Merawat Kulit dengan Lulur Tubuh Tradisional, Manfaat dan Cara Buatnya!

Lulur merupakan salah satu perawatan kulit yang telah lama digunakan untuk mempercantik kulit tubuh. Produk body care ini pun telah mengalami perkembangan dan inovasi, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal untuk kulit.

Produk perawatan kecantikan satu ini umumnya memiliki manfaat untuk melembutkan dan memberishkan kulit dari berbagai kotoran serta minyak, yang menempel di bagian teratas kulit.

Kalau memang demikian, apakah penggunaan lulur ini tidak sama dengan scrub? Biar kamu lebih tahu, simak ulasan berikut ini sampai habis, ya, Guys!

Beda Lulur dan Scrub Tubuh

Meski sekilas memiliki fungsi yang serupa, lulur dan scrub tubuh tetaplah dua produk yang berbeda. Misalnya, lulur memiliki tekstur yang lebih halus dengan butiran yang sangat kecil, sehingga kemungkinan terjadinya teriritasi lebih rendah.

Karenanya, lulur aman digunakan untuk semua jenis kulit tubuh dan wajah, termasuk untuk merawat kulit sensitif.

Ini tentunya berbeda dengan tekstur scrub yang cenderung kasar dan lebih besar. Produk ini lebih mungkin menimbulkan iritasi dan luka pada kulit, karenanya penggunaan scrub ini hanya dilakukan maksimal secara 2-3 kali dalam seminggu saja.

Untuk itu, kamu yang memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitif bisa menggunakan lulur dibandingkan dengan scrub wajah.

Manfaat Menggunakan Lulur untuk Kecantikan Kulit

lulur tubuh

Kulit merupakan organ tubuh yang sangat besar dan berperan penting sebagai garda terdepan, khususnya untuk melindungi tubuh dari bahaya lingkungan.

Tak cuma itu, kulit pun bisa membantu mengatur suhu dalam tubuh, misalnya dengan mendinginkan tubuh melalui keringat. Karenanya, tentu sangat penting untukmu menggunakan berbagai produk perawatan yang bisa membuat kulit jadi lebih sehat dan kulit.

Ada beragam cara yang bisa kamu gunakan untuk merawat kecantikan kulit, termasuk dengan menggunakan lulur tubuh secara rutin

Selain membersihkan, berikut beberapa manfaat menggunakan lulur tubuh untuk kecantikan kulit berikut ini yang perlu kamu tahu.

Menutrisi Kulit Tubuh

Secara umum, manfaat menggunakan lulur tubuh memang untuk membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebihan pada permukaan kulit.

Namun, lebih dari itu, produk yang sama pun bisa membantu memberikan nutrisi tambahan untuk kulit tubuh kamu. Sebab, pada dasarnya kandungan yang digunakan dalam produk ini memiliki berbagai senyawa dan nutrisi yang baik untuk kulit.

Misalnya, jika kamu menggunakan lulur tubuh berkandungan kunyit. Senyawa kurkumin, antioksidan, dan vitamin yang tinggi dalam bahan alami ini akan meresap ke dalam kulit. Kemudian akan membantu membuat kulit tubuhmu jadi lebih sehat.

Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Salah satu manfaat menggunakan lulur adalah membantu mengangkat sel kulit mati. Hal ini akan sangat baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit tubuh kamu.

Sebab, dengan kulit mati yang menumpuk, maka penampilan kulit akan cenderung lebih kusam dan terasa lebih kasar.

Penggunaan lulur mandi dengan teratur akan membantu mengangkat sel mati yang menumpuk pada kulit. Kamu bisa memilih produk dengan butiran exfoliator yang lembut dan kandungan bahan yang cocok dengan kondisi serta jenis kulitmu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan lulur mandi ini secara rutin. Paling tidak gunakan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu, ya!

Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Ketika kebersihan kulit terjaga dan sel mati bisa terangkat dengan baik, maka secara otomatis kulit tubuh akan tampak lebih cerah dan berseri.

Hal ini pun akhirnya akan membuat proses regenerasi sel kulit menjadi lebih optimal, produksi kolagen juga akan terangsang dan membuat kulit jadi kian sehat.

Membantu Menyamarkan Tampilan Selulit

Tahukah kamu kalau beberapa penelitian pun mengungkapkan bahwa beberapa jenis lulur tubuh bisa membantu menyamarkan tampilan selulit?

Ya, lulur tubuh dengan kandungan kafein umumnya diketahui dapat melancarkan peredaran darah, serta membantu merawat elastisitas kulit kamu.

Hal inilah yang kamudian akan membantu menyamarkan selulit, memperbaiki jaringan parut, dan membuat kulit tubuh kamu jadi lebih kencang.

Cara Buat Lulur Tubuh Tradisional yang Baik Buat Kulit

pelembap wajah

Tak hanya bisa dilakukan di salon atau spa, kamu bisa membuat lulur tubuh dengan resep tradisional, lho. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah dijangkau, kamu bisa menemukannya dengan mudah di manapun.

Penasaran, bagaimana cara membuat lulur kulit tradisional yang bagus untuk kecantikan? Langsung cek jenis dan langkahnya di bawah ini, Ladies!

Resep Lulur Kuning Tradisional

Resep lulur kuning tradisional ini merupakan lulur yang dibuat dari kombinasi berbagai bahan alami khas daerah Jawa. Misalnya tepung beras, kunyit, daun padan, hingga temu.

Rempah-rempah di atas memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin dan juga mineral yang sama banyaknya.

Tak hanya akan mendorong pengelupasan sel kulit mati, bahan-bahah tersebut akan membantu mendinginkan kulit, menghidrasi, melembutkan, dan bahkan meningkatkan kecerahannya secara alami.

Pada tepun beras misalnya, bahan alami ini mengandung asam ferulat dan allantoin yang bisa membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari yang berlebihan. Kedua kandungan ini pun sangat baik dalam merawat dan menenangkan kulit dari sengatan sinar matahari.

Sementara itu, kunyit juga enggak kalah bermanfaatnya dari beras. Sebab bahan alami ini memiliki senyawa kurkumin, yang dapat bekerja sebagai antibakteri, antioksidan, hingga antiinflamasi.

Kandungan-kandungan tersebut akan membantu merawat kesehatan kulit, memelihara keremajaan kulit tubuh kamu dan membuatnya tampak lebih segar. Tak cuma itu, kunyit pun dikenal ampuh merawat elastisitas kulit dan membuat proses regenerasi berjalan lebih optimal.

Cara Membuat Lulur Tubuh Kuning Khas Jawa (Mangir)

Siapkan bahan yang dibutuhkan, meliputi: satu gengam beras yang telah direndam selama dua jam sebelumnya, tepung beras, temu giring, kunyit bubuk, kencur bubuk, kranggean bubuk, dan empat butir cengkeh.

Lagkah merawat tubuh dengan lulur mangir khas Jawa:

  • Haluskan seluruh bahan bersamaan, kamu bisa menggunakan blender agar hasilnya benar-benar lembut dan terbentuk pasta masker yang diinginkan.
  • Aplikasikan ke seluruh tubuh, selingi dengan pijatan lembut agar kandungan dalam lulur terserap sempurna.
  • Bila sudah, bilas tubuh bersamaan dengan mandi. Pastikan tidak ada residu lulur yang tertinggal, ya, Ladies!

Lulur Tubuh dari Bengkuang untuk Melembutkan

Bengkuang juga merupakan salah satu bahan alami legendaris, karena kerap digunakan dalam banyak resep perawatan kulit tradisional.

Buah satu ini mengandung banyak jenis vitamin dan mineral. Salah satu kadnungan yang cukup banyak ditemukan dalam bengkuang adalah vitamin C, karenanya enggak heran kalau bengkuang bisa membuat kulitmu jadi kencang dan terawat.

Vitamin C merupakan kandungan antioksidan alami yang sangat baik dalam melindungki kulit. Senyawa ini dapat ditemukan dalam lapisan dermis dan epidermis dari kulit tubuh kamu.

Tak hanya menangkal dampak buruk radikal bebas, kandungan ini pun bisa membantu mengurangi kemunculan tanda penuaan pada kulit dan mendorong proses sintesis kolagen.

Vitamin C pun bisa membantu memperbaiki dan mencegah kulit jadi kering, pun membantu sistem pelindung kulit untuk menangkal efek negative radiasi sinar matahari.

Cara Membuat Lulur Tubuh dari Bengkuang

Merawat kesehatan dan kecanikan kulit menggunakan lulur berngkoang sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan buah bengkoang dengan menggunakan parutan, kemudian mengaplikasikannya ke seluruh tubuh.

Setelah itu, tunggu selama beberapa saat, paling tidak 10-15 menit dan selingi dengan pijatan yang lembut pada seluruh tubuh. Ini akan membantu kandungan dalam bengkoang terserap dengan sangat baik pada kulit.

Lulur Tubuh  Alami dari Susu

Seperti yang sudah kamu tahu, susu mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk merawat tubuh secara umum. Misalnya, memiliki air, kandungan lemak, protein, dan juga berbagai mineral yang bisa juga digunakan untuk merawat kulit.

Tak hanya ampuh untuk melembapkan dan menutrisi kulit, kamu pun bisa menggunakan susu sebagai resep lulur tradisional.

Kandungan ezim lipase yang dimilikinya, bahan alami ini bisa menghilangkan kotoran yand dapat larut dalam minyak. Sementara itu, kandungan protasenya akan mendorong pembersihan kotoran yang memiliki protein, pun bisa membantu mengangkat sel kulit mati lewat asam laktat.

Dengan penggunaan lulur susu secara teratur, kulit tubuh kamu pun bisa tampak lebih kenyal dan cerah terawat. Berbagai nutrisi yang ada dalam susu pun bisa membantu melawan kemunculan tanda penuaan dini, dengan mengurangi keriput dan garis halus di kulit.

Cara Membuat Lulur Tubuh dari Susu

Untuk membuat lulur tubuh dari susu, kamu bisa menggunakan susu bubuk sebagai bahan dasarnya. Caranya, cukup buat pasta kental lulur dari susu bubuk dan air, kamu bisa menambahkan minyak zaitun atau coconut oil untuk menambah tekstur.

Setelah itu, aplikasikan pasta lulur pada tubuh dengan merata. Jangan terburu-buru untuk membilasnya, tunggu selama 15 menit atau hingga lulur yang kamu gunakan tersebut kering.

Baru setelah itu, kamu bisa melakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar. Kalau sudah, kamu bisa bilas tubuhmu sampai bersih menggunakan air bersuhu normal.

Lulur Tubuh dari Kopi untuk Mengatasi Kulit Kasar

Kopi merupakan salah satu bahan alami yang mengandung banyak kafein. Seperti yang kamu tahu, manfaat kafein untuk kecantikan kulit sangatlah beragam, seperti mencerahkan, melembutkan, bahkan membantu memperbaiki tekstur kulit.

Penggunaan kopi sebagai lulur tubuh alami akan memabntu meningkatkan tekstur kulit tubuh, membuatnya jadi lebih halus, lembut, dan kencang.

Bahan alami ini pun diketahui dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati, hingga mendorong terbentuknya sel-sel kulit baru yang ada di bawahnya.

Resep Membuat Lulur Tubuh Alami dari Kopi

Untuk membuat lulur dari kopi, kamu bisa menambahkan minyak kelapa, air lemon, dan yogurt agar tekstur dan aroma dari lulur bisa kian menarik.

Cara pembuatannya juga cukup sederhana, kamu hanya perlu mencampurkan kesemua bahan diatas ke dalam wadah. Kemudian, aplikasikan pada wajah dan tubuh, atau kulit yang terasa kasar.

Kemudian biarkan selama beberapa saat, maksimal 20 menit saja. Kemudian bersihkan badan dari residu lulur dengan air.

Lulur Tubuh dari Cokelat

Selain bisa dinikmati karena rasanya yang sangat menggoda, cokelat pun bisa menjadi pilihan yang sangat ideal untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan lulur tubuh alami.

Sebaba, bahan alami ini akan membantu meningkatkan hidrasi kulit, mendorong proses pengangkatan sel mati dari epidermis, mencerahkan kulit tubuh kamu, dan memberikan perlindungan tambahan dari sinar matahari berlebih.

Cokelat mengandung vitamin E dan vitamin A yang sangat tinggi, sehingga bisa membantu memperbaiki sel kulit yang bermasalah dan merawat keremajaannya.

Bahan alami ini pun mengandung antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan pada kulit, khususnya yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Resep Membuat Lulur Tubuh dari Cokelat

Tak perlu membeli produk lulur cokelat di toko kosmetik, kamu bisa membuat lulur cokelat sederhana di rumah. Yakni dengan mencampurnya bersama madu dan air mawar, usahakan untuk menggunakan bubuk cokelat hitam asli, ya, Ladies.

Kemudian campurkan semua bahan yang telah kamu siapkan sesuai dengan kebutuhan, kemudian aplikasikan pada kulit tubuh yang kering atau ingin dirawat.

Diamkan selama beberapa menit, hingga lulur agak mengering. Kemudian pijat kulit tubuh dengan lembut, agar sel mati pada permukaan kulit dapat turut terangkat saat lulur dibersihkan.

Nah, itu adalah hal yang perlu kamu tahu soal lulur tubuh. Termasuk apa manfaatnya untuk kecantikan kulit, bedanya dengan scrub, serta bagaimana cara membuat lulur tubuh alami di rumah.

Merawat kulit tubuh enggak harus selalu dilakukan di salon-salon kecantikan. Kamu bisa mencoba menggunakan resep perawatan kecantikan kulit tradisional, dan membuat resep lulur sederhana di rumah.

Dengan penggunaan yang teratur kamu akan mendapatkan kulit tubuh yang sehat, lembut, bahkan tampak cerah alami. Menarik, bukan? Langsung coba di rumah, ya, Ladies!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment