Efektif Memutihkan Kulit, Ini Deretan Manfaat Kentang untuk Kecantikan

manfaat kentang untuk kecantikan (1)

Buat para pencinta beauty hack atau resep-resep perawatan wajah alami, kentang tentu bukanlah hal yang asing bukan? Sebab, banyak klaim yang mengatakan bahwa manfaat kentang untuk kecantikan kulit dan rambut sangatlah beragam. Apa benar begitu?

Well, kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sangat mudah di temukan di Indonesia. Bahan alami ini pun banyak diolah ke dalam berbagai resep makanan tradisional yang lezat dan khas.

Namun,tak hanya sedap jika disantap, kentang rupanya menyembunyikan berbagai kandungan yang sangat baik buat kecantikan. Mulai dari vitamin, minera, serta, bahkan protein!

Enggak salah dong, kalau banyak orang menggunakan bahan dapur ini untuk merawat wajah mereka secara alami?

Nah, biar kamu enggak ketinggalan, segera simak berbagai manfaat kentang untuk kecantikan kulit danr ambut berikut ini, ya!

Kandungan dalam Kentang yang Baik untuk Kecantikan

manfaat kentang untuk kecantikan

Kamu mungkin mengira bahwa kentang hanya terdiri dari banyak kandungan karbohidrat. Padahal, lebih dari itu,  bahan alami ini memiliki banyak nutrisi, baik yang makro maupun mikro. Seperti mineral, vitamin, antioksidan, dan masih banyak lainnya.

Kira-kira apa saja kandungan dsalam kentang yang baik buat kecantikan kulit dan rambut, langsung simak selengkapnya di bawah ini.

Protein

Selain karbohidrat, dalam kentang pun terkandung protein nabati yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat membantu produksi zat kimiawi dalam tubuh kamu, seperti halnya hormone dan enzim.

Tak hanya itu, kandungan ini pun sama dibutuhkannya untuk membentuk jaringan ikat pada kulit, termasuk pada rambut dan kulit kepala.

Antioksidan

Kandungan lain yang ada dalam kentang adalah antioksidan. Seperti yang kamu tahu, kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, demi menangkal dampak buruk radikal bebas.

Paparan radikal bebas yang terlalu tinggi akan menimbulkan banyak masalah pada kecantikan dan kesehatan. Misalnya membuat kulit jadi lebih kering, mengalami hiperpigmentasi, terbakar sinar matahari, hingga mengalami kanker kulit.

Nah, dengan adanya kandungan antioksidan dalam kentang ini, kamu dapat mencegah berbagai dampak buruk radikal bebas di atas. Bahkan membantu merevitalisasi kulit agar tidak bermasalah dan kembali berfungsi normal.

Kalium

Jenis kandungan lain yang ada di dalam kentang adalah kalium, yang merupakan kandungan paling banyak dalam kentang. Bahan ini kerap ditemukan dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit.

Kalium dikenal mampu menghidrasi kulit, mengunci kelembapan alami, juga turut membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Akhirnya wajah akan terhidrasi dengan baik, pun tidak mudah mengalami dehidrasi.

Folat

Kentang merpakan salah satu sumber folat alami yang sangat baik. Kandungan ini merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yakni untuk memperlancar proses metabolisme tubuh.

Dengan metabolisme tubuh yang bekerja optimal, maka berbagai nutrisi dan oksigen dalam darah akan dapat tersalurkan pada semua organ tubuh dengan efektif, termasuk pada kulit wajah dan kepaka kamu.

Hasilnya, kulit akan tampak lebih sehat, bercahaya, bahkan bisa jadi awet muda, lho!

Vitamin C

Kandungan lain yang ada dalam kentang adalah vitamin C. Jenis senyawa satu ini pun sebenarnya sangat populer di kalangan beauty enthusiast, karena khasiatnya yang mencerahkan, meremajakan, juga membuat kulit wajah jadi lebih sehat.

Ini dikarenakan vitamin C dapat bekerja sebagai agen antioksidan alami, sehingga mampu memperbaiki kondisi kulit dan membuatnya jadi lebih sehat. Tak hanya itu, vitamin C pun dapat mendorong pembentukan kolagen, merangsang regenerasi kulit, dan melawan hiperpigmentasi.

Manfaat Kentang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat calendula untuk kecantikan (1)

Kalau melihat dari banyaknya kandungan yang dimiliki oleh bahan alami satu ini, kamu pasti udah bisa mengira kalau manfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut sudah jelas sama beragamnya.

Karena itulah banyak yang akhirnya menggunakan kentang untuk merawat kecantikan kuit wajah secara alami. Tak hanya itu, beberapa produk kosmetik dari merk ternama pun banyak yang memakai kentang sebagai ekstraknya, lho.

Well, langsung simak berbagai manfaat kentang untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini, yuk!

Bekerja Sebagai Agen Anti-aging

Manfaat kentang untuk kecantikan kulit yang pertama adalah mampu bekerja sebagai agen antiaging alami. Bahan alami ini bisa membantu melawan dan menyamarkan berbagai tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, bintik penuaan, dan kulit yang tampak kendur.

Manfaatnya ini didapat dari kandungan antioksidannya yang tinggi, sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Tak cuma itu, kemampuannya dalam menghidrasi kulit pun akan membuat kekenyalan dan kekencangan wajah kamu lebih terjaga.

Untuk mendapatkan manfaat kentang untuk kecantikan kulit ini, kamu bisa menggunakannya sebagai masker alami. Gunakan secara rutin agar hasilnya jadi lebih efektif.

Membantu Mengatasi Jerawat Membandel

Tak hanya dapat membantu meremajakan kulit, penggunaan kentang sebagai perawatan wajah alami pun bisa membuat jerawat membandel bisa teratasi, lho.

Bahan alami ini bisa bekerja sebagai agen antiinflamasi yang dapat menenangkan kulit dari berbagai gejala peradangan, termasuk yang disebabkan oleh jerawat aktif.

Selain itu, kentang pun dikenal efektif mengangkat minyak dan kotoran berlebih dari wajah. Karenanya, banyak klaim juga menyebutkan bahwa kentang bisa mencegah jerawat datang kembali.

Membuat Wajah Jadi Lebih Cerah

Satu lagi yang membuat kentang patut untuk kamu coba sebagai perawatan wajah alami adalah kemampuannya dalam membuat wajah tampak lebih cerah.

Yap! Kandungan vitamin C dan Vitamin B yang dimilikinya dapat bekerja secara aktif untuk meningkatkan kesehatan serta metabolisme kulit. Dengan begitu, regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat pun akan lebih optimal.

Vitamin C pun telah banyak diketahui sebagai agen pencerah yang sangat efektif, karena dapat mendorong pengelupasan sel mati dan melawan hiperpigmentasi kulit.

Untuk mendapatkan manfaat kentang untuk kecantikan satu ini, kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah organic. Cukup haluskan kentang yang telah dikupas dan dicuci sebelumnya, kemudian aplikasikan pada wajah selama 30 menit.

Setelah itu kamu bisa membilasnya sampai bersih, kemudian lanjutkan rangkaian perawatan kulit yang biasa kamu lakukan.

Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati

Tahukah kamu sel kulit mati yang menumpuk bisa menimbulkan banyak masalah kecantikan pada kulit wajah? Termasuk membuatnya tampak kusam, kasar, bahkan memicu kemunculan jerawat membandel.

Nah, untuk menghilangkan sel kulit mati dan mencegahnya menumpuk, kamu bisa membuat scrub wajah alami menggunakan kentang lho.

Yap! Penggunaan parutan ketang sebagai scrub wajah sebenarnya sudah banyak dilakukan. Karena rasa sejuk dan lembutnya pada kulit, bahan alami ini enggak akan menyakiti kulit wajah kamu.

Menutrisi dan Menyehatkan Rambut

Tak hanya baik buat kulit, penggunaan kentang ini pun bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut kamu. Yah, karena kandungan antiokisidannya yang cukup tinggi, bahan alami ini bisa mengatasi berbagai masalah kecantikan pada rambut.

Misalnya, membantu mengembalikan kelembapan pada rambut, mengatasi dan mengurangi kerontokan, juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit kepala.

Membantu Menyamarkan Mata Panda

Selain mencerahkan kulit secara keseluruhan, kamu pun dapat menggunakan kentang untuk menyamarkan mata panda, lho.

Ya, bahan alami ini bisa menenengkan otot pada area mata, menyegarkannya, sehingga bayangan hitam karena kelelahan dan kurang tidur bisa semakin membaik.

Untuk mendapatkan manfaat kentang ini, kamu bisa menggunakannya sebagai eye mask. Kombinasikan juga dengan parutan mentimun, keduanya dapat menenangkan kulit dan memberikan sensasi dingin.

Menenangkan dan Memulihkan Kulit yang Mengalami Sunburn

Sinar matahari mungkin bisa memberikan dampak yang baik pada tubuh, asal kamu tidak terpapar dalam waktu yang cukup lama.

Bukannya membuat tubuh memproduksi banyak vitamin D, kamu justru bisa menyakiti kulit karena terkena radiasi UVA dan UVB. Kedua sinar ini akan membuat kulit teriritasi, memicu hiperpigmentasi, kulit juga bakalan jadi lebih kusam.

Nah, kabar baiknya kentang bisa membantumu mengatasi masalah kecantikan satu ini. Karena kandungan antiinflamasi, mineral, dan berbagai jenis mineral lain yang dimilikinya, kentang dapat membantu menenangkan kulit dan meredakan gejala peradangan.

Tak Cuma itu, antioksidan yang dimilikinya pun akan membuat sel kulit yang terdampak jadi pulih.

Membantu Mengontrol Produksi Sebum Berlebih

Penggunaan kentang sebagai perawatan wajah alami pun bisa membantu mengangkat minyak berlebih pada kulit wajah kamu.

Sama halnya dengan kemampuannya meluruhkan sel kulit mati, kentang pun bisa bekerja sama baiknya dalam mengontrol produksi sebum berlebihan.

Karenanya, bagi pemilik kulit yang cenderung berjerawat dan bertipe acne prone wajib coba bahan alami ini di rumah.

Menghidrasi dan Menyegarkan Kulit

Meski bisa mengangkat minyak berlebih dan mengontrol produksi sebum, bukan berarti kentang membuat wajahmu jadi kering. Justru bahan alami ini bisa membuat kulitmu terhidrasi dan terasa lebih segar.

Manfaat kentang untuk kecantikan ini bisa kamu dapatkan dengan mengolahnya sebagai masker alami. Padukan dengan bahan-bahan lainnya yang bisa membantu melembapkan dan memiliki nutrisi yang tinggi.

Dengan begitu, wajah akan jadin terasa lebih lembut, kenyal, dan enggak gampang kering ataupun muncul keriput.

Setelah membaca uraian di atas, kamu pasti setuju kalau banyak bahan baku skincare khas Nusantara yang enggak boleh diremehkan, bukan?

Kentang, misalnya, hanya dalam satu bahan alami ini kamu bisa mendapatkan berbagai kandungan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang baik untuk kecantikan.

Tak hanya itu, manfaatnya pun sama beragamnya dan baiknya untuk kulit. Mulai dari melembapkan, mencerahkan, menenangkan, melembutkan, hingga mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment