Bikin Cerah Berseri, Ketahui 9 Kandungan Pencerah Wajah dalam Skincare Ini

mencerahkan kulit

Kulit wajah yang tidak dirawat dengan baik berpotensi terkena berbagai masalah kecantikan, termasuk warna kulit yang tidak merata, kusam, hingga masalah pigmentasi lainnya.

Salah satu mengatasi masalah kulit kusam dan hiperpigmentasi ini adalah dengan menggunakan produk dengan kandungan pencerah wajah dalam skincare yang ampuh.

Kandungan dalam skincare memiliki peran penting dalam membuat produk ini bekerja melawan berbagai masalah kecantikan yang kamu alami.

Karena tingginya minat akan skincare pencerah wajah, para produsen kosmetik pun berlomba-lomba menciptakan produk yang dapat bekerja efektif dalam meningkatkan kecerahan kulit, termasuk menggunakan bahan-bahan aktif tertentu.

Sayangnya, enggak semua kandunagn tersebut dapat kamu coba dan gunakan dengan sembarangan. Justru akan sangat baik buatmu mengetahui kandungan aktif apa saja yang dapat mencerahkan kulit, cara kerjanya, dan kecocokkannya dengan jenis kulit wajah.

Penasaran apa saja kandungan pencerah wajah yang dimaksudkan tersebut? Yuk, cek kesepuluh kandungan tersebut di ulasan berikut ini.

Alpha Arbutin

kandungan pencerah wajah dalam skincare

Kandungan pencerah wajah dalam skincare yang pertama dalah Alpha arbutin. Bahan aktif satu ini didapat dari ekstrak bear berry, sehingga dapat digolongkan sebagai bahan alami.

Alpha Arbutin kian dikenal karena banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit wajah khas Korea Selatan. Kandungan ini membantu mencerahkan kulit dengan menghambat pembentukan melanin serta menghambat produksi tyrosinase.

Seperti yang diketahui, baik melanin serta tyrosinase memiliki peranan besar dalam pigmentasi kulit. Sehingga bila produksi keduanya kian sedikit, maka wajah pun akan jadi lebih cerah secara alami.

Pada dasarnya, Alpha arbutin merupakan bentuk turunan dari hydroquinone. Meski begitu, kandungan pencerah wajah dalam skincare ini sangat minim menimbulkan iritasi, karenanya aman untuk semua jenis kulit wajah.

Vitamin C

lemon essential oil

Kandungan pencerah wajah dalam skincare selanjutnya adalah vitamin C. kamu pasti sudah enggak asing lagi dengan bahan alami satu ini.

Yap, selain bisa diperoleh dengan mudah dari berbagai sumber makanan yang ada. Vitamin C pun sering digunakan ke dalam racikan skincare, khususnya yang bekerja mencerahkan dan merawat keremajaan kulit.

Ini dikarenakan, vitamin C dapat membantu menghambat produksi pigmen melanin, mencegah kerusakan sel kulit akibat stress oksidatif, juga merangsang pembentukan kolagen yang ada dalam jaringan kulit.

Karenanya, tak hanya akan membuat wajahmu tampak lebih cerah. Vitamin C pun akan membantu merawat kesehatan kulit secara alami.

Tak hanya memperbaiki dan mencerahkan struktur kulit secara umum. Vitamin C pun dikenal bekerja efektif dalam menghilangkan berbagai noda hitam dan bekas jerawat yang sangat membandel sekalipun.

Kaabar baiknya lagi, vitamin C merupakan bahan aktif skincare yang cukup aman di kulit dan minim menimbulkan reaksi negative. Karenanya, bisa digunakan untuk merawat semua jenis kulit wajah.

Chromabright

Chromabright adalah salah satu kandungan pencerah kulit wajah dalam skincare yang juga cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah pigmentasi. Seperti kulit yang kusam, warna tidak merata, hingga bintik-bintik hitam penuaan atau bekas jerawat membandel.

Kandungan ini secara khusus bekerja menghambat produksi melanin yang terlalu berlebihan, sehingga bisa membantu meningkatkan kecerahan kulit dengan lebih efektif dan cepat.

Tak hanya itu, chromabright pun bisa disejajarkan dengan hydroquinone. Meski begitu, kandungan ini telah teruji jauh lebih aman dan ramah ketika diaplikasikan ke wajah.

Bahkan, saking ampuhnya chromabright diklaim bisa bekerja lebih ampuh dibandingkan dengan pencerah lain, sepeti asam kojic, alpha arbutin, maupun vitamin C.

Niacinamide

Kalau mendengar tentang kandungan ini, kira-kira apa yang ada di pikiranmu? Yap! Rahasia kecantikan ala K-Beauty.

Niacinamide kini pun terbilang sangat popular, karena banyak digunakan dan dipromosikan sebagai kandungan skincare yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Niacin yang merupakan bentuk lain dari vitamin B3 ini, dikenal efektif dalam membantu mencegah pembentukan melanin ke lapisan kulit terluar.

Tak cuma mencerahkan, niacinamide pun dapat bekerja aktif dalam menjaga keremajaan kulit. Termasuk membuatnya selalu terasa kencang, tidak mudah kering, hingga selalu cerah alami.

Selain itu, kandungan antiinflamasi dalam niacinamide pun terbilang sangat bagus untuk menghilangkan berbagai tanda peradangan, termasuk kemerahan dan mendukung fungsi skin barrier kamu.

AHA dan BHA

AHA dan BHA adalah duo agen yang sangat terkenal akan kemampuannya dalam membantu mencerahkan kulit wajah. Bahkan kombinasi kedua bahan ini pun diklaim bekerja cepat dalam meningkatkan kesehatan dan kecerahan kulit.

AHA (Glycolic Acid) dan Salicylic Acid (BHA) dapat bekerja sebagai peeling wajah dan membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dari permukaan kulit. Yang kemudian akan membuat proses regenerasi sel kulit baru akan jauh lebih optimal.

Sebab, ketika sel kulit mati terangkat maka jaringan kulit akan mengirimkan signal untuk meregenerasi diri. Hasilnya sel baru yang jauh lebih sehat akan tumbuh dan menggantikan sel mati yang telah terangkat sebelumnya.

Inilah yang akhirnya memberikan perubahan besar pada penampilan dan tekstur kulit, misalnya dengan membuatnya lebih cerah dan terasa halus.

Asam Kojic

essential oil (3)

Kandungan pencerah wajah dalam skincare selanjutnya adalah asam kojic. Ya, bahan yang mulanya diperkenalkan oleh Jepang ini, telah lama menjadi rahasia untuk merawat kecantikan dan kecerahan kulit wajah perempuan Asia.

Asam kojic sebenarnya dibuat dari kristal ecil yang ditemukan dalam jamur tertentu. Fungsi utamanya adalah dengan mencegah pembentukan tirosin, yakni protein yang memiliki peranan yang sangat besar untuk memproduksi sel pigmen melanin.

Karennaya, asam kojic pun bisa membantu meningkatkan kecerahan kulit dan memudarkan noda-noda hitam dengan optimal.

Tak hanya itu, asam kojic pun terbilang ramah untuk semua jenis kulit. Kamu bisa dengan mudah menemukan kandungan ini di berbagai produk perawatan kecantikan, mulai dari facial bar soap, krim wajah, serum, dan masih banyak lainnya.

Retinol

Kamu pasti udah sering dengar soal kandungan satu ini. Yap, apalagi kalau bukan retinol yang merupakan salah satu bentuk turunan vitamin A.

Bahan ini sangat laris digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, khususnya yang menawarkan fungsi mencerahkan dan menjaga wajah agar selalu awet muda.

Ini dikarenakan retinol dapat membantu menstimulasi proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat, serta bisa merangsang produksi kolagen dalam jaringan kulit.

Karenanya, penggunaan krim retinol bisa membuat kulit jadi lebih lembut, tampak lebih sehat dan cerah alami. Fungsi lainnya dari kandungan ini adalah menjaga elastisitas kulit, merawat kulit berjerawat, serta mengecilkan pori-pori kulit.

Sayangnya retinol dan kebanyakan turunan vitamin A lainnya memiliki sifat photosensitive, artinya bisa cukup sensitif di bawah sinar matahari.

Karenanya, penggunaan retinol biasanya dicampurkan dalam formula krim malam atau dikombinasikan dengan bahan-bahan melembapkan serta mendukung fungsi skin barrier kulit.

Hyaluronic Acid

Meski hyaluronic acid lebih dikenal akrena kemampuannya dalam melembapkan dan menutrisi kulit. Jika digunakan secara rutin, hyaluronic acid pun diketahui dapat meningkatkan penampilan dan tekstur kulit wajah kamu.

Hyaluronic acid pun bisa mendorong produksi kolagen, menjaga kadar air dalam jaringan kulit, pun merangsang proses regenerasi sel baru.

Inilah yang akan membuat perubahan pada tampilan kulit secara umum, menjadikannya tampak kenyal, sehat, dan terlihat cerah merona.

Bakuchiol

manfaat squalane oil untuk kulit (1)

Diperioleh dari ekstrak biji dan daun dari tumbuhan Babchi, bakuchiol merupakan salah satu kandungan skincare untuk mencerahkan kulit lainnya.

Bahan ini pun dinilai sama efektifnya dengan retinoid. Namun lebih aman digunakan oleh semua jenis kulit wajah, termasuk untuk kulit sensitifnya.

Nah, itu adalah Sembilan jeni kandungan pencerah wajah dalam skincare yang bisa membantumu mengatasi masalah warna kulit yang tidak rata maupun kusam.

Beberapa kandungan di atas pun dapat bekerja ganda, yakni bisa membuat bintik-bintik penuaan di kulit tersamarkan, bersamaan dengan garis halus dan kerutan yang ada.

Akhirnya, tak hanya mencerahkan, kandungan-kandungan ini pun akan memelihara kecantikan kulit dengan lebih baik dan membuatnya tampak awet  muda.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment