Hair Tonic – Pengertian, Kegunaan, Hingga Cara Pakainya yang Benar

hair tonic

Perawatan rambut pada dasaranya sama pentingnya dengan yang dibutuhkan oleh kulit wajah kita. Sebab, rambut yang tidak sehat bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti munculnya ketombe berlebihan, rambut yang kusam dan kering, hingga penipisan rambut.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut adalah dengan menggunakan hair treatment product, misalnya hair tonic.

Tonik rambut merupakan salah satu produk perawatan rambut yang umumnya mengandung minyak, alcohol, dan etanol. Bahkan, produk hair care ini pun biasanya memiliki aroma yang menyegarkan dan cukup kuat.

Barang kali saat mendengar produk ini kamu akan membayangkan seorang lelaki dewasa pada tahun 90-an sedang sibuk menata rambut mereka, atau mungkin nenekmu tengah memakaikannya pada rambutmu saat kamu masih balita.

Well, hair tonic sebenarnya bukan produk baru dalam dunia kecantikan. Produk ini telah lama ada dan digunakan untuk menata rambut secara umum.

Namun, kini hair tonic mengalami peningkatan dan inovasi. Kalau dulu dia hanya digunakan untuk memperwangi dan merapikan rambut, sekarang tonik rambut pun dibuat untuk mengatasi suatu masalah pada rambut secara khusus.

Produk ini pun juga dibuat dengan berbagai jenis sediaan, yakni dalam bentuk gel, cair, atau setengah padat, hingga yang dibuat oil free pun ada, lho.

Mau tahu lebih banyak tentang produk perawatan rambut satu ini? Simak ulasan lengkap mengenai hair tonic, manfaatnya, dan cara pakainya yang benar di bawah ini, ya!

Beragam Manfaat Penggunaan Hair Tonic

hair tonic

Kamu mungkin lebih familiar dengan manfaat hair tonic untuk penumbuh rambut atau sebagai cara mengatasi kebotakan dini.

Namun, sebenarnya manfaat penggunaan hair tonic enggak sekadar itu, lho. Dengan penggunaan yang rutin kamu bisa mendapatkan khasiat yang jauh lebih beragam.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat hair tonic untuk rambut yang akan kamu dapatkan dengan penggunaan rutin di bawah ini.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat hair tonic ini sangatlah umum dan bisa dibilang yang paling utama. Produk ini biasanya diformulasikan dengan berbagai bahan kaya akan nutrisi dan vitamin untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.

Kalau kamu mengalami kerontokan rambut yang berat, hingga mendapati kebotakan pada area kulit kepala tertentu. Penggunaan hair tonic sangat disarankan, terutama yang mengandung keratinosit, ginseng merah, dan senyawa lain yang bisa menstimulus produksi rambut baru.

Untuk mendapatkan manfaat hair tonic ini secara maksimal, pijatlah kepala dengan lembut saat mengaplikasikannya selama beberapa menit.

Dengan begitu, nutrisi yang ada dalam hair tonic dapat terserap dengan optimal. Sehingga produksi rambut baru yang sehat pun akan jauh lebih cepat dan maksimal.

Sebagai tambahan, ada baiknya bagimu utnuk memilih hair tonic yang bisa menghambat produksi hormone dihydrotetosterone, serta yang dapat melancarkan aliran darah di kulit kepala.

Membantu Memperkuat Akar Rambut

Selain menumbuhkan rambut baru yang lebih sehat, penggunaan hair tonic secara teratur pun dapat membuat batang rambutmu jadi lebih kuat dan enggak mudah rapuh.

Terlebih, jika kamu sering menggunakan alat styling rambut yang mengeluarkan panas dan memakai pewarna rambut kimiawi terlalu sering.

Tentunya rambutmu pun akan membutuhkan perawatan yang ekstrak mendalam, sebab karenanya batang rambut akan mudah kering, kusut, dan bercabang.

Kamu bisa memilih tonik rambut yang dibuat dengan kandungan ginseng, lidah buaya, minyak zaitun, atau bahan-bahan lain yang bisa memperkuat folikel rambut dan memperbaiki bagian yang rusak akibat proses styling.

Menutrisi Kulit Kepala

Apakah kulit kepalamu terasa kering, mudah berketombe, disertai rambut yang kering bercabang? Yap! Itu tandanya kulit kepalamu sedang tidak sehat dan butuh suntikan nutrisi tambahan, lho, Ladies.

Untuk mengembalikan kondisi kulit kepalamu dalam keadaan prima, kamu bisa menggunakan hair tonic sebagai perawatan rambut harianmu.

Selain membantu mendorong pertumbuhan rambut baru, kandungan dalam hair tonic pada dasarnya bisa membuat kulit kepalamu jadi kembali lebih sehat.

Produk tonik rambut pun dikatakan kini mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit kepala, seperti lepek dan berminyak, penipisan rambut, masalah ketombe, hingga bisa mengembalikan kelembapan alami pada kulit kepala.

Membuat Rambut Berkilau

Rambut yang sehat akan memberikan kilau tersendiri, efek ini pun akan dapat kamu rasakan ketika menggunakan hair tonic sebagai perawatan rambut rutin.

Terlebih kini beberapa produk hair tonic tertentu diformulaikan dengan berbagai bahan yang bisa membuat rambut lebih berkilau dan terasa halus.

Tentunya, manfaat satu ini cocok banget untuk kamu yang punya rambut kering, kasar, dan mudah kusut. Hair tonic bisa membuat kecantikan alami pada rambutmu kembali!

Mengurangi Ketombe

Bisa dibilang ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling meresahkan dan mengganggu. Gimana enggak? Dengan ketombe berlebihan, rambut jadi berbau apak serta menimbulkan rasa gatal dan tak nyaman pada kulit kepala.

Untungnya, hair tonic bisa menjawab masalah kecantikan rambut satu ini. Karena kaya akan nutrisi dan vitamin, tonik rambut pun sebenarnya juga dibuat untuk mengatasi masalah ketombe berlebihan.

Khususnya yang dibuat dengan kandungan anti keraltic, tinggi asam amino, dan senyawa climbazole yang efektif untuk melawan produksi ketombe di kulit kepala kamu.

Mencegah Rambut Bercabang

Tingginya asupan nutrisi yang ada di kulit kepala, juga perawatan yang baik pada akar rambut, secara otomatis akan berpengaruh pada kesehatan rambutmu secara keseluruhan.

Untuk itulah, dengan penggunaan tonik rambut yang tepat, kamu enggak hanya bisa mengatasi satu masalah saja, termasuk mencegah adanya rambut yang bercabang.

Namun kalau kamu terlanjur memiliki masalah rambut yang bercabang, penggunaan hair tonic yang berkandungan vitamin E dan ekstrak aloe vera bisa kamu gunakan sebagai alternatif perawatan rambut harianmu.

Membuat Rambut Lebih Harum

Selain menyehatkan, keuntungan lain yang kamu dapatkan ketika memakai hair tonic adalah aroma harum pada batang rambutmu.

Aroma yang ada pada formula tonik rambut juga cenderung segar dan tidak terlalu menusuk. Meski tidak bertahan terlalu lama, aroma harum ini bisa membuat pengalamanmu dalam menata rambut jadi lebih mengasyikkan.

Cara Memakai Hair Tonic yang Tepat

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit

Hair tonic merupakan salah satu jenis produk hair treatment yang sebenarnya cukup mudah dan sederhana untuk diaplikasikan.

Meski setiap merk menyantumkan cara pemakaiannya di tiap kemasan, secara umum pemakaian hair tonic yang benar bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Awali dengan menuangkan produk ke telapak tangan dan aplikasikan langsung pada kulit kepala.
  2. Oleskan hair tonic selaras dengan garis rambut, terutama pada bagian yang mengalami kerontokan parah. Pastikan pemakaian merata, jika perlu kamu bisa mengulangi langkah ini.
  3. Pijatlah kulit kepala secara lembut dalam beberapa menit, paling tidak 1-2 menit sudah cukup. Ini akan membantu kandungan dalam hair tonic terserap dengan sempurna pada kulit kepala.
  4. Setelah pijatan ini selesai, ulangi dan oleskan kembali hair tonic pada permukaan kulit kepala. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada bagian yang terlewat.

Nah, mudah bukan? Pokoknya, kamu harus memastikan bahwa penggunaan produk ini benar-benar merata dan enggak ada bagian dari kulit kepala yang terlewatkan.

Tak hanya itu, penggunaan tonik rambut akan lebih efektif dan ideal dilakukan ketika rambut dalam kondisi setengah lembap. Sehingga, kamu bisa mengaplikasikannya setelah keramas seperti biasanya.

Kondisi kulit kepala dan rambut yang bersih pun akan memudahkan proses penyerapan kandungan yang ada dalam tonik rambut.

Cara Memilih Hair Tonic yang Cocok dengan Kulit Kepala

manfaat carrier oil

Memilih produk perawatan rambut memang enggak bisa sembarangan, begitu pula saat kamu akan memilih hair tonic yang tepat.

Dengan banyaknya produk hair tonic yang dijual di pasaran, kamu pasti juga kebingungan untuk menentukan mana produk yang paling cocok dan ampuh untuk merawat kesehatan rambutmu.

Nah, untuk mempermudah kamu dalam memilih produk yang tepat, berikut beberapa cara memilih produk hair tonic yang cocok untuk kulit kepalamu!

Sesuaikan dengan Tipe Rambut dan Kulit Kepala

Memilih produk perawatan rambut apapun, hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi rambut dan kulit kepalamu.

Dengan mengetahui tipe rambut dan kulit kepala, akan memudahkanmu dalam memilih produk tonik rambut yang tepat. Yakni dengan menyesuaikan kandungan dan manfaat yang akan kamu dapatkan dari penggunaan rutin produk tersebut.

Misalnya ketika kamu memiliki masalah dengan rambut rontok, maka pilihlah hair tonik khusus untuk merawat kekuatan dan merangsang pertumbuhan rambut.

Bahan-bahan dalam Hair Tonic

Bahan-bahan yang digunakan dalam formula hair tonic sangatlah berpengaruh terhadap manfaat yang akan kamu dapatkan.

Ketika ingin mendapatkan manfaat maksimal untuk menumbuhkan rambut, kamu bisa memilih hair tonic berkandungan bahan perangsang pertumbuhan rambut.

Misalnya yang kaya akan vitamin, protein, dan mineral. Cobalah untuk memperhatikan komposisi dalam kemasan produk, dan cari kandungan-kandungan yang kamu butuhkan untuk merawat kesehatan rambutmu.

Detox

Selain menumbuhkan dan memperkuat rambut, kamu juga bisa mempertimbangkan produk tonik rambut yang dapat bekerja untuk mendetoksifikasi kulit kepala.

Dengan begitu, kesehatan dan kesuburan kulit kepala akan jauh lebih terawat. Hasilnya, rambutmu pun akan secara otomatis turut sehat dan enggak mudah mengalami kerontokan.

Nah, itu adalah serba-serbi mengenai tonik rambut yang perlu kamu ketahui. Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba produk perawatan rambut ini di rumah?

Kalau iya, pilihlah produk tonik rambut sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambutmu, ya. Dengan begitu, manfaat yang kamu peroleh pun akan jauh lebih optimal, lho, Ladies!

Well, kalau begitu selamat mencoba dan semoga berhasil!

About Author

Related posts

Leave a Comment