Cara Membuat Sabun Pepaya dengan Jasa Maklon, Dijamin Anti Ribet!

cara membuat sabun pepaya

Mau tahu cara membuat sabun pepaya tanpa harus ribet? Cara ini mungkin akan bermanfaat buat kamu yang sering mengalami masalah kulit sehabis memakai sabun mandi. 

Pasalnya, beberapa produk sabun mandi yang beredar saat ini kerap mengandung bahan-bahan reaktif seperti deterjen, fragrance, dan paraben. Tentunya, kandungan bahan-bahan kimia tersebut bisa memicu masalah kulit dan kesehatan yang lebih parah bila digunakan dalam jangka panjang. 

Maka dari itu, mulailah beralih ke produk sabun anti deterjen yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti pepaya. Selain lebih sehat, produk sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami juga disinyalir lebih murah. 

Jadi, apa kamu sudah mulai tergiur untuk membuat produk sabun pepaya menggunakan brand milikmu sendiri? Sebelum berlanjut ke tahap produksi, yuk pelajari dulu seluk-beluk informasi mengenai sabun pepaya berikut ini!  

cta benzoyl peroxide

Mengenal Apa Itu Sabun Pepaya 

Sabun pepaya adalah salah satu varian sabun mandi alami yang terbuat dari buah pepaya. Berdasarkan fungsinya, sabun ini bisa digunakan sebagai sabun mandi maupun sabun pembersih wajah. Namun, mayoritas orang lebih sering memakainya untuk sabun mandi. 

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan pula jika sabun pepaya kamu pakai untuk membersihkan noda dan kotoran di kulit wajah. Sebab, karakteristik sabun ini yang lembut justru ampuh untuk membersihkan kotoran tanpa menghilangkan kelembaban alami kulit. 

Dengan demikian, sabun ini tidak akan memperburuk kondisi kulit kamu yang kering, berjerawat, atau kusam. Kandungan alami seperti enzim papain, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan di dalamnya justru mampu menutrisi dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, rosacea, psoriasis, dan flek hitam. 

Klaim Keunggulan Sabun Pepaya Dibandingkan Sabun Lain

Pahami dulu keunggulan sabun pepaya sebelum mempraktikkan cara membuatnya dengan jasa maklon. Pasalnya, sabun pepaya asli dapat memberikan manfaat-manfaat luar biasa kepada para penggunanya. 

Lalu, apa saja keunggulan dan manfaat sabun pepaya daripada sabun lainnya? Yuk, cari tahu melalui ulasan berikut ini! 

Mencerahkan Kulit Kusam 

Seperti yang kamu tahu, sabun pepaya mengandung kadar enzim papain yang cukup tinggi. Menurut pendapat dr. Theresia Rina Yunita, kandungan enzim papain dalam sabun ini dapat berfungsi sebagai skin lightening atau eksfoliator yang ampuh. 

Maka dari itu, sabun ini lebih cocok dipakai oleh pemilik kulit kusam dan kering. Sebab, kandungan enzim papain di dalamnya mampu mengangkat sel-sel kulit mati di  wajah tanpa menghilangkan kelenjar minyak alami kulit. 

Dengan pemakaian yang rutin, kulit wajah kamu akan tampak lebih cerah dan lembab daripada sebelumnya. 

Mencegah Timbulnya Jerawat 

Kulit berjerawat umumnya terjadi akibat produksi sebum berlebih yang disertai dengan penyumbatan kotoran di pori-pori wajah. Itu sebabnya, kulit berjerawat membutuhkan treatment khusus seperti memakai produk sabun anti deterjen. 

Pemakaian produk sabun mandi yang mengandung bahan deterjen dan fragrance justru bisa memperburuk kondisi jerawat di kulit kamu. Makanya, kamu perlu menggantinya dengan sabun alami yang terbuat dari buah pepaya. 

Kandungan enzim papain dalam jenis sabun ini terbukti ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah penyumbatan (clogging). Bahkan, enzim ini cukup efektif untuk mengurangi jumlah keratin kulit yang rusak, loh

Melembabkan Kulit Kering 

Pemilik kulit kering wajib berhati-hati saat mau membeli produk sabun mandi dan sabun pembersih wajah! Kenapa? 

Formulasi sabun yang kurang tepat justru akan membuat kondisi kulitmu semakin kering. Maka dari itu, pakailah sabun pepaya yang kaya dengan kandungan antioksidan dan vitamin. 

Kandungan nutrisi tersebut tentunya bisa meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit kamu. Dengan begitu, kulit kamu tidak akan terasa kering lagi setiap kali mandi memakai jenis sabun mandi satu ini. 

Nah, paparan khasiat tersebut juga bisa kamu dapatkan dengan cara membuat sabun pepaya sendiri. Proses pembuatannya pun jauh lebih mudah dan murah. Terlebih jika menggunakan jasa maklon sabun di PT. Mash Moshem Indonesia

Seberapa Untung Prospek Bisnis Sabun Pepaya? 

Menurut survei yang dilakukan oleh CIC (Corinthian Infopharma Corpora), produksi sabun berbahan baku buah-buahan yang ada saat ini hanya berkisar di angka 8 – 10% dari total produk sabun yang dijual di pasaran. 

Sementara itu, 55% sabun lainnya menggunakan bahan baku ekstrak bunga. Sedangkan 35% sabun menggunakan bahan baku woody, musky, dan ekstrak floral. Artinya, peluang bisnis sabun buah-buahan masih terbuka lebar untuk kamu coba. 

Mengingat cara membuat sabun pepaya yang cukup ribet dan membutuhkan modal besar, kamu juga bisa kok memanfaatkan jasa maklon sabun di Mash Moshem Indonesia. Selain simpel, cara pembuatannya pun lebih cepat dan efektif, karena sudah menggunakan mesin berteknologi canggih. 

Tentunya, memakai jasa maklon sabun akan jauh lebih menguntungkan daripada membuat sabun secara manual. 

Contoh Komposisi Bahan Aktif dalam Sabun Pepaya 

Tingkatkan Unique Selling Point (USP) produk sabun kamu dengan memakai komposisi bahan aktif yang bagus dan ampuh. Cara ini perlu kamu lakukan supaya calon konsumen lebih tertarik membeli brand sabun pepaya yang kamu buat. 

Lalu, apa saja bahan aktif yang cocok dipakai untuk formulasi produk sabun pepaya? 

Ekstrak Buah Pepaya 

Inilah bahan utama yang wajib ada dalam proses cara membuat sabun pepaya. Tak heran kalau hampir semua jenis sabun ini identik dengan warnanya yang cenderung oranye kekuning-kuningan. 

Terlepas dari itu, buah pepaya juga terkenal dengan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh maupun kulit wajah, misalnya vitamin C, vitamin A, enzim papain, antioksidan, dan serat. Berbagai kandungan nutrisi tersebut berguna untuk memudarkan bekas jerawat, mencerahkan dan melembabkan kulit. 

Minyak Kelapa 

Mengapa minyak kelapa kerap dipakai dalam proses pembuatan sabun? Salah satu alasannya adalah karena minyak kelapa mengandung kadar asam laurat yang tinggi. 

Asam laurat bermanfaat untuk menghaluskan dan melembabkan permukaan kulit, sehingga tidak membuat kulit kering dan bersisik. 

Di samping itu, pemakaian minyak kelapa murni (VCO) pada produk sabun juga dapat menghasilkan busa yang pas. Dengan begitu, kemampuan sabun pepaya untuk membersihkan kotoran dan noda di kulit akan jauh lebih baik.  

Minyak Zaitun 

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga termasuk salah satu komposisi bahan aktif yang penting dalam proses cara membuat sabun pepaya. Kandungan asam oleat dalam minyak zaitun bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas kulit agar tetap lembab dan kenyal. 

Menariknya, bahan aktif ini cukup potensial untuk menggantikan fungsi minyak kelapa murni dalam proses pembuatan sabun, termasuk sabun pepaya. Kalau stok minyak kelapa sedang habis, kamu bisa kok menggantinya dengan bahan baku alternatif seperti minyak zaitun. 

Kalium Hidroksida (KOH) 

Meskipun sabun pepaya mengutamakan bahan-bahan alami untuk formulