Maklon Perfume Oil, Syarat Mudah dan Prosedur Praktis!

maklon perfume oil

Parfum menjadi salah satu item kosmetik dengan peminat yang sangat tinggi. Bukan tanpa alasan, parfum disukai karena bisa menjaga aroma tubuh agar wangi sepanjang hari.  Salah satu jenis parfum dengan aroma yang tahan lama adalah parfum oil, yang juga bisa kamu maklon di Mash Moshem Indonesia.

Parfum memiliki kekuatan untuk menciptakan suasana, meningkatkan kepercayaan diri, dan meninggalkan kesan yang tak terlupakan. 

Wewangian termasuk jenis kosmetik yang tak pandang gender yang artinya digunakan oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Parfum juga tak tergerus oleh zaman yang artinya parfum digunakan tidak hanya ketika hype

Nah… karena tak tergerus oleh tren, perfume semakin hari semakin mengalami perkembangan, baik dari segi kemasan, aroma, maupun jenisnya. 

Kali ini kita akan membahas salah satu jenis atau format parfum yang sebenarnya tidak baru, tetapi masih jarang diketahui. Jenis parfum apakah itu? Ya, parfum oil. 

Parfum oil ini memang tidak se-hype jenis parfum lainnya, seperti parfum cologne dan parfum spray. Namun, parfum oil juga memiliki keunggulan yang tidak kalah dengan jenis parfum lainnya. Penasaran dengan yang disebut perfume oil? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

Apa itu Perfume Oil?

Parfum memang jenis kosmetika yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat. Hampir semua orang memiliki parfum, sekali pun orang yang tidak mengikuti tren makeup. Jenis parfum yang satu ini mungkin masih asing di telinga kita, tapi mari ketahui bersama apa itu perfume oil?

Perfume oil adalah minyak yang diekstraksi secara alami dari bunga, kayu, rempah-rempah, dan aroma-aroma harum lainnya. Sesuai dengan namanya, perfume oil adalah campuran konsentrat parfum dan minyak esensial pencampur. 

Perfume oil ini menggunakan minyak esensial sebagai pengganti alkohol yang menjadikan perfume ini lebih tahan lama dan aromanya soft.Jadi, perfume oil ini berbeda dari parfum berbahan dasar alkohol seperti yang sering kita temukan di pasaran. Perfume oil memiliki konsentrasi aroma yang tinggi sehingga memberikan aroma yang lebih tahan lama pada kulit dibandingkan parfum berbasis alkohol. 

Oil perfume bisa digunakan pada kulit maupun pakaian sebagai pengganti parfum atau wewangian tradisional dan parfum berbasis alkohol. 

Ada hal yang unik dalam perfume oil ini yaitu kemampuannya untuk meresap lebih cepat dan lebih baik ke dalam kulit. Hal ini membuat oil perfume memberikan aroma wangi yang lebih intens dan tahan lama.  

Oil perfume memiliki tekstur yang lebih kental daripada parfum berbasis alkohol sehingga ketika dioleskan ke kulit dapat menyerap ke dalam pori-pori kulit. Oil perfume mampu menutupi bau badan dan membantu memberikan aroma harum sepanjang hari. 

Kelebihan Perfume Oil

Oil perfume disebut sebagai wewangian alternatif pengganti eau de perfume. Hal ini karena oil perfume memiliki aroma wangi yang sangat pekat, namun tidak mengandung alkohol. Alkohol yang digunakan dalam parfum membuat aroma parfum menjadi kuat sehingga lebih sulit bertahan di kulit. 

Perfume oil memiliki efek melembapkan sehingga aromanya lebih dekat dengan kulit dalam jangka waktu yang lama. Aroma pada parfum oil dilepaskan oleh panas tubuh dengan cara yang lebih halus. 

Selain yang sudah dijelaskan sebelumnya, ternyata perfume oil masih memiliki kelebihan lainnya. Yuk ketahui bersama kelebihan lain dari perfume oil!

Aroma yang Lebih Kuat dan Tahan Lama

Perfume oil merupakan parfum yang memiliki ketahanan aroma kuat dan paling lama. Hal tersebut karena perfume oil memiliki konsentrasi minyak esensial yang tinggi. 

Hanya dengan mengaplikasikan oil perfume beberapa tetes saja, aromanya mampu menempel pada kulit lebih dari 8 jam. Oleskan perfume oil pada leher dan titik nadimu untuk aroma wangi yang tahan sepanjang hari. 

Manfaat yang Beragam

Selain menjadi wewangian, perfume oil juga berpotensi menjadi aromaterapi. Hal ini karena minyak esensial yang digunakan dalam perfume oil memiliki sifat aromaterapi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Aroma peppermint misalnya yang dapat memberikan kesegaran dan merangsang energi positif dan menegangkan. Dengan menggunakan parfum oil, kamu dapat merasakan manfaat tambahan dari aroma yang terkandung dalam minyak esensial.

Aman di Kulit

Parfum dengan kandungan alkohol dan bahan kimia lainnya dapat menyebabkan kulit kering yang berakhir iritasi. Lain halnya dengan parfum oil yang memiliki sifat melembapkan sehingga aman untuk kulit dan tetap tahan lama.

Perfume oil lembut ketika digunakan di kulit. Aromanya harum dan selaras dengan kulit sehingga mampu memberikan aroma yang unik. Hal ini bisa membuat perfume oil menjadi pilihan yang baik. 

Relatif Terjangkau 

Perfume oil umumnya dikemas dengan kemasan roll-on sehingga penggunaannya mudah dikontrol. Kamu bisa dengan mudah mengatur pemakaiannya di bagian-bagian tubuh tertentu. Misalnya, kamu memakai banyak di bagian leher, tetapi memakai lebih sedikit di bagian lainnya. 

Berbeda dengan parfum spray atau semprot yang lebih boros karena banyak yang terbuang dan kurang bisa dikontrol pemakaiannya. 

Awal pembelian perfume oil memang mahal, tetapi pemakaiannya lebih awet karena baunya tahan lama sehingga tidak perlu sering-sering mengaplikasikannya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perfume oil harganya relatif terjangkau.

Alcohol-Free

Oil perfume juga memiliki aroma yang lebih alami dan otentik karena tidak tercampur dengan alkohol. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa alkohol dapat memengaruhi aroma parfum. 

Parfum berbasis alkohol memberikan aroma yang lebih kuat di awal. Sebaliknya, aroma perfume oil lebih intim dan menempel di kulit. Hal inilah yang membuat perfume oil bertahan lebih lama.

Tipe-Tipe Perfume Oil

jenis perfume oil

Berbicara tentang tipe-tipe perfume oil, sebenarnya terdapat banyak sekali tipe-tipe perfume oil. Namun, kali ini hanya membahas beberapa tipe perfume oil yang paling umum ditemukan. 

Perlu diingat bahwa sebagian besar tipe perfume oil merupakan minyak esensial yang dijual di toko kesehatan. Bahkan, beberapa orang mungkin memutuskan untuk membuat parfum sendiri di rumah. 

  1. Amarilis: merupakan bunga hias yang terkenal akan keindahannya. Minyak yang diekstrak dari bunga ini biasanya dipadukan dengan mawar dan neroli dalam banyak campuran parfum. 
  2. Minyak Daun Salam: merupakan minyak yang disuling dari daun pohon Hindia Barat. Minyak ini biasa digunakan dalam wewangian yang bersifat maskulin. Aromanya memberikan kehangatan.
  3. Bergamot: merupakan minyak beraroma tajam yang diekspresikan dari jeruk bergamot yang hampir matang. Aroma jeruk penting untuk banyak parfum dan cologne yang bagus. 
  4. Cedarwood Oil: merupakan minyak yang disuling dari cedar Amerika Utara, menawarkan aroma kayu. Minyak ini memberikan aroma yang bagus untuk banyak cologne pria.
  5. Citronella: berasal dari rumput Sri Lanka yang menawarkan aroma yang hangat, ada aroma kayunya, dan sangat manis.
  6. Hyacinth: Bau minyak dari bung aini yaitu beraroma manis yang kuat.
  7. Melati: salah satu yang paling penting dari semua minyak parfum. Melati beraroma sangat kuat dan memberikan kehalusan serta energi.
  8. Lavender: minyak yang biasa digunakan dalam parfum dan aromaterapi.
  9. Minyak lemon: diekspresikan dari kulit pohon lemon varietas khusus.
  10. Mawar: salah satu minyak parfum terbaik, dibutuhkan sekitar 4.000 kelopak mawar untuk mengekstrak satu pon minyak wangi.
  11. Sage: disuling dari sage herbal berbunga sage. Minyak ini bekerja dengan menyeimbangkan aroma yang kasar dengan aroma yang lembut dan manis darinya.
  12. Cengkeh: minyak yang memberikan aroma manis dan pedas.

Setiap tipe parfum oil memiliki kelebihan dan karakteristiknya masing-masing. Pilihan tipe parfum oil yang tepat bergantung pada preferensi pribadi masing-masing, preferensi aroma, dan kebutuhan dalam hal ketahanan aroma dan aplikasi yang nyaman.

Kemasan untuk Perfume Oil

Setelah membahas berbagai tipe perfume oil, sekarang saatnya membahas jenis kemasan untuk produk perfume oil. Berikut ini beberapa rekomendasi kemasan untuk produk perfume oil yang bisa kamu pilih. 

Botol dengan pipet

Botol dengan tutup pipet adalah kemasan yang umumnya digunakan untuk produk yang bertekstur cair kental, seperti serum, aromaterapi, maupun perfume oil. Cara mengambil produk kosmetik dari kemasan yang menggunakan botol pipet adalah dengan meneteskan.

Pipet berbentuk pipih dan panjang dengan ujung bawah yang meruncing. Ujung atasnya terbuat dari karet yang berfungsi menyedot cairan agar masuk ke dalam pipet.

Botol dengan roll

Botol dengan roll merupakan kemasan yang paling umum digunakan untuk produk perfume oil. Kemasan botol dengan roll adalah botol yang dipasangkan roller ball pada mulut botol atau ujung atas botol. 

Roller ball yang menempel pada ujung atas botol ini tidak mengeluarkan cairan di dalam botol jika tidak di oleskan pada kulit. Jadi, roller ball ini juga dapat menjaga agar cairan tidak bocor. 

Botol dengan pump

Botol dengan tutup pump biasanya digunakan untuk produk dengan tekstur cair, gel, mapun kental. Kemasan botol dengan pump ini merupakan kemasan botol yang di bagian atasnya diberikan penutup pump. 

Cara mengeluarkan produk dari botol yaitu dengan menekan pumpnya. Maka, produk akan keluar melalui lubang kecil pada pump.  

Nah… itu tadi beberapa jenis kemasan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk produk perfume oil-mu. Pilihlah kemasan terbaik untuk perfume oil agar produk terlindungi dengan baik.

Biaya dan Syarat Maklon Perfume Oil

Setelah mengetahui banyak tentang produk perfume oil, apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis parfum dengan brandmu sendiri? Seseorang yang berbisnis di bidang kosmetik dan kecantikan disebut dengan beautypreneurs. Jadi, apakah kamu sudah siap menjadi beautypreneurs?

Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan penyedia jasa maklon yang bisa membantumu mewujudkan produk perfume oil impianmu. Bagaimana caranya? Caranya mudah dan akan dijelaskan sebagai berikut.

Biaya

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah biaya untuk memulai bisnismu. Bisnis di bidang apa saja tentu memerlukan biaya sebagai modal utamanya. 

Kami bisa memastikan bahwa biaya yang kamu keluarkan untuk maklon perfume oil di Mash Moshem Indonesia tidaklah mahal. Hal ini karena minimum order quantity (MOQ) yang kami tawarkan hanya 1.000 buah. 

MOQ yang rendah tersebut tentu akan membuatmu tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat produk perfume oil. MOQ rendah yang kami tentukan ini juga akan mempermudah kamu dalam memulai bisnismu.

Jasa maklon menjadi pilihan terbaik untuk pelaku bisnis pemula. Hal ini karena banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan jasa maklon untuk mewujudkan produk kosmetik dengan merekmu sendiri. 

Adapun kemudahan menggunakan jasa maklon, antara lain kamu tidak perlu menggaji karyawan, tidak perlu membangun pabrik maupun rumah produksi, dan tidak perlu membeli peralatan produksi. Selain itu, kamu tidak perlu mengurus perizinan produk dan mendesain kemasan produk sendiri. 

