Cara Membuat Hand Sanitizer Hingga Bisa Produksi Massal

cara membuat hand sanitizer

Cara membuat hand sanitizer – Penyebaran virus corona akhir-akhir ini menyebabkan begitu banyak perubahan dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah masyarakat di Indonesia. Bahkan pemerintah juga turut menerapkan berbagai perturan, salah satunya adalah physical distancing untuk mengurangi penyebaran virus corona dari manusia ke manusia.

Namun, apakah physical distancing atau jaga jarak saja sudah cukup? Tentu saja belum. Anda harus menjaga kebersihan tubuh dengan ekstra, serta menghindari adanya kontak langsung dengan orang yang terjangkit Covid19.

Bagaimana caranya menjaga tubuh tetap bersih sepanjang waktu, padahal kita beraktifitas? Tentu saja yang terpenting adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin, serta mandi minimum 2 kali sehari.

Namun, bagaimana jika kita tidak bisa sering-sering menjangkau sabun dan air mengalir? Maka jawabannya adalah dengan menggunakan hand sanitize.

Ya, hand sanitizer ini merupakan langkah yang tepat untuk menjaga agar tangan tetap steril dan terhindar dari jamur, bakteri dan virus ketika Anda kesulitan mengakses air bersih dan sabun. Meski begitu, hand sanitizer yang langka dan dijual dengan harga sangat tinggi seringkali tidak terjangkau oleh banyak masyarakat.

Lalu, apakah ada solusinya? Tentu saja, Anda bisa membuat sendiri hand sanitizer dirumah dengan bahan-bahan yang ada.

Bagaimana cara membuat hand sanitizer yang aman, mudah dan murah? Yuk simak cara pembuatan hand sanitizer berikut ini:

 

1. Langkah Dan Cara Membuat Hand Sanitizer

Sebelum Anda membuat hand sanitizer sendiri dirumah, Anda harus menyiapkan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut ini bahan dan alat yang harus Anda persiapkan untuk menghasilkan 250 ml hand sanitizer dengan kadar alokohol standar, yaitu 63%.

Bahan:

  1. 50 ml air sebagai pelarut
  2. 200 ml ethanol dengan kadar alkohol 95% sebagai bahan utama antiseptic pada hand sanitizer.
  3. 1 sdt Carbomer yang berfungsi untuk pengental.
  4. 33 ml Propylene glycol yang berfungsi untuk pelembab pada kulit.

5. 3 tetes Triethanolamine  yang berfungsi untuk pengikat dan penyeimbang pH.

 

Alat:

1. Wadah bersih, bisa berupa panci alumunium/pinggan pyrex.

2. Alat pengaduk

3. Wadah untuk gel hand sanitizer yang sudah jadi.

 

Cara Pembuatan:

Cara pembuatan hand sanitizer mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Campurkan 50 ml air dengan 33 ml Propylene glycolke dalam wadah panci alumunium sambil dipanaskan dan diaduk terus.

2. Tambahkan 1 sdt Carbomer untuk mengentalkan, secara perlahan dan sedikit demi sedikit.

3. Periksa suhu, hingga mencapai 80-900 C.

4. Terus aduk hingga semua bahan tercampur merata dan terlarutkan dengan sempurna.

5. Turunkan panci aluminium dari pemanas.

6. Tambahkan 3 tetes Triethanolamine sambil terus diaduk.

7. Tambahkan 200 ml ethanol dengan kadar alkohol 95% kedalam campuran gel sedikit demi sedikit sambil terus diaduk selama 15 menit.

8. Masukkan gel hand sanitizer kedalam wadah kecil, agar mudah dibawa.

 

Nah, itulah cara membuat hand sanitizer secara sederhana, mudah dan murah. Apakah Anda juga berniat untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah?

 

2. Peluang Bisnis Hand Sanitizer Saat Ini

Meski cara membuat hand sanitizer tergolong mudah, namun hand sanitizer buatan sendiri tidak menjamin kualitasnya. Oleh sebab itulah, masih banyak orang yang memilih untuk membeli hand sanitizer dari toko ataupun secara online.

Oleh sebab itulah, penjualan hand sanitizer di pasaran sangat laris akhir-akhir ini. Mengetahui hal itu, Anda juga bisa loh membuat produk hand sanitizer sendiri yang dapat diperjualbelikan secara bebas dipasaran dan memiliki legalitas resmi dari BPOM.

Tentu saja, Anda harus memenuhi standar-standar pembuatan produk yang sudah ditentukan oleh pemerintah RI. Namun, tentu Anda tidak bisa memproduksi sendiri produk hand sanitizer, karena biaya untuk pembuatan pabrik yang berstandar nasional tentu tidaklah sedikit.

Tapi tenang saja. Karena saat ini, Anda bisa memanfaatkan jasa maklon pembuatan produk hand sanitizer. Sehingga produk dengan merk Anda sendiri, serta telah tersertifikasi BPOM bisa Anda miliki dengan mudah.

Dengan proses yang cepat, tentu Anda bisa meraup keuntungan besar dari hasil penjualan produk hand sanitizer merk Anda sendiri. Penasaran bagaimana prosesnya? Yuk simak penjelasan maklon produk berikut ini.

 

3. Pembuatan Hand Sanitizer Dengan Menggunakan Jasa Maklon

Sudah mengetahui cara membuat hand sanitizer kan, namun ingin mencoba bisnis dengan menjual hand sanitizer.

Jasa maklon adalah pilihan terbaik bagi Anda yang telah melirik peluang bisnis penjualan produk hand sanitizer saat ini dan kedepannya. Tentu saja, jasa maklon bisa memenuhi semua kebutuhan Anda dalam menciptakan produk terbaik dan memiliki legalitas BPOM.

Hanya dengan menggunakan jasa maklon PT. Mash Moshem Indonesia, Anda bisa menciptakan produk hand sanitizer yang memiliki kualitas terbaik, beserta modal biaya pembuatan yang sangat kecil. Sebab, hanya bersama PT. Mash Moshem Indonesia Anda bisa menciptakan produk hand sanitizer yang berkualitas dan bersertifikat lengkap, namun dengan minimum order quantitiy (MOQ) yang kecil.

 

Selain modal yang kecil, menggunakan jasa maklon  PT. Mash Moshem Indonesia juga memiliki banyak keunggulan. Diantaranya adalah:

  1. PT. Mash Moshem Indonesia telah memiliki sertifikat cara pembuatan kosmetik yang baik (CPKB), sertifikat grade A, tersertifikasi BPOM oleh kementrian dan Halal oleh MUI.
  2. PT. Mash Moshem Indonesia telah terbukti sebagai perusahaan maklon terbaik yang menerima banyak penghargaan, seperti “Merk Bisnis Terpercaya Dalam Bidang Jasa Pembuatan Kosmetik Private Label”, “The Best Cosmetic Manufacturer Of The Year 2018”, dan “The Best Innovative Product Of The Year 2018”.
  3. PT. Mash Moshem Indonesia telah menciptakan ribuan produk yang tersebar secara nasional maupun internasional sejak tahun 2011.
  4. Memberikan pelayanan terlengkap dijajarannya. Melalui konsep “One Stop Service”, yang melayani semua kebutuhan client, mulai dari legalitas hingga pemasaran.
  1. Pelayanan legalitas mulai dari pengurusan paten merk dagang (HKI), ijin edar BPOM, hingga sertifikat halal
  2. Pelayanan untuk media promosi berupa desain produk, packaging, pembuatan iklan dan media promosi, hingga membantu mempercepat proses pemasaran produk Anda.
  3. PT. Mash Moshem Indonesia juga memiliki ribuan reseller yang siap memasarkan produk hand santizer Anda.

Luar biasa bukan? Hanya dengan menggunakan jasa maklon di PT. Mash Moshem Indonesia, Anda sudah bisa memiliki produk hand santizer dengan merk Anda sendiri. Sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis hand santizer dan meraup keuntungan yang tidak sedikit.

Jangan lupa, peluang untuk penjualan prduk hand santizer masih sangat terbuka saat ini dan kedepannya. Dengan begitu, Anda bisa terus menjual produk hand santizer dengan merk Anda sendiri ke pasaran secara luas.

Anda juga tidak perlu khawatir produk Anda disita oleh pemerintah, karena produk Anda telah memiliki sertifikat dan legalitas resmi dari BPOM, HKI dan halal. Jadi, tunggu apa lagi? Inilah kesempatan Anda untuk memulai dan mengembangkan bisnis hand santizern dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

 

Related posts

Leave a Comment