7 Manfaat Seledri untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Wajib Tahu!

manfaat seledri untuk kecantikan (2)

Selain aromanya yang harum dan menggugah selera, siapa sangka kalau daun seledri juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.

Seledri merupakan salah satu jenis superfood yang kerap direkomendasikan sebagai makanan sehat untuk orang-orang yang tengah berdiet. Karena kaya akan berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Tak hanya itu, kalorinya yang rendah pun membuat bahan alami satu ini kian sehat dan baik untuk dikonsumsi kala diet.

Di samping manfaatnya sebagai superfood, seledri pun menyimpan segudang manfaat untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Dan sedihnya, enggak banyak yang tahu soal fakta satu ini, lho!

Nah, biar kamu juga enggak ikut ketinggalan, simak berbagai kandungan dan manfaat seledri untuk kecantikan berikut ini! Baca sampai habis biar kamu tahu gimana cara penggunaanya juga!

Ragam Manfaat Seledri untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat seledri untuk kecantikan (1)

Seledri mengandung berbagai nutrisi yang sangat diperlukan untuk merawat kesehatan kulit dan rambut. Karenanya, enggak heran kalau bahan alami ini digadang-gadang punya banyak manfaat untuk kecantikan.

Kira-kira apa saja manfaat seledri untuk kecantikan kulit dan rambut? Langsung cari tahu di ulasan berikut ini, ya, Ladies!

Menutrisi dan Menyehatkan Kulit Wajah

Tahukah kamu, kalau seledri memiliki kandungan air yang sangat tinggi? Well, dalam bahan alami ini setidaknya 95 persennya didominasi oleh kandungan air.

Inilah yang akhirnya membuat seledri bisa membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Banyak ahli yang menganjurkan untuk mengonsumsi jus seledri secara rutin, demi mendapatkan kulit yang sehat dan ternutrisi dengan baik.

Tak hanya itu, kandungan lain dalam bahan alami ini pun dapat memaksimalkan fungsi metabolisme kulit dan menangkal dampak buruk stressor lingkungan. Hasilnya, wajah juga jadi lebih sehat dan berseri.

Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Apakah kamu memiliki tipe kulit berminyak dan gampang berjerawat? Jangan khawatir dulu, karena seledri diklaim dapat memabntu mengatasi masalah satu ini, lho.

Ya, seledri memiliki kandungan air yang sangat tinggi, senyawa antioksidan, dan vitamin C. Semua kandungan ini bisa membantumu mengontrol produksi sebum secara berlebihan, namun tidak akan membuat wajah terlalu kering.

Hanya dengan menggunakannya sebagai toner wajah sederhana, kamu bisa merasakan manfaat seledri untuk kecantikan kulit ini.

Yap! Kamu Cuma perlu menyiapkan tiga sampai empat batang seledri, mencucinya hingga bersih, kemudian memotong dan masukkan ke dalam botol. Setelah itu masukkan air yang mendidih di dalamnya lalu biarkan hingga dingin.

Setelah itu tutup botol tersebut dan masukkan ke dalam kulkas. Gunakan toner seledri ini setiap kamu setiap akan membilas wajah sebelum tidur. Dengan demikian, kamu bisa bangun di pagi hari dengan wajah yang sehat dan bebas minyak berlebih.

Merawat Keremajaan Kulit Wajah

Seledri memiliki banyak kandungan yang baik buat kulit, sebut saja vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga vitamin K. Selain itu, ada pula berbagai jenis mineral yang enggak kalah bermanfaatnya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Karenanya, penggunaan seledri untuk perawatan kulit wajah secara rutin akan membantu merawat keremajaan kulit. Kandungan-kandungan di atas dapat memelihara kesehatan struktur kulit dan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Beberapa lainnya pun bisa membuat kondisi kulit membaik, menyamarkan kerutan dan noda hitam, juga mendorong produksi kolagen agar lebih optimal.

Mengatasi Masalah Bau Mulut Tak Sedap

Kalau mulut bau masam dan tidak menyenangkan, kira-kira siapa yang bakal percaya diri untuk ngobrol? Jangankan speak up, sekadar nganga aja kadang ngerasa bersalah sama orang terdekat.

Nah, kalau kamu memiliki masalah dengan bau mulut tak sedap, enggak perlu terlalu khawatir. Karena seledri bisa membantumu mengatasinya!

Yah, hanya dengan mengunyah batang seledri secara teratur, maka bau mulut yang disebabkan oleh bakteri akan dinetralisir secara perlahan.

Tapi, bukan berarti kamu jadi merasa enggak perlu sikat gigi, ya! Sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur itu hukumnya wajib banget, enggak boleh ditinggal.

Kalau nekat, waktunya kembali ke pelukan bau mulut yang mengganggu. Enggak mau dong, ya?

Mampu Merawat Kulit yang Berjerawat

Jerawat yang membandel dan meradang adalah musuhnya semua umat. Gimana enggak? Selain bikin tekstur kulit enggak mulus, jerawat-jerawat ini juga kadang disertai gatal dan nyeri. Rasanya nano-nano banget, deh!

Untuk mengatasi jerawat dan juga bekasnya yang membandel, kamu bisa menggunakan seledri sebagai masker alami. Sebagai tambahan, kamu bisa mengombinasikan bahan alami ini dengan beberapa tetes tea tree oil.

Dengan begitu jerawat bakalan hengkang dan enggak akan meninggalkan bekas kehitaman yang mengganggu kecantikan alamimu!

Meningkatkan Kesehatan dan Kekuatan Rambut

Selain bisa bermanfaat untuk kulit, seledri pun bisa digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan rambut, lho!

Paparan radikal bebas yang menggila, seperti polusi udara dan paparan sinar matahari, adalah musuh utama bagi kesehatan rambutmu.

Radikal bebas bisa membuat kulit kepala mudah berminyak dan memicu kemunculan ketombe. Namun, di sisi lain, teriknya sinar matahari justru membuat kelembapan alami pada rambut menghilang, merusak protein pelindung rambut, dan membuatnya lebih rapuh.

Kabar baiknya, seledri mengandung rangkaian vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa membantu menutrisi rambut. Bahan alami ini dapat melawan dan melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.

Meredakan Ketombe di Kulit Kepala

Memiliki masalah dengan ketombe pasti bukan hal yang menyenangkan, mengingat rasa gatal, lembap, dan kadang bau yang tak sedap di kulit kepala.

Kemunculan ketombe bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk karena perubahan hormone, penggunaan sampo yang tidak tepat, pun karena pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Nah, kalau kamu memiliki masalah yang berkaitan dengan ketombe ini, daun seledri bisa membantumu mengatasinya.

Sebab, seldri mengandung sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab ketombe. Tak hanya itu, sifatnya yang menenangkan pun bisa meredakan gejala peradangan yang juga dapat membuat ketombe muncul.

Kandungan dalam Seledri yang Baik untuk Kecantikan

manfaat seledri untuk kecantikan (3)

Semua manfaat seledri untuk kecantikan kulit dan rambut yang telah disebutkan di atas, tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada dalam bahan alami ini.

Seledri mengandung berbagai jenis mineral, vitamin, serat, kadar air yang tinggi, dan serangkaian antioksidan alami. Sehingga bisa bekerja maksimal dalam merawat kecantikan kulit dan rambut.

Berikut beberapa nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari seledri, selamat membaca!

Kalium

Kandungan pertama yang ada dalam seledri adalah kalium. Mineral ini banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan kulit.

Fungsi utamnya adalah mendukung pertumbuhan sel kulit baru, melembapkannya, juga menyeimbangkan pH kulit.

Hasilnya wajah akan tampak lebih kencang, lembut, cerah, juga menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat.

Kalsium

Selain kalium, dalam seledri pun terkandungan kalsium. Mineral ini meski bukan termasuk golongan antioksidan alami, bisa bekerja sama baiknya dalam mencegah kemunculan kanker kulit.

Berdasarkan beberapa hasil studi, kalisum bisa mendorong pembentukan antioksidan dalam tubuh, mengatur masalah pigmentasi, pun bekerja mengatasi dampak buruk sinar matahari pada kulit.

Vitamin K

Selain mineral, kamu pun dapat menemukan kandungan vitmain dalam seledri. Salah satunya adalah vitamin K.

Senyawa ini memiliki peranan yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada kulit. Karena dapat mengatur proses pembekuan darah, baik pada luka lebam maupun terbuka.

Selain itu, vitamin K pun disinyalir dapat membantu meningkatkan tekstur kulit. Yakni mengatasi masalah bintik penuaan, mengurangi pembengkakan dan mata panda, juga menyamarkan stretch mark.

Vitamin A

Jenis vitamin lain yang ada dalam seledri adalah vitamin A. Kerap digunakan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan, jenis vitamin ini bisa membantu mencerahkan dan melawan hiperpigmentasi kulit.

Vitamin A bekerja dengan mendorong produksi kolagen dan menstimulasi proses regenerasi sel kulit. Inilah yang membuat sel mati dan tua pada permukaan kulit terdorong, kemudian digantikan oleh sel baru yang lebih sehat dan segar.

Vitamin C

Tahukah kamu salah satu kandungan yang banyak ditemukan dalam seledri adalah vitamin C? Yap! Senyawa yang tergolong sebagai antioksidan alami ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kecantikan kulit wajah kamu, lho!

Vitamin C dapat menjaga kesehatan kulit dan merawat keremajaannya. Kandungan ini menangkal dampak buruk radikal bebas, memulihkan sel kulit yang bermasalah, juga menyamarkan berbagai tanda-tanda penuaan pada kulit.

Tak sampai sana, vitamin C bahkan diidolakan karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit serta memudarkan bintik hitam penuaan.

Vitamin B

Vitamin B memang memiliki berbagai macam jenis dan fungsi yang beragam. Namun, secara umum kandungan yang juga ditemukan dalam seledri ini bisa membantu mengatasi masalah kulit kering, menenangkan kulit, meningkatkan fungsi skin barrier, dan menutrisi kulit kamu.

Zinc

Tak kalah bermanfaatnya dengan kandungan-kandungan yang telah disebutkan sebelumnya, zinc pun memiliki banyak khasiat untuk kulit wajahmu.

Jenis mineral satu ini bisa membantu mengatasi produksi minyak berlebihan, menyembuhkan masalah jerawat jadi lebih cepat dan menenangkan peradangan yang muncul.

Selain itu, mineral ini pun berperan penting dalam pembentukan sel dan protein yang ada pada jaringan kulit. Sehingga dapat meredakan peradangan dan menangkal dampak buruk sinar matahari pada kulit.

Nah, itu adalah berbagai kandungan dan manfaat daun seledri yang tak banyak diketahui. Apakah kamu juga baru mengetahuinya lewat artikel ini?

Well, sebenarnya Indonesia menyimpan banyak rempah dan bahan alami lain yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Daun seledri hanyalah salah satunya.

Mungkin, sudah waktunya kita mencintai produk-produk kecantikan lokal, dan kembali menggunakan bahan alami dari Tanah Air sendiri. Menurutmu, bagaimana?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment