Jangan Sampai Ketingganlan! Kepoin Manfaat Goji Berry untuk Kecantikan Kulit

manfaat goji berry untuk kecantikan kulit (2)

Kamu mungkin sudah sering dengar dan cukup tahu bahwa banyak buah-buahan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Misalnya, buah pisang yang membantu melembapkan kulit, atau buah mentimun yang mampu memberikan kesegaran dan menenangkan peradangan.

Namun, apakah kamu pernah mendengar manfaat goji berry untuk kecantikan kulit?

Ya, buah imut yang berasal dari Tiongkok ini pun rupanya menyimpan berbagai manfaat untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajahmu.

Sebenarnya, goji berry pun telah lama digunakan untuk merawat kecantikan kulit masyarakat Tiongkok, yakni dengan mencampurkannya ke dalam seduhan teh mereka.

Nah, apakah kamu penasaran apa saja manfaat goji berry untuk kecantikan kulit wajah kamu? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Kandungan Goji Berry yang Baik untuk Kecantikan Kulit

manfaat goji berry untuk kecantikan kulit (3)

Sebelum mengembara pada manfaatnya, enggak akan lengkap kalau perjalanan memahami buah goji berry ini tidak dibarengi juga dengan pembahasan mengenai nutrisi yang dikandungnya.

Sebab, yang menjadikan buah goji berry ini begitu bermanfaat untuk kulit adalah berbagai nutrisi yang dikandungnya. Seperti berbagai vitamin, mineral, hingga beragam senyawa antioksidan yang baik untuk kulit.

Vitamin A

Kandungan nutrisi buah goji berry yang baik untuk kulit pertama dalah vitamin A. Senyawa yang juga dikenal dengan nama retinoid ini memang ampuh merawat kecantikan dan kesehatan kulit.

Vitamin A diketahui mampu menormalkan fungsi kulit, dengan melawan dan mencegah berbagai masalah kecantikan yang bisa saja muncul. Seperti jerawat, komedo, maupun tanda-tanda penuaan.

Ya, kamu pun dapat menemukan turunan vitamin A dalam berbagai jenis skincare antiaging. Karena senyawa ini mampu membantu kulit jadi lebih awet muda, dengan menyamarkan berbagai tanda penuaan kulit.

Tak hanya itu, vitamin A juga bisa membuat kulit jadi lebih cerah dan bersih secara sinifikan. Karenanya, meski usia kian bertambah, wajah kamu akan selalu tampak cerah dan sehat.

Vitamin B1

Selain vitamin A, kamu pun bisa mendapatkan asupan vitamin B1 dari buah goji berry.

Senyawa yang juga dikenal dengan nama thiamin ini, dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah.

Hal ini sangatlah penting, sebab sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh dengan lebih efektif, termasuk pada sel kulit kamu.

Akhirnya, kulit tubuh dan wajah akan beregenerasi dengan optimal dan menghasilkan kulit wajah yang tampak sehat nan awet muda.

Vitamin B2

Jenis vitamin lain yang dapat menjaga kesehtan kulit dalam buah goji berry adalah vitamin B2 atau riboflavin.

Riboflavin mampu mencegah adanya peradangan pada epidermis dan meminimalisir terjadinya jerawat.

Tak hanya itu, kandungan ini pun berperan dalam sekresi mukus jaringan kulit, sehingga membuat kelembutan kulit selalu terjaga.

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang sangat populer di kalangan beauty enthusiast. Gimana enggak? Vitamin satu ini dikenal kaya akan fungsi dan manfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Ya, vitamin C merupakan sumber antioksidan dalam buah goji berry yang sangat baik. Senyawa ini mampu melawan dan mencegah keruskaan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Tak hanya itu, vitamin C pun mampu mendorong produksi kolagen dan proses regenerasi sel kulit yang sehat. Sehingga dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada penampilan kulit.

Senyawa ini juga sangat ampuh membantu mengembalikan kecerahan alami kulit, melawan hiperpigmentasi, dan menurunkan risiko kanker kuli pada tubuhmu.

Selenium

Selain berbagai jenis vitamin, kamu pun dapat menemukan beragam mineral yang tak kalah baiknya buat merawat kulit. Salah satu jenis mineral yang dimaksudkan adalah selenium.

Sama halnya dengan vitamin C, selenium pun diyakini berperan besar dalam mencegah terjadinya kanker kulit. Mineral ini pun bisa meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Kalium

Jenis mineral satu ini terbilang cukup sering digunakan dalam komposisi produk-produk perawatan kulit. Ini karena kalium memiliki manfaat yang baik utnuk menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, mineral yang ditemukan dalam buah goji berry ini pun sangat baik untuk membantu menyeimbangkan pH dan memaksimalkan fungsi kulit.

Seng

Dalam buah goji berry pun terkandung seng (zinc) yang cukup besar. Mineral ini diketahui mampu mengontrol produksi minyak pada wajah, menyembuhkan jerawat lebih cepat, dan mengatasi luka yang bisa saja turut muncul.

Tak cuma itu, seng pun dikenal memiliki peranan penting dalam pembentukan membran sel protein, menekan peradangan, dan memberikan perlindungan ekstra pada kulit dari paparan sinar UV berlebih.

Lycium Barbarum Polysaccharides

Selain vitamin A dan C, dalam goji berry pun ditemukan antioksidan khusus bernama lyceum barbarum polysaccharides. Kandungan ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, termasuk pada kulit.

Karenanya, dengan mengonsumsi buah goji berry kamu bisa merawat kesehatan dan kecantikan kulitmu secara optimal.

Selain beberapa nutrisi yang telah disebutkan di atas, goji berry pun memiliki kandungan lain yang baik untuk kulit, seperti zat besi, magenesium, hingga tembaga.

Berbagai Manfaat Goji Berry untuk Kecantikan Kulit

manfaat goji berry untuk kecantikan kulit (1)

Setelah mengetahui berbagai nutrisi yang ada pada goji berry, kamu pasti sudah memiliki gambaran soal manfaatnya untuk kulit.

Nah, tanpa perlu berlama-lama lagi, simak langsung berbagai manfaat goji berry untuk kecantikan kulit berikut ini!

Membantu Mengurangi Gejala Peradangan

Meski tak memiliki kulit yang sensitif, semua orang juga pasti berpotensi mengalami peradangan pada kulit mereka. Baik dikarenakan sengatan serangga, penggunaan skincare yang tidak tepat, karena jerawat, maupun paparan sinar matahari berlebihan.

Untungnya, salah satu manfaat goji berry untuk kecantikan kulit adalah mampu mengurangi peradangan pada kulit. Pasalnya, kandungan kalium, selenium, dan vitamin B yang ada dalam goji berry berperan sebagai agen antiinflamasi serta dapat membantu melembapkan kulit.

Karenanya, kandungan-kandungan ini mampu meredakan berbagai gejala peradangan ringan. Seperti kemerahan, bengkak, maupun rasa tidak nyaman yang menyertainya.

Selain itu, kandungan antioksidannya mampu meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh, sehingga membuat metabolisme pada sel-sel kulit kembali menjadi lebih baik.

Dapat Mengurangi Keriput

mencegah penuaan dini

Kata siapa di usia yang masih muda, kamu dapat terbebas dari masalah kulit seperti keriput? Padahal munculnya keriput ini enggak hanya berkaitan dengan faktor usia, melainkan karena pola hidup yang tidak sehat, kurangnya nutrisi, hingga paparan radikal bebas.

Terlebih kalau kulit wajahmu terbilang sangat kering dan mudah dehidrasi, hal ini tentunya akan membuat tampilan keriput dan garis halus lebih jelas terlihat.

Apakah kamu memiliki masalah kecantikan yang sama? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi goji berry secara rutin.

Sebab, kandungan antioksidannya yang tinggi disinyalir ampuh membuat kulit jauh lebih sehat. Serta membantu mengoptimalkan penampilan kulit dengan menyamarkan dan mengurangi kerutan di wajah.

Membuat Kulit Jadi Lebih Kencang

galactomyces

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari buah goji berry adalah membuat elastisitas kulit wajah jadi lebih terjaga. Cukup dengan mengonsumsi buah goji berry secara rutin maka kulit wajah akan tampak kencang dan kenyal.

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kulit kerap menjadi turun dan tampak kendor. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh yang melambat dan produksi kolagen berkurang.

Buah goji berry mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat merawat elastisitas kulit dan menjaganya agar selalu tampak awet muda. Kandungan vitamin C-nya pun bisa membantu memproduksi kolagen dan elastin pada jaringan kulit.

Menyamarkan Bekas Luka

Apakah kamu memiliki bekas luka pada wajah, baik yang disebabkan oleh goresan benda tajam, akibat kecelakaan, maupun karena jerawat?

Tenang, salah satu manfaat goji berry untuk kecantikan kulit adalah membantu menyamarkan noda hitam dan bekas luka di wajah kamu.

Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan sirlukasi darah pada kulit, termasuk pada jaringan yang terluka.

Karenanya, bekas jaringan parut tersebut pun dapat segera diatasi dan membuat pertumbuhan kulit baru pun jadi lebih maksimal. Goji berry pun bisa membantu menyembuhkan luka dan memar pada kulit tubuh kamu, lho!

Menghidrasi Kulit Wajah

pelembap kulit

Apakah kamu bermasalah dengan kulit yang kering dan kasar? Well, enggak ada salahnya untuk mengatasi masalah tersebut dengan buah goji berry.

Sebab salah satu manfaat goji berry untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu menghidrasi kulit serta mengunci kadar air yang ada agar tidak mudah menghilang.

Tak hanya itu, kandungan vitamin yang tinggi pada buah ini pun bisa menghaluskan kulit dengan memberikan kelembapan alami yang sempat menghilang.

Membantu Mencerahkan Kulit

mencerahkan kulit wajah

Memiliki kandungan antioksidan dan vitamin  C yang tinggi, membuat goji berry bisa bekerja optimal dalam meningkatkan penampilan kulit, termasuk membuatnya tampak cerah dan bercahaya.

Untuk mendapatkan manfaat goji berry untuk kecantikan kulit ini, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin atau menggunakannya sebagai masker organic sendiri di rumah.

Sumber Antioksidan yang Sangat Baik

manfaat antioksidan untuk kulit

Buah goji berry merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan kaya untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C, mineral, asam amino, dan berbagai antioksidan lain, dapat membantu mendorong produksi kolagen pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan-kandungan tersebut pun dapat melindungi kulit dari berbagai dampak buruk radikal bebas dan sinar UV berlebihan. Tak hanya itu, buah dengan rasa masam ini pun diketahui dapat menghambat produksi melanin dalam tubuh, lho.

Nah, itu adalah berbagai manfaat buah goji berry yang perlu kamu ketahui. Adakah dari sekian manfaat dan kandungan tersebut yang tengah kamu butuhkan sebagai perawatan wajah?

Well, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat goji berry dengan mengonsumsinya, menjadikannya masker organic, ataupun menggunakan produk skincare dengan ekstrak buahnya.

Apapun cara pemakaiannya, tetap perhatikan dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit wajahmu, ya! Selamat mencoba!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment