin mencuci kaki, kamu juga bisa menggunakan produk satu ini untuk memberikan aroma menyegarkan dan bersih pada telapak kaki?

Ya, Fragrance foot spray diciptakan untuk membantu permasalahan yang berkaitan dengan bau pada kaki. Tak hanya itu, produk ini pun biasanya diperkaya dengan berbagai bahan antibacterial dan antiseptic yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau pada kaki.

Karena cukup popular, kamu bisa memilih jenis wewangian mana yang cocok dengan seleramu. Cukup gunakan sebelum tidur atau 30 menit sebelum kamu menggunakan sepatu tiap hari.

Foot Essence

Kamu mungkin mengira, essence hanya akan kamu jumpai dalam rangkaian perawatan wajah. Padahal dalam produk khusus kaki, kamu juga bakal menemukan foot essence, lho!

Dengan formula yang lebih kompleks dan beragam, foot essence dapat memberikan berbagai manfaat sekaligus pada kulit kakimu.

Mulai dari membuatnya jadi lebih lembut, menutrisi dan menyehatkannya, bahkan mampu mencerahkan warna pada bagian yang kusam dan tampak gelap, lho!

Hydrating Foot Lotion

Kalau kamu bermasalah dengan kulit yang kering hingga bersisik, hydrating food lotion bisa kamu gunakan untuk mengatasinya.

Produk ini umumnya diformulasikan dengan bahan-bahan yang dapat memberikan hidrasi ekstra pada kulit, misalnya shea butter, coconut oil, extra virgin olive oil, dan masih banyak lainnya.

Foot lotion tentunya menjadi produk yang sangat penting, mengingat kaki menjadi bagian yang cukup sering terbuka dan harus terkena paparan sinar matahari berlebih.

Dengan menggunakan produk ini, kamu bisa mengembalikan kelembapan dan kelembutan alami pada kulit kaki kamu.

Whitening Foot Cream

Apakah kamu memiliki mata kaki yang tampak gelap dan kusam? Lalu kamu jadi enggak pede menggunakan sandal atau alas kaki yang memperlihatkan area tersebut?

Jika iya, sudah waktunya untukmu mencoba menggunakan whitening foot cream untuk mengatasi masalah mata kaki menghitam.

Selain mengandung bahan aktif yang bersifat mencerahkan, foot cream pun cenderung diramu dengan bahan-bahan pelembap dan bernutrisi baik untuk kulit.

Sehingga, tak hanya mencerahkan, penggunaan foot cream pun disinyalir dapat membuat tampilan kulit kakimu jadi lebih baik.

Foot Scrub Detox

Sama seperti anggota badan lainnya, kaki juga memerlukan scrub. Kamu bisa mencoba produk ini untuk mengembalikan kondisi kulit yang sehat, yakni dari pecah-pecah dan menyamarkan bau gak sedap.

Nah, itu adalah berbagai jenis foot care yang perlu kamu ketahui dan pertimbangkan untuk digunakan merawat kesehatan kulit kaki.

Karena sebenarnya selain wajah, bagian tubuh yang lain pun sama pentingnya dan juga terkadang membutuhkan perawatan ekstra agar selalu sehat.

Sebab yang tidak terlihat pun sebenarnya bisa juga sangat potensial terkena berbagai masalah kesehatan, begitu juga pada telapak dan area kaki kamu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment