11 Cara FYP di TikTok dan Jam Terbaik Upload Konten

TikTok kini menjadi media sosial yang sangat digandrungi oleh masyarakat. Tak hanya didominasi anak muda, TikTok juga digunakan oleh orang-orang dari berabagai usia dan profesi.

Terlebih, aplikasi video pendek yang sifatnya memang menghibur ini, menghadirkan ruang dan mendukung penggunanya untuk membuat video kreatif dengan mudah. Bahkan durasinya juga mulai dari 15 detik hingga 1 menit.

Karenanya, banyak pebisnis yang menggunakan TikTok sebagai media promosi online. Baik untuk meningkatkan branding perusahaan, maupun mengajak audience untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang mereka jual.

Nah, sama halnya dengan media promosi lain, kamu enggak boleh juga sembarangan membuat konten promosi di TikTok. Karena bukannya dapat menjangkau audience yang diinginkan, kontenmu juga enggak akan masuk dalam FYP.

Padahal, ketika kontenmu masuk FYP akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, lho. Mulai dari jumlah likes dan viewers yang besar, sampai jumlah leads yang naik.

Well, lantas bagaimana cara FYP di TikTok, serta mengapa ini sangat penting untuk binis yang kamu jalankan? Langsung simak penjelasan lengkapnya dalam uraian berikut ini, Guys!

Apa sih FYP Itu?

Sebelum terlalu jauh membahas bagaimana cara FYP di TikTok, kamu perlu mengetahui dulu apa sih yang dimaksud dengan FYP.

FYP merupakan singkatan dari For Your Page, yakni halaman rekomendasi yang ada pada aplikasi TikTok. Biasanya halaman ini akan muncul pertama kali tiap kamu membuka aplikasi TikTok.

Pada halaman FYP kamu bisa menemukan berbagai jenis video pendek yang direkomendasikan untuk ditonton. Melalui halaman ini juga, konten yang kamu buat bisa viral alias jadi populer di TikTok. Karenanya, banyak pengguna TikTok juga menginginkan konten mereka masuk dalam FYP.

Sayangnya, halaman FYP ini berbeda dengan halaman Following (Mengikuti). Karena pada halaman Mengikuti, konten TikTok yang muncul disebabkan karena kamu mengikuti akun tersebut.

Berbeda dengan halama FYP, di mana konten yang muncul dihitung dari kepopuleran dan algoritma tertentu. Sehingga, konten promosi yang bisa muncul di FYP tidak selalu apa yang menjadi minat pengguna.

11 Cara FYP di TikTok yang Bisa Dicoba

Sebenarnya untuk membuat konten promosimu di TikTok masuk FYP adalah hal yang cukup tricky. Karena selain dihitung dari popularitas dan banyak viewers, ada algoritma khusus dari sistem TikTok yang akan menentukan kontenmu FYP atau bukan.

Meski sulit bukan berarti tidak bisa dicoba sama sekali. Karena ketika suatu konten telah muncul pada halaman FYP, ini tentu akan membantu meningkatkan brand awareness, engagement, dan jumlah leads spin dari TikTok.

Nah, menyadari betapa pentingnya ini bagimu, kami merangkumkan berbagai cara FYP di TikTok. Bahkan juga memvalidasinya langsung dari Social Media Specialist dan Strategy di Mash Moshem Indonesia.

Penasaran? Yuk, langsung simak penjelasannya di bawah ini, Beautypreneur!

Memperhatikan Waktu Prime Time TikTok

Langkah yang pertama adalah memperhatikan jam prime time di TikTok. Yang dimaksudkan adalah waktu di mana orang paling banyak menghabiskan waktu mereka di TikTok secara aktif. Kamu dapat mengunggah video tersebut di waktu prime time TikTok.

Meski begitu, menurut Dian Marieta, seorang social media strategiest, hal ini kurang berpengaruh pada FYP. Namun, tidak ada salahnya bagimu untuk mencobanya ketika memposting konten promosi pertama kali di TikTok.

Dilansir dari Kata Data, berikut prime time TikTok yang bisa kamu gunakan untuk mengupload video. Catat baik-baik, ya!

1. Hari Senin: 12.00 hingga 13.00

2. Hari Selasa: 15.00 hingga 16.00 dan 19.00 hingga 21.00

3. Hari Rabu: 11.00 hingga 12.00 dan 20.00 hingga 21.00

4. Hari Kamis: 12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00

5. Hari Jumat: 11.00 hingga 12.00 dan 19.00 hingga 22.00

6. Hari Sabtu: 09.00 hingga 11.00 dan 19.00 hingga 21.00

7. Hari Minggu: 07.00 hingga 11.00 dan 16.00 hingga 21.00

Membuat Caption yang Menarik

Cara FYP di TikTok selanjutnya adalah dengan membuat caption yang menarik. Meski di TikTok space caption memegang ruang yang sangat sempit, ternyata pengaruhnya tidak bisa diremehkan lho, Beautypreneurs!

Ini juga dibuktikan bahwa per November 2021 lalu, TikTok telah meningkatkan jumlah karakter yang bisa dimasukkan dalam caption, dari 100 jadi 300 karakter.

Nah, karenanya kamu bisa membuat caption sebagus dan semenarik mungkin. Namun penting juga untuk melihat korelasinya dengan video kamu, ya!

Kamu juga bisa menyisipkan call to action (CTA) pada caption untuk memancing interaksi dari pengguna. Misalnya untuk memberikan like, komentar, atau bahkan membagikan kiriman tersebut pada rekan mereka.

Dengan banyaknya interaksi yang dibuat ini, maka akan semakin besar juga kemungkinan video promosi yang kamu buat masuk ke dalam halaman FYP.

Buat Konten yang Dapat Meningkatkan Engagement

Langkah selanjutnya adalah membuat konten yang dapat menaikkan engagement. Dalam hal ini, kamu harus memperhatikan apa isi dari konten TikTok milikmu.

Misalnya, ketika kamu memiliki brand kosmetik, hal apa yang kamu inginkan dengan memasarkan produkmu lewat TikTok. Apakah popularitas? Ataukah menaikkan kesan brand di mata konsumen? memperkenalkan produk? Bahkan apakah kamu ingin meningkatkan penjualan?

Ketika kamu telah menentukan satu tujuan itu, maka kamu bisa membuat konten yang sesuai. Seperti memulainya dengan membuat konten pengenalan produk, dilanjutkan dengan testimoni atau review, diselingi juga dengan konten tips & trick kecantikan.

Dengan begitu kamu bisa menciptakan konten yang saling berkaitan, namun tetap original dan memiliki nilai unik. Kamu juga akan dapat menemukan audience potensial dengan konsisten membuat konten serupa.

Melakukan Kolaborasi atau Duet dengan Kreator Lain

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan kolaborasi atau duet dengan creator lain, tentunya dengan jumlah followers yang lebih besar darimu.

Meski begitu, jangan sembarangan pilih juga, ya. Kamu perlu melihat apa bidang atau konten yang digunakan oleh creator tersebut? Apakah sesuai dengan konten yang selama ini kamu buat ataukah tidak.

Perhatikan juga followers yang mereka miliki, bagaimana keaktifan mereka dalam meninggalkan komentar dan like untuk creator yang difollow.

Dengan menggunakan kolaborasi bersama creator yang tepat, cara FYP di TikTok ini terbukti cukup ampuh untuk mendatangkan exposure.

Bila hasil duet yang kamu lakukan ini menarik, maka akan mendatangkan banyak reaksi dan justru bisa meningkatkan kemungkinan videomu naik FYP.

Mengikuti Tren dan Challenge

Langkah selanjutnya dalam cara FYP di TikTok adalah mengikuti tren dan challenge yang sedang populer. Di media sosial ini hampir setiap hari pasti ada tantangan yang unik dan populer di kalangan audience.

Nah, ketika tantangan tersebut menjadi trend dan viral, kamu bisa menggunakannya untuk konten promosi yang kamu miliki. Tak hanya bisa membuat videomu FYP, hal ini juga memungkinkanmu menemukan followers baru dan meningkatkan traffic akun TikTok-mu.

Menggunakan Lagu yang Sedang Populer

Kamu juga bisa menggunakan lagu yang sedang populer untuk cara FYP di TikTok. Kamu bisa membuat konten dan menyisipkan lagu yan populer ini ke dalam video yang kamu buat.

Cara ini terkenal sangat efektif untuk membuat konten promosimu berada pada halaman FYP. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan dan menyesuaikan isi konten videomu, ya!

Karena jika kontennya sama sekali tidak relevan, orang juga akan enggan untuk melanjutkan menonton video sampai habis.

Sisipkan Hashtag pada Caption

Di caption, kamu enggak hanya menuliskan isi video secara umum. Tapi kamu juga bisa menyisipkan beberapa hashtag sekaligus.

Nah, sebagai cara FYP di TikTok selanjutnya, kamu bisa menggunakan atau menyisipkan hashtag tertentu agar konten yang kamu buat ini dapat trending.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan beberapa hastag yang relevan dengan video / konten promosi yang kamu buat ya, Dear.

Penggunaan Hashtag ini juga akan membantu pengguna TikTok untuk memudahkan konten promosimu ditemukan dalam halaman pencarian. Kamu juga bisa menggunakan hashtag #foryou, #FYP ataupun #foryoupage.

Bangun Interaksi dengan Audience

Cara satu ini sangat disarankan untuk kamu coba, yap! Kamu perlu membangung interaksi dengan audience yang kamu targetkan.

Kamu bisa memulai dengan membalas tiap komentar yang ditinggalkan di videomu, atau meninggalkan balasan pada video creator lain yang kontennya sedang populer atau masuk halaman FYP.

Dengan melakukan cara sederhana ini, kamu bisa menciptakan sebuah interaksi dan kesadaran pada audience. Mereka akan memperhatikan bahwa ada akun dengan nama brand / usahamu meninggalkan komentar yang lucu dan menarik.

Sehingga, mereka akan tertarik untuk mencari tahu serta meneliti akun TikTok bisnis yang kamu buat tersebut. Dan bukan enggak mungkin, mereka juga akan menjadi followers baru untuk akun TikTok-mu.

Pilih Durasi Video Terpendek

Karena pada dasarnya menyajikan video dengan durasi pendek, audience TikTok pun sangat jarang menyukai video yang terlalu panjang atau lama.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan durasi video terpendek yang ada di TikTok untuk memaksimalkan konten yang kamu buat.

Dengan begitu audience enggak akan mudah merasa bosan, lalu meninggalkan video yang terlalu panjang sebelum selesai. Tentunya hal ini bisa berpengaruh pada tingkat engagement konten promosi yang kamu buat.

Pastikan Kualitas Video Tinggi

Langkah selanjutnya dalam cara FYP di TikTok adalah dengan membuat video dengan kualitas gambar yang tinggi. Ini akan membuat audience kamu merasa nyaman untuk menonton konten promosi yang kamu buat sampai selesai.

Perhatikan filter yang digunakan, teks yang disisipkan, bagaimana gambar tersebut akan tampak pada akun audience.

Tak hanya membuat audience nyaman, kualitas video yang tinggi pun akan menunjukkan bahwa akun brand kosmetik yang kamu miliki ini elegan dan professional.

Mengikuti Akun yang Sudah Centang

Last but not least, cara FYP di TikTok satu ini bisa dibilang gampang-gampang susah untuk diterapkan. Kok bisa?

Yap! Karena kamu enggak boleh asal pilih akun yang memiliki centang. Kamu harus memperhatikan konten yang dibuat oleh akun tersebut, siapa saja followersnya, dan apakah korelasinya dengan akun yang kamu buat.

Tak hanya itu, langkah ini bisa kamu terapkan kalau kamu telah mengisi akunmu dengan video-video yang juga menarik. Dengan begitu, followers yang ada dalam akun-akun centang tersebut bisa menemukan korelasi dan juga mengikuti akunmu pada akhirnya.

Kamu juga bisa melihat berbagai hal yang perlu diketahui soal pemasaran TikTok dalam video ini!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment