Kepoin Manfaat Buah Murbei untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Yuk!

manfaat raspberry untuk kecantikan

Ekstrak buah-buahan kini telah marak digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, termasuk buah mulberry atau yang lebih dikenal dengan murbei.

Buah yang bersal dari Cina ini memiliki rasa asam manis yang khas. Murbei memiliki tiga jenis warna yang berbeda, yaitu murbei merah, hitam, dan biru.

Ketiga jenis buah murbei ini sama-sama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Karena itu, banyak produk perawatan wajah yang menggunakan ekstrak murbei sebagai bahan dasar formulanya.

Dalam industry kecantikan buah murbei lebih dikenal dengan Morus sp. atau biasanya juga ditulis dengan nama Morus Alba Extract.

Nah, kira-kira apa saja manfaat buah murbei untuk kecantikan kulit, sampai banyak produk skincare yang menggunakan bahan alami ini ke dalam formulanya?

Langsung cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut ini, ya, Ladies!

Kandungan dalam Buah Mulberry yang Baik untuk Kecantikan

manfaat buah murbei untuk kecantikan (2)

Buah murbei mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan dapat berperan penting dalam menjaga kecantikan kulitmu.

Seperti berbagai jenis vitamin, mineral, kemudian ada protein, senyawa antioksidan, serta kandungan lain yang juga sangat beramanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Vitamin A

Jenis kandungan pertama yang ada dalam buah murbei adalah vitamin A. Kamu pasti sudah akrab dengan senyawa satu ini, sebab banyak digunakan dalam berbagai jenis produk perawatan wajah.

Lebih dikenal dengan nama retinoid, vitamin A diklaim ampuh membantu memperbaiki struktur epidermis, membuat kulit kencang dan halus, dan mencerahkan kulit wajah.

Tak cuma itu, vitamin A pun bisa menormalkan aliran darah, membantu mengurangi gejala akibat rosacea, meningkatkan proses penyembuhan lukan, dan mendorong eksfoliasi sel kulit mati.

Berkat manfaatnya untuk kulit yang sangat beragam, akan mudah bagimu untuk menemukan vitamin A dalam beberapa jenis skincare.

Vitamin B3 (Niacin)

Kandungan lain yang ada dalam buah murbei adalah vitamin B3 atau Niacin. Tak kalah hebatnya dengan vitamin A, niacin pun sempat menjadi primadona dalam industry kecantikan berkat manfaatnya sebagai agen pencerah kulit.

Vitamin B3 dapat bekerja mendorong pembentukan kolagen dan elastin, pun bisa membantu peroses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Karenanya, penggunaan krim wajah berkandungan krim ini dengan rutin akan membantu meningkatkan kecerahan kulit.

Lebih istimewanya lagi, niacin dinilai aman digunakan oleh semua jenis kulit. Karena sifatnya sebagai antiinflamasi, yang bisa mencegah dan meredakan inflamasi pada kulit.

Vitamin C

Selain vitamin A, dalam buah murbei pun terdapat vitamin C yang tak kalah hebatnya untuk merawat kecantikan kulit.

Kandungan ini banyak ditemukan dalam produk pencerah wajah, krim anti penuaan, hingga krim khusus untuk menyamarkan bekas jerawat dan bintik hitam.

Ini karena vitamin C bisa membantu mencegah adanya ketusakan sel kulit akibat radikal bebas. Mendorong produksi kolagen pada kulit, dan meningkatkan regulasi sel kulit.

Tak cuma itu, vitamin ini pun bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebihan. Juga menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Vitamin E

Bagi kamu yang sudah lama mengikuti dunia kecantikan, manfaat vitamin E untuk kecantikan kulit pastilah bukan hal baru lagi.

Sebab, senyawa ini pun telah lama digunakan dalam produk perawatan kecantikan kulit. Utamanya dalam menutrisi kulit, membantu pembentukan kolagan pada jaringan kulit, hingga menambah tingkat kelembapan dan elastisitas wajah.

Beta-karoten

Selain berbagai jenis vitamin yang telah disebutkan sebelumnya, dalam murberi pun terkandungan betakaroten.

Senyawa ini termasuk dalam golongan antioksidan alami, yang efektif dalam melindungi kulit dan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Seperti yang kamu tahu, radikal bebas pun bisa membuat kulit lebih mudah bermasalah. Misalnya dengan memicu hiperpigmentasi, jerawat, hingga munculnya tanda penuaan terlalu cepat.

Asam Amino

Kandungan lain yang bisa kamu dapatkan dalam buah murbei adalah asam amino. Kandungan ini sangat penting dalam pembentukan protein, khususnya yang bisa menjaga sel kulit.

Selain itu, asam amino akan memberikan hidrasi tambahan pada kulit dan menguncinya agar tidak mudah hilang.

Meski begitu, kandungan ini tak akan membuat kulitmu jadi berminyak berlebihan. Malahan asam amino akan menstimulasi sel kulit untuk tampak lebih segar, dengan mengoptimalkan proses regenerasi sel baru.

Zinc

Tahukah kamu, kalau dalam buah murbei pun terdapat berbagai jenis kandungan mineral? Yap, salah satu jenis mineral yang ada dalam buah ini adalah zinc.

Seperti yang kamu tahu, zinc merupakan jenis mineral yang sangat baik utnuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Khususnya dalam mengatasi masalah produksi minyak berlebih, membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat, dan menenangkan peradangan apda kulit.

Kalsium

Mineral lain yang ada dalam buah murbei adalah kalsium, yang rupanya bisa membantu mencegah terbentuknya sel kanker kulit.

Meski bukan golongan antioksidan, kalisum dapat menstimulus pembentukan antiokisdan alami ddalam tubuh, juga berperan dalam pengaturan pigmentasi untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Potassium

Kalau kamu pernah dengar manfaat melembapkan dari buah murbei, itu pasti didapat dari potassium.

Ya, jenis mineral ini akan membantu kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Sehingga dapat mencegah hilangnya kadar air dalam jaringan kulit.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, buah murbei mengandung beragam nutrisi lain yang tak kalah baiknya untuk menjaga kecantikan kulit wajahmu. Sebut saja vitamin K, asam folat, tiamin, lutein, protein, zat besi, dan juga kaya akan serat.

Berbagai Manfaat Buah Murbei untuk Kecantikan

manfaat buah murbei untuk kecantikan

Melihat berbai kandungan yang dimilikinya, pasti sudah kebayang apa saja manfaat buah murbei untuk kecantikan kulit. Pantas, bukan, kalau mengetahui murbei sering digunakan sebagai bahan dasar produk skincare maupun body care.

Nah, untuk tahu lebih jauh soal manfaat buah murberi untuk kecantikan kulit, kamu bisa baca ulasan berikut ini sampai habis.

Efektif Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

Manfaat buah murbei untuk kecantikan kulit yang pertama adalah membantu mencerahkan wajah secara alami.

Radiasi sinar ultraviolet, paparan polusi lingkungan, dan pertambahan usia bisa mengakibatkan kulit wajah menjadi kusam, serta memicu adanya hiperpigmentasi pada kulit wajah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan buah murbei yang kaya akan kadungan fenol, arbutin, dan tannin. Ketiganya akan bekerja sebagai antioksidan alami yang dapat menghambat proses pigmentasi pada kulit wajah.

Tak cuma itu, kandungan vitamin A, C, E, dan Niacin yang ada dalam buah ini pun dapat meningkatkan kecerahan kulit. Dengan mendorong proses eksfoliasi, melawan hiperpigmentasi, menenangkan kulit, dan mendukung pembentukan kolagen pada jaringan kulit.

Mampu Menenangkan Kulit yang Sensitif dan Iritasi

Apakah kamu memiliki kulit yang sensitif, mudah teriritasi atau mengalami peradangan? Kalau iya, maka kamu enggak boleh sembarangan memilih skincare, karena dapat membuat kondisi kulit wajahmu bertambah parah.

Akan sangat direkomendasikan buatmu untuk menggunakan skincare dengan kandungan bahan alami yang ramah pada kulit sensitif dan memiliki efek antiinfalami, seperti buah murberi.

Manfaat buah murbei untuk kecantikan ini didapatkan dari kandungan niacin, vitamin E, dan asam amino yang dimilikinya.

Ketiga kandungan tersebut akan membantu mengembalikan kelembapan kulit, mengunci hidrasi yang ada agar tidak mudah menghilang dan mencegah adanya reaksi iritasi tambahan pada kulit.

Tak cuma itu, baik asam amino maupun vitamin E bisa bekerja sebagai antiradang, yang dapat menenangkan kulit dan meredakan berbagai gejala peradangan.

Mencegah Kemunculan Tanda Penuaan pada Kulit

Salah satu hal yang membuat buah murberi begitu sering digunakan dalam berbagai kandungan skincare adalah karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

Bahan alami ini mengandung antosianin, beta-karoten, vitamin C, vitamin E, Tanin dan berbagai jenis antioksidan alami lain yang sangat ampuh melawan radikal bebas.

Yap, seperti yang kamu tahu radikal bebas merupakan salah satu faktor kemunculan tanda penuaan pada kulit, bahkan membuatnya datang lebih cepat dari yang seharusnya.

Antiokisdan dalam murbei akan mendorong terbentuknya kolagen, merevitalisasi sel-sel kulit yang terdampak, dan menutrisinya agar bekerja normal kembali.

Manfaat buah murbei untuk kecantikan kulit ini dapat kamu rasakan dengan menggunakan bahan alami ini sebagai bagian dari perawatan wajah rutin yang kamu lakukan.

Melembapkan Kulit Kering

Selain dapat membantu meremajakan kulit, kandungan dalam buha murbei pun bisa memberikan hidrasi tambahan pada kulit wajah kamu, lho.

Manfaat buah murbei untuk kecantikan ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit. Karena kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih mudah menyerap kandungan skincare yang akan digunakan, membuat pelindung kulit kian kuat, dan fungsi sel akan berjalan lebih optimal.

Nah, itu adalah berbagai manfaat buah murbei untuk kecantikan kulit yang mungkin belum kamu tahu. Kandungan nutrisinya yang tinggi, membuat buah ini sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar skincare.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (1)

Ketahui Berbagai Alasan Pentingnya Membuka Bisnis Sendiri Bagi Perempuan

Kamu pasti belakangan sangat menyadari bagaimana struktur sosial bergerak dan berubah. Salah satunya, bagaimana kedudukan perempuan dalam dunia bisnis dan industry. Tak hanya berperan dalam ranah domestic, kini kamu bisa menemukan dengan mudah perempuan-perempuan yang juga aktif dalam berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment