Tak Hanya Melembutkan, Ini Khasiat Susu untuk Kecantikan Rambut dan Kulit

susu murni

Sudah bukan rahasia lagi, kalau khasiat susu untuk kecantikan kulit dan rambut sangatlah beragam. Sampai-sampai bahan alami satu ini kerap digunakan sebagai bahan dasar atau campuran dalam berbagai produk kecantikan.

Misalnya dalam produk-produk skin care, hair care, hingga body care. Susu dapat memberikan nutrisi dan merawat kesehatan rambut serta kulit dengan optimal.

Kandungan dalam Susu Murni yang Baik untuk Kecantikan

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit

Berbagai khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit enggak bisa terlepas dari beragam nutrisi yang ada dalam bahan alami satu ini.

Selain kalsium, susu juga mengandung berbagai nutrisi lain yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Termasuk untuk memelihara kecantikan rambut dan kulit.

Mau tahu apa saja kandungan dalam susu yang baik untuk kecantikan? Yuk, cek daftar lengkapnya di bawah ini, ya!

Protein

Salah satu kandungan yang cukup tinggi dalam susu adalah protein. Zat satu ini tergolong sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kamu.

Salah satu jenis protein yang paling banyak ditemukan pada kulit adalah kolagen, yang kadarnya sebanayak 75-80%. Kolagen dan protein elastin inilah yang bisa membantu melawan munculnya tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus pada area ekspresi.

Enggak cuma itu, protein pun sangat dibutuhkan untuk merawat kesehatan kulit kepala dan rambut kamu. Sebab, dengan tercukupinya kandungan protein pada tubuh, maka masalah seperti rambut kusam, kusut, bahkan rontok pun dapat diatasi dengan mudah.

Salah satu jenis protein yang ada dalam susu adalah asam amino. Kandungan ini mampu membantu mengurangi produksi sebum berlebihan, mengecilkan pori-pori kulit, sekaligus merawat keremajaan kulit.

Mineral

Tak kalah pentingnya dengan proetin, mineral yang ada dalam susu murni juga bisa membantumu merawat kesehatan rambut dan kulit.

Dalam susu terkandung berbagai jenis mineral dalam kadar yang cukup tinggi, seperti kalsium, zat besi, hingga zinc (seng).

Kamu bisa cari tahu manfaat mineral untuk kecantikan di sini.

Vitamin

Vitamin merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, juga baik untuk merawat kecantikan rambut dan kulit.

Enggak cuma protein dan mineral, susu murni pun mengandung sejumlah vitamin yang baik untuk kecantikan, misalnya vitamin A, B, D, dan E.

Vitamin A dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi kulit dengan bekerja sebagai eksfoliator alami, dan melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh stress oksidatif.

Selain itu, vitamin B juga bisa membantu fungsi vitamin A untuk melindungi dan mencerahkan kulit secara alami. Jenis vitamin satu ini juga bisa membantu mempertahankan kadar air dalam jaringan kulit, sehingga wajahmu enggak mudah kering dan kusam.

Sementara vitamin E dapat bekerja sebagai anti inflamasi dan anti oksidan, yang dapat menenangkan kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang bermasalah akibat radikal bebas.

Berbagai Khasiat Susu untuk Kecantikan Kulit

khasiat susu untuk kecantikan kulit

Kamu pasti sudah sering menemukan kandungan susu dalam produk perawatan kecantikan kulit. Ternyata selain melembapkan, susu juga memiliki banyak manfaat lain untuk kulit wajah dan tubuh kita, lho.

Berikut berbagai khasiat susu untuk kecantikan kulit yang harus kamu tahu!

Sebagai Eksfoliator Alami

Khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit yang pertama adalah dapat bekerja sebagai eksfoliator alami.

Kemampuannya ini dikarenakan kandungan enzim lipase yang larut dalam lemak untuk menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit.

Sementara itu, asam laktat dalam susu pun mampu bekerja sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati dari epidermis. Dengan begitu, kulit wajahmu akan jadi lebih lembut dan bersinar alami.

Untuk mendapatkan khasiat susu untuk kecantikan satu ini, kamu bisa menggunakannya secara langsung pada wajah dengan memakai kapas. Kemudian, tunggu sampai nutrisi yang ada dalam susu terserap sempurna.

Setelah itu, kamu bisa langsung membersihkan wajah dengan air bersuhu normal. Lakukan perawatan ini secukupnya, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajahmu.

Menghidrasi Kulit

Pada dasarnya, susu merupakan campuran dari air, lemak, dan protein, yang diketahui mampu mengatasi kulit kering dan kusam.

Ini disebabkan, ketiga kandungan di atas mampu menggantikan pelembap alami yang hilang pada wajah kamu, serta menjaganya agar tidak mudah menguap.

Untuk mendapatkan manfaat satu ini kamu bisa mengkombinsikan susu, madu, dan sedikit jus lemon sebagai masker alami.

Kandungan pelembap alami dalam susu akan mengimbangi asam perasan lemon, sehingga produksi sebum pada kulit dapat lebih terkontrol. Wajahmu akan tetap lembap, tanpa harus jadi sangat berminyak.

Sementara itu, madu dapat membantu fungsi utama susu untuk melembapkan, menenangkan, hingga mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Mencerahkan Kulit Wajah

Selain melembapkan, susu pun bisa membantumu mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit. Yakni dengan bekerja untuk meluruhkan sel-sel kulit berpigmen dan merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat.

Tak hanya itu, berbagai nutrisi yang ada dalam susu pun akan membantu memelihara kesehatan kulit. Dan secara otomatis, tampilan bagian terluar dari kulit pun akan tampak lebih halus, lembut, dan glowing.

Untuk mendapatkan khasiat susu satu ini kamu bisa mengombinasikannya dengan madu manuka, dan menjadikannya sebagai masker wajah alami.

Penggunaannya hampir serupa dengan masker wajah umumnya, kamu hanya perlu mengaplikasikan campuran dua bahan alami di atas dengan merata pada wajah.

Kemudian tunggu selama 15-20 menit, atau sampai kandungan dalam susu dan madu terserap oleh kulit. Setelah itu, kamu bisa membilas wajah dengan air hangat dan melanjutkan penggunaan skincare lainnya.

Sebagai Agen Antiaging

Berbagai tanda penuaan enggak hanya muncul karena pertambahan usia kamu. Faktanya, keriput, garis halus, serta dark spot, pun bisa terlihat karena pengaruh factor eksternal.

Namun kamu tak perlu khawatir, sebab susu bisa membantu mengatasi dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Untuk mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini ini, kamu bisa menjadikan susu sebagai masker wajah alami dengan mencampurnya bersama buah pisang yang sudah dihaluskan.

Pisang mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan bisa bekerja sebagai anti oksidan alami. Kandungan ini dapat membantu memperbaiki sel kulit yang bermasalah dan memulihkan kesehatan kulit secara alami.

Mampu Merawat Kulit Sensitif

Memiliki kulit yang sensitif menjadikan kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah tertentu. Apalagi, kalau kulitmu tengah mengalami iritasi atau peradangan.

Maka, kamu enggak bisa sembarangan dalam memakai produk skincare, bahkan harusnya kamu mengurangi penggunaan produk-produk tersebut. Terlebih yang berkaitan dengan eksfoliasi dan mengandung bahan-bahan yang keras.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan susu untuk merawat wajah selama peradangan atau iritasi terjadi. Sebab, susu mengandung senyawa anti inflamasi yang mampu menenangkan kulit dan merawat area yang mengalami peradangan.

Menenangkan Kulit yang Terkena Sunburning

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah kamu, termasuk terkena sunburning.

Untungnya, susu dapat digunakan untuk merawat kulit yang terkena sunburning. Ini dikarenakan zat pelempab, anti inflamasi, dan berbagai nutrisi lain yang baik untuk memperbaiki dan merawat kulit.

Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang terlalu besar juga bisa menimbulkan masalah pada kulit, termasuk membuat wajah jadi lebih berminyak, muncul komedo, hingga adanya jerawat.

Susu rupanya enggak cuma membantu untuk melembapkan kulit, melainkan bisa mengontrol produksi sebum dengan membuat pori-pori wajah mengecil.

Khasiat Susu untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit

Enggak hanya untuk kulit, susu juga sama berkhasiatnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambutmu. Hal inilah yang akhirnya membuat susu sering digunakan sebagai campuran dalam produk perawatan rambut.

Kira-kira apa saja khasiat susu untuk kecantikan dan kesehatan rambut? Well, simak penjelasan lengkapnya di ulasan berikut ini, ya, Ladies!

Perawatan Rambut Kering dan Kasar

Bagi kamu yang memiliki masalah rambut kering, kasar, dan mudah kusut, susu bisa jadi jawaban yang paling kamu tunggu-tunggu.

Sebab, susu bisa membantumu menutrisi rambut dan kulit kepala, dari dalam hingga luar, hanya dengan menggunakannya sebagai pemakaian luar.

Tak hanya itu, kandungan pelembap alami, vitamin D dan E, yang ada dalam susu pun mampu merangsang pertumbuhan rambut. Mempertahankan kelembapan alaminya, sehingga rambutmu akan terasa lebih lembut dan mudah diatur.

Sebagai Conditioner Alami

Untuk menutrisi dan menjaga kesehatan rambut, kamu bisa menggunakan susu segar sebagai kondisioner alami, lho.

Caranya juga cukup sederhana, kamu hanya perlu melarutkan susu dalam ari secukupnya dan aplikasikan sebagai conditioner secara langsung pada rambut.

Namun, jangan langsung di bilas. Tunggu sampai setidaknya 30 menit lamanya, agar kandungan dalam susu terserap sempurna pada batang rambut dan kulit kepala kamu.

Memberikan Kilau Alami pada Rambut

Nutrisi yang ada dalam susu, jika digunakan dengan cara yang tepat akan terserap dalam kulit kepala dan folikel rambut. Hal ini akan menjadikan rambut lebih sehat, kuat, bahkan lebih lebat dari sebelumnya.

Nah, salah satu bonus yang akan kamu dapatkan ketika merawat rambut dengan susu adalah kilau hitam alami pada rambut.

Untuk mendapatkan manfaat susu ini kamu hanya perlu mengoleskan produk perawatan rambut berbahan dasar susu dan turunanannya ke rambut, kemudian diamkan beberapa saat hingga kandungan meresap seluruhnya.

Setelahnya, kamu bisa membilas rambut berbarengan dengan keramas seperti biasanya.

Mengatasi Rambut Rontok

Susu merupaka salah satu jenis probiotik yang cocok untuk mengatasi kerontokan rambut. Yakni dengan menguatkan, hingga merangsang pertumbuhan rambut agar lebih tebal.

Untuk mendapatkan semua khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit, kamu bisa memanfaatkan bahan alami ini secara langsung ataupun menggunakan produk-produk perawatan kecantikan dengan bahan yang sama.

Namun, sebelum mecoba, ada baiknya kamu memilih produk perawatan berkandungan susu yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit serta rambutmu.

Dengan demikian, manfaat yang akan kamu peroleh pun akan jadi lebih maksimal dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

About Author

Related posts

Leave a Comment