Tren Gluten-Free Skincare, Benarkan Kulit Kita Memerlukannya?

tren skincare gluten free

Perkembangan produk kecantikan kian hari kian beragam. Semakin banyak teknologi, bahan, hingga inovasi manfaat pada produk kosmetik di pasaran. Salah satu yang cukup popular di antaranya adalah tren skincare gluten free.

Meski produk gluten free skincare bukanlah hal yang baru, namun keberadaannya masih begitu sering dibicarakan oleh beauty enthusiast. Bahkan menurut pencarian cepat di Instagram mengungkapkan adanya lebih dari 45 ribu postingan yang menggunakan hashtag ‘#glutenfreeskincare’.

Fenomena ini kian subut ketika para beauty gurus, beauty reviewers, dan tokoh kecantikan lain merekomendasikan skincare gluten fee dibandingkan dengan produk biasa.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan skincare gluten free, apa bedanya dengan produk yang biasa kamu gunakan sebelumnya? Juga apakah produk ini memang benar-benar kita butuhkan?

Langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Ladies!

Apa Itu Skincare Gluten Free?

Skincare gluten free merupakan produk perawatan kulit yang tidak mengandung gluten ataupun bahan-bahan turunannya,  dalam formulanya. Memangnya gluten itu apa sih?

Gluten sendiri merupakan protein yang umumnya secara alami berada dalam gandum, barley, rye, dan biji-bijian lainnya.

Jauh sebelum tren kecantikan ini terjadi, masayarakat Amerika dan Eropa telah menerapkan diet gluten pada berbagai jenis makanan dan minuman.

Tujuannya tentu untuk menghindari kemungkinan adanya reaksi alergi gluten pada penggunanya, khususnya pada mereka yang menderita celiac.

Alergi yang terjadi pun bisa jadi tak begitu parah, namun pada beberapa orang dengan tingkat alergi yang tinggi, tentu ini akan membawa masalah besar.

Bahan-bahan Skincare yang Mengandung Gluten

Kosmetika kini tak hanya menjadi pelengkap penampilan, keberadaannya sekarang telah menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Karenanya, tak heran tuntutan penggunaan bahan-bahan yang aman dan peningkatan kualitas dalam produksi kosmetik terus meningkat.

Begitupun dengan tren skincare gluten free, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sebab ada banyak produk kecantikan dan perawatan kulit yang mengandung bahan berkandungan gluten.

Di antara sumber makanan yang mengandung gluten dan kerap diformulasikan dalam skincare adalah susu, biji-bijian, oatmeal, dan asam amino.

Selain beberapa kandungan di atas, ada bahan-bahan dalam kosmetik yang berkemungkinan besar terkontaminasi gluten dan perlu kamu waspadai adalah hordeum vulgare extract, malt extract, minyak oat, dan avena sativa extract.

Cara Mengetahui Produk Skincare Gluten Free

Mungkin sulit untuk menemukan produk yang benar-benar bebas gluten karena beberapa bahan, seperti vitamin E, mungkin berasal dari bibit gandum.

Jadi meskipun suatu produk bisa mengandung gluten, labelnya mungkin tidak mencerminkan hal itu. Karenanya kamu perlu berhati-hati dan meneliti kemasan produk dengan seksama, ketika akan membeli produk tersebut.

Banyak ahli yang merekomendasikan untuk menghindari produk yang mengandung oat, ekstrak avena sativa, barley atau ekstrak gandum, sereal secale, triticum vulgare, hordeum vulgare. Serta produk apapun yang menggunakan kata gandum dalam manfaat atau kemasan produk mereka.

Bahkan terkadang indicator ini tak bisa benar-benar akurat. Sebab ada beberapa penelitian yang menunjukkan adanya produk  perawatan kulit yang mengandung pemicu gluten.

Untuk mencegah adanya dampak buruk pada kulit wajah setelah menggunakan produk tertentu, baiknya kamu melakukan uji tempel terlebih dahulu.

Siapa Saja yang Harus Menggunakan Skincare Gluten Free?

Sebenarnya ada beberapa perdebatan tentang betapa pentingnya penggunaan skincare gluten free dalam rutinitas harian.

Beberapa ahli berpendapat bahwa orang tak memiliki reaksi parah terhadap gluten, tak perlu merasa begitu khawatir. Karena pada dasarnya molekul gluten cukup besar untuk mampu terserap jauh ke dalam pori-pori kulit.

Melansir dari The Today, belum ada bukti ilmiah kuat yang mampu menyatakan bahwa kandungan gluten dalam perawatan kulit bereaksi dengan mereka yang menderita penyakit celiac. Kecuali tentu saja, produk ini tertelan atau digunakan secara oral.

Sementara itu, beberapa ahli juga setuju bahwa meskipun pengguna yang sensitif terhadap celiac harus berhati-hati. kemungkinan besar mereka tidak perlu terlalu khawatir tentang produk yang dioleskan secara topikal.

Mereka yang sangat sensitif harus khawatir tentang produk yang masuk dan di sekitar mulut, seperti lipstik, obat kumur atau pasta gigi.

Pro dan Kontra Produk Skincare Gluten Free

Meski memiliki penggemar yang terus menerus meningkat, disebutkan dalam The Today bahwa sebenarnya skincare gluten free ini tak memberikan perubahan besar.

Meski begitu ada beberapa nilai positif tersendiri dari skincare bebas gluten. Karena produk-produk ini umumnya sangat kaya akan antioksidan, sehingga ampuh menangkal radikal bebas dan membantu proses regenerasi sel kulit.

Tak hanya itu, produk skincare gluten free pun umumnya memiliki senyawa antiinflamasi yang baik. Karenanya dapat membantumengurangi kemerahan dan iritasi terutama pada individu dengan eksim, rosacea atau psoriasis.

Kekurangannya pun tidak begitu besar, atau hampir tak ada. Karenanya, konsumen bebas memilih produk skincare gluten free, bila mereka merasa ingin mencoba mengganti perawatan harian mereka.

Namun yang perlu diperhatika adalah produk-produk dengan manfaat melembapkan, menghidrasi, dan mempertahankan minyak alami kulit memiliki kandungan gluten tinggi. Karena pada dasarnya inilah fungsi gluten dalam skincare.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal tren bebas gluten dalam skincare. Apakah menurutmu penggunaan jenis produk ini diperlukan?

Hal paling penting ketika akan memilih produk perawatan wajah adalah memperhatikan kandungan dan reaksinya pada kulit wajahmu. Entah klaim apa yang disuguhkan produk tersebut, kamu harus mempertimbangkan kondisi kulit wajahmu.

Misalnya dengan melakukan uji tempel, menghindari kandungan yang bermasalah pada jenis kulit wajahmu, dan memilih apa yang benar-benar kamu butuhkan.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment