10 + Cara Meningkatkan Penjualan di Lazada yang Ampuh dan Menguntungkan!

cara meningkatkan penjualan di Lazada

Lazada merupakan salah satu e-commerce popular di Indonesia. Pada kuartal IV tahun 2021 lalu, lapak jualan online ini mendapatkan jumlah rata-rata kunjungan 38,85 kali dalam sebulan. Jumlah yang sangat besar dan menjanjikan untuk pelaku bisnis online.

Kunjungan yang tinggi ini menunjukkan bahwa antusiasme pengguna masih sangatlah tinggi. Sehingga peluang untuk berusaha secara online di Lazada cukup besar.

Namun, karena pasarnya juga semakin besar, maka persaingan antar seller di Lazada pun terasa lebih ketat. Untuk itu, kamu perlu menyunsun strategi pemasaran yang dapat menaikkan penjualan produkmu di Lazada.

Lantas seperti apa cara meningkatkan penjualan produk di Lazada yang disebutkan tersebut? Langsung baca ulasan lengkapnya di bawah ini, Beautypreneurs!

10+ Cara Meningkatkan Penjualan di Lazada yang Ampuh

cara meningkatkan penjualan di lazada

Sama halnya seperti lapak online lain, Lazada memiliki berbagai fitur menarik yang bisa membantu seller mereka berkembang. Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan peforma toko dan penjualan produkmu.

Terlebih, dari banyaknya jumlah penjual yang ada di Lazada, pasti ada beberapa toko yang juga memiliki kesamaan produk dengan daganganmu. Karenanya, kamu harus teliti dan mengatur strategi agar bisa memenangkan pasar.

Berikut ini ada beberapa cara meningkatkan penjualan di Lazada yang ampuh dan mudah kamu terapkan. Simak baik-baik, ya!

Gunakan Customer Engagement Management (CEM) untuk Optimasi Akun

Cara meningkatkan penjualan di Lazada yang pertama adalah dengan mengoptimasi akun lewat Customer Engagement Management (CEM). Fitur terbaru dari Lazada ini bisa mempermudah kamu untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan pembeli.

Dalam hal ini, kamu bisa membantu konsumen dan membuat mereka merasa nyaman setelah melakukan pembelian. Misalnya, memperkenalkan produk dan fungsinya untuk konsumen, membantu follow up proses pengiriman dan banyak lainnya.

Mengoptimalkan Tampilan Toko

Cara meningkatkan penjualan di Lazada selanjutnya bisa dilakukan dengan mengoptimalkan tampilan toko. Hal ini berkaitan dengan mengunggah foto produk berkualitas, menata urutan display produk, mengatur kategori yang tepat, hingga membuat produk bundle.

Tujuannya, ketika konsumen mengunjungi tokomu, mereka akan lebih nyaman dan mudah memilih produk yang diinginkan. Tak hanya itu, pilihan dan kategori produk yang beragam akan membuat konsumen betah menghabiskan waktunya untuk melihat-lihat jualanmu.

Melakukan LazLive untuk Maksimalkan Peforma Toko

Belakangan ini siaran penjualan langsung (live shopping) jadi hal yang sangat ngetren. Karena metode ini terbukti bisa memberikan banyak penjualan besar dan keuntungan kepada pelaku bisnis.

Nah, Lazada juga membuat fitur serupa di lapak online-nya, yang dikenal dengan Lazlive. Kamu bisa menggunakan fitur ini sebagai cara meningkatkan penjualan di Lazada.

Cara berjualan ini akan memberikan pengalaman baru yang lebih menarik dan menyenangkan untuk konsumen. Karena tak hanya berbelanja dengan pasif, konsumen dapat bertanya secara langsung kepada penjual mengenai ketersediaan dan spesifikasi produk tersebut.

Agar live shopping-mu di Lazada kian laris, kamu harus bisa membuat acara berjalan menyenangkan dan menyajikan video berkualitas tinggi. Tawarkan promo-promo khusus juga untuk menarik minat konsumen membeli barang.

Selain membuat penjualan meningkat, dengan aktif mengadakan Lazlive kamu juga bisa mendapatkan reward dari Lazada. Tentu akan ada banyak benefit yang kamu peroleh sesuai dengan tantangan apa saja yang telah kamu selesaikan.

Baca Juga: Live Shopping, Tren Jualan Online Baru yang Menjanjikan dan Menguntungkan!

Tingkatkan Rating dan Ulasan Positif dari Konsumen

Ketika berbisnis online, rating dan ulasan sangat berpengaruh pada keputusan konsumen untuk membeli barang. Konsumen akan cenderung memilih toko dengan ulasan dan rating yang bagus.

Sebab itu, cara meningkatkan penjualan di Lazada selanjutnya adalah dengan membuat rating dan ulasan positif dari konsumen bertambah. Hal ini akan membantu membuat pengguna Lazada lebih percaya pada toko dan produk yang kamu jual.

Untuk meningkatkan rating dan ulasan positif ini, kamu bisa menggunakan teknik Remind, Reward, dan Response di Lazada.

Teknik remind, merupakan kegiatan mengingatkan pembeli yang telah melakukan transaksi di toko kamu untuk memberikan ulasan, maksimal 30 hari setelah melakukan pembelian.

Selanjutnya, Reward. Teknik ini kamu bisa memberikan voucher atau diskon pada pelanggan sebagai bentuk penghargaan kepada mereka. Tak hanya pelanggan lama, kamu juga bisa memberikan reward serupa pada konsumen baru agar mereka kembali melakukan pembelian.

Terakhir, response, yang merupakan kegiatan menjawab atau memberikan tanggapan bahwa setiap ulasan akan selalu kamu terima dengan baik sebagai seorang seller.

Optimasi Akun Seller dengan VKAM

Cara meningkatkan penjualan di Lazada selanjutnya adalah dengan mengoptimasi akun seller lewat Virtual Account Management (VKAM). Fitur ini secara khusus dibuat oleh Lazada untuk membantu meningkatkan peforma toko online kamu.

Dalam VKAM kamu bisa menggunakan tiga layanan eksklusif, seperti Free Shipping, Flexi Combo, dan Collectible Voucher. Ketiganya bisa digunakan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas toko seperti, meminimalisir Cancellation Rate, meningkatkan Ship on Time, juga Seller Rating.

Kalau kamu merasa asing dengan fitur ini, jangan khawatir ya, Beautypreneur. Karena ketika menjalankannya kamu juga akan dibantu oleh VKAM agen dari Lazada. Kamu bisa menggunakan layanan ini sebaik mungkin, apalagi Lazada masih menawarkannya secara gratis, lho!

Menggunakan Campaign Banner

Selain melakukan optimalisasi toko dan meningkatkan pelayanan konsumen, kamu juga bisa menggunakan campaign banner untuk meningkatkan penjualan di Lazada.

Cara ini akan membuat toko online dan produk yang kamu jual mendapatkan visibilitas terbaik. Karena, foto produk dan nama toko onlinemu akan dicantumkan pada banner yang terletak di halaman home Lazada.

Menggunakan campaign banner juga cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Product dan memilih Product Decoration. Kalau sudah, klik 12.12 Campaign Banner, dan lanjutkan ke menu Tambah Baru.

Setelah itu kamu bisa mengunggah foto produk di pilihan Unggah Baru, setelah itu simpan proses dengan klik Simpan dan Tampilkan ke Semua Produk.

Manfaatkan Fitur Analisis Data Trafik

Satu hal lagi yang membuat cara meningkatkan penjualan di Lazada terasa mudah, adanya fitur analisis data traffic. Fitur ini akan membantumu mengetahui beberapa arus data, seperti tempat dan waktu. Kemudian sistem Lazada akan memberikan saran untuk melakukan pengoptimalan trafik tersebut.

Tak hanya itu, fitur ini juga bisa membantumu untuk tahu informasi sumber trafik berasal, juga tren-tren yang berkembang. Dengan begitu, kamu bisa memantau bahkan menganalisis kinerja dari berbagai aspek dan mengevaluasinya secara optimal.

Data-data ini sangat diperlukan untuk membangun strategi pemasaran yang lebih efisien dan strategis. Misalnya, kamu jadi tahu apa saja yang konsumen butuhkan dan inginkan dari produk yang kamu jual di pasaran.

Lakukan Promosi Cross Selling

Cara meningkatkan penjualan di Lazada selanjutnya adalah dengan melakukan promosi cross selling. Sama seperti namanya, metode ini memungkinkanmu melakukan pemasaran secara silang, dari satu media ke media lainnya sekaligus.

Maksudnya, kamu enggak hanya harus mengoptimalkan akun Lazada milikmu. Namun, juga mempromosikannya dengan menarik di media lain. Seperti Instagram, TikTok, Facebook, Website, dan berbagai macam platform lainnya yang menjanjikan.

Dengan begitu, jangkauan pasarmu akan jadi lebih luas dan tak hanya bergantung pada pencarian dalam aplikasi Lazada saja.

Membuat Postingan Feed atau Video

Cara meningkatkan penjualan di Lazada selanjutnya adalah dengan rutin membuat postingan feed dan video promosi. Kamu dapat memanfaatkan berbagai event yang dilangsungkan oleh Lazada, seperti Super Brand Day, Lucky Draw, hingga Offline Event.

Kamu bisa membuat konten promosi yang menarik audience, seperti membicarakan permasalah kecantikan, resep dan tips menggunakan skincare.

Selain konten-konten feeds, kamu juga bisa mengunggah konten video. Kreasikan video ini seunik dan semenarik mungkin. Kamu juga bisa menyisipkan beberapa hal mengenai product atau brand knowledge, agar audience bisa mengenali produkmu dengan lebih baik.

Maksimalkan Kampanye dengan Iklan

Sama halnya dengan jenis e-commerce lain, Lazada juga memberikan fitur iklan yang dapat mendongkrak penjualan produkmu. Fitur iklan ini pun memiliki berbagai jenis, seperti iklan produk baru, iklan pencarian toko, dan iklan banner.

Gunakanlah jenis iklan yang paling sesuai dengan kebutuhan toko atau bisnismu. Misalnya, ketika kamu ingin meningkatkan jumlah kunjungan toko, maka yang paling cocok adalah iklan pencarian toko dan iklan banner.

Sementara jika kamu ingin menaikkan jumlah pembelian produk, khususnya yang baru dirilis. Maka, jenis iklan di Lazada yang paling baik digunakan adalah iklan produk baru.

Iklan-iklan ini bersifat pay-per-click, artinya kamu harus membayar jika iklan tersebut telah berhasil mendapatkan ‘klik’ dari pengguna Lazada. Biayanya juga tidak semahal yang kamu bayangkan, mengingat kamu hanya perlu membayar iklan yang benar-benar berhasil.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai cara meningkatkan penjualan di Lazada yang mungkin belum kamu tahu secara rinci. Apakah kamu sudah siap menerapkannya untuk toko dan brand kosmetikmu?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading
kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment