10+ Manfaat Kombucha untuk Kulit, Kandungan Skin Care Tinggi Antioksidan!

manfaat kombucha untuk kulit

Kombucha belakangan cukup popular di kalangan masyarakat. Nah, tak hanya menyehatkan tubuh, manfaat kombucha untuk kulit juga enggak kalah beragam, lho.

Penggunaan bahan makanan dalam produk perawatan kulit bukan hal baru lagi. Kamu bisa dengan mudah menemukan ekstrak buah-buahan, sayur, biji-bijian, hingga zat hewani tertentu dalam formula kosmetik.

Hal yang sama juga terjadi pada ekstrak kombucha. Bahan ini biasanya ada dalam minuman herbal, sampai pada tahun 2021 lalu banyak produk kecantikan yang menambahkannya dalam formula mereka.

Kira-kira apa yang membuat bahan alami ini sangat popular? Langsung simak berbagai kandungan dan manfaat kombucha untuk kulit berikut ini!

Apakah Kombucha Itu?

manfaat kombucha untuk kulit

Beautypreneurs, kamu pasti menyadari bahwa bahan yang ada dalam kosmetik sangatlah bervariasi. Namun, belakangan ini penggunaan bahan-bahan alami menjadi tren tersendiri dan menyita perhatian konsumen.

Kombucha pun tak luput dalam tren bahan alami skincare. Sejak 2021 lalu, bahan alami ini terus dikembangkan dan diproduksi dalam berbagai jenis produk perawatan kecantikan. Seperti toner wajah, krim, lotion, dan banyak lainnya.

Tapi, apakah kamu tahu bahan alami seperti apa kombucha ini?

Kombucha sebanarnya adalah teh yang difermentasi. Bahan alami ini pun kerap dikenal sebagai jamur kombucha atau jamur scoby, yang kerap dijadikan sebagai minuman herbal.

Untuk mendapatkan minuman kombucha, perlu memfermentasi teh, ragi, dan gula selama beberapa hari. Minum kombucha dengan tepat bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Ini karena kombucha mengandung berbagai jenis nutrisi, seperti vitamin, antioksidan, hingga probiotik. Enggak heran, kalau banyak produk perawatan kecantikan yang menggunakannya sebagai bahan dasar produk.

10+ Manfaat Kombucha untuk Kulit

kombucha

Penelitian telah menunjukkan bahwa kombucha bermanfaat untuk membantu memastikan usus yang sehat. Karenanya, meminumnya dalam jumlah yang cukup dan rutin, bisa membuat kesehatan tubuh meningkat drastis.

Tak hanya pada tubuh, manfaat kombucha untuk kulit pun tak kalah beragam.

Apa saja? Langsung simak kesepuluh manfaat kombucha untuk kulit berikut ini!

Mencegah Munculnya Jerawat pada Wajah

Manfaat kombucha untuk kecantikan kulit yang pertama adalah membantu mencegah munculnya jerawat. Sebab, bahan alami ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi.

Kedua kandungan tersebut tak hanya menangkal dampak buruk radikal bebas. Namun juga mengangkat minyak berlebih, memperbaiki kesehatan kulit, dan mencegah pertumbuhan jerawat.

Meningkatkan Kesehatan Kulit dari Dalam

Kombucha memiliki berbagai jenis vitamin, antioksidan, serta dikenal sebagai minuman probiotik. Karenanya, bahan alami ini bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dari dalam.

Vitamin-vitamin ini akan membantu mendorong regenerasi sel kulit baru yang sehat, mengangkat sel mati, hingga menutrisi bagian yang bermasalah.

Tak hanya itu, probiotik yang ada pun akan mendukung kerja skin barrier. Sehingga dapat bekerja secara optimal untuk menangkal berbagai masalah kulit.

Mencegah Dampak Buruk Akibat Stres Oksidatif

Paparan sinar UV secara berlebihan dan polusi bisa menjadi penyebab utama berbagai masalah kecantikan kulit. Termasuk wajah yang kusam, kulit kering dan iritasi, hingga kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

Untungnya, kombucha terbilang ampuh untuk mencegah berbagai masalah kulit akibat stress oksidatif tersebut.

Manfaat kombucha untuk kulit ini didapat dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Serta kandungan antioksidan lain yang tak kalah kerennya dalam menjaga dan mengembalikan kesehatan kulitmu.

Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

Manfaat kombucha untuk kulit selanjutnya adalah membatu mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin dan antioksidan dari kombucha dapat berperan aktif mendorong eksfoliasi sel kulit mati, serta membuat sel-sel baru yang sehat bergenerasi.

Selain itu, kemampuannya dalam melawan radikal bebas juga akan mencegah kulit menjadi kusam karena paparan sinar matahari yang berlebihan.

Menyamarkan Tanda Penuaan di Kulit

Dengan kandungan antioksidan dan prebiotiknya yang tinggi, kombucha juga dikenal sebagai bahan antiaging yang baik.

Penggunaan skincare berkandungan kombucha bisa membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit. Seperti adanya kerutan halus dan keriput, kulit kusam, bitnik-bintik penuaan dan melasma, hingga mengencangkan kembali kulit wajah.

Menghaluskan Pori-pori Kulit

Memiliki pori-pori wajah yang besar agak merepotkan bagi sebagian orang. Karena bisa memicu berbagai masalah pada kulit, seperti minyak berlebih, munculnya jerawat dan komedo.

Nah, untungnya manfaat kombucha untuk kulit selanjutnya adalah menghaluskan pori-pori. Kandungan vitamin dan antioksidannya bisa menghambat kerja kelenjar minyak, mengangkat kotoran pada pori-pori, sehingga ukurannya dapat lebih halus.

Baca Juga: Bikin Kulit Jadi Mulus, Berikut Berbagai Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah yang Bisa Dicoba

Menenangkan Gejala Peradangan di Kulit

Manfaat kombucha untuk kulit selanjutnya adalah membantu menenangkan gejala peradangan di kulit. Baik yang terjadi akibat jerawat meradang, hingga terpapar di bawah sinar matahari terlalu lama.

Penggunaan kombucha secara topical diklaim dapat meminimalisir peradangan yang ada, menyegarkan kulit, dan menenangkan gejalanya.

Memperkuat Skin Barrier

Vitamin B dan C dalam kombucha akan membantu mendukung fungsi sel kulit, utamanya dalam melawan tekanan dari factor lingkungan.

Selain itu, kandungan probiotik dalam kombucha juga memiliki kemampuan untuk memperkuat dan mendukung kerja skin barrier. Sehingga wajah akan jadi lebih sehat, terhindar dari masalah-masalah kecantikan, dan elastisitas kulit terawatt dengan baik.

Ingin tahu lebih banyak soal skin barrier dan cara merawatnya? Cek di sini!

Menenangkan Gejala Eksim dan Rosacea

Manfaat kombucha untuk kulit ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Kemampuannya dalam memelihara kesehatan usus dapat dapat berdampak langsung pada kesehatan kulit kita.

Tentu saja, hal ini pun akan berefek baik pada penampilan kulit kita. Khususnya dalam mencegah kemunculan jerawat, rosacea, hingga eksim.

Sebab ketiga masalah kesehatan dan kecantikan kulit tersebut kerap kali dikatikan dengan masalah pencernaan.

Ketahui Juga: Beda dengan Jerawat Biasa, Ini Dia Rangkaian Skincare untuk Rosacea yang Perlu Diketahui

Menjaga Elastisitas Kulit

Satu lagi manfaat kombucha untuk kecantikan kulit adalah membantu menjaga elastisitasnya secara alami. Kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, dan antioksidan lainnya akan merawat kelembapan alami kulit.

Selain itu, nutrisi ini akan mendukung kerja skin barrier dan mengoptimalkan fungsi sel. Alhasil, elastisitas kulit pun akan terawat dengan baik.

Kandungan dalam Kombucha yang Baik untuk Kulit

Setelah melihat berbagai manfaat kombucha untuk kulit di atas, tentu kamu paham mengapa bahan alami ini begitu popular.

Sepuluh manfaat kombucha untuk kulit di atas tak bisa dilepaskan dari kandungan yang dimilikinya. Bahan alami ini memiliki banyak vitamin B, termasuk B2, B6 dan B12.

Vitamin-vitamin ini dapat bekerja secara efektif untuk memelihara kecantikan kulit. Termasuk, menutrisinya, menjaga kelembapan alami, hingga mendorong fungsi sel kulit.

Tak hanya itu, kombucha juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang kamu tahu, kandungan ini bisa dibilang adalah agen antioksidan alami dan telah banyak digunakan dalam formula skincare.

Vitamin C tak hanya membantu mencerahkan, tapi juga efektif menjaga kesehatan kulit dengan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Kandungan ini pun terbilang sangat efektif untuk menjaga keremajaan kulit, dengan menyamarkan bitnik hitam, serta kerutan di wajah.

Memanfaatkan Kombucha Sebagai Kandungan dalam Skincare

Selama ini kombucha sering dihidangkan sebagai teh herbal, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tubuh secara umum. Namun, belakangan tak sedikit juga produk perawatan kecantikan yang mulai menambahkan kombucha ke dalam formulasi mereka.

Penggunaan ekstrak kombucha ke dalam skincare bisa memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Termasuk melawan jerawat, memperkuat skin barrier, hingga menjadi antioksidan alami.

Bersama Mash Moshem Indonesia kamu bisa memanfaatkan kombucha sebagai kandungan dalam skincare, atau jenis perawatan kecantikan lain. Misalnya body lotion, body serum, dan banyak lainnya.

Selain kombucha sebagai bahan utama, kamu bisa mengonsultasikan dan menambahkan bahan-bahan lain dalam formula skincare-mu. Tentu, tim Research and Development kami akan membantu menyelaraskan dan berusaha meramu formula skincare tersebut ke dalam sample produk.

Ketika sample tersebut sudah sesuai dengan angan-anganmu, maka kami akan membantu memproduksi skincare kombucha secara massal. Juga mengurus legalitas, sertifikasi, desain kemasan dan logo dari brand kosmetikmu.

Tak hanya sampai di sana, kami juga menyediakan layanan aftersales untuk memenuhi kebutuhan promosi dan branding bisnismu. Misalnya, menyediakan media promosi seperti product knowledge, video produksi, foto produk, katalog dan brosur, hingga Webinar Digital Marketing eksklusif.

Wah! Di mana lagi kamu bisa dapat layanan maklon kosmetik selengkap ini, kalau bukan di Mash Moshem Indonesia.

Yuk, segera buat skincare kombucha dengan brand-mu sendiri bersama tim kami!

About Author

Related posts

Leave a Comment