Bikin Wajahmu Cerah Alami, Ketahui Manfaat Ekstrak Bunga Sakura Berikut Ini

manfaat bunga sakura untuk wajah (2)

Bisa dibilang hampir semua orang ingin memiliki kulit yang senantiasa tampak sehat, cerah, dan berseri sepanjang hari.

Sayangnya, polusi dan paparan sinar matahari yang berlebih sering menghambat keinginan itu dengan memicu munculnya berbagai masalah pada kulit wajah.

Ada beberapa cara untuk mencegah berbagai dampak buruk radikal bebas dan paparan sinar matahari ini pada wajah kita. Sekaligus untuk membuat kulit tampak cerah, berseri, dan lebih sehat.

Yap, salah satunya dengan menggunakan skincare berkandungan bunga sakura.

Bunga berwarna merah muda dan berasal dari Jepang ini enggak hanya cantik, melainkan menyimpan sejuta manfaat untuk merawat kulit wajah kita.

Hingga kini kamu dapat menemukan berbagai produk perawatan kecantikan yang menggunakan bunga sakura sebagai bahan dasar atau campuran dalam formulanya.

Sebab, bunga cantik ini kaya akan antioksidan, asam lemak, melatonin, hingga minyak alami yang tak kalah baiknya untuk menjaga kecantikan kita.

Berbagai Manfaat Bunga Sakura untuk Wajah

manfaat bunga sakura untuk wajah (1)

Kamu pasti memperhatikan bahwa banyak sekali iklan skincare atau kosmetik yang menggunakan ekstrak bunga sakura sebagai bahan utamanya.

Hal ini dikarenakan bunga sakura memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu.

Penasaran apa saja manfaat bunga sakura untuk wajah? Yuk, simak bersama-sama ulasan di bawah ini sampai habis!

Sebagai Anti Inflamasi

menenangkan kulit

Bagi pemilik kulit yang kering dan cenderung sensitif, ekstrak bunga sakura dalam kandungan skincare bisa membuat kulitmu terasa nyaman.

Sebab bunga sakura juga bersifat dan dapat bekerja sebagai antiinflamator, yang bisa menenangkan kulitmu dan membuatnya halus. Bahkan hanya dalam satu kali pemakaian saja, lho.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Sebagian besar masalah yang timbul di wajah disebabkan oleh paparan radikal bebas. Mulai dari munculnya jerawat, komedo, kulit yang kering dan kusam, hingga penuaan dini.

Nah, kamu enggak perlu khawatir karena masalah satu ini. Sebab kandungan antioksidan yang ada dalam bunga sakura dapat membantu melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.

Tak hanya itu, senyawa antioksidan dalam ekstrak bunga sakura mampu membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah. Juga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, garis halus, dan sebagainya.

Penggunaan skincare bunga sakura secara rutin diklaim mampu membuat kulitmu lebih kenyal, cerah, dan selalu terlihat awet muda.

Menjaga Kelembutan dan Kekenyalan Kulit

mencerahkan kulit wajah

Telah disinggung sebelumnya bahwa bunga sakura bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Beberapa tanda-tanda penuaan yang umumnya timbul adalah kulit yang tampak kusam, kering, dan tak lagi kenyal.

Karena memiliki kandungan asam lemak yang baik, bunga sakura pun bisa menjaga kulit kita jadi lebih lembap dan halus.

Sebab asam lemak dapat memicu proses pembentukan kolagen pada sel kulit. Yang sangat begruna untuk menjaga agar kulit terasa lebih halus dan kencang.

Selain itu, asam lemak dalam bunga sakura juga bisa memperbaiki kondisi kulit yang kering atau bermasalah akibat paparan radikal bebas. Sehingga kulit wajah bisa terasa lebih halus dan lembut.

Dengan terjaganya produksi kolagen pada kulit wajah kamu, maka akan sukar pula tanda-tanda penuaan dini itu muncul lebih cepat.

Mencerahkan Wajah

menutrisi kulit

Manfaat bunga sakura untuk wajah satu ini bisa dibilang jadi bintang utama dari semua fungsi yang ada, sebab karena hal inilah bunga sakura kerap digunakan dalam formula kosmetik.

Yap, apalagi kalau bukan manfaatnya yang mampu mencerahkan kulit wajah. Hampir semua produk perawatan kecantikan yang berkandungan bunga sakura selalu diklaim dapat mencerahkan kulit dan membuatnya tampak merona.

Bunga sakura diketahui mampu mencegah hiperpigmentasi pada kulit, dengan bekerja mencegah produksi melanin berlebihan pada kulit kita.

Inilah yang kemudian membuat wajah jadi tampak lebih cerah, bahkan bekas jerawat dan noda hitam pada wajah pun dapat tersamarkan.

Melembapkan kulit

manfaat niacinamide untuk kecantikan

Salah satu tanda kulit wajahmu sehat adalah dengan tampak lembap dan tidak mudah kering. Bahkan bagi pemilik kulit berminyak, menjaga agar kelebapan pada kulit tidak menghilang adalah hal yang sangat penting.

Dengan kulit yang lembap, kekuatan skin barrier kamu juga akan semakin tinggi. Bahkan kulit yang terhidrasi dengan baik juga bisa menyerap kandungan dalam skincare lebih optimal.

Oleh sebab itu, wajahmu akan jadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Seperti kulit yang kering, kusam, mudah berjerawat, dan lain sebagainya.

Mengecilkan Pori-pori Kulit

masker-alami-untuk-ibu-hamil-2

Pori-pori wajah yang besar bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah pada wajahmu. Sebab, minyak, kotoran, dan polusi dapat menyumbat lubang pori-pori yang kemudian menyebabkan jerawat.

Tak hanya itu, dengan pori-pori yang lebar maka akan semakin banyak sebum yang dikeluarkan oleh kelenjar kulit. Hasilnya wajah jadi mudah berminyak, dan ketika diaplikasikan make up maka hasilnya enggak akan optimal.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak bunga sakura dalam produk perawatan wajah rupanya efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit, sekaligus mencegah munculnya kerutan pada kulit wajah kamu.

Mengatasi Sunburn

Sebagian besar masalah kulit seringnya disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih. Mulai dari masalah kulit yang tergolong ringan seperti diskolorasi, hingga yang cukup menyulitkan seperti sunburn.

Sunburn enggak hanya mengganggu penampilan kita, namun juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan iritasi pada kulit.

Bagi orang yang cukup sering beraktivitas di luar ruangan hal ini pasti juga bikin kamu khawatir. Namun, kabar baiknya adalah bunga sakura rupanya bisa membantumu mengatasi sunburn.

Sebab dalam bunga sakura terdapat senyawa yang bersifat antiinflamasi. Yang dapat bekerja untuk menenangkan kulit dan membantu mengatasi dampak buruk paparan sinar matahari berlebihan.

Menutrisi Kulit Wajah

Yang lebih penting, ekstrak bunga sakura dalam kandungan skincare mampu memberikan nutrisi kepada kulit wajah kita. Sehingga menjadikannya lebih halus, sehat, dan tampak bercahaya.

Hal ini karena dalam ekstrak bunga sakura juga kaya akan kandungan gluthatione, allanthoin, dan arbutin yang sangat efektif untuk menutrisi kulit.

Selain itu, ketiga kandungan tersebut bisa menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Sehingga mampu membuat kulit jadi lebih glowing dan sehat secara alami.

Menyamarkan Bekas Jerawat dan Noda Hitam

bekas jerawat

Sudah hilang jerawat, eh masih saja ada masalah yang tertinggal. Yap, apalagi kalau bukan bekasnya yang serupa dengan bintik-bintik hitam di wajah. Yang bagi beberapa orang dinilai cukup mengganggu penampilan.

Nah, kalau kamu juga menghadapi masalah yang sama maka jangan khawatir. Sebab bunga sakura juga bisa membantu menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam di wajah, lho.

Membuat Wajah Jadi Lebih Halus

manfaat hyaluronic acid untuk wajah

Manfaat bunga sakura untuk wajah yang mampu melembapkan dan mengecilkan pori-pori kulit bisa membuat wajah kita jadi lebih halus. Dengan demikian, akan lebih mudah pula untukmu mengaplikasikan riasan wajah dan membuatnya tampak maksimal.

Nah, itu adalah berbagai manfaat ekstrak bunga sakura dalam skincare untuk merawat kesehatan kulit wajahmu.

Kini banyak sekali produk skincare yang telah menggunakan ekstrak bunga sakura dalam formulanya. Mulai dari krim pelembap wajah, masker wajah, serum wajah, dan masih banyak lainnya.

Kamu bisa mencoba rangakaian skincare berkandungan bunga sakura tersebut secara rutin, dan dengan mematuhi aturan pakainya.

Biar manfaat bunga sakura untuk wajah bisa kamu rasakan dengan lebih optimal, ketahui Urutan Memakai Skincare yang Benar Ini.

Namun bila kamu memiliki jenis kulit yang cenderung hypersensitf, enggak ada salahnya untuk mencoba produk skincare yang akan kamu pakai pada bagian kulit yang lain terlebih dahulu.

Bila tidak ada gejala-gejala negatif yang muncul setelah 24 jam, maka lanjutkan pemakaian. Bila sebaliknya, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut, ya.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment