Mengenal Kandungan Zinc Oxide dalam Skincare, Aman Digunakan Atau Tidak?

zinc oxide dalam skincare (2)

Kalau kamu perhatikan, belakangan ini ada banyak skincare yang menggunakan zinc oxide dalam formulanya. Apakah kamu mengenali manfaat dan asal usul senyawa satu ini? Lalu apakah sifatnya aman dikulit atau jusru bisa bikin iritasi?

Bila kamu rajin menggunakan krim anti-blue light effect ataupun sunscreen, zinck oxide tentu bukan hal baru lagi buatmu. Karena pada dua produk inilah zinc oxide sangat sering diolah dan diformulasikan dengan bahan kosmetik lainnya.

Zinc oxide merupakan jenis mineral dengan warna putih, teksturnya berbentuk bubuk, dan sangat umtum digunakan dalam campuran kosmetik, baik dalam skincare dan produk riasan wajah.

Nah, biar kamu memiliki gambaran lebih jelas soal zinc oxide dalam skincare dan manfaatnya buat kulit, segera baca ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Zinc Oxide dalam Industri Kecantikan

kandungan skincare yang tidak boleh dipakai berasamaan

Sebelum terlalu jauh membahas perananannya dalam mempercantik dan mempertahankan kesehatan kulit wajah kamu, enggak ada salahnya untuk mengetahui sebenarnya seberapa umumnya senyawa ini dalam industri kecantikan.

Dilansir dari Cosmetics Info, zinc oxide merupakan jenis senyawa yang sangat diperlukan dan berperan sebagai agen pelindung kulit. Utamanya dalam menangkal dampak buruk paparan sinar matahari berlebihan pada kulit.

Karenanya, kamu akan banyak menemukan senyawa ini pada sunscreen dan skincare anti blue light. Sebab, keduanya sama-sama bekerja melindungi kulit dari dampak buruk sinar ultraviolet, yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel kulit dan menyebabkan masalah kecantikan.

Tak hanya melindungi bagian dalam kulit, zinc oxide juga dapat menangkal dampak buruk sinar UVB. Seperti yang diketahui, jenis sinar ultraviolet ini bisa menyebabkan peradangan dan iritasi pada permukaan kulit, yang sering disebut sebagai sunburning.

Selain skincare atau kosmetik untuk orang dewasa, zinc oxide banyak ditemukan pada produk perawatan kulit bayi. Misalnya pada krim pencegah biang keringat, salep antiseptic, juga krim pelembap yang menenangkan ruam popok.

Ragam Manfaat Kandungan Zinc Oxyde dalam Skincare

zinc oxide dalam skincare (1)

Kamu mungkin bertanya-tanya apa yang membuat senyawa ini begitu penting, sampai banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit?

Well, untuk menjawab pertanyaanmu itu, kami telah merangkum berbagai ragam manfaat kandungan zinc oxide dalam skincare lewat ulasan berikut ini. Baca sampai habis ya, Dear!

Bekerja Menangkal Sinar UVA dan UVB

Manfaat utama zinc oxide dalam skincare adalah kemampuannya dalam menangkal dampak buruk sinar UVA dan UVB untuk kulit tubuh maupun wajah kamu.

Seperti yang diketahui, dua sinar ini memiliki efek yang sama buruknya untuk kulit kamu. Jika UVB bisa mengiritasi lapisan epidermis, dengan membuatnya tampak lebih kusam, kering, sensitif, bahkan menyebabkan sunburning.

Maka UVA akan dapat masuk dan menembus hingga ke dalam lapisan dermis, yang kemudian akan merusak sel-sel pada jaringan kulit. Ini akan menghambat proses regenerasi kulit, membuat partikel radikal bebas dalam tubuh meningkat, jumlah kolagen pun akan turut berkurang.

Akhirnya kulit akan mengalami penuaan dini dan muncul berbagai masalah seperti, flek hitam, kerutan, garis halus, hingga keriput pada wajah.

Karena kemampuannya inilah, zinc oxide akhirnya banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit. Seperti dalam formula sunscreen, obat jerawat, salep untuk mengatasi kulit iritasi, dan masih banyak lainnya.

Kabar baiknya lagi, zinc oxide merupakan kandungan skincare yang didapatkan dari bahan alami. Senyawa ini didapat dari kombinasi zinc dan oksigen yang dipanaskan hingga membentuk bubuk putih yang kerap digunakan dalam campuran skincare.

Penggunaan zinc oxide ke dalam formula produk topikal sangat berguna untuk memperkuat lapisan pelindung kulit. Semakin tinggi kadar yang digunakan, maka semakin kuat zinc oxide akan membantu melindungi kulit tubuhmu dari paparan sinar UV berlebihan.

Bersifat Anti-bakterial dan Mencegah Infeksi

Paparan polusi, sisa make up yang tidak terangkat dengan bersih, pun minyak wajah yang menumpuk di kulit akan meningkatkan risiko infeksi bakteri pada kulit.

Nah, untungnya penggunaan zinc dioxide ini bisa membantu mencegah adanya infeksi bakteri di kulit. Karenanya, senyawa ini pun kerap digunakan dalam produk-produk perawatan kulit untuk mengatasi iritasi, pembengkakan, peradangan, juga nyeri yang biasanya terjadi akibat penumpukan bakteri.

Sifat antiinflamasi dan antibakteri dalam kandungan ini pun bisa membantu meredakan berbagai gejala peradangan. Baik karena penumpukan bakteri, maupun yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan.

Kamu bisa menemukan produk berkandungan zinc oxide dalam berbagai sediaan, baik dalam krim, losion, dan masih banyak lainnya.

Meredakan dan Mencegah Kemunculan Jerawat

Tak hanya berkaitan dengan kesehatan kulit, penggunaan zinc oxide dalam skincare pun bisa mencegah dan meredakan jerawat di kulit.

Kandungan antiinflamasi yang ada dalam senyawa ini akan membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat aktif, seperti pembengkakan, kemerahan, rasa gatal, dan juga perih.

Sementara itu, sifat antibakterinya akan mencegah dan menghalau perkembangan bakteri penyebab jerawat di kulit wajah. Sehingga tak hanya bisa hilang, jerawat pun enggak akan muncul lagi.

Dapat Mengontrol Produksi Sebum yang Berlebihan

Masih berkaitan dengan manfaatnya dalam mencegah jerawat, zinc oxide dalam skincare bisa mengurangi produksi sebum yang berlebihan.

Seperti yang kamu tahu, produksi sebum yang berlebihan akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah. Ini akan membuat potensi kulit terkena infeksi bakteri jadi lebih besar, hasilnya wajah akan mudah berjerawat dan berkomedo.

Membantu Menyamarkan Flek Hitam

Dilansir dari SehatQ, dikatakan bahwa kandungan zinc oxide dalam skincare pun bisa membantu mengatasi dan menyamkan flek hitam, bekas jerawat, maupun melasma, lho.

Untuk mendapatkan manfaat ini dengan maksimal, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan kandungan zinc oxide dengan SPF minimal 30 untuk mencegah kemunculan flek hitam, ataupun mencegahnya agar tidak bertambah parah.

Meredakan Gejala Iritasi dan Peradangan pada Kulit

Salah satu manfaat zinc oxide untuk kecantikan dan kesehatan kulit adalah membantu mengatasi gejala iritasi dan peradangan pada kulit kamu.

Ini dikarenakan zinc memiliki sifat antiinflamasi, yang bisa mencegah adanya reaksi peradangan pada kulit. Baik yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori, jerawat, maupun masalah kesehatan seperi ruam popok.

Beberapa hasil riset membuktikan bahwa salep yang mengandung zinck oxide bisa membantu melindungi kulit dan meredakan berbagai gejala peradangan pada kulit. Bahan alami ini bisa membentuk lapisan perlindungan pada kulit sehingga bisa mencegah berbagai masalah kecantikan.

Bisa Bekerja sebagai Agen Anti-penuaan

Tak hanya menyehatkan, zinc oxide dalam skincare pun bisa membantu merawat keremajaan kulit wajahmu dengan bekerja sebagai agen anti penuaan.

Kandungan ini bekerja dengan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit, sertan mendorong sintesis kolagen, yang keduanya bisa diperlukan untuk menjaga vitalitas kulit dan membuatnya tampak lebih mudah serta terawat.

Dilansir dari SehatQ, sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan zinc oxide dalam bentuk krim bisa membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang bermasalah, mengatasi kulit kering, pun menyembuhkan luka.

Bahan alami ini pun diketahui dapat mencegah penuaan dengan cara meningkatkan kemampuan bahan aktif lainnya yang terdapat pada skincare. Dengan begitu manfaat yang akan dihasilkan produk itu pun bisa dirasakan dengan optimal.

Apakah Zinc Oxide Aman Digunakan untuk Merawat Kulit?

maklon body lotion

Bagi sebagian besar orang, penggunaan skincare atau produk perawatan kulit dengan bahan yang cukup asing mungkin agak membuat ragu dan takut.

Karenanya, enggak sedikit juga masyarakat yang masih belum mengenal baik kandungan zinc oxide dalam skincare. Yang kemudian mempertanyakan keamanan penggunaan skincare berkandungan bahan alami satu ini.

Beberapa penelitian menujukkan bahwa zinc oxide aman untuk digunakan dalam formula produk perawatan kecantikan. Tak hanya untuk orang dewasa, enggak sedikit juga produk yang khusus dibuat untuk bayi juga menggunakan bahan alami satu ini.

Meski aman, bukannya tak ada aturan dan dapat digunakan secara sembarangan. Dilansir dari SehatQ, FDA menyebutkan bahwa penggunaan zinc dioxide hanyalah diperbolehkan sebesar 25 persen saja.

Hal ini sejalan dengan peraturan dari Badan POM Indonesia, yang juga sama menentukan standar maksimal penggunaan zinc dioxide sebanyak 25 persen saja pada produk kosmetik, skincare, dan juga tabir surya.

Nah, itu adalah hal yang perlu kamu tahu soal kandungan zinc oxide dalam skincare. Mulai dari manfaatnya buat kulit, kemanan penggunaannya, juga seberapa besar konsentrasi legal penggunaan zinc oxide dalam sebuah produk perawatan kecantikan.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment