Patut Dicoba! Berikut Tips Memaksimalkan Twitter Carousel untuk Melakukan Iklan Produk!

twitter carousel adalah

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan sosial media yang satu ini. Ya, Twitter! Media sosial yang satu ini merupakan jaringan yang memberikan informasi real time pada penggunanya. Kamu memungkinkan untuk dapat mengirim, membaca, dan membalas pesan teks yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).

Berawal dari proyek inpirasi Flicke, Twitter mulai berkembang dari 2006 hingga sekarang, dengan pengguna sudah lebih dari 18 juta pengguna per Januari 2022 lalu. Wah, sudah sangat berkembang ya!

Nah, dengan banyaknya pengguna ini, Twitter kemudian menyediakan beberapa fitur yang bisa memungkinkanmu untuk beriklan di media sosial ini. Salah satu fitur tersebut adalah carousel. Nah, carousel ini juga bisa kamu temukan pada media sosial yang lain seperti Instagram.

Dengan adanya carousel di Twitter ini, kamu akan mendapatkan perhatian dari para pengguna twitter dengan lebih baik. Namun, bagaimana memaksimalkan Twitter carousel untuk melakukan iklan produk ini ya?

Yuk pahami lebih detil mengenai Twitter carousel di artikel berikut ini!  

Sebelum membahas yang lebih jauh, kamu perlu mengerti terlebih dahulu apa itu carousel. Twitter carousel sendiri merupakan fitur beriklan yang disediakan oleh Twitter sendiri. Dengan fitur ini, kamu isa melakukan promosi produk, promosi jasa, promosi event, atau melakukan promosi lainnya.

Karena pada dasarnya, carousel adalah fitur iklan. Dengan fitur ini, kamu bisa memasukkan beberapa gambar atau video sekaligus. Karena, pada Twitter sendiri, carousel bisa memuat hingga 6 carousel card yang akan memuat media promosimu.

Nah, fitur ini akan hadir dengan tampilan seperti slideshow yang bisa di-swipe ke samping untuk melihat seluruh konten yang kamu muat. Penggunaan Twitter carousel juga terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan 2-6 media konten yang ingin kamu tampilkan sebagai promosi. Kemudian upload konyten tersebut dan buat card-nya.

Setelah semua selesai, kamu bisa memiliki promote tweet tersebut, dan konten tersebut sudah bisa diiklankan di Twitter. Tentunya saat kamu melakukan iklan di media sosial, akan ada biaya yang perlu kamu keluarkan. Hal ini juga berlaku pada fitur beriklan di Twitter, ya!

Baca Juga: Pengertian, Jenis dan Tips Menggunakan Carousel di Berbagai Platform Digital

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian dari Twitter carousel, kamu juga harus mengerti apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan dari menggunakan fitur ini. Banyak yang menganggaop jika fitur Twitter carousel akan lebih unggul dari pada iklan biasa.

Karena secara umum, iklan dalam format carousel untuk website sendiri dapat meningkatkan click through rate hingga 15% loh! Sementara, iklan carousel untuk aplikasi bisa meningkatkan angka download hingga 24% nih! Wow! Tinggi banget ya?!

Nah untuk lebih detailnya, kamu bisa menyimak manfaat twitter carousel pada penjelasan berikut ini! Check it out guyss!!

Mampu Meningkatkan Rentan Perhatian dari Pengguna

Saat melakukan iklan di Twitter dengan fitur carousel ini, Twitter akan membuat konten iklan tersebut menjadi lebih menarik dan engaging. Dengan adanya konten yang terlihat lebih menarik ini, maka pengguna juga akan lebih lama memperhatikan konten iklan yang kamu buat.

Bukan tidak mungkin jika mereka akan tertarik setelah melihat iklanmu di Twitter. Alasan lainnya adalah tipe konten yang Twitter sediakan juga akan terlihat lebih menarik di mata audiens. Sehingga audiens akan merasa penasaran pada produk yang sedang kamu promosikan tersebut.

Memiliki Respon Rate yang Lebih Bagus

Manfaat menggunakan Twitter carousel yang kedua adalah fitur ini memiliki response rate yang lebih baik. Karena carousel memiliki format iklan yang menarik, maka fitur ini dapat mengundang respon lebih efektif dari audiens yang menggunakan Twitter.

Telebih bisnis yang tengah berkembang membutuhkan click-through rate, respon rate, traction, convertion, juga sales yang lebih tinggi. Dengan kebutuhan tersebut, sangat memungkinkan untuk kamu menggunakan fitur ini sebagai solusi beriklan yang baik.

Beriklanlah dengan Tujuan yang Spresifik

Karena kamu tengah memulai mengembangkan bisnis dan mulai menjual produk. Kamu tentunya harus melakukan iklan dengan tujuan yang spesifik. Nah carousel ini merupakan fitur iklan yang memiliki tujuan yang juga spesifik loh!

Twitter carousel akan bisa memastikan orang-orang melakukan iklan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan mereka. Sehingga dengan menggunakan Twitter carousel, kamu sudah bisa memanfaatkan fitur ini dengan baik untuk beriklan, dan tentunya dengan tujuan spesifik yang jelas.

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari Twitter carousel, sekarang kamu juga perlu mempelajari hal berikut ini. Yaitu tips memaksimalkan Twitter carousel untuk melakukan iklan produk.

Dengan menggunakan tips-tips berikut, kamu bisa belajar dan kemudian menerapkannya untuk melakukan iklan atau promosi produkmu di Twitter. Tidak perlu takut mencoba, karena fitur inipun akan menjamin response rate yang bagus, untuk memperkenalkan produkmu pada audiens Twitter.

Nah, berikut tips memaksimalkan Twitter carousel untuk melakukan iklan produk, yuk simak poin-poinnya di bawah ini!

Membuat Narasi

Tips memaksimalkan Twitter carousel untuk melakukan iklan produk yang pertama adalah membuat narasi atau brand story. Hal ini bisa menjadi salah satu cara membuat carousel di Twitter agar terlihat lebih menarik.

Brand story ini tentunya cinderung lebih dinikmati oleh audiens pengguna Twitter. Dibandingkan dengan konten iklan yang hanya langsung mempromosikan produk. Lebih baik membuat narasi yang menarik untuk bisa dilihat oleh pengguna Twitter.

Kamu bisa membuat brand story yang berbeda dan tentunya bisa mengambil hati dari calon konsumen yang melihat iklan tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan narasi sebelum melakukan iklan dengan fitur carousel ini.

Soroti Unique Selling dari Produk

Tips memaksimalkan Twitter carousel untuk melakukan iklan produk yang kedua adalah dengan menyoroti unique selling dari produk yang kamu jual. Setiap brand maupun campaign pasti memiliki unique selling yang berbeda-beda dan memiliki keunikan masing-masing.

Nah, unique selling propotion ini merupakan hal yang sangat bisa mengundang perhatian dari orang-orang, loh! Jadi, kamu harus menyoroti aspek ini dalam melakukan iklan di Twitter. Kamu harus memastikan jika unique selling ini ditonjolkan dengan apik dan menarik melalui carousel yang kamu lakukan.

Memahami Audiens dengan Baik

Tips memaksimalkan Twitter carousel yang ketiga untuk melakukan iklan produk yaitu dengan memahami audiens dengan baik. Iklan yang kamu buat haruslah sesuai dengan audiens, agar audiens tidak sulit memahami iklan yang kamu buat.

Jika kamu tidak memahami audiensmu sendiri, maka akan sangat sulit ads tersebut bisa tersampaikan dengan baik pada audiens tersebut. Oleh karenanya, memahami audiens dan membuat iklan yang sesuai melalui cara carousel bisa menjadi hal yang menguntungkan jika dilakukan secara benar.

Menggunakan Slot Secukupnya

Tips memaksimalkan fitur pemasaran ini untuk melakukan iklan yang manarik adalah dengan menggunakan slot secukupnya. Twitter menyediakan slot hingga 6 slide yang bisa kamu posting dalam sekali melakukan iklan.

Kamu tidak perlu memakai semua slot yang disediakan tersebut, karena kamu bisa membuat konten yang menarik dengan secukupnya saja. Kecuali memang kamu ingin memberikan informasi yang lebih detail, maka kamu bisa memakismalkan slot tersebut.

Tidak lupa, di setiap konten kamu bisa menyusun caption yang menarik. Sehingga, tidak hanya visual yang ditampilkan, namun kamu juga harus memberikan deskripsi yang jelas dalam melakukan iklan tersebut. Tidak perlu terlalu panjang, yang jelas deskripsi tersebut bisa memberikan informasi penuh dari iklan tersebut.

Pasanglah Gambar atau Video yang Menarik pada Iklan

Tips memaksimalkan Twitter carousel untuk meakukan ilan produk yang terakhir adalah dengan memasang gambar atau video yang menarik. Tentunya isi konten dari iklan yang kamu pasang haruslah yang mampu mengambil perhatian audiens.

Terlebih home feed media sosial di twitter merupakan tenpat yang sangat ramai dan dipenuhi dengan postingan yang sangat menarik. Sehingga kamu perlu membuat carousel yang dapat mencuri perhatian dari audiensmu.

Kamu bisa mendiskusikan ini dengan tim, mencari referensi, serta mencari tahu apa saja hal yang audiensmu suka. Sehingga kamu bisa menyesuaikan konten dengan produk yang akan kamu iklankan, dan membuat konten tersebut lebih baik lagi.

Nah, itulan beberapa penjelasan mengenai tips memaksimalkan Twitter carousel untuk melakukan iklan produk yang sedang kamu jalani. Kamu sangat bisa menggunakan fitur promosi ini, karena sangat efektif dalam meningkatkan penjualan produk.

Cukup sampai di sini ya penjelasan mengenai Twitter carousel ini, jangan takut untuk mencoba fitur ini ya! Semoga apa yang kamu baca bisa memberikan manfaat. See you in another article, Guys!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

Leave a Comment