Apa Itu Guerilla Marketing? Ini Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya!

Dalam melakukan pemasaran produk, para pebisnis banyak melakukan cara dan strategi-strategi tertentu untuk memperluas pasar mereka. Jika kamu adalah pemilik bisnis, kamu juga harus memperbanyak lagi pembelajaran tentang pemasaran tersebut. Terlebih, saat kamu menginginkan pemasaran yang tidak terlalu menguras biaya, namun memberikan hasil yang mengejutkan. Kamu bisa mencoba strategi guerilla marketing!

Jika kamu baru mengenal strategi pemasaran ini, maka kamu telah berada di tempat yang tepat. Karena pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai guerilla marketing dengan rinci dan sejelas-jelasnya.

Terlebih strategi marketing ini merupakan salah satu jenis strategi pemasaran yang unik, kreatif, dan umumnya memiliki jangka waktu yang singkat. Selama penerapannya di dunia bisnis, tak jarang banyak perusahaan meraup untung yang besar setelah menggunakan strategi guerilla marketing ini. Penasaran bagaimana penerapannya?

Simak baik-baik tulisan dan penjelasan dari artikel ini!

Apa Itu Guerilla Marketing?

Guerilla marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang teknik promosimya dilakukan dengan cara berinteraksi dengan audiens melalui kejutan dan cara-cara non-kontrovensional. Pada praktiknya, guerilla marketing menggunakan surprise yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens dengan lebih baik.

Nah, untuk menjalankan strategi ini kamu memerlukan kreativitas yang luar biasa dalam setiap promosi yang akan kamu lakukan. Tentunya strategi ini cukup menantang, namun tidak jarang hasil dari guerilla marketing membuat audiens lebih terhibur saat melihat iklan yang kamu tampilkan.

Saat ini, banyak sekali pebisnis yang telah menggunakan strategi guerilla marketing ini. Alasannya tenu karena guerilla marketing lebih efektif untuk dilakukan dengan anggaran yang cukup rendah. Selain itu, strategi ini juga menargetkan kampanye pada pelanggan lama, daripada pelanggan baru.

Dengan hal itu, guerilla marketing akan meningkatkan ikatan pelanggan pada produk atau brand yang kamu miliki. Kemudian, apa saja manfaat yang kamu dapatkan dari strategi guerilla marketing ini?

Manfaat Strategi Guerilla Marketing

Strategi pemasaran dari guerilla marketing memiliki banyak sekali manfaat untuk perusahaan atau bisnis yang sedang kamu jalankan. Kemudian apa saja manfaat yang bisa didapat dari guerilla marketing ini. Manfaatnya bisa kamu ketahui pada penjelasan berikut ini:

  1. Produk yang kamu jual bisa viral dalam waktu yang relatif singkat. Bisa dari konten yang kamu sediakan di media sosial atau dari mulut ke mulut.
  2. Iklan yang kamu buat memberikan kesan yang baik, sehingga iklan tersebut bisa mudah diingat oleh audiens dan masyarakat luas.
  3. Perusahaan bisa dengan mudah melakukan evaluasi dari respon yang diberikan audiens yang telah melihat iklanmu.
  4. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, karena strategi guerilla marketing bisa dilakukan dengan biaya yang minim.
  5. Bisa membantu meningkatkan loyalitas dari konsumenmu yang telah ada.

Penerapan Guerilla Marketing untuk Bisnis

Sebelumnya kamu sudah tahu manfaat dari strategi guerilla marketing ini. Nah, sekarang kamu juga harus mempelajari bagaimana cara menerapkan strategi dari guerilla marketing. Kamu bisa mempelajari kiat-kiat untuk menerapkan strategi marketing ini dalam bisnis kosmetikmu, yaitu dengan cara sebagai berikut:

Kenali Audiens

Langkah pertama dalam penerapan guerilla marketing untuk bisnis adalah dengan mengenali siapa audiensmu. Dengan mengenal audiens, kamu bisa mengetahui konten seperi apa yang tepat untuk menggaet mereka. Ataupun cara terbaik apa untuk menarik perhatian audiens.

Dengan ini kamu bisa dengan mudah membuat dan menntukan konten yang akan kamu iklankan.Kamu bisa melakukan riset-riset atau survei tertentu untuk mengenali audiensmu.

Sesuaikan dengan Bisnis

Penerapan strategi guerilla marketing untuk bisnis yang kedia adalah dengan melakukan kampanye yang sesuai dengan bisnis yang kamu miiki. Strategi marketing tersebut harus disesuaikan dengan bisnis, sumber daya, kebutuhan, dan ide kampanye yang kamu punya.

Jika kamu masih pemula dalam melakukan bisnis, kamu bisa menentukan anggaran yang memang tidak terlalu besar, Namun, jangan lupakan jika iklan tersebut harus menarik bagi setiap audiens yang melihatnya.

Menentukan Anggaran

Dalam melakukan penerapan guerilla marketing kamu cinderung mengeluarkan budget yang murah, Asal, kamu bisa menggunakan strategi ini dengan tepat. Selain bisa menghemat pengeluaranmu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Jadi, jika kamu memiliki budget yang terbatas untuk melakukan promosi produkmu, namun kamu mengharapkan hasil yang luar biasa. Maka kamu bisa menggunakan strategi pemasaran ini dalam melakukan promosi.

Menciptakan Ide yang Kreatif

Upaya dalam strategi guerilla marketing memang membuat ide yang kreatif yang mampu mearik perhatian audiens. Kamu harus memberikan promosi dengan efek supraise atau kejutan pada mereka yang melihatnya.

Oleh karenanya, kamu harus menghadirkan ide-ide yang segar dan cemerlang yang belum pernah dilakukan oleh perusahaan manapun. Karena jika kamu melakukan kampanye yang sama dengan iklan yang sebelumnya sudah ada, maka guerilla marketing ini tidak akan efektif lagi.

Kamu harus dengan matang merencanakan promosi ini sebelum mengeksekusinya. Jangan lupa untuk menyusunapa saja tindakan promosi yang akan kamu lakukan. Hal ini dilakukan unuk memberikan daya tarik pada audiens, agar mereka bisa melakukan konversi.

Menyiapkan Call to Action pada Promosi

Strategi guerilla marketing pemasaran pada bisnis harus memiliki call to action. Kamu bisa menggunakan cara yang beragam, seperti melakukan give away, ataupun diskon dari promosi produk yang kamu tawarkan.

Kamu juga bisa memberikan link dengan form berisikan informasi yang audiens bisa isi. Dengan adanya formulir ini, kamu bisa melakukan follow up dalam meningkatkan penjualan produk. Contoh kampanye guerilla marketing yang bisa kamu lihat adalah dengan melakukan QR code yang dilakukan oleh boneka-boneka.

Siapapun yang ikut berpartisipasi akan diberikan imbalan hadiah yang menarik. Pada akhirnya kampanye ini akan lebih efektif untuk mengajak calon konsumen bergabung dengan program promosi yang kamu lakukan.

Bagaimana cara membuat Call To Action yang menarik dan menjual? Simak di sini!

Berfokus pada Kelompok Kecil

Penerapan guerilla marketing selanjutnya adalah dengan cara menargetkan kelompok kecil. Karena dengan menargetkan kelompok yang lebih kecil, menjadikan strategi ini lebih efektif. Amu bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka.

Terlebih kelompok kecul akan memudahkan kamu membangun ikatan yang lebih kuat. Jadi, kamu bisa menargetkan kelompok kecil ini saat melakukan promosi strategi pemasaran guerilla.

Contohnya saat M&Ms melakukan promosi pada ruangan bioskop. Selain membangun awarness, mereka menempatkan promosi yang tepat. Sebab tak jarang penonton menonton film dengan menikmati snack selama film diputar.

Memberikan Pesan yang Jelas dan Singkat

Penerapan strategi ini yang terakhir adalah dengan meletakkan pesan yang jelas dan singkat pada audiens. Kamu harus menggunakan cara komunikasi yang pas agar audiens bisa lebih mudah diajak untuk take action.

Contohnya adalah promosi yang menggugah kepedulian akan pentingnya pelestarian hutann. Cukup dengan “Save the Trees” dan hadirnya gambar yang menarik, pesan yang kamu sampaikan bisa langsung sampai pada audiens.

Jenis-Jenis Guerilla Marketing

 Dalam strategi guerilla marketing yang akan kamu lakukan, terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan targetnya. Jenis-jenis dari guerilla marketing ini sebagai beriut:

Ambient Marketing

Jenis guerilla marketing yang pertama adalah ambient marketing, yaitu marketing yang ditempatkan pada lungkungan sekitar yang dekat dengan audiens. Promosi ini bisa dilakukan di stasiun kreta api, mall, kampus, taman, tempat wisata, dan lainnya.

Pada ambient marketing, promosi ini memanfaatkan space yang yerbuka untuk menarik perhatian banyak orang yang lewat. Biasanya marketing ini menggunakan media berupa grafiti di tembok, bangunan, stiker di tiang listrik, ataupun ilustrasi yang ada di tempat-tempat umum.

Contohnya, iklan Kit Kat yang mengecat salah satu bangku taman sesuai dengan bentuk tampilan dari produk yang mereka jual. Dengan adanya promosi ini, tidak sedikit orang-orang mau memfoto di tempat duduk tersebut yang kemudian mereka upload di sosial media mereka. Artinya promosi tersebut kemduian membangun engagment yang baik sesuai dengan tujuan dari produk Kit Kat.

Ambush Marketing

Jenis guerilla marketing yang kedua adalah ambush marketing. Jenis marketing ini dilakukan dengan cara masuk pada suatu event yang dihadiri oleh banyak audiens. Dengan begitu, kampanye promosi ini bisa secara langsung mengambil perhatian dari audiens yang datang dan lebih mudah menyampaikan pesan promosi produk.

Biasanya marketing jenis ini dilakukan pada acara konser musik, ataupun acara pertandingan olahraga. Seperti pertandingan volly, sepak bola, basket, dan lainnya. Dengan menggunakan jenis pemasaran satu ini, menjadikan audiens mau tidak mau akan memperhatikan promosi dari produk tersebut.

Stealth Marketing

Jenis selanjutnya adalah dengan menggunakan teknis stealth marketing atau teknik marketing sembunyi-sembunyi. Pada jenis marketing ini, biasanya pemasaran atau promosi produk perusahaan buat dengan tidak begitu ketara.

Sehingga hanya audiens yang jeli saja yang bisa paham bahwa hal itu merupakan sebuah iklan produk. Contohnya seperti papan petunjuk toilet ini. Siapa yang menyangka jika ini adalah iklan parfum Axe yang brand terus lakukan secara sembunyi-sembunyi oleh mereka.

Sehingga tidak banyak orang yang menyadari bahwa papan toilet tersebut adalah sebuah iklan atau promosi. Sehingga untuk beberapa orang yang jeli saja yg menyadari keberadaan iklan tersebut.

Viral Marketing

Jenis pemasaran dari strategi guerilla marketing yang selanjutnya adalah dengan viral marketing. Kamu tentunya menyadari informasi yang viral terjadi karena ada banyak orang yang menyebarluaskannya.

Strategi pemasaran satu ini bisa memanfaat kekuatan dari emdia sisual untuk mengajak audiens dan influencer untuk menyebarkan pesan dari sebuah produk.

Contohnya seperti beberapa waktu lalu, di mana es krim Viennetta menjadi viral di media sosial karena telah diproduksi ulang. Bahkan iklan asli produsennya, Walls, tidak sebegitu terdengar daripada dengan ciutan pada audiens yang bermunculan.

Tidak hanya itu, beberapa orang pada akhirnya juga kembali memburu es krim Vienetta ini, kemudian mereka upload di instagram stories. Dengan kata lain, mengaitkan strategi ini dengan jenis marketing viral bisa kamu lakukan dengan sangat baik. Terlebih marketing dari es krim ini cukup berhasil karena telah mengambil perhatian publik yang cukup besar.

Nah, itulah beberapa hal mengenai guerilla marketing dan bagaimana penerapannya dalam menjalankan bisnis. Kamu juga bisa menggunakan strategi ini untuk memulai promosi dari produk yang kamu jual.

Terlebih ada berbagai macam jenis dari jenis strategi tersebut yang bisa kamu pakai, dan tentunya bisa kamu sesuaikan dengan produkmu. Nah, selain strategi ini, kamu bisa menemukan berbagai tips pemasaran dan branding lainnya di laman Berita Terkini.

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment