Simak Cara Jualan di Blibli untuk Pemula dan Pengoptimalannya Berikut Ini!

Belakangan ini berbisnis dengan membuka toko online menjadi begitu menjanjikan. Masyarakat sekarang telah mengalihkan kegiatan belanja mereka secara daring, karena dinilai lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu,

Nah, saat membicarakan tentang fenomena jualan online ini, tentu enggak akan lepas dengan yang namanya marketplace. Di mana, di Indonesia jumlah marketplace ini sangatlah beragam dengan banyak keuntungan dan fitur tersendiri.

Salah satu jenis marketplace yang enggak boleh dilewatkan dalam hal ini adalah Blibli. Yap! Masuk dalam daftar top marketplace di Tanah Air, Blibli merupakan jenis e-commerce yang dibuat oleh anak bangsa dan tak kalah populer di kalangan masyarakat.

Misalnya, pada tahun 2019 lalu Blibli telah memiliki lebih dari 20 juta pengguna aktif bulanan. Jumlah ini pastinya telah bertambah hingga saat ini, karenanya peluang untuk jualan di Blibli ini enggak kalah menjanjikannya.

Buat kamu yang ingin mencoba peluang berjualan di Blibli, berikut ini berbagai cara jualan di Blibli untuk pemula yang bisa kamu ikuti. Penasaran? Langsung simak langkah-langkahnya berikut ini, ya!

Cara Membuka Toko Online di Blibli

Sebelum membahas cara jualan di Blibli untuk pemula, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka toko online kamu di e-commerce ini.

Sebelum itu, siapkan semua data yang dibutuhkan untuk membuat akun seller Blibli. Seperti, nama toko, alamat email yang masih aktif, nomor ponsel yang bisa selalu dihubungi, dan foto-foto produk yang akan diunggah.

Untuk nomor yang dimasukkan ke dalam toko ini adalah nomor milikmu sendiri, kalau kamu memang mendaftarkan toko itu secara perseorangan. Namun, kalau kamu mendaftar untuk perusahaan, kamu bisa menggunakan nomor penanggung jawab usaha.

Kalau semua data yang diperlukan telah siap, kamu bisa langsung mengikuti cara membuat akun seller di Blibli berikut ini!

Kunjungi Halaman Website Blibli

Langkah pertama adalah dengan mengunjungi halaman website Blibli. Setelah itu kamu akan masuk pada halaman utama Blibli seperti pada gambar berikut ini.

Mulai Buat Toko Online yang Kamu Inginkan

Langkah selanjutnya dalam cara jualan di Blibli untuk pemula adalah mulai membuat toko online yang kamu inginkan. Caranya pilih menu Jualan di Blibli yang ada pada bagian kanan atas laman utama.

Setelah itu, kamu akan secara otomatis dialihkan pada laman baru, di sini kamu bisa langsung klik Daftar Sebagai Seller.

Isi Semua Data yang Diminta

Setelah itu, cara jualan di Blibli untuk pemula selanjutnya adalah dengan mengisi datar yang diminta oleh sistem. Pastikan data-data tersebut sudah benar dan sesuai, baru kamu klik Daftar.

Setelah itu, kamu bisa langsung menggunakan akun seller yang kamu miliki dengan memulai cara jualan di Blibli untuk pemula.

Tips dan Cara Jualan di Blibli untuk Pemula

Setelah toko online kamu jadi, maka langkah selanjutnya adalah dengan memulai cara jualan di Blibli untuk pemula yang telah dirangkum dalam step by step berikut ini. Simak baik-baik, ya!

Lengkapi Data Terkait Toko dan Gudang Stok

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah toko berhasil dibuat adalah melengkapi data terkait toko dan gudang stok yang kamu miliki.

Kamu juga perlu melengkapi dan menambahkan informasi legalitas, serta pembayaran. Tak hanya itu, ada beberapa dokumen penting yang harus kamu unggah dalam cara jualan di Blibli untuk pemula ini.

Untuk toko yang dibuat oleh perseorangan, maka data yang perlu kamu siapkan adalah KTP, NPWP dan nomor rekening yang sesuai dengan atas nama pendaftar toko.

Sementara jika kamu mendaftar untuk perusahaan, maka syarat yang diperlukan adalah KTP pihak direksi, akta pendirian usaha / bisnis, SK Menkeh, surat domisili, SIUP, TDP, NPWP perusahaan dan akta perubahan.

Pastikan semua syarat dokumen di atas telah kamu lengkapi dan benar. Kalau tidak, maka transaksi apapun yang dilakukan tidak akan dapat diakses.

Unggah Produk yang Akan Dijual

Langkah selanjutnya dalam cara jualan di Blibli untuk pemula adalah dengan melengkapi infomrasi produk yang akan dijual. Dalam langkah ini kamu juga harus mengunggah foto produk yang akan dijual dalam toko tersebut.

Kamu bisa mengunggah foto produk yang akan dijual ini di bagian Blibli Seller Centre. Tak hanya melalui website, kamu juga bisa menggunakan aplikasi dengan nama serupa untuk mengunggahnya dengan lebih mudah.

Nah, tipsnya adalah kamu harus memastikan bahwa foto produk yang kamu unggah ini jelas dan menarik. Tak hanya itu, kualitas gambarnya pun harus tinggi agar foto tidak pecah atau buram ketika diunggah.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara foto produk kosmetik yang menarik di sini.

Lengkapi Deskripsi dan Informasi Produk

Selain foto, kamu juga harus melengkapi deskripsi dan informasi dari produk yang akan kamu jual. Mulai dari nama produk, merk produk, harga, hingga info lainnya yang dijelaskan dengan detail di bagian deskripsi.

Sangat penting untuk menuliskan deskripsi dan informasi produk ini secara mendetail. Agar konsumen merasa yakin dan mau membeli produk yang kamu jual di Blibli.

Memaksimalkan Promosi Produk dan Toko

Cara jualan di Blibli untuk pemula selanjutnya adalah dengan memaksimalkan promosi produk atau toko yang kamu miliki.

Sama halnya dengan jenis e-commerce lain, Blibli menyediakan fitur iklan berbayar yang cukup murah untuk membantu meningkatkan kunjungan dan pembelian produk.

Fitur yang dinamakan Bliklan ini memiliki banyak keuntungan dan sangat mudah digunakan, bahkan untuk kamu yang masih baru sekalipun.

Penasaran? Baca manfaat dan cara iklan di Blibli di sini.

Keuntungan Mulai Jualan di Blibli

Setelah mengetahu cara jualan di Blibli untuk pemula di atas, kamu juga perlu mengetahui apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan bila memulai berjualan di e-commerce ini.

Penasaran apa saja? Yuk, langsung baca uraian lengkpanya di bawah ini, Guys!

Tidak Dipungut Biaya Pembuatan

Keuntungan yang pertama adalah ketika membuat toko online di Blibli, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk pendaftaran. Yap! Semuanya gratis!

Kamu hanya perlu memiliki persyaratan yang diminta, berupa kelengkapan dokumen dan menjalankan toko dengan sebaik mungkin untuk menarik pembeli.

Fasilitas Foto Produk

Keuntungan selanjutnya adalah adanya fasilitas foto produk. Dalam menjalankan bisnis online, kamu tentu tahu bahwa foto produk memegang peranan yang sangat penting.

Blibli kemudian menyediakan fasilitas foto produk bagi para merchant dan tanpa dipungut biaya apapun. Ini untuk membantu agar seller dapat memajang gambar produk seseuai dengan standar konsumen.

Fasilitas Pengemasan Gratis

Selain foto produk, ada juga fasilitas pengemasan gratis yang bisa menjadi nilai lebih dalam berjualan di Blibli. Tentu ini merupakan keuntungan buatmu, karena pengemasan merupakan aspek penting dalam bisnis online.

Layanan ini diklaim satu-satunya ditawarkan oleh Blibli, lho!

Metode Pengiriman Barang yang Sangat Beragam

Untuk memudahkan dan memberi kenyamanan pada konsumen mereka, Blibli menyediakan metode pengiriman barang yang sangat beragam.

Blibli telah bekerja sama dengan lebih dari 30 ekspedisi, sehingga proses pengiriman barang ke seluruh daerah dan plosok Tanah Air akan jadi lebih mudah.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading