Fenugreek Oil dalam Kosmetik, Cari Tahu Manfaat Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat fenugreek oil untuk kecantikan (2)

Kalau membicarakan tentang dunia kecantikan, tentunya tidak akan ada habisnya. Kian waktu, makin banyak inovasi dan kreasi produk perawatan kecantikan kulit dan rambut diproduksi untuk menjawab berbagai kebutuhan beauty enthusiast.

Inovasi-inovasi ini kemudian menghadirkan tren kecantikan yang berbeda, salah satu yang sedang viral adalah penggunaan bahan alami dalam produk perawatan kecantikan.

Fenugreek oil merupakan salah satu bahan alami yang juga kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, lho.

Bahan alami yang juga diketahui sebagai tanaman obat tertua dalam sejarah manusia ini didapat dari ekstrak biji fenugreek. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara umum, bahan alami ini pun memiliki nutrisi yang bisa mempercantik rambut dan kulitmu.

Ini terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kinerja olahraga, merangsang produksi ASI dan melawan jerawat. Dengan aroma hangat dan kayu yang unik, menyebarkan fenugreek di rumah atau menambahkannya ke teh bisa menjadi tambahan yang bagus untuk lemari obat alami Anda.

Bagi sebagian besar orang, minyak fenugrik dan manfaatnya untuk kecantikan masih cukup asing. Karenaya, untuk lebih tahu kamu bis abaca ulasan berikut hingga habis.

Apakah Fenugreek Oil Itu?

manfaat fenugreek oil untuk kecantikan (3)

Dilansir dari laman Dr Axe fenugreek oil merupakan minyak alami yang didapat dari tanaman herbal tahunan, yang merupakan bagian dari genus kacang polonga tau Fabaceae.

Tanaman dengan daun berwarna hijau muda dan bunga putih kecil yang indah ini banyak dibudidayakan di daratan Afrika Utara, Eropa, Asia Barat dan Selatan, Amerika Utara, Argentina, hingga Australia.

Yang membuat fenugreek oil menjadi special adalah sifat terapeutiknya yang sangat mengesankan. Bahan alami ini memiliki kandungan asam amino esensial yang cukup tinggi, misalnya leusin dan lisin.

Manfaat Fenugreek Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat satsuma oil untuk kecantikan

Selain menggunakannya sebagai aromaterapi atau obat herbal, manfaat fenugreek untuk kecantikan pun bisa kamu dapatkan dari berbagai produk perawatan kulit yang menggunakan bahan alami ini ke dalam komposisinya.

Beberapa merk ternama seperti The Body Shop, Innisfree, dan lainnya, menggunakan fenugreek oil ke dalam formula skincare yang mereka buat.

Nah, kira-kira apa saja manfaat fenugreek oil untuk kecantikan kulit? Langsung cari tahu lewat ulasan di bawah ini, ya, Guys!

Membuat Kulit Wajah dan Tubuh Lebih Glowing

Siapa yang tidak menginginkan kulit yang cerah dan glowing? Well, pasti kita semua juga mendambakan hal itu, bukan?

Sayangnya, kadang kala karena paparan sinar matahari yang berlebihan, radikal bebas, dan kondisi kulit yang kering bisa membuat wajah kusam.

Untungnya, salah satu manfaat fenugreek oil untuk kecantikan adalah membantu kulit wajah jadi lebih cerah dan glowing.

Ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi dalam biji fenugreek, sehingga mampu meningkatkan kecerahan kulit dan membuat wajah tampak glowing.

Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Tak hanya membuat wajah jadi lebih cerah, manfaat fenugreek oil untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit.

Seperti yang kamu tahu, penumpukan sel kulit mati hanya akan mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah, memicu kemunculan jerawat maupun komedo, hingga membuat wajah jadi tampak lebih kusam.

Penggunaan fenugreek oil untuk mengangkat kotoran di wajah ini pun terbilang lebih aman, dibanding kamu memakai scrub dengan buliran kasar yang bisa mengiritasi kulit.

Mengatasi Minyak Berlebih

Selain membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati, fenugreek oil pun akan membantu mengatasi minyak berlebih.

Kamu bisa menggunakan minyak alami ini membersihkan wajah , atau menggunakannya sebagai bahan masker wajah organic, sehingga dapat membantu mengangkat kotoran bahkan dari bagian terdalam kulit.

Menenangkan dan Menyegarkan Kulit

Selain antioksidan, biji fenugreek pun mengandung senyawa antiinflamasi yang tinggi. Karenanya, bahan alami ini pun bisa membantu menenangkan kulit dan memberikan sensasi menyegarkan.

Enggak heran, kalau kamu menemukan fenugreek oil dalam berbagai formula toner wajah. Karena sifatnya yang menenangkan, menyegarkan, hingga menutrisi kulit.

Meremajakan Kulit Wajah

Minyak alami dari biji emas kecil ini mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, sehingga bisa membuat kulit wajah kamu tetap cantik, muda, dan bebas kerut.

Senyawa ini akan membantu menangkal radikal bebas, yang bisa memicu kemunculan kerutan, garis halus, serta bintik penuaan yang ada pada wajah.

Selain membuatnya sebagai masker wajah alami, kamu bisa memilih skincare antiaging berkandungan fenugreek oil, untuk mendapatkan manfaat meremajakan dari bahan alami satu ini.

Meningkatkan Hidrasi Kulit

Selain menyingkirkan minyak berlebih pada permukaan kulit, tahukah kamu kalau manfaat fenugreek oil untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu meningkatkan kadar hidrasi pada wajah.

Yap! Kandungan asam lemak esensial yang ada dalam minyak alami ini akan membantu melembapkan dan memelihara kadar air dalam jaringan kulit.

Karenanya, berbagai masalah yang berkaitan dengan kulit kering, kusam, dan tampak kasar akan bisa diatasi dengan mudah oleh fenugreek oil. Menarik, bukan?

Menyamarkan Noda Hitam dan Mata Panda

Kotoran, bakteri, dan sel kulit mati adalah penyebab utama munculnya flek hitam pada kulit wajah, selain karena paparan sinar ultraviolet yang berlebihan.

Kabar baiknya ekstrak biji fenugreek mengandung vitamin K dan vitamin C yang bisa membantu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada kulit.

Kamu bisa mendapatkan manfaat fenugreek oil untuk kecantikan kulit ini dengan menggunakannya sebagai masker wajah alami, atau dengan mengaplikasikan skincare berkandungan bahan alami ini.

Pengunaan yang tepat, sesuai kebutuhan, dan rutin akan memberikan hasil yang baik untuk kecantikan kulit wajahmu. Termasuk dalam menyamarkan noda hitam dan mata panda yang kamu alami.

Cocok untuk Merawat Kulit Berjerawat

Memiliki kulit yang berjerawat ataupun rentan mengalaminya, pasti juga bikin khawatir dan hati-hati dalam memilih produk perawatan kecantikan.

Nah, untungnya, minyak fenugreek pun diperkaya dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi. Sehingga penggunaan skincare dengan kandungan ini terbilang ideal dalam merawat kulit berjerawat.

Kandungan antibakterinya akan melawan bakteri atau mikroba penyebab jerawat, sementara sifat antiinflamasinya akan menenangkan peradangan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Manfaat Fenugreek Oil untuk Kecantikan Rambut

manfaat conditioner untuk rambut

Selain baik untuk kulit, rupanya fenugreek oil memiliki manfaat yang sama baiknya untuk kecantikan dan kesehatan rambut kamu, lho.

Berikut beberapa manfaat fenugreek oil untuk kecantikan rambut yang perlu kamu tahu. Jangan lewatkan satu pun ya, Guys!

Merawat Kesehatan Rambut dan Mencegahnya Rontok

Sama halnya dengan kulit, kesehatan rambut pun perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik. Misalnya lewat penggunaan produk perawatan rambut yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit kepala.

Salah satu kandungan yang bisa membantu merawat kesehatan rambut dan mencegah adanya kerontokan adalah fenugreek oil.

Bahan alami ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit kepala. Karenanya, penggunaan fenugreek oil akan memabntu memperkuat akar rambut dan mengatasi masalah pada folikel.

Tak cuma itu, bahan alami ini pun diketahui bisa bekerja efektif untuk melawan iritasi pada kulit kepala yang bisa menjadi alasan kerontokan rambut.

Membantu Mengatasi Ketombe

Selain bikin enggak pede, ketombe pun bisa menimbulkan rasa tidak nyaman akibat sensasi gatal yant tidak biasa. Kondisi ini pun bisa menyebabkan kerontokan rambut, karena folikel dan akar yang tidak sehat.

Penyebab utama adanya ketombe adalah pertumbuhan jamur Malassezia di kulit kepala yang tidak terkendali. Akhirnya penumpukan ketombe pada kulit kepala pun bisa sangat banyak.

Kabar baiknya, manfaat fenugreek oil untuk kecantikan rambut selanjutnya adalah membantu mengatasi ketombe, lho!

Ini dikarenakan minyak fenugreek mengandung antibakteri dan antijamur, sehingga dapat membantu menenangkan rasa gatal dan melawan jamur penyebab ketombe.

Memberikan Kilau Alami pada Rambut

Siapa yang tidak ingin mendapatkan rambut berkilau dan indah secara alami? Semua orang tentu meninginkannya, bukan?

 Untuk mendapatkan kesehatan dan kecantikan rambut ini, kamu bisa menyisipkan penggunaan fenugreek oil ke dalam kondisioner ataupun produk perawatan rambut yang kamu pakai.

Asam amino dan asam lemak esensial yang ada dalam bahan alami ini akan membantu melapisi helaian rambut, memberinya kelembapan tambahan dan kilau alami yang mengesankan.

Mendorong Pertumbuhan Rambut Agar Kian Efektif

Biji fenugreek tidak hanya membunuh bakteri dan jamur yang ada di kulit kepala tetapi juga memperkuat folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Manfaat fenugreek oil untuk kecantikan ini tentunya akan sangat menguntungkan buat kamu yang punya masalah dengan rambut rontok, penipisan, atau bahkan kebotakan dini.

Dengan perawatan rutin menggunakan hair care berkandungan fenugreek akan mengembalikan kesehatan rambut, memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit kepala, dan akhirnya mendorong pertumbuhan rambut jadi lebih efektif.

Mencegah Perubahan Warna Rambut

Tak hanya membantu membuatnya kuat dan mendorong pertumbuhan rambut, rupanya kandungan antioksidan dalam fenugreek oil pun membantu dalam mencegah perubahan warna rambut. Khususnya mencegah kemunculan uban, atau rambut bewarna putih.

Seperti halnya dengan kulit, rambut pun bisa terkena dampak buruk radikal bebas dan mengalami penuaan dini. Seperti kelembapan yang mudah hilang, warna yang kusam dan kusut, hingga munculnya uban secara premature.

Dengan banyaknya manfaat fenugreek oil untuk kecantikan kulit dan rambut, sangat disayangkan bukan kalau enggak banyak orang yang tahu soal bahan alami ini.

Padahal enggak sedikit juga produk perawatan kulit dan rambut dari merk ternama telah menggunakan fenugreek oil ke dalam formulanya.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment