Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket.

Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam melakukan kegiatan jual beli.

Salah satu jenis marketplace yang sangat populer di Indonesia adalah Shopee. Kamu bisa melebarkan atau memulai bisnismu dalam marketplace ini.

Diramaikan dengan kegiatan gratis ongkir, potongan akhir tahun atau pada tanggal-tanggal kembar tertentu. Shopee menarik begitu banyak pengguna, enggak hanya dari Indonesia tapi dari berbagai negara lainnya.

Namun, bagaimana sih cara jualan di Shopee untuk pemula? Serta bagaimana cara mengoptimalkan transaksi toko?

Well, kalau kamu baru mulai perjalanan bisnis onlinemu di Shopee, jangan khawatir! Karena kami merangkumkan berbagai informasi yang kamu butuhkan dalam uraian berikut ini.

Simak baik-baik, ya!

Manfaat dan Keuntungan Berjualan di Shopee

Sebelum terlalu jauh membahas bagaimana cara jualan di Shopee untuk pemula. Enggak ada salahnya bagimu untuk mengetahui manfaat dan keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika akan menggunakan e-commerce ini.

Dengan begitu, kamu bisa memperhitungkan strategi dan keuntungan yang akan kamu dapatkan di masa mendatang.

Well, langsung cek ulasannya berikut ini ya!

Pengelolaan yang Mudah dan Praktis

Manfaat jualan di Shopee yang pertama adalah sifatnya yang mudah dan praktis. Hanya dengan bermodalkan smarphone, kamu bisa mengelola dan menjalankan toko online kamu dengan mudah. Mulai dari promosi produk, melakukan tawar menawar, hingga dalam melakukan transaksi.

Tak hanya itu, kamu juga tak perlu mendirikan toko fisik ketika berjualan di Shopee. Alhasil, biaya yang kamu keluarkan pun tidak akan membengkak.

Dapat Menjangkau Lebih Banyak Target Konsumen

Manfaat jualan di Shopee selanjutnya adalah dapat menjangkau lebih banyak target konsumen. Sebab, dengan berbagai fitur penjualan di Shopee akan memudahkanmu dalam bertransaksi hingga mengantarkan barang ke tangan konsumen.

Ini tentu membuat pangsa pasarmu jadi lebih luar, hingga menjangkau daerah di luar kota, pulau, bahkan berpotensi berkembang hingga ke luar negeri.

Bisa Mulai dengan Modal 0 Rupiah

Salah satu keunggulan membuka bisnis online adalah modal yang dikeluarkan enggak terlalu besar. Bahkan ketika kamu mulai berjualan di Shopee, kamu bisa memulai usaha tanpa modal, lho!

Gimana enggak? Caranya kamu perlu memulai usaha ini dengan menjadi dropshiper. Artinya, kamu hanya menyalurkan sebuah produk dari supplier pertama hingga ke konsumen.

Dalam hal ini, kamu enggak perlu repot-repot membeli dan mengemas produk yang kamu jual. Kamu hanya perlu memasarkannya ulang di toko yang kamu buat.

Baca Juga: Ide Bisnis Online dengan Modal Minim untuk Pelajar yang Wajib Dicoba

Waktu Berjualan yang Lebih Fleksibel

Jika memulai bisnis dengan membangun toko fisik, tentu jam operasionalmu akan lebih terbatas. Berbeda dengan ketika kamu melakukan jualan online di Shopee, yang dapat diakses secara fleksibel.

Kamu dapat mengaksesnya kapan pun dan dimana pun. Hal ini tentu akan memberikan banyak keuntungan buatmu, karena selain memantau jualan di Shopee kamu bisa melakukan aktivitas lainnya dengan lebih mudah.

Telah Terhubung dengan Jasa Ekspedisi Terpercaya

Ketika memulai bisnis online, hal yang harus kamu perhatikan adalah jasa pengiriman atau ekspedisi yang digunakan. Karena sangat penting bagimu untuk menjaga barang yang dibeli konsumen sampai dengan selamat dalam proses pengiriman.

Nah, keuntungan lainnya ketika jualan di Shopee adalah kamu tidak perlu memilih jasa kirim ini sendiri. Melainkan, sistem Shopee secara otomatis telah terhubung dengan jasa ekspedisi terpercaya.

Bahkan, ketika jualanmu ini merupakan barang elektronik atau pecah belah, kamu bisa menggunakan opsi asuransi. Dengan begitu, ada jaminan kuat barang yang kamu terima akan aman.

Tak hanya itu, enggak sedikit juga ada event gratis ongkir di Shopee yang akan membuat pelanggan / konsumen semakin tertarik membeli produk yang kamu jual.

Panduan Lengkap Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Setelah mengetahui berbagai keuntungan jualan lewat Shopee di atas, kamu pasti udah enggak sabar untuk segera memulai bisnis online-mu lewat e-commerce ini kan?

Sebelum benar-benar memulai kegiatan jualanmu, kamu perlu membuat akun Shopee terlebih dahulu. Baru deh, kemudian kamu mendaftar sebagai seller.

Bingung bagaimana memulainya? Yuk, langsung baca panduan lengkap cara jualan di Shopee untuk pemula berikut ini!

Daftar Shopee dan Buat Akun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam cara jualan ini adalah membuat akun Shopee. Cukup sederhana, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka laman website Shopee, atau akses langsung lewat aplikasi.
  2. Klik Daftar pada halaman beranda website / aplikasi.
  3. Masukkan nomor telepon / email yang kamu miliki dan masih aktif.
  4. Ketik kode captcha yang telah tertera di layar ke dalam kolom.
  5. Kemudian verifikasi akun lewat nomor telepon atau email yang telah kamu daftarkan sebelumnya.
  6. Buat password dengan paduan huruf kapital, huruf biasa, hingga angka dan karakter untuk menambah kekuatannya.
  7. Selanjutnya klik Daftar

Membuka Toko Online di Shopee

Setelah akunmu terdaftar, maka langkah selanjutnya adalah membuka toko online yang kamu inginkan. Cara jualan di Shopee ini cukup mudah dilakukan, yakni lewat step by step berikut ini.

  1. Langkah pertama, klik menu Saya pada bagian pojok kanan bawah layar utama Shopee kamu.
  2. Kemudian pilih Toko Saya yang berada pada bagian pojok kiri halaman.
  3. Selanjutnya, klik Seller Centre, kemudian pilih Profil Toko.
  4. Lengkapi Nama Toko dan pasang gambar pada Deskripsi Gambar.
  5. Isi deskripsi tokomu dalam menu Deskripsi.

Dalam bagian ini kamu bisa menambahkan berbagai informasi mengenai toko online yang kamu buat, apa saja produk yang dijual, jam operasional toko. Bahkan bagaimana teknis pengiriman barang yang kamu terapkan.

  • Masukkan Nomor Rekening. Langkah ini jangan sampai kamu lupakan, ya. Karena kamu perlu memasukkan nomor rekening bank yang aktif atau yang kamu gunakan sekarang untuk menampung dana Shopee yang kamu peroleh dari penjualan.

Mulailah Mengunggah Produk yang Dijual

Setelah tokomu jadi, cara jualan di Shopee untuk pemula selanjutnya adalah dengan memulai mengunggah produk yang dijual.

Namun ingat, kamu harus memastikan bahwa foto produk yang kamu gunakan haruslah berkualitas tinggi dan tidak ada watermark apapun di dalamnya.

Sebagai penjualan yang professional, kamu enggak boleh menyepelekan hal ini. Karena pada dasarnya kunci utama ketika berjualan online adalah foto produk atau aspek visual dari produk yang ditawarkan tersebut.

Tak hanya kualitas gambarnya, kamu pun harus memperhatikan legalitas dari produk yang kamunjual. Apakah sudah sesuai dengan aturan Shopee, atau justru produk itu terlarang dan tidak selayaknya kamu jual di sana.

Setelah itu, kamu bisa melengkapi detail produk yang kamu jual. Seperti memberikan deskripsi yang jelas, memuat tanggal pembuatan dan expired, juga bahan apa yang dikandungnya, cara pakai, hingga manfaatnya.

Seetelah semua telah selesai kamu tambahkan, maka kamu bisa melanjutkan cara jualan di Shopee untuk pemula ini dengan klik Simpan & Tampilkan.

Kemudian, tim / sistem Shopee akan mengevaluasi produk yang kamu unggah ini dalam waktu satu hari kerja. Kalau disetujui, maka produk ini secara otomatis akan masuk ke dalam toko online yang kamu buat tersebut.

Promosikan Produk dan Toko Online-mu Dengan Maksimal

Cara jualan di Shopee untuk pemula selanjutnya adalah dengan mempromosikan produk dan toko online kamu secara maksimal.

Jangan karena sifatnya yang mudah dan dapat dijangkau semua orang, lantas kamu tidak melakukan promosi sama sekali.

Justru, langkah ini sangat perlu dilakukan. Mengingat persaingan di Shopee juga sangat tinggi, ada banyak lapak yang mungkin memiliki jualan yang sangat mirip dengan produkmu.

Dalam hal ini kamu enggak perlu khawatir, karena Shopee menyediakan banyak fitur promosi dan iklan yang dapat kamu gunakan. Mulai dari diskon ongkir, diskon minimal pembelian, diskon produk baru, cashback, hingga menggunakan cara iklan di Shopee.

Baca Juga: My Shopee Ads – Cara Iklan di Shopee yang Mudah dan Menguntungkan

Nah, itu adalah berbagai cara jualan di Shopee untuk pemula yang bisa kamu pelajari dan terapkan untuk bisnis online-mu.

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan bisnis online yang kamu miliki, termasuk dengan membuat foto dan video produk yang menarik.

Dengan maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia kamu enggak hanya akan dibantu menciptakan produk kosmetik berkualitas tinggi dengan brand sendiri.

Kami pun bisa membantumu memenuhi kebutuhan media promosi yang kamu perlukan sebagai strategi pemasaran. Termasuk foto dan video produk yang telah disinggung sebelumnya, lho!

Gimana, apakah kamu sudah siap untuk mencoba cara jualan di Shopee tersebut? Juga untuk membuat produk kosmetik dengan brand sendiri bersama Mash Moshem Indonesia?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

cara membuat video company profile yang menarik (1)

Tips Dan Cara Membuat Video Company Profile Kreatif untuk Brand Kosmetimu!

Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia terbilang sangat pesat. Selain menunjukkan antusiasme masyarakat yang positif, harus diakui ini juga menyebabkan persaingan di pasar kosmetik Indonesia juga semakin ketat. Terlebih, enggak hanya bersaing dengan brand kosmetik lokal, kamu juga harus berhadapan...

Continue Reading

Leave a Comment