5 Cara Membuat Iklan Carousel di Facebook untuk Bisnismu, Serta Tips Memaksimalkannya!
Meski kini banyak media sosial baru yang bermunculan, dengan berbagai fitur menarik dan segar. Facebook masih menjadi salah satu media popular di Indonesia dan memiliki penggemar setianya sendiri. Enggak heran deh, kalau akhirnya banyak marketer melakukan promosi lewat medsos satu ini.
Apalagi Facebook juga turut mengembangkan fitur-fiturnya dan mendukung kegiatan penggunanya. Misalnya, dengan memberikan wadah bagi para marketer untuk melakukan promosi digital semenarik mungkin. Khususnya dengan menambahkan foto, video, dan atau keduanya sekaligus.
Atau lebih gampangnya kamu bisa posting lebih dari satu foto dan satu video dalam sekali posting. Itulah yang dinamakan dengan carousel. Seperti yang diketahui bahwa format carousel ini menjadi popular, sebab dinilai sangat efektif dalam menyampaikan promosi.
Bahkan tak hanya bisa posting carousel saja, Facebook juga menyediakan iklan berupa carousel. Seperti apa sih iklan carousel ini? Berikut penjelasannya.
Sekilas Tentang Iklan Carousel Facebook
Adanya konten carousel di sosial media memudahkan para marketer untuk promosi. Bagaimana tidak, kamu bisa beriklan menggunakan lebih dari satu foto atau video dalam sekali posting. Biasanya carousel di berbagai sosial media menyediakan lebih dari 10 ruang untuk satu kali posting.
Dengan 10 ruang tersebut kamu bisa mengisinya dengan beragam hal. Mulai dari foto hingga video. Bahkan kamu juga bisa memposting dua bentuk konten tersebut dengan satu waktu. Tentu hal ini sangat efektif untuk meningkatkan promosi.
Sebab para marketer akan dipermudah membuat konten dan penyampaian isi. Desainnya pun bisa lebih menyesuaikan. Tidak harus berada dalam satu gambar yang cenderung memaksa tulisan dan gambar untuk masuk menjadi satu.
Dengan adanya iklan carousel ini para pengguna juga akan lebih mudah memahami maksud dari iklan. Sehingga tinggi potensinya pula untuk meningkatkan penjualan. Jadi iklan carousel ini lebih efektif digunakan untuk menjaring konsumen.
Selanjutnya bagaimana sih cara membuat iklan carousel di Facebook? Untuk kamu para pelaku digital marketing wajib hukumnya untuk membaca artikel ini hingga selesai. Happy reading!
Cara Membuat Iklan Carousel di Facebook
Membuat iklan carousel di Facebook hampir sama seperti iklan di sosial media pada umumnya. Namun sebelum memulai untuk beriklan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Yakni ukuran gambar dan video.
Untuk ukuran gambar pada iklan carousel di Facebook berukuran 1.080 x 1.080 piksel. Sedangkan video dan gambarnya menggunakan perbandingan 1:1 aspek rasio.
Sementara teksnya pun maksimal menggunakan 125 karakter. Dengan rincian judul maksimal 40 karakter, 20 untuk deskribsi tautan. Sementata untuk ukuran file gambar maksimal 3 MB dan video 4 MB.
Setelah memastikan beberapa hal tersebut, kamu bisa mengunggah konten carousel yang telah kamu buat. setelah terunggah, barulah kamu bisa mengubahnya menjadi bentuk iklan.
Sebenarnya cara mengubah postingan carousel sangatlah mudah. Sama seperti mempromosikan iklan konten yang lainnya. Berikut tahapannya:
Cara Membuat Postingan Carousel di Facebook
- Sama seperti posting pada umumya, langkah pertama adalah klik dialog ststus pada Photo/Video. Lalu klik create a photo corousel.
- Kalau sudah, kamu bisa menambahkan konten. Namun perlu dipastikan bahwa kamu harus membuat konten berukuran persegi. Sebab caraousel mempunyai ukuran otomatis berbentuk persegi.
- Kemudian klik tanda plus dan tambahkan maksimal lima gambar. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa gambar berkualitas HD dan teks kurang dari 20 persen. Aturan ini akan sangat efektif jika nantinya kamu akan menjadikan carousel sebagai iklan.
- Setelah gambar terunggah, kamu bisa menambahkan deskribsi atau caption yang menarik. Supaya pengguna lebih tertarik dengan promo yang kamu buat.
- Selesai, postingan carousel-mu dapat segera kamu iklankan.
Cara Membuat Iklan Carousel di Facebook
- Setelah postingan carousel terunggah, pergi ke Halaman Manager dan klik Buat Iklan.
- Setelah itu klik Boost Your Post. Kemudian pilih halaman dan postingan.
- Lalu kamu bisa melihat Preview Iklan. Jika kurang memuaskan, kamu bisa mengeditnya.
- Jika sudah, kamu bisa klik Order.
- Selesai dan unggahan carousel-mu sudah menjadi iklan. Sangat gampang sekali bukan?
Namun ternyata beriklan biasa pun tidak cukup. Kamu memerlukan beberapa langkah lagi untuk membuat postingan carousel-mu tepat sasaran. Supaya promosi yang kamu buat bisa lebih sukses lagi. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:
Cara Meningkatkan Iklan Carousel di Facebook
- Buka halaman Iklan Manager atau Editor Power
- Setelah itu pilih Buat Iklan dan kemudian Pilih Tujuan
- Lalu klik ‘Sent People To Your Website’
- Setelah itu isi data yang kamu perlukan dan lanjutkan dengan klik Set Audience. Secara otomatis unggahan akan tertuju pada audience yang kamu inginkan.
- Kemudian klik Materi Iklan dan pilih beberapa gambar.
- Setelah itu upload gambar dan edit link tujuan. Tambahkan judul pada masing-masing gambar. Sebisa mungkin judul serta deskripsi sangat menarik untuk menarik perhatian dan focus audiensmu.
- Kamu juga bisa menambahkan beberapa tombol action, seperti download, shop, suka, dan banyak lainnya.
- Iklan carousel-mu pun siap ditayangkan dengan audience yang lebih tertata.
Nah, itulah beberapa cara membuat iklan carousel di Facebook. Mudah, bukan?
Agar promosimu kian lancar dan efektif, kamu bisa menyimak beberapa tips agar cara membuat iklan carousel di Facebook berikut ini. Yuk, baca sampai habis!
Tips Agar Iklan Carousel Lebih Efektif
Membuat carousel ternyata tidak hanya sekedar membuat postingan lebih dari satu. Ada cara dan tips tertentu untuk membuat postinganmu lebih menarik dan tentunya promosi yang kamu buat lebih banyak diminati audience.
Penasaran bagaimana langkahnya? Simak tips-nya di bawah ini, ya!
Audience yang Tepat
Salah satu tips penting yang wajib kamu lakukan sebelum membuat carousel adalah menentukan siapa audies yang ingin kamu tuju. Jika postinganmu tertuju ke audiens yang tepat, potensi penjualan meningkat pun akan semakin besar.
Untuk itu kamu bisa memanfaatkan beberapa fasilitas iklan yang ada di Facebook, yaitu dengan fitur Targeting. Melalui fitur tersebut kamu bisa memilih siapa audiens yang akan kamu tuju.
Mulai dari usia, demografi, hingga gender. Bahkan kamu juga bisa menarget mereka berdasarkan hobi dan kegiatan yang selama ini mereka lakukan di sosial media. Dengan begitu iklan carousel-mu sangat berpotensi akan sukses.
Copywriting di Gambar
Seperti yang diketahui bahwa carousel sangat menonjolkan visual. Oleh karena itu penting sekali bagi kamu untuk memaksimalkan tampilan postingan. Tidak hanya dari segi desain saja, namun juga teks. Untuk meningkatkan carousel, kamu perlu memilih kata-kata yang simple dan tidak bertele-tele.
Jelaskan semua maksud dan tujuan promosimu dalam gambar. Bukan pada caption. Sebab, dengan iklan carousel pengguna lebih cenderung mengabaikan caption. Jadi alangkah baiknya bagi kamu untuk memaksimalkan copywriting pada gambar.
Baca Juga: Contoh Copywriting Produk Kecantikan Untuk Bisnis Kosmetik
Gunakan Slot Sesuai Kebutuhan
Untuk beriklan menggunakan carousel di Facebook terdapat 10 slot yang bisa kamu isi dengan gambar maupun video. Namun untuk penggunaannya kamu harus menyesuaikan sesuai kebutuhan.
Jika kebutuhanmu tida memerlukan slide hingga 10, jangan dipaksakan. Sebab hal tersebut akan membuat pengguna kehilangan minat karena berpotensi terjadi pengulangan. Lebih baik gunakan slot sesuai kebutuhan.
Berikan Call to Action (CTA)
Di akhir dari carousel ini alangkah baiknya kamu memberikan CTA atau call to action. Dengan memberikan perintah ini, maka promosimu akan terlihat jelas. Misalnya kamu bisa memberikan call to action seperti klik, download, daftar, follow ataupun yang lainnya.
Dengan adanya call to action ini pengguna juga tidak akan kebingungan dengan maksud iklan carousel yang kamu buat. So, selamat mencoba.
Ingin tahu lebih banyak soal call to action dan cara buatnya? Lihat di sini.
Pentingnya Slide Pertama
Salah satu tips penting lain yang wajib kamu perhatikan adalah slide pertama. Slide pertama ini menjadi penentu untuk menarik perhatian pengguna untuk melihat slide selanjutnya. Oleh karena itu sangat penting sekali bagi kamu untuk membuat gambar atau video yang menarik pada slide pertama.
Itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika akan membuat iklan carousel di Facebook. Lantas sebenarnya apa sih manfaat dari iklan carousel itu? Berikut penjelasan selengkapnya.
Manfaat Menggunakan Iklan Carousel di Facebook
Daripada jenis iklan sosial media yang lain, ternyata iklan carousel di Facebook mempunyai manfaat yang cukup signifikan dalam promosi. Bahkan menurut beberapa penelitian, iklan carousel dapat meningkatkan penjualan hingga lebih dari 50 persen.
Untuk lebih tepatnya, berikut beberapa manfaat menggunakan iklan carousel di Facebook.
Meningkatkan Engagement Rate
Manfaat atau keuntungan pertama menggunakan iklan carousel di Facebok adalah meningkatkan engagement rate. Dengan menggunakan iklan carousel, like, follow, share, komen dan bentuk engagement yang lainnya akan meningkat.
Bahkan menurut beberapa sumber mengatakan bahwa dengan menerapkan cara membuat iklan carousel di Facebook dapat meningkatkan engagement rate hingga 1,92 persen.
Ketahui Juga: Cara Meningkatkan Engagement di Facebook Biar Brandmu Kian Populer
Mengumumkan Produk Baru
Dengan adanya carousel akan sangat membantu para marketer untuk mempromosikan produk terbaru mereka. Adanya 10 slot ruang untuk promosi membuat para pembuat konten dapat dengan detail menjelaskan keunggulan produk. Sehingga akan lebih efektif untuk promosi.
Mempromosikan Event
Tidak hanya mengumumkan produk baru, adanya carousel ini juga sangat membantu untuk mempromosikan event. Marketer dapat dengan leluasa mendeskribsikan event acara yang akan digelar. Mulai dari bentuk acara hingga waktu dan tempatnya, semua bisa dijelaskan dengan detail dan menarik.
Tutorial Singkat
Manfaat selanjutnya adalah kamu bisa dengan mudah membuat tutorial menggunakan carousel. Setiap slidenya kamu bisa mengisi step by step tutorial yang ingin kamu sampaikan. Sehingga nantinya penjelasan akan jadi lebih detail.
Menunjukkan Proses
Dengan adanya carousel kamu juga akan lebih mudah menunjukan sebuah proses tentang suatu hal. Yakni kamu bisa menunjukkan before dan after setelah kamu melakukan sesuai. Sehingga progress yang kamu laukan akan lebih terlihat.
Testimoni Konsumen
Manfaat berikutnya adalah kamu dapat menunjukkan berbagai testimoni konsumen menjadi satu. Dengan begitu para pengguna lainnya akan lebih percaya dengan produk yang kamu buat.
Nah, itulah tata cara membuat iklan carousel di Facebook berserta tips dan manfaatnya. Kamu bisa menerapkan cara membuat iklan ini untuk brand kosmetikmu, lho.
Untuk menambah daya tarik, kamu bisa sisipkan foto produk kosmetik yang ciamik dan memikat. Dengan begitu, jumlah kunjungan konten carouselmu bisa semakin tinggi.
Mash Moshem Indonesia tak hanya membantumu membuat produk kosmetik berkualitas. Melainkan, mendukung kegiatan promosi dari brand dan produk yang kamu buat bersama kami. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas foto produk, video produksi, pembuatan brosur, product knowledge, dan banyak lainnya.
Menarik, bukan?