Syarat

Hal kedua yang perlu kamu persiapkan untuk maklon perfume oil di Mash Moshem Indonesia adalah persyaratan. Persyaratannya mudah, kamu hanya perlu mempersiapkan dokumen berupa KTP untuk bisnis perorangan. 

Sedangkan, syarat maklon untuk PT atau CV kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen, seperti KTP direktur, alamat perusahaan, nomor HP, alamat surel (email), dan akte pendirian perusahaan.

Cara Membuat Perfume Oil dengan Jasa Maklon

Bagaimana cara membuat perfume oil dengan jasa maklon? Nah, berikut ini beberapa prosedur yang akan kamu lalui ketika maklon perfume oil di Mash Moshem Indonesia.  

Diskusikan Konsep Produk

Proses pertama yang akan kamu lakukan adalah mendiskusikan konsep produk perfume oil. Diskusi ini kamu lakukan dengan tim ahli kami.

Pada proses diskusi, kamu bisa mendiskusikan tentang rancangan perfume oil yang akan kamu buat. Rancangan tersebut meliputi jenis perfume oil, formulasi bahan, manfaat produk, desain kemasan, dan hal-hal lain yang berhubungan. 

Pembuatan Sampel Produk

Ketika rancangan dan konsep produk telah disepakati, langkah selanjutnya adalah pembuatan sampel produk perfume oil. Pembuatan sampel produk ini dilakukan oleh tim research and development Mash Moshem Indonesia. 

Sampel produk perfume oil akan dibuat sesuai dengan formulasi bahan yang telah disepakati pada diskusi konsep produk. Setelah sampel produk rampung maka tim kami akan mengirimkan sampel tersebut kepadamu. Kamu bisa melakukan uji coba terhadap sampel tersebut.

Jika sampel produk yang diberikan kepadamu telah sesuai dengan keinginan dan konsep yang kamu buat maka proses akan dilanjutkan pada produksi massal. Namun, jika sampel produk perfume oil belum sesuai dengan konsep yang kamu buat maka tim kami akan melakukan revisi. 

Pengurusan Legalitas dan Pembuatan Desain Produk

Aspek yang tak kalah penting dalam maklon perfume oil adalah pengurusan legalitas produk. Proses ini dapat memakan waktu, tenaga, dan biaya yang cukup signifikan. Namun, dengan menggunakan layanan maklon kami, kamu tidak perlu khawatir, kami tidak akan membiarkanmu mengurusnya sendiri. 

Kami akan mengambil tanggung jawab dalam pengurusan seluruh legalitas produk, termasuk sertifikat BPOM, HaKI, HAS, Halal, dan Vegan. Dengan demikian, kamu dapat langsung menjual produk perfume oil-mu ke pasar setelah selesai.

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot mendesain kemasan produk karena tim kami akan membantumu dalam mendesain kemasan yang sesuai dengan keinginanmu. 

Desain kemasan produk akan dibuat semenarik mungkin dan memiliki keunikan tersendiri sehingga dapat menarik minat konsumen untuk mencoba produkmu.

Produksi Massal

Pengurusan legalitas dan desain kemasan produk telah selesai. Kini saatnya produksi massal produk perfume oil. Pada proses produksi massal, tim produksi kami akan mengurus dan mengawasi proses produksi perfume oil sehingga kualitas produkmu akan terjamin.

Selain itu, kami menggunakan peralatan dan mesin yang modern serta menerapkan kebersihan dan kehigienisan yang ketat selama proses produksi. 

Proses produksi massal ini biasanya memakan waktu sekitar dua minggu hingga satu bulan. Hal ini bergantung pada jumlah produk dan kompleksitas formulasi bahan. 

Promosikan Perfume Oil Buatanmu!

Setelah melewati proses produksi massal, artinya produk perfume oil-mu siap diluncurkan ke pasar. Promosikan perfume oil buatanmu!

Kamu bisa mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan brand awareness pada produk perfume oil-mu. Kamu perlu menyiapkan media promosi yang tepat dan relevan untuk mencapai target konsumen.

Tenang, Mash Moshem Indonesia memiliki tim pemasaran yang profesional dan peka terhadap perkembangan media promosi. 

Tim kami akan membantumu untuk membuat beberapa media promosi, seperti brosur, foto produk, dan video produksi sesuai dengan permintaanmu.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading