Insight Bisnis

Apa Itu Twitter Carousel? Ini Manfaat & Tips Menggunakannya

Twitter carousel adalah

Di era digital seperti ini, membangun brand kosmetik tidak cukup dengan foto produk biasa saja. Visual menarik dan storytelling yang kuat jadi kunci untuk memikat hati audiens. Salah satu fitur media sosial yang bisa kamu manfaatkan adalah Twitter Carousel.

Sederhananya, Twitter carousel adalah fitur yang memungkinkan brand membagikan beberapa gambar atau video dalam satu kali unggahan, lengkap dengan tautan langsung ke produk, artikel, atau landing page. Ini bukan sekadar slideshow, tapi media promosi yang bisa dikemas kreatif untuk edukasi, campaign produk baru, hingga testimoni pelanggan.

Untuk brand owner di industri kosmetik, fitur ini bisa jadi senjata ampuh untuk menunjukkan variasi produk, menampilkan before-after, atau menjelaskan step penggunaan skincare secara visual. Nah, di artikel ini, akan dibahas lebih dalam tentang apa itu Twitter carousel dan tips memaksimalkan penggunaannya. Yuk, simak sampai akhir! 

Apa itu Twitter Carousel?

Sebelum membahas yang lebih jauh, kamu perlu mengerti terlebih dahulu apa itu carousel. Twitter carousel adalah fitur beriklan yang disediakan oleh Twitter sendiri. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan promosi produk, promosi jasa, promosi event, atau melakukan promosi lainnya.

Karena pada dasarnya, carousel adalah fitur iklan. Dengan fitur ini, kamu bisa memasukkan beberapa gambar atau video sekaligus. Karena, pada Twitter sendiri, carousel bisa memuat hingga 6 carousel card yang akan memuat media promosimu.

Nah, fitur ini akan hadir dengan tampilan seperti slideshow yang bisa di-swipe ke samping untuk melihat seluruh konten yang kamu muat. Penggunaan Twitter carousel juga terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan 2-6 media konten yang ingin kamu tampilkan sebagai promosi. Kemudian upload konten tersebut dan buat card-nya.

Setelah semua selesai, kamu bisa memiliki promote tweet tersebut, dan konten tersebut sudah bisa diiklankan di Twitter. Tentunya saat kamu melakukan iklan di media sosial, akan ada biaya yang perlu kamu keluarkan. Hal ini juga berlaku pada fitur beriklan di Twitter, ya!



Manfaat Twitter Carousel untuk Beriklan Produk

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian dari Twitter carousel, kamu juga harus mengerti apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan dari menggunakan fitur ini. Banyak yang menganggap jika fitur Twitter carousel akan lebih unggul dari pada iklan biasa.

Karena secara umum, iklan dalam format carousel untuk website sendiri dapat meningkatkan click through rate hingga 15% loh! Sementara, iklan carousel untuk aplikasi bisa meningkatkan angka download hingga 24% nih! Wow! Tinggi banget, ya?

Nah untuk lebih detailnya, kamu bisa menyimak manfaat twitter carousel pada penjelasan berikut ini!

Mampu Meningkatkan Perhatian dari Pengguna

Saat melakukan iklan dengan fitur ini, Twitter akan membuat konten iklan tersebut menjadi lebih menarik dan engaging. Dengan adanya konten yang terlihat lebih menarik ini, maka pengguna juga akan lebih lama memperhatikan konten iklan yang kamu buat.

Bukan tidak mungkin jika mereka akan tertarik setelah melihat iklanmu di Twitter. Alasan lainnya adalah tipe konten yang Twitter sediakan juga akan terlihat lebih menarik di mata audiens. Sehingga audiens akan merasa penasaran pada produk kosmetik yang sedang kamu promosikan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Poin Penalti Shopee? Ini Definisi, Aturan, & Cara Melihatnya

Memiliki Respon Rate yang Lebih Bagus

Kedua, manfaat menggunakan Twitter carousel adalah fitur ini memiliki response rate yang lebih baik. Karena carousel memiliki format iklan yang menarik, maka fitur ini dapat mengundang respon lebih efektif dari audiens yang menggunakan Twitter.

Terlebih bisnis yang tengah berkembang membutuhkan click-through rate, response rate, traction, conversion, juga sales yang lebih tinggi. Dengan kebutuhan tersebut, sangat memungkinkan untuk kamu menggunakan fitur ini sebagai solusi beriklan yang baik.

Beriklanlah dengan Tujuan yang Spesifik

Karena kamu tengah memulai mengembangkan bisnis dan mulai menjual produk kosmetik. Kamu tentunya harus melakukan iklan dengan tujuan yang spesifik. Nah carousel ini merupakan fitur iklan yang memiliki tujuan yang juga spesifik loh!

Twitter carousel adalah fitur yang bisa memastikan orang-orang melakukan iklan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan mereka. Sehingga dengan menggunakan Twitter carousel, kamu sudah bisa memanfaatkan fitur ini dengan baik untuk beriklan, dan tentunya dengan tujuan spesifik yang jelas.



Tips Memaksimalkan Twitter carousel untuk Iklan Produk

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari Twitter carousel, sekarang kamu juga perlu mempelajari tips memaksimalkan penggunaannya.

Dengan menggunakan tips-tips berikut, kamu bisa belajar dan kemudian menerapkannya untuk melakukan iklan atau promosi produkmu di Twitter. Tidak perlu takut mencoba, karena fitur inipun akan menjamin response rate yang bagus, untuk memperkenalkan produk kosmetikmu pada audiens Twitter.

Nah, berikut tips memaksimalkan Twitter carousel untuk melakukan iklan produk, yuk simak poin-poinnya di bawah ini!

Membuat Narasi

Tips memaksimalkan Twitter carousel adalah membuat narasi atau brand story. Hal ini bisa menjadi salah satu cara membuat carousel di Twitter agar terlihat lebih menarik.

Brand story ini tentunya cenderung lebih dinikmati oleh audiens pengguna Twitter. Dibandingkan dengan konten iklan yang hanya langsung mempromosikan produk. Lebih baik membuat narasi yang menarik untuk bisa dilihat oleh pengguna Twitter.

Kamu bisa membuat brand story yang berbeda dan tentunya bisa mengambil hati dari calon konsumen yang melihat iklan tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan narasi sebelum melakukan iklan dengan fitur carousel ini.

Soroti Unique Selling dari Produk

Tips memaksimalkan Twitter carousel untuk melakukan iklan produk yang kedua adalah dengan menyoroti unique selling dari produk yang kamu jual. Setiap brand maupun campaign pasti memiliki unique selling yang berbeda-beda dan memiliki keunikan masing-masing.

Nah, unique selling proposition ini merupakan hal yang sangat bisa mengundang perhatian dari orang-orang, loh! Jadi, kamu harus menyoroti aspek ini dalam melakukan iklan di Twitter. Kamu harus memastikan jika unique selling ini ditonjolkan dengan apik dan menarik melalui carousel yang kamu lakukan.

Memahami Audiens dengan Baik

Tips memaksimalkan Twitter carousel yang ketiga untuk melakukan iklan produk yaitu dengan memahami audiens dengan baik. Iklan yang kamu buat haruslah sesuai dengan audiens, agar mereka tidak sulit memahami iklan yang kamu buat.

Jika kamu tidak memahami audiensmu sendiri, maka akan sangat sulit ads tersebut bisa tersampaikan dengan baik pada audiens tersebut. Oleh karenanya, memahami audiens dan membuat iklan yang sesuai melalui cara carousel bisa menjadi hal yang menguntungkan jika dilakukan secara benar.

Menggunakan Slot Secukupnya

Tips memaksimalkan fitur pemasaran ini untuk melakukan iklan yang menarik adalah dengan menggunakan slot secukupnya. Twitter menyediakan slot hingga 6 slide yang bisa kamu posting dalam sekali melakukan iklan.

Kamu tidak perlu memakai semua slot yang disediakan tersebut, karena kamu bisa membuat konten yang menarik dengan secukupnya saja. Kecuali memang kamu ingin memberikan informasi yang lebih detail, maka kamu bisa memaksimalkan slot tersebut.

Tidak lupa, di setiap konten kamu bisa menyusun caption yang menarik. Sehingga, tidak hanya visual yang ditampilkan, namun kamu juga harus memberikan deskripsi yang jelas dalam melakukan iklan tersebut. Tidak perlu terlalu panjang, yang jelas deskripsi tersebut bisa memberikan informasi penuh dari iklan tersebut.

Pasanglah Gambar atau Video yang Menarik pada Iklan

Terakhir, ips memaksimalkan Twitter carousel adalah dengan memasang gambar atau video yang menarik. Tentunya isi konten dari iklan yang kamu pasang haruslah yang mampu mengambil perhatian audiens.

Terlebih home feed media sosial di twitter merupakan tempat yang sangat ramai dan dipenuhi dengan postingan yang sangat menarik. Sehingga kamu perlu membuat carousel yang dapat mencuri perhatian dari audiens.

Kamu bisa mendiskusikan ini dengan tim, mencari referensi, serta mencari tahu apa saja hal yang audiens suka. Sehingga kamu bisa menyesuaikan konten dengan produk yang akan kamu iklankan, dan membuat konten tersebut lebih baik lagi.

Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik yang Berhasil dan Sukses Bersama Mash Moshem Indonesia!

Memahami pengertian, manfaat, dan tipe memaksimalkan Twitter carousel saja tidak cukup. Jika kamu ingin sukses di industri kosmetik, menciptakan produk berkualitas dan aman digunakan juga menjadi poin kunci. Bukan cuma soal strategi pemasarannya saja. Jadi, bermitra dengan maklon kosmetik, seperti Mash Moshem Indonesia adalah solusi terbaiknya!

Dengan pengalaman lebih dari satu sekade, Mash Moshem Indonesia telah berhasil membantu 1.780+ brand dan menghasilkan 6.460+ produk berstandar BPOM. Ini bisa terwujud karena kami menggunakan fasilitas produksi berstandar CPKB Grade A, sehingga kualitas dan keamanan terjamin. Jadi, tidak perlu ragu dan khawatir, segera hubungi kami dengan klik banner di bawah ini!



author-avatar

About PT Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011