Tak Hanya Baik Buat Gigi, Rupanya Manfaat Siwak untuk Kulit Pun Beragam

manfaat siwak untuk kulit

Kamu mungkin familiar dengan siwak dikarenakan kemampuannya yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan mulut serta gigi.

Namun, apakah kamu tahu bahwa siwak juga sangat baik digunakan untuk merawat kulit wajah kamu?

Buat kamu yang enggak tahu, siwak merupakan batang dari tanaman bernama salvadora persica. Tanaman ini sangat banyak ditemukan tumbuh pada daerah kering dan gersang di India.

Tanaman yang telah lama digunakan sebagai pasta dan sikat gigi tradisional ini diyakini memiliki kandungan yang juga sangat berguna untuk kecantikan kulit kita.

Meski penggunaan siwak untuk kecantikan cukup jarang, enggak ada salahnya untukmu mengetahui berbagai manfaat siwak untuk kecantikan kulit dan berbagai nutrisi yang dikandunganya.

Langsung cek ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Kandungan dalam Siwak yang Baik untuk Kesehatan Kulit

manfaat siwak untuk kulit

Nutrisi yang ada dalam siwak memanglah sangat banyak, mulai dari mineral, hingga vitamin. Jenis-jenis kandungan inilah yang akan bekerja dalam menyehatkan kulit wajah kamu.

Untuk lebih jelasanya, simak beberapa kandungan dalam siwak yang baik untuk kesehatan kulit di bawah ini.

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan serta keremajaan kulit wajah kamu.

Kandungan ini pun ditemukan dalam siwak, pun dengan kadar yang cukup tinggi.

Karenanya, siwak dapat memabntu mencegah dan melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh faktor eksternal, seperti radikal bebas, paparan sinar matahari, hingga polusi dan kotoran.

Enggak hanya itu, vitamin C pun dikenal ampuh untuk menunjang produksi kolagen. Sehingga kondisi kulit wajah pun akan jadi lebih sehat dan tampak bercahaya.

Kalsium

Selain vitamin, siwak pun mengandung berbagai jenis mineral. Salah satu jenis mineral yang banyak ditemukan dalam siwak adalah kalsium.

Kalsium sangat dibutuhkan untuk kulit, khususnya untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan mempercepat proses regenerasi kulit.

Sulfur

Apakah kamu tahu kalau dalam siwak terdapat kandungan sulfur? Yap! Kandungan ini sangat baik untuk mengatasi beberapa masalah kulit, termasuk untuk membunuh bakteri, jamur, dan parasit seperti tungau penyebab kudis.

Silika

Selain kalsium, dalam siwak pun terkandung silika. Jenis micronutrient satu ini pun dapat memperkuat jaringan penghubung dalam kulit kamu.

Karenanya, silika pun sangat dibutuhkan dalam produksi kolagen. Yang bekerja untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga wajah akan senantiasa kencang, kenyal, dan tampak awet muda.

Berbagai Manfaat Siwak untuk Kulit

keremajaan kulit

Meski sangat jarang digunakan untuk merawat kesehatan kulit, enggak bisa dipungkiri bahwa siwak pun mengandung bahan-bahan yang sangat baik untuk wajah kamu.

Nah, kandungan atau nutrisi inilah yang kemudian bekerja untuk memaksimalkan kondisi kulit wajahmu.

Berikut ini beberapa manfaat siwak untuk kulit sesuai dengan kandungan yang ada dalam bahan alami tersebut. Selamat membaca, Ladies!

Mencegah Munculnya Berbagai Masalah Kulit

kulit berjerawat

Telah dikatakan sebelumnya bahwa siwak mememiliki sifat antibakteri, sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri ataupun jamur yang bisa menimbulkan masalah pada kulit.

Kandungan ini lebih khususnya dapat melawan infeksi bakteri yang menyebabkan masalah seperti peradangan, gatal-gatal, hingga iritasi pada kulit.

Mengahaluskan Tekstur Kulit

melembutkan kulit

Apakah kamu tahu bahwa siwak dapat memperbaiki tekstur kulit, yakni dengan membuatnya terasa lebih lembut dan halus?

Yap! Manfaat siwak untuk kecantikan kulit satu ini dipengaruhi kandungan silika yang dimilikinya. Mineral ini mampu menutrisi kulit, berperan penting dalam pembentukan kolagen, serta mendorong produksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Dengan demikian, banyak pihak yang beranggapan penggunaan siwak mampu melembutkan dan menghaluskan kulit wajah.

Merangsang Pembentukan Kolagen pada Jaringan Kulit

Selain melembutkan, siwak pun disinyalir mampu merangsang pembentukan kolagen pada jaringan kulit.

Seperti yang kamu tahu, kolagen merupakan salah satu jenis protein yang sangat diperlukan untuk merawat vitalitas kulit. Termasuk untuk memelihara keremajaan kulit, dengan menjadikannya tetap kencang, elastis, dan tidak mudah keriput.

Nah, kandungan vitamin C yang tinggi dalam siwak pun diketahui mampu merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh dan mendorong produksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Karenanya, wajahmu akan tampak lebih sehat, segar, bahkan senantiasa awet muda. Sebab keriput dan garis halus enggak bakalan berani muncul lagi.

Merawat Kulit yang Mengalami Peradangan

iritasi kulit

Apakah kamu memiliki gejala peradangan pada kulit, termasuk yang disebabkan jerawat, infeksi bakteri, hingga jamur?

Well, siwak diduga mampu mengatasi masalah peradangan tersebut, lho. Kandungan sulfur yang dimiliki siwak dikatakan mampu menghambat bahkan membunuh bakteri penyebab berbagai masalah pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang ada dalam siwak dapat merangsang penyembuhan iritasi yang kamu alami. Sementara, kandungan kalsiumnya dapat bekerja sebagai anti radang, sehingga dapat menenangkan kulit.

Bekerja Sebagai Antioksidan Alami

Selain mineral dan vitamin, siwak pun diketahui memiliki senyawa antioksidan yang sangat beragam. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mengembalikan vitalitasnya, setelah seharian terpapar sinar matahari dan polusi.

Terlebih, berbagai masalah pada wajah banyak disebabkan oleh kadar radikal bebas yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Berbagai masalah yang bisa ditimbulkan karena kadar radikal bebas yang tinggi adalah penuaan dini, produksi kolagen yang turun, kulit yang kering dan lebih sensitive, hingga munculnya sel-sel kanker kulit.

Mencerahkan Kulit Wajah

mencerahkan kulit

Siwak  mengandung vitamin C dan silika yang cukup banyak. Kedua kandungan ini merupakan jenis antioksidan alami yang mampu merangsang produksi kolagen dan sel kulit baru yang sehat.

Nah, karenanya siwak akhirnya dipercaya mampu membantu meningkatkan pigmen kulit serta diduga mampu melawan hiperpigmentasi pada kulit wajah.

Amankah Merawat Wajah dengan Siwak?

cara memilih skincare niacinamide yang aman

Nah, itu adalah beberapa manfaat siwak untuk kecantikan kulit dan kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Meski memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi kulit yang baik, kamu enggak lantas bisa menggunakannya secara sembarangan untuk merawat kesehatan kulit wajahmu.

Sebenarnya, sebagian besar dari manfaat siwak ini belum banyak yang diteliti atau diuji secara ilmiah.

Oleh karenanya, ada baiknya bagimu untuk bertanya atau berkonsultasi dengan ahli kulit kepercayaanmu sebelum mencoba dan menggunakannya sebagai perawatan kecantikan kulit harian.

Selain itu, masih banyak berbagai bahan alami lain yang juga tak kalah bermanfaatnya seperti siwak. Misalnya, semangka, teh hijau, alpukat, lemon, kunyit, bengkuang, hingga bahan-bahan hewani, seperti madu, susu, dan DNA Salmon.

Nah, apapun bahan atau produk perawatan kecantikan yang akan kamu gunakan nantinya, hal yang paling untuk diperhatikan adalah kondisi kulit wajah kamu.

Kalau kamu memiliki kulit yang kering, pilihlah produk yang bisa membantu menambah kelembapan pada kulit. Sementara jika kamu memiliki kulit yang cenderung berminyak, hindari kandungan yang bersifat komedogenik.

Dengan memilih produk yang tepat, kamu pun akan mendapatkan maksimal dari perawatan wajah yang kamu lakukan.

Sampai sini dulu pembahasan kali ini. Semoga artikel ini dapat membantumu.

Stay beauty and healthy, Ladies!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment