Peluang Bisnis Kosmetik Herbal dan Cara Memulainya dengan Brand Sendiri

bisnis kosmetik herbal

Di era globalisasi ini, bukan hanya tren gaya hidup sehat yang terus disuarakan, tetapi tren kosmetik herbal pun ikut naik daun. Hal ini tidak lain didukung dengan adanya peningkatan kesadaran global akan pentingnya kehidupan yang ramah lingkungan. 

Naiknya tren kosmetik herbal ini menyebabkan peningkatan permintaan pasar akan produk kecantikan berbahan herbal pun kian meningkat.

Penggunaan bahan herbal ini makin menarik perhatian konsumen. Apalagi, dengan adanya teknologi yang canggih, banyak orang yang bereksplorasi dan mendapati temuan baru akan manfaat beberapa tumbuhan untuk kesehatan serta kecantikan kulit yang belum pernah disadari sebelumnya. 

Tren kosmetik herbal ini tentu saja mendobrak banyak gagasan baru dan peluang bisnis yang sangat menjanjikan pada industri kosmetik dan perawatan kulit.

Hal ini terbukti dengan banyaknya konsumen yang mulai beralih dari produk berbahan kimia menuju produk berbahan herbal yang lebih ramah lingkungan dan tentunya aman bagi kesehatan. 

Jika kamu tertarik untuk menjadi salah satu produsen kosmetik berbahan dasar herbal, artikel ini sangat cocok untuk kamu simak. 

Dalam upaya membantu kamu meraih kesuksesan dalam berbisnis, kamu dapat memperluas wawasan dan memahami industri kosmetik herbal beserta peluang bisnisnya dengan membaca artikel ini. 

Di akhir pembahasan, kalian akan mendapatkan tips untuk memulai bisnis kosmetik herbal dengan brand-mu sendiri. Happy reading!

cta bisnis kosmetik herbal (3)

Kenapa Harus Berbisnis Kosmetik Herbal?

Well, good question! Sebenarnya, kosmetik berbahan dasar tumbuhan herbal sudah ada sejak zaman dahulu sebelum teknologi canggih mendorong perkembangan kosmetik berbahan kimia yang dianggap lebih cepat dalam memberikan hasil yang optimal. Hanya saja, kosmetik herbal ini kurang diminati.

Namun, siapa sangka saat ini justru kosmetik herbal mulai dilirik dan dicari oleh para beauty enthusiast. Mereka beranggapan bahwa bahan-bahan herbal alami kaya akan manfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh. Tentu saja, produk-produk kosmetik herbal dipercaya lebih aman untuk digunakan atau dikonsumsi.

Lalu, mari kita cari tahu kenapa kamu harus memulai bisnis kosmetik herbal. Nih, penjelasannya.

Potensi Pasar yang Menjanjikan

Produk kosmetik herbal saat ini makin konsumen minati karena kesadaran akan pentingnya produk yang alami dan ramah lingkungan. Imbasnya, pasar kosmetik herbal pun terus berkembang seiring dengan peningkatan kesadaran konsumen terhadap kesehatan dan keberlanjutan lingkungan.

Salah satu hal yang menjadi peluang besar untuk mengembangkan potensi bisnis ini adalah melimpahnya kekayaan flora di Indonesia. Keberagaman tumbuhan yang tumbuh subur di Indonesia perlu dieksplor dan diteliti lebih dalam lagi untuk menemukan manfaat yang baik untuk kulit dan tubuh. 

Dengan keunggulan tersebut, para pelaku bisnis kosmetik di Indonesia dapat dengan mudah menjalin kerja sama bisnis dengan berbagai negara untuk mengekspor hasil olahan tumbuhan alami menjadi sebuah kosmetik herbal. 

Apalagi, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian menunjukkan dukungan kuat untuk para industri agar terus berkembang dan meningkatkan nilai eksport nasional.

Bahan Baku Kosmetik Herbal Khas Indonesia yang Beragam

Tahukah kamu ada banyak sekali jenis keragaman hayati yang dimiliki Indonesia, baik di darat maupun di laut. Dengan begitu, para produsen kosmetik herbal tidak perlu repot-repot mengimpor bahan baku dari luar negeri. 

Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik herbal bagi produsen lokal saja, bahan herbal ini dapat diekspor ke luar negeri dalam kondisi mentah untuk diolah menjadi kosmetik herbal oleh produsen mereka.

Nah, rugi banget kan kalau kita sebagai pemiliknya tidak memanfaatkannya sendiri? Dengan bahan baku herbal tersebut kamu dapat membuat berbagai macam produk kosmetik herbal sesuai dengan permintaan pasar yang paling tinggi, loh

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset untuk mengetahui bahan herbal apa yang cocok untuk formula skincare dan jenis produk apa yang paling konsumen minati saat ini.

Kesadaran dan Kebiasaan Konsumen untuk Beralih pada Produk yang Lebih Sehat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengguna kosmetik makin sadar akan pentingnya menggunakan produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. 

Produk kosmetik herbal dianggap lebih sehat karena tidak mengandung bahan-bahan sintetis yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit.

Kamu dapat menarik perhatian konsumen dengan menciptakan suatu produk kosmetik berbahan herbal yang belum pernah digunakan oleh produsen lainnya. Tawarkan keunikan manfaat dari produkmu agar konsumen tertarik untuk membeli dan menggunakannya dalam jangka panjang.

Kosmetik Herbal Memiliki Banyak Kelebihan

Produk kosmetik herbal memiliki banyak kelebihan, loh. Yang pertama adalah lebih ramah lingkungan. Produk kosmetik herbal lebih minim bahan-bahan yang mencemari lingkungan karena mudah terurai dan memiliki tingkat jejak karbon yang rendah daripada bahan kimia yang prosesnya lebih kompleks. Simple-nya proses produksi kosmetik herbal membuatnya lebih sedikit dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Yang kedua adalah minim efek samping. Bahan herbal juga terbilang lebih aman daripada penggunan bahan sintetis. Itulah mengapa banyak konsumen beralih ke kosmetik herbal untuk menghindari risiko iritasi atau alergi.

Yang ketiga adalah kehalalannya lebih terjamin. Bahan herbal dari tanaman lebih terjamin kehalalannya daripada dengan bahan kimia atau sintetis. Selain itu, kosmetik herbal juga lebih aman digunakan pada kulit sensitif sehingga tidak akan membuatnya iritasi.

Tertarik untuk membuat sampel kosmetik herbal ala brand kosmetikmu sendiri? Langsung isi formulir di bawah:

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Hal yang Harus Diperhatikan Ketika akan Memulai Bisnis Kosmetik Herbal

    Jika kamu benar-benar tertarik memulai bisnis kosmetik herbal, kamu perlu memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini.

    peluang bisnis kosmetik herbal

    Pahami Model Bisnis Kosmetik Herbal

    Sebelum memulai bisnis kosmetik herbal, kamu harus terlebih dahulu menentukan, apakah kamu ingin menjadi seorang reseller online, distributor, atau brand owner. Pelajari lebih lanjut tentang model bisnis kosmetik herbal berikut ini.

    Sebagai Reseller Online

    Sebagai reseller online, kamu harus membeli produk kosmetik herbal dari produsen atau distributor besar dengan harga yang lebih murah. Setelah itu, kamu dapat menjual produk tersebut melalui platform online seperti situs web e-commerce, media sosial, atau marketplace. 

    Keuntungan dari model bisnis ini adalah kamu tidak perlu memproduksi sendiri produk tersebut sehingga mengurangi risiko dan modal awal. Namun, keuntungan per unit biasanya lebih rendah daripada dengan model distributor atau brand owner.

    Sebagai Distributor

    Sebagai distributor, kamu membeli produk kosmetik herbal dalam jumlah besar langsung dari produsen. Setelah itu, kamu mendistribusikan produk tersebut ke berbagai toko, reseller, atau konsumen akhir. Ketika memilih menjadi distributor, kamu bertanggung jawab untuk membangun jaringan distribusi yang efisien dan efektif.

    Sebagai Brand Owner Kosmetik

    Sebagai pemilik merek (brand owner), kamu memiliki merek kosmetik herbal sendiri. Kamu dapat memilih untuk memproduksi produk secara mandiri atau dengan bantuan maklon (private labeling). 

    Dalam hal ini, bertanggung jawab atas semua aspek bisnis, mulai dari riset dan pengembangan produk, produksi, pemasaran, hingga distribusi.

    Siapkan Modal yang Cukup Sesuai Modal Bisnis

    Modal merupakan hal yang tidak boleh kamu lewatkan jika ingin memulai sebuah bisnis, baik menjadi seorang reseller, distributor, ataupun brand owner. Seperti dalam pembahasan di atas, modal yang dibutuhkan untuk tiap model bisnis akan berbeda-beda sehingga keuntungan yang didapatkan pun juga berbeda.

    Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan maksimal, kamu harus menjadi seorang brand owner. Dengan menjadi seorang brand owner, kamu dapat menentukan berapa jumlah modal yang kamu keluarkan dan berapa ekspektasi laba yang ingin kamu dapatkan.

    Menjadi seorang brand owner terdengar cukup menakutkan ya? Apalagi bicara soal modal. Padahal siapa pun dapat menjadi seorang brand owner, loh. Jika kamu tidak memiliki modal besar, kamu bisa menggunakan jasa maklon untuk urusan produksi.

    Dengan menggunakan jasa maklon, kamu tidak perlu membangun pabrik sendiri, membeli mesin atau peralatan canggih, menggaji karyawan, membeli bahan baku, dan lain-lain. Kamu cukup mengeluarkan modal untuk memproduksi produk sesuai dengan budget yang kamu miliki.

    Sebagai contoh, di perusahaan maklon kami yaitu Mash Moshem Indonesia MOQ produk hanya seribu buah. Artinya, dengan seribu buah saja kamu sudah dapat menggunakan jasa maklon kami sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal banyak seperti memproduksinya sendiri.

    Cara Memulai Bisnis Kosmetik Herbal

    Penasaran cara memulai bisnis kosmetik herbal? Nih, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai bisnis kosmetik herbal.

    cara memulai bisnis kosmetik herbal

    Lakukan Analisis Terkait Pasar Kosmetik Herbal dan Segmentasi Konsumen

    Analisis pasar kosmetik herbal melibatkan pemahaman mendalam tentang tren pasar, preferensi konsumen, pesaing, dan faktor-faktor eksternal lainnya yang dapat memengaruhi pasar kosmetik herbal. 

    Selain itu, segmentasi konsumen melibatkan pembagian pasar ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik, preferensi, dan perilaku konsumen.

    Setelah melakukan analisis pasar kosmetik herbal dan segmentasi konsumen, kamu dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih tepat dan efektif. 

    Misalnya, kamu dapat mengembangkan kampanye pemasaran yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan kelompok konsumen tertentu, atau menciptakan produk baru yang memenuhi kebutuhan segmen pasar yang belum terpenuhi. 

    Dengan memahami pasar dan konsumen secara mendalam, kamu dapat mengoptimalkan upaya pemasaran serta meningkatkan pangsa pasar produk kosmetik herbalmu.

    Tentukan Jenis Model Bisnis yang Mau Kamu Lakukan

    Sebelum memulai bisnis kosmetik herbal, terlebih dahulu kamu harus menentukan model bisnis apa yang akan kamu lakukan. Jika kamu ingin memulai bisnis menjadi seorang reseller, kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar dan risiko finansialnya pun tergolong rendah. 

    Selain itu, kamu dapat fokus pada aktivitas penjualan dan pemasaran tanpa harus khawatir tentang produksi atau distribusi. Akan tetapi, kamu tidak dapat mengharapkan keuntungan yang besar dan tidak dapat mengontrol harga serta kualitas produk.

    Jika kamu memilih menjadi seorang distributor, kamu akan memperoleh harga yang lebih murah dari pembelian produk dengan jumlah besar. Kamu juga dapat mengontrol persediaan produk dan berkolaborasi dengan produsen untuk strategi pemasaran yang lebih kuat. 

    Di sisi lain, kamu memerlukan investasi besar untuk inventaris dan infrastruktur penyimpanan. Ada juga risiko yang harus kamu tanggung jika stok produk yang kamu miliki tidak terjual atau laku di pasar.

    Nah, berbeda lagi jika kamu memilih menjadi seorang brand owner. Dengan menjadi seorang brand owner, kamu dapat mengontrol merek, produk, harga, dan strategi pemasaran secara penuh. Dengan begitu, kamu akan memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. 

    Adapun kamu perlu berhati-hati sebelum memulai model bisnis ini karena kamu akan menghadapi risiko finansial yang tinggi dan persaingan pasar yang kuat.

    Menentukan Produk yang Akan Diciptakan

    Ya, kamu harus teliti dalam menentukan produk yang akan kamu ciptakan. Pastikan produk yang kamu ciptakan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen targetmu. 

    Itulah mengapa kamu perlu melakukan riset pasar untuk memahami tren, kebutuhan konsumen, dan potensi bisnis yang belum diambil oleh pesaing.

    Hasil riset pasar tersebut dapat kamu gunakan sebagai referensi dalam pembuatan produk. Adapun potensi bisnis yang belum dimanfaatkan oleh pesaing dapat kamu jadikan sebagai keunggulan produkmu. 

    Misalnya, produk kosmetik herbal yang saat ini sedang tren adalah serum wajah. Apalagi, minat pasar terhadap serum wajah herbal sedang mencapai level tertinggi. 

    Nah, kamu dapat menciptakan serum wajah dengan bahan herbal yang belum pernah digunakan oleh produsen lain untuk menunjukkan keunikan dan keunggulan dari produkmu.

    Perbanyak Pengetahuan Tentang Bahan-Bahan Herbal

    Sudah menjadi suatu keharusan bagi siapapun untuk memperbanyak pengetahuan tentang produk dari bisnis yang akan dimulai. Sama halnya juga dengan bisnis kosmetik herbal ini, kamu juga harus benar-benar mengetahui tentang bahan-bahan, spesifikasi produk, dan manfaat dari produk yang akan kamu ciptakan.

    Hal ini tentu saja akan membantu kamu dalam mengontrol kualitas produk yang akan kamu jual. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah dalam mempromosikan produk tersebut karena kamu telah memahami product knowledge-nya.

    Pastikan Produk dan Bisnismu Memiliki Perizinan Resmi

    Legalitas dan perizinan produk menjadi suatu hal yang sangat penting. Dengan mengantongi legalitas dan perizinan resmi, kamu dapat mengedarkan produkmu dengan aman. Produk yang tidak memiliki izin resmi akan terancam kasus hukum. 

    Nah, untuk mendapatkan izin resmi tersebut, kamu perlu menguruskan ke pihak yang berkaitan dengan menyiapkan beberapa dokumen syarat. 

    Terapkan Strategi Pemasaran yang Tepat

    Setelah produkmu jadi, kamu dapat segera memasarkan produk tersebut ke pasar. Dalam hal ini, kamu harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat. 

    Ada banyak sekali strategi pemasaran yang dapat kamu terapkan, mulai dari pemasaran konten, optimasi situs web, email marketing, influencer marketing, pay-per-click (PPC), dan lain-lain.

    Untuk memaksimalkan strategi pemasaran yang kamu gunakan, pastikan strategi pemasaran tersebut sudah sesuai dengan segmentasi pasar. 

    Kamu juga harus selalu memperhatikan umpan balik konsumen, lalu adaptasikan strategi pemasaranmu berdasarkan respons dan tren pasar yang sedang happening.

    Lakukan Evaluasi Penjualan

    Evaluasi penjualan merupakan langkah penting untuk mengukur kinerja bisnismu, mengidentifikasi keberhasilan, serta menemukan kesalahan yang perlu diperbaiki. 

    Dalam hal ini, ada beberapa kegiatan yang akan kamu lakukan, mulai dari analisis data penjualan, analisis penjualan pada semua saluran, analisis kompetitor, evaluasi produk atau layanan, evaluasi pasar dan pelanggan, evaluasi strategi pemasaran, evaluasi layanan pelanggan, serta perencanaan perbaikan.

    Kamu perlu menjadwalkan evaluasi penjualan secara teratur dan berkelanjutan. Dengan mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak, kamu dapat mengoptimalkan strategi penjualanmu untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan memuaskan pelanggan.

    Langkah Menjadi Brand Owner Kosmetik Herbal

    cara membuat krim kolagen

    Buat kamu yang udah mantap mau menjadi seorang brand owner, nih ada tips yang dapat kamu gunakan. Jika kamu merupakan pebisnis pemula dan memiliki cukup pengalaman dan pengetahuan tentang produk yang akan kamu buat, kamu dapat menggunakan jasa maklon kami yaitu Mash Moshem Indonesia.

    Memproduksi kosmetik herbal di perusahaan kami akan memudahkan kamu dalam hal produksi. Kamu tidak perlu lagi susah payah mencari bahan baku, membuat formulasi bahan, dan menyesuaikannya dengan tren pasar yang ada. Mudah, kan? 

    Ini dia langkah-langkah menjadi brand owner kosmetik herbal dengan Mash Moshem Indonesia.

    Brainstorming Konsep Produk dengan Tim Ahli

    Hal pertama yang akan kamu lakukan adalah brainstorming konsep produk dengan tim ahli kami. Dalam hal ini, kamu dapat berkonsultasi mengenai jenis produk, formulasi bahan, gramasi, fitur produk, desain kemasan, dan strategi pemasaran. 

    Kami pastikan produk yang akan kamu jual nanti memiliki keunggulan dan keunikan yang tidak ada pada brand kosmetik lain.

    Pembuatan Sampel Produk oleh Tim Formulator

    Setelah konsep produk sudah kita sepakati, langkah selanjutnya adalah pembuatan sampel produk yang akan formulator kami buatkan. Jika pembuatan sampel produk telah selesai, kami akan segera mengirimkannya untuk kamu uji. 

    Jika sampel produk sudah sesuai dengan keinginanmu, maka kami akan segera melanjutkannya ke tahap produksi massal. Akan tetapi, jika sampel produk yang dibuat belum memuaskan, kami akan segera melakukan revisi atau perbaikan dan mengujinya kembali.

    Pengurusan Legalitas Produk dan Pembuatan Desain Kemasan

    Mengantongi legalitas dan izin produk merupakan hal yang sangat penting sebelum kamu mengedarkan produk di pasar. Pengurusan legalitas produk memang merepotkan karena kamu harus meluangkan waktu dan mengeluarkan biaya.

    Jangan khawatir, tim kami akan mengurus legalitas untuk produk yang akan kamu jual, seperti HaKI, Halal, BPOM, HAS, dan Vegan. Dengan begitu, kamu hanya perlu menunggu produkmu selesai dibuat dan kamu dapat segera memasarkannya.

    Bersamaan dengan pengurusan legalitas, tim desainer kami akan membantu kamu membuat desain kemasan untuk produk yang kamu jual. 

    Dalam hal ini, kami selalu memperhatikan kesesuaian desain kemasan dengan produk yang akan kamu jual tanpa mengesampingkan kenyamanan penggunaan dan estetika.

    Produksi Massal

    Tahap produksi massal menjadi tahapan inti dalam proses pembuatan kosmetik herbal di Mash Moshem Indonesia. Proses produksi massal dilakukan di pabrik yang dilengkapi dengan peralatan dan mesin canggih serta diproses sesuai dengan standar operasional produksi. 

    Tim produksi yang kami pekerjakan juga sudah sangat berpengalaman dalam maklon produksi kosmetik.

    Proses produksi ini berkisar dua minggu hingga satu bulan saja bergantung pada jumlah produk yang diproduksi dan kerumitan bahan. Dengan begitu, kamu dapat fokus pada pemasaran dan pengembangan produk tanpa harus memikirkan proses produksi.

    Itulah dia penjelasan mengenai cara memulai bisnis kosmetik herbal di Indonesia. Apakah kamu sudah melihatnya sebagai potensi bisnis yang menjanjikan? Jika kamu tertarik berbisnis kosmetik herbal, kamu dapat segera memulainya sekarang. 

    Tentukan model bisnis yang ingin kamu mulai, apakah kamu ingin menjadi seorang reseller, distributor, atau brand owner.

    Jika brand owner adalah pilihanmu, maka Mash Moshem Indonesia dapat menjadi partnermu. Di Mash Moshem Indonesia, kamu akan mendapati banyak sekali kemudahan dan keuntungan. 

    Proses produksi yang tampak rumit akan menjadi sangat mudah karena kamu tidak perlu melakukannya sendiri. Mulai giliranmu dengan menghubungi kami via Contact Us atau melalui media sosial.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    pabrik maklon deodorant terbaik

    Cari Pabrik Maklon Deodorant Terbaik? Bikin di Mash Moshem Aja!

    Pemakaian deodorant sebelum memulai aktivitas sehari-hari menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan. Dewasa ini, produk-produk deodorant kian variatif, mulai dari kandungan bahan, manfaat, sampai desain packagingnya yang unik.  Makanya, jasa pabrik maklon deodorant terbaik kian menjamur dan banyak...

    Continue Reading