Manfaat Kandungan Minoxidil untuk Rambut agar Lebih Cepat Tumbuh dan Tidak Rontok

manfaat minoxidil untuk rambut

Bagi sebagian orang, memiliki rambut rontok adalah permasalahan serius yang bisa membuat stres sampai kehilangan rasa kepercayaan diri. Apalagi bagi orang-orang yang mengalami masalah kebotakan rambut, itu adalah mimpi buruk! Karenanya, banyak orang yang akhirnya menggunakan minoxidil yang memiliki banyak manfaat untuk merawat rambut rusak.

Apakah kamu sudah tahu soal jenis kandungan satu ini?

Rambut adalah aspek kecantikan yang sangat penting bagi banyak orang. Faktanya baik laki-laki maupun perempuan pasti mengalami penipisan rambut seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu, ada berbagai macam perawatan rambut yang ada saat ini mulai dari yang membutuhkan biaya murah hingga mahal. 

Salah satu perawatan rambut rontok yang populer adalah menggunakan minoxidil. Minoxidil adalah obat yang terkenal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Kandungan metabolit, minoxidil sulfat, dan enzim sulfotransferase yang terdapat di dalamnya mampu menutrisi folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut lebih cepat.

Apa itu Minoxidil?

Minoxidil pertama kali diperkenalkan sebagai obat anti hipertensi, ternyata efek samping dari obat ini mendorong pertumbuhan, ketebalan, dan kekuatan rambut. Pada tahun 1987, para ilmuwan mengembangkan larutan minoxidil topikal yang cocok untuk mengobati kerontokan rambut.

Sehingga sampai saat ini minoxidil banyak digunakan sebagai pengobatan untuk kondisi kerontokan rambut. Nama merek minoxidil yang dijual di pasaran adalah “Rogaine”. Produk ini juga dapat semua orang gunakan, baik laki-laki maupun perempuan sebagai produk perawatan rambut.

apa itu kandungan minoxidil

Rogaine dipasarkan sebagai perawatan rambut rontok bukan obat untuk rambut rontok. Banyak konsumen yang berhenti minum obat ini karena merasa rambut mereka tetap rontok, padahal untuk melihat hasil dari obat ini membutuhkan waktu yang tidak singkat. Sangat berbeda dengan obat khusus untuk rambut rontok yang dapat memberikan hasil instan. 

Tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan rambut di kepala, minoxidil juga dapat merangsang pertumbuhan kumis dan jenggot. Namun untuk menggunakannya harus berdasarkan instruksi dari dokter agar tidak menimbulkan efek samping.

Bagaimana Cara Minoxidil Bekerja?

Seperti perawatan rambut rontok lainnya, minoksidil mulai bekerja langsung di dalam tubuh untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan mempercepat siklus pertumbuhan rambut secara alami.

Hasil yang didapat sangat bervariasi setiap penggunanya, rata-rata rambut membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk tumbuh satu inci. Oleh karena itu kamu mungkin akan melihat hasil perbaikan dari penggunaan minoxidil setelah sekitar dua sampai empat bulan pemakaian. 

Sedangkan untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan dapat terlihat setelah satu tahun penuh melakukan perawatan. Untuk lebih jelasnya berikut alur pertumbuhan rambut setelah penggunaan minoxidil.

  1. Mengembalikan miniaturisasi folikel rambut yang tipis dan pendek.
  2. Meningkatkan aliran darah di sekitar folikel rambut.
  3. Merangsang gerakan folikel ke fase pertumbuhan.
  4. Memperpanjang setiap fase pertumbuhan folikel.

Manfaat Minoxidil untuk Rambut

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Penggunaan minoxidil akan menghasilkan rambut yang lebih tebal dan sehat, tetapi akan membutuhkan waktu lama untuk mencapainya. Kamu harus melakukan perawatan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Minoxidil adalah obat yang dioleskan ke kulit kepala guna merangsang pertumbuhan rambut baru pada mereka yang mengalami kerontokan rambut. 

Meningkatkan Ketebalan Rambut

Minoxidil dapat meningkatkan kerapatan dan ketebalan rambut dengan cara mengatasi garis rambut yang menipis. Folikel rambut akan ternutrisi karena adanya rangsangan pembuluh darah ke seluruh kulit kepala kamu. 

Formulasi minoxidil sebesar 2% dan 5% dapat menghasilkan rambut yang lebih tebal dan lebat dalam waktu sekitar 6 sampai 7 bulan setelah pemakaian.

Merawat Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut bisa terjadi karena berbagai masalah kesehatan. Bentuk lain dari kerontokan rambut termasuk telogen effluvium, alopecia traksi dan kerontokan rambut yang berkembang sebagai akibat dari infeksi kulit kepala jamur.

Telogen effluvium adalah kerontokan rambut yang menyebar dan memengaruhi seluruh kulit kepala secara merata. Garis rambut semakin terlihat dan jumlah rambut akan berkurang menghasilkan rambut kamu tampak tipis.

Siapa saja bisa mengalami telogen effluvium tanpa peningkatan yang jelas seiring bertambahnya usia. Namun, hal ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria karena perubahan kadar hormon yang parah dan sering tiba-tiba terjadi, contohnya selama dan setelah kehamilan.

Sedangkan alopecia Traksi terjadi karena rambut terlalu sering diikat atau ditarik dalam durasi waktu yang lama. Orang yang mengalami Alopecia Traksi akan dapat terlihat dengan munculnya benjolan putih atau merah di sekitar folikel rambut, terasa gatal, muncul sisik di kulit kepala, dan kerontokan rambut secara simetris.

Folikel rambut yang mini pada fase anagen akan menjadi lebih pendek sehingga rambut tidak dapat tumbuh dengan baik. Minoxidil bekerja memberikan nutrisi ke folikel rambut agar bisa tumbuh sepenuhnya.

Jenis Rambut yang Cocok Menggunakan Perawatan Minoxidil

Secara umum, manfaat minoxidil aman untuk semua jenis rambut, baik untuk rambut alami maupun rambut yang telah diwarnai. Namun perlu perhatian lebih untuk rambut yang telah diwarnai karena kemungkinan mengalami iritasi lebih tinggi. 

Wanita yang sedang hamil, program untuk hamil, atau menyusui tidak boleh menggunakan minoxidil.  Pada wanita yang sedang menyusui sisa dari obat dapat masuk ke dalam ASI dan bisa membahayakan bayi. 

Minoxidil mungkin kurang efektif pada jenis kerontokan rambut tertentu, seperti Alopecia areata. 

Adakah Efek Samping dari Penggunaan Minoxidil?

Saat menggunakan minoxidil jangan khawatir apabila rambut kamu tampak rontok lebih cepat dari biasanya, karena minoksidil merangsang rambut istirahat untuk memasuki fase pertumbuhan. Kerontokan ini akan hilang saat rambut yang baru tumbuh dan pasti lebih sehat.

Ada perbedaan minoxidil untuk laki-laki dan perempuan, laki-laki disarankan menggunakan 5 persen sedangkan untuk perempuan sebesar 2%.

Berikut beberapa efek samping dari penggunaan minoxidil yang harus segera diperiksakan ke dokter:

  1. Reaksi alergi atau ruam kulit, gatal-gatal, dan pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  2. Perubahan warna atau tekstur rambut.
  3. Kepala sering pusing.
  4. Merasa mual hingga muntah
  5. Pertumbuhan rambut yang tidak terduga.

Cara Menggunakan Minoxidil untuk Perawatan Rambut

menggunakan minoxidil untuk perawatan rambut

Jika ingin menggunakan manfaat minoxidil untuk perawatan rambut lebih baik mencari dokter kulit yang berpengalaman sehingga bisa mendiagnosis permasalahan yang terjadi pada rambutmu dengan tepat.

Hal ini juga dapat memastikan apakah minoxidil adalah solusi yang tepat untuk perawatan pada rambut kamu.

Minoxidil biasanya berbentuk busa atau larutan cair yang dioleskan ke kulit kepala. kamu harus menggunakannya seperti instruksi yang telah diberikan dokter untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Pemakaian minoxidil untuk kulit kepala yang kering bisa dua kali sehari atau untuk wanita terkadang hanya perlu sehari sekali. Kebanyakan orang memilih untuk menerapkannya di pagi hari dan malam hari beberapa jam sebelum tidur. 

Setelah mengoleskannya, lakukan pijatan dengan lembut ke kulit kepala untuk memastikan minoxidil lebih merata. Jangan lupa mencuci tangan setelahnya untuk menghindari potensi iritasi. 

Minoxidil dapat menodai pakaian dan tempat tidur kamu, jadi lebih baik gunakan alas tempat tidur saat pemakaian di malam hari.

Menciptakan Produk Perawatan untuk Rambut Rusak dan Rontok

Ada banyak cara untuk mengatasi rambut rusak dan rontok, selain menggunakan minoxidil. Kamu juga bisa menggunakan berbagai produk perawatan rambut dengan beragam bahan terbaik untuk menjaga kesehatan, mengembalikan kelembapan, dan mendorong pertumbuhan rambut.

Bersama Mash Moshem Indonesia kamu bahkan bisa menciptakan produk perawatan rambut dengan bahan terbaik untuk merawat rambut rusak, serta mencegah terjadinya kerontokan.

Formulator ahli kami telah berpengalaman dalam menciptakan berbagai produk perawatan rambut terbaik. Mulai dari shampoo, masker rambut, kondisioner, minyak rambut, vitamin, hingga hair elixir

Semua produk ini telah melalui uji coba dan menggunakan bahan-bahan terbaik. Kualitasnya? Tak perlu diragukan lagi.

Bersama formulator ahli kami, kamu bahkan bisa mengonsultasikan berbagai bahan yang mau kamu tambahkan dalam produk perawatan rambut tersebut. Atau, kamu juga bisa mengusulkan konsep dan manfaat unik lainnya yang mungkin belum pernah ada dalam produk lain.

Sementara itu, formulator kami akan bekerja dengan keras untuk mewujudkan konsep produk tersebut jadi kenyataan. Menarik, bukan?

Langsung hubungi tim kami dengan klik tombol di bawah, dan mulai diskusikan ide produk perawatan rambut yang mau kamu buat!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading