Cara Membuat Bath Bomb dan Memasarkannya dengan Brand Sendiri

cara membuat bath bomb

Saat badan terasa lelah, bersantai sambil berendam di air hangat akan terasa menenangkan. Apalagi jika ditemani bath bomb dengan aroma yang menyegarkan. Seketika badan terasa nyaman dan rileks.

Bath bomb merupakan salah satu produk spa yang digunakan sebagai campuran dalam air untuk berendam maupun mandi dalam bath tub.

Karena sedang banyak diminati, produk ini bisa menjadi salah satu produk dengan prospek menjanjikan di pasaran. Dari pada hanya membeli bath bomb, mengapa tak mencoba menjualnya saja?

Jika kamu berpikir demikian, maka kamu sudah berada di artikel yang tepat. Yuk, kita bahas bagaimana cara membuat bath bomb serta prospek bisnisnya di Indonesia. Baca hingga akhir, ya!

Mengapa Berbisnis Bath Bomb Menjanjikan?

Sebelum mengetahui cara pembuatan bath bomb, sebagai calon pebisnis, kamu juga perlu memahami bagaimana peluang penjualan bath bomb di pasaran. Beberapa alasan berikut ini akan menjelaskan mengapa bisnis bath bomb dinilai menjanjikan.

Peluang Pengembangan Produk Body Care di Pasaran

Kategori produk perawatan diri merupakan produk yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat, sebab merupakan kebutuhan harian setiap orang.

Sehingga bisnis bath bomb berpotensi menghasilkan permintaan berulang. Yang artinya, produk kamu akan selalu ada pelanggan yang mencarinya setiap hari. Apalagi sejak tahun 2020, peluang pasar kecantikan dan perawatan diri di Indonesia semakin terbuka lebar.

Terbukti dari data laporan Statista, produk Beauty and Personal Care di Indonesia mencapai nilai US$ 8,78 juta pada 2023, jumlah ini juga terprediksi terus naik sebesar 4,40 persen hingga tahun 2028.

Bath Bomb Memiliki Banyak Keunggulan

Belakangan ini, bath bomb menjadi salah satu aksesoris mandi yang banyak masyarakat minati, baik remaja maupun orang-orang dewasa. Selain bentuknya yang unik, bath bomb juga memiliki aroma yang menyegarkan dan manfaat bagi tubuh.

Keunggulan bath bomb lainnya adalah melembabkan kulit yang kering, membuat kulit terasa lebih kenyal dan cerah, mengangkat sel kulit mati dan kotoran, serta menghaluskan kulit.

Untuk bisa memberikan manfaat-manfaat tersebut, kamu harus bisa membuat bath bomb dari bahan-bahan berkualitas baik serta mengandung banyak nutrisi bagi kulit. Contohnya dengan menggunakan essential oil dan shea butter yang berkhasiat melembabkan kulit.

Pun bentuknya yang menarik dan beragam, membuat konsumen khususnya wanita tak bisa menolak daya tariknya.

Spesifikasi Produk Bisa Dikustomisasi

Bath bomb pada dasarnya terbuat dari tiga bahan utama. Yakni baking soda, asam sitrat, dan tepung maizena (cornstarch).

Ketiga bahan tersebut disatukan sehingga membentuk reaksi kimia ketika bersentuhan dengan air. Namun untuk memberi manfaat lebih, kamu bisa menambahkan bahan lainnya seperti minyak zaitun, ekstrak bunga, shea butter, atau cocoa butter.

Jika ingin membuat dan menjual bath bomb, kamu tidak perlu repot membuatnya sendiri, kok. Agar memudahkan bisnismu berjalan, kamu bisa memproduksi bath bomb dengan memanfaatkan jasa maklon.

Perusahaan jasa maklon merupakan perusahaan yang menyediakan layanan produksi barang tertentu untuk pihak lain (brand). Dengan jasa maklon, kamu bebas menentukan spesifikasi produk yang kamu inginkan.

Mulai dari bahan dan formula produknya, hingga bentuk serta kemasannya. Semuanya bebas dikustomisasi dan dibicarakan bersama para tim ahli.

Bahan dalam Bath Bomb

Di awal, kita sudah sempat menyinggung bahwa bath bomb terbuat dari tiga bahan utama. Yaitu baking soda, asam sitrat, dan tepung maizena. Namun, ada beberapa bahan lain yang juga digunakan agar manfaatnya kian maksimal.

Baking soda (sodium bikarbonat) dan asam sitrat yang disatukan dan bersentuhan dengan air membentuk reaksi kimia berupa gelembung yang mengeluarkan bunyi mendesis. Inilah yang membuatnya terlihat seperti sebuah bom. 

Sedangkan maizena berfungsi untuk meredam reaksi tersebut dan membuatnya tampak lebih lembut.

Bahan lain yang bisa kamu tambahkan dalam bath bomb adalah pewarna makanan, fragrance, essential oil, dan garam epsom. Hal ini akan membantu meningkatkan manfaat produk dan memberikan nilai lain di samping manfaat fungsional bath bomb sendiri.

Cara Membuat Bath Bomb dengan Jasa Maklon

Membuat bath bomb dengan jasa maklon akan memberimu sejumlah keuntungan, loh. Karena kamu tidak perlu kepayahan mengurus produksi dan pemasarannya sendirian.

Jika kamu tertarik membuat bath bomb dengan brand-mu sendiri, kamu bisa memulainya bersama Mash Moshem Indonesia dengan langkah-langkah berikut ini.

membuat bath bomb dengan jasa maklon (1)

Diskusikan Konsep Produk dengan Tim

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghubungi tim kami dan mendiskusikan konsep produk seperti apa yang kamu inginkan.

Konsep produk yang akan kita bahas ini meliputi formula dan bahan pembuatan, bentuk sediaan, gramasi, fitur produk, serta desain kemasan yang akan kamu gunakan nantinya.

Untuk pemula yang belum berpengalaman dalam bisnis personal care, kamu tak perlu khawatir, ya. Dengan senang hati, Mash Moshem Indonesia akan membantu menjelaskan berbagai spesifikasi bahan yang akan digunakan dan memberi saran terbaik untuk produk bath bomb milikmu.

Mash Moshem Indonesia juga berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan formula milik setiap klien. Sehingga tiap produk kosmetik yang kami hasilkan mempunyai keunikannya sendiri.

Pembuatan Sampel Produk

Formula produk yang sudah disepakati, selanjutnya akan masuk ke tahap pembuatan sampel. Proses pembuatan sampel produk ini biasanya memakan waktu sekitar satu bulan.

Nantinya sampel produk yang sudah siap, akan diberikan atau dikirimkan kepada kamu. Tujuannya agar kamu, sebagai brand owner, dapat menilai kesesuaian produk tersebut dengan konsep yang kamu rancang.

Apabila ada yang belum cocok, kamu bisa mengajukan revisi dan memberikan feedbacknya kepada tim kami.

Setelah cocok dengan sampel produknya, tim kami akan melanjutkan proses ke tahapan berikutnya, yakni pengurusan legalitas.

Pengurusan Legalitas dan Desain Kemasan

cara membuat bath bomb dengan jasa maklon

Setiap produk yang beredar di pasaran, harus mengantongi izin BPOM terlebih dahulu untuk memastikan bahwa produk tersebut layak dan aman digunakan. Begitu pula dengan bath bomb milikmu.

Namun, kamu tidak perlu wara-wiri untuk mengurus izin BPOM tersebut. Sebab Mash Moshem Indonesia juga lah yang akan membantu menguruskannya untukmu. 

Kamu pun tinggal duduk manis sambil menikmati segelas kopi, dan menanti kabar berkala dari tim kami.

Dengan bantuan pengurusan legalitas dan produksi, kamu bisa lebih fokus untuk merancang strategi marketing yang akan kamu gunakan. Terkait hal tersebut, tim Mash Moshem Indonesia pun bisa membantu pembuatan bahan pemasaran seperti foto maupun video produk.

Hmm, benar-benar menguntungkan bukan? Sebagai brand owner, kamu tak perlu lagi memikirkan proses produksinya.

Tentunya hal tersebut juga menghemat banyak waktu. Sehingga bisnismu bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Produksi Massal

Produk yang sudah mendapatkan persetujuan dan izin resmi dari BPOM, dapat dilanjutkan ke proses produksi massal. Dalam hal ini, pabrik Mash Moshem Indonesia didukung oleh teknologi mesin canggih serta tenaga produksi berpengalaman yang akan menjamin kualitas produkmu.

Namun tak perlu risau, tim kami selalu mengusahakan agar proses produksi dapat berjalan lebih cepat dari perkiraan. Sehingga produkmu dapat segera sampai di tangan pelanggan.

Selain itu, kami juga memiliki tim Quality Control (QC) yang dapat membantu memastikan bahwa produk body treatment-mu tak akan mengalami kesalahan produksi, serta terjamin kualitasnya.

Setelah selesai produksi, kami akan mengirimkan produk ke alamat kantor atau rumahmu. Sembari menunggu produk jadi, kamu bisa juga mengatur rencana pemasaran produk dan langsung membuat promosi di berbagai media sosial.

Dapatkan Layanan After Sales Khusus 

Setelah mengetahui cara membuat bath bomb dengan jasa maklon, apakah kamu tertarik untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan maklon?

Jika iya, Mash Moshem Indonesia bisa jadi jawaban yang tepat untukmu. Sebab kerja sama yang kita buat tak hanya berhenti saat proses produksi barang telah selesai. Kami juga memberikan layanan after sales berupa:

  1. Pengurusan sertifikat HAKI
  2. Pengurusan label halal dan vegan
  3. Sertifikat HSA (Health Science Authority)
  4. Uji in vitro
  5. Pembuatan media pemasaran produk, berupa video produksi, foto produk, product knowledge, dan brosur
  6. Jaringan distributor kosmetik

Semua layanan after sales ini kami berikan agar kamu dapat memaksimalkan strategi pemasaran yang kamu miliki. Terlebih sebagai brand body care & treatment baru, tentu kamu membutuhkan strategi yang menarik dan jaringan distributor yang menunjang pemasaran produk.

Berbagai jenis sertifikasi di atas akan membantu menambah nilai jual, serta dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produkmu. Sementara itu, kamu bisa menggunakan berbagai media promosi di atas sebagai konten-konten pemasaran yang menarik di media sosial. Menarik, bukan?

Nah, itu adalah penjelasan lengkap mengenai cara membuat bath bomb dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia. Selain produk unik satu ini, kamu bisa juga membuat produk perawatan tubuh lainnya bersama tim kami.

Mulai dari produk perawatan rambut, perawatan kulit wajah, produk-produk untuk anak-anak dan bayi, dan berbagai jenis kosmetik lainnya. Jangan lagi melewatkan kesempatan baik untuk mewujudkan mimpimu jadi pebisnis. Ambil langkah pertamamu dengan menghubungi kami via Contact Us atau tombol Whatsapp di bawah ini!

cta membuat bath bomb dengan jasa maklon

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading