Bikin Bulu Mata Lentik, Ini Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Maskara

mascara (3)

Bagi para pecinta kosmetik, maskara adalah hal yang sangat familier dan penting untuk dimiliki. Sebab, penggunaannya bisa menambah pesona dan kesan cantik dari mata kamu.

Tak bisa dipungkiri, memiliki mata yang tampak lebar dan indah adalah dambaan banyak perempuan. Karenanya, akhirnya banyak juga yang suka menggunakan penjepit bulu mata dan maskara untuk mendapatkan efek ini di mata mereka.

Bagi beberapa orang maskara adalah langkah penting dalam rutinitas riasan, bahkan jika ingin menggunakan ‘no makeup look’ produk ini tetap dipakai.

Nah, apakah kamu juga termasuk ke dalam salah satu orang yang suka menggunakan maskara?

Well, meski banyak digemari, nyatanya enggak banyak juga informasi dasar tentang maskara yang bisa ditemukan dengan mudah. Selain fungsinya, penting juga bagimu untuk mengetahui kandungan apa saja yang boleh dan tidak boleh ada pada maskara, serta efek sampinya.

Kami menyadari bahwa kosmetik telah menjadi bagian hidup kamu, dan tak ada yang salah dengan itu. Karenanya, kami memberikan berbagai informasi dasar tentang maskara yang telah disebutkan di atas, agar kamu dapat memilih produk yang aman.

Simak baik-baik, ya, Beauties!

Berbagai Manfaat Maskara untuk Bulu Mata

maskara (1)

Sebelum membahas kandungan dan efeknya, pengetahuan pertama adalah tentang manfaat maskara dalam mempercantik bulu mata kita.

Memberi Kesan Memanjangkan Pada Bulu Mata

Manfaat menggunakan maskara yang pertama adalah menciptakan kesan bulu mata yang panjang dan tampak lentik. Biasanya untuk mendapatkan efek ini kamu perlu menggunakan maskara yang emang khusus memberi kesan memanjangkan.

Dalam jenis ini biasanya terkandung bahan plastic polymers yang bisa menempel di ujung bulu mata kamu. Sehingga akan memberikan kesan panjang tambahan pada bulu mata.

Membuat Bulu Mata Tampak Tebal

Penggunaan maskar juga bisa membaut bulu mata tampak lebih tebal dan bergelombang. Kamu bisa menggunakan tipe maskara dengan efek curly dan menebalkan.

Ini juga akan membuat matamu tampak lebih tajam, meski tidak memberikan efek membesarkan seperti ketika kamu menggunakan maskara dengan manfaat melentikkan.

Membantu Melembapkan Bulu Mata

Tak hanya membantu membuat mata tampak lebih cantik, ada juga maskara yang dibuat dengan kandungan pelembap. Biasanya penggunaannya juga masuk ke dalam rangkaian perawatan, dengan tujuan untuk menutrisi dan menjaga kesehatan bulu mata kamu.

Efek Maskara untuk Kesehatan Bulu Mata dan Kulit di Sekitarnya

maskara (2)

Produk ini pada dasarnya telah memiliki sejarah yang sangat panjang, yakni telah ada saat zaman Mesir Kuna. Meskipun awalnya terlihat seperti alat cetakan kue, maskara sekarang dijual dalam formula lotion, dengan tongkat aplikator di dalam tabung yang dapat ditutup kembali.

Alasan popularitasnya yang bertahan lama? Maskara memiliki sejumlah manfaat kecantikan. Ini langsung menambah ketebalan, panjang, dan warna yang lebih gelap pada bulu mata, yang menarik perhatian ke mata dan menciptakan definisi.

Meskipun ada banyak atribut positif, ada juga masalah jangka pendek dan jangka panjang yang mungkin muncul dengan sendirinya.

Kemungkinan Adanya Infeksi

Bahkan produk paling mahal di pasaran memiliki tanggal kedaluwarsa. Sayangnya, banyak orang terus menggunakannya lama setelah kedaluwarsa.

Menurut artikel Kesehatan Wanita tentang kuman dalam riasan, 86 persen wanita menggunakan maskara lebih lama dari periode tiga bulan yang direkomendasikan.

Ini dapat menyebabkan masalah seperti mata merah, infeksi staph, dan kondisi peradangan. Untuk menghindari jenis infeksi ini, perhatikan waktu pertama kali kamu menggunakan sebuah produk maskara dan hentika penggunaan bila telah melawati masa kedaluarsa.

Membuat Bulu Mata Kaku dan Menimbulkan Adanya Goresan

Kamu mungkin sudah bosan mendengar tips kecantikan satu ini, tapi jangan lupa untuk selalun membersihkan riasan wajahmu semaksimal mungkin sebelum pergi tidur.

Meskipun mungkin tampaknya tidak penting untuk menghapus maskara sebelum tidur, nyatanya membiarkannya semalaman juga bukan pilihan yang cerdas.

 Sebuah artikel StyleCaster tentang fakta maskara menemukan bahwa membiarkannya semalaman dapat menyebabkan bulu mata kamu menjadi kaku.

Ini adalah masalah karena dapat menyebabkan bulu mata rontok dan dalam beberapa kasus, kornea tergores.

Bulu Mata yang Kering Akibat Maskara Waterproof

Sama halnya dengan kosmetik waterproof lainnya, penggunaan maskara dengan fungsi yang sama pun bisa berpotensi menyebabkan kulit dan bulu mata menjadi kering.

Produk-produk ini dirancang khusus untuk tetap bertahan saat basah atau saat kamu sedang berkeringat. Hal ini membuat produk waterproof sangat ideal untuk bulan-bulan musim panas yang hangat atau ketika cuaca ekstrim.

Meskipun ini bisa bagus pada hari-hari tertentu, penggunaannya sendiri justru tidak boleh terlalu sering dilakukan.

Banyak artikel yang menyatakan bahwa agen yang digunakan untuk membuat produk tahan air adalah pengeringan. Itu sering menyebabkan masalah seperti rontok, patah, atau masalah lainnya.

Kerontokan Bulu Mata

Kebanyakan orang menggunakan maskara untuk menebalkan bulu mata dan membuatnya tampak lebih penuh. Namun, menggunakannya untuk waktu yang lama sebenarnya dapat menyebabkan bulu mata rontok.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh International Journey of Trichology menemukan bahwa kerontokan bulu mata terjadi pada 19 persen subjek, dengan penggunaan yang lebih lama mengakibatkan peningkatan risiko kerontokan bulu mata.

Karena temuan ini, para peneliti percaya ada hubungan yang kuat antara penggunaan jangka panjang penggunaan maskara dan bulu mata rontok.

Bulu Mata Rapuh Karena Penjepit Bulu Mata

Sayangnya, kerusakan dan kerusakan bulu mata adalah kenyataan bagi banyak pemakai maskara dalam waktu yang lama.

Kerapuhan bulu mata akibat penggunaan penjepit bulu mata adalah suatu masalah yang sangat umum terjadi. Beberapa artikel juga menyebutkan bahwa menjepit bulu mata berkali-kali dalam sehari lebih rentan terhadap kerontokan atau tekstur bulu mata yang rapuh.

Membuat Penampilan Tampak Lebih Tua

Tidak ada orang yang ingin terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Namun, kenyataannya banyak wanita yang menyebabkan kerutan dan kulit kendur dengan melepas maskara dan riasan mata mereka secara tidak benar.

Menghapus make up di area mata dengan kasar justru akan membuat bulu mata mudah rontok dan memicu kemunculan kerutan di wajah.

Berbagai Bahan Maskara yang Harus Dihindari

eyelash serum

Pada hari-hari awal maskara, daftar bahannya kurang diinginkan. Banyak formula mengandung barang berbahaya seperti terpentin, kohl yang mengandung timbal, dan anilin, yang sebenarnya bisa mengakibatkan kebutaan.

Hari-hari ini, mereka biasanya mengandung pigmen karbon hitam, polimer, pengawet, dan lilin.

Saat memilih produk untuk koleksi riasan kamu, ada bahan-bahan tertentu yang mungkin harus dihindari, beberapa diantaranya adalah:

Propylene Glycol

Kandungan yang harus diperhatikan dalam maskara adalah formula berbasis minyak bumi, seperti Propylene Glycol. Kandungan ini dapat memicu reaksi alergi dan justru memperlambat pertumbuhan bulu mata.

Cari label hipoalergenik atau maskara dengan pelembut bulu mata untuk menghindari reaksi merugikan ini.

Paraben

Kandungan ini sebenarnya seringd igunakan dalam maskara, fungsinya sebagai pengawet sediaan dan mencegah pembentukan bakteri. Kandungan ini sebenarnya cukup berguna, namun bisa jadi berbagaya kalau digunakan dalam konsentrasi terlalu tinggi.

Konsentrasi tinggi paraben telah dikaitkan dengan tumor kanker payudara. Sementara penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk sepenuhnya memahami tautan ini, mungkin ide yang baik untuk mencari produk bebas paraben atau bahan lainnya yang berbahaya.

Bubuk Aluminium

Digunakan untuk menambah warna pada maskara, bahan ini telah ditemukan mengganggu proses dalam sistem saraf dan bahkan telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.

Itu juga telah terdaftar sebagai perhatian tinggi oleh Kelompok Kerja Lingkungan (EWG) dan Database Kosmetik Dalam Kulit mereka.

Tahukah Kamu?

maskara

Maskara harus diganti SETIAP dua hingga tiga bulan, ya Ladies. Karena produk ini memiliki umur simpan terpendek dari semua produk kecantikan.

Produk ini memiliki tabung kemasan terbilang sangat mudah terkontaminasi dan menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Penggunaan maskara ini langsung dan dekat dengan mata kamu, tentunya kamu tidak ingin mengambil risiko produk kadaluwarsa atau paparan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi mata.

Nah, setelah mengetahui beberapa informasi dasar soal maskara di atas, apakah kamu menemukan informasi baru? Atau justru sudah banyak fakta mengenai maskara, baik bahan-bahan yang seharusnya dihindari, manfaatnya, juga efek buruknya?

Yang terpenting, hal yang harus diingat adalah bahwa merawat dan mempercantik diri memang merupakan hak kamu. Namun, menjaga kesehatan tubuh adalah suatu bentuk tanggung jawab serta kewajiban yang harus kamu perhatikan.

Karanya, perhatikan dengan baik rules pemakaian produk dan jangan melukai dirimu sendiri. Well, stay healthy and beauty, Ladies!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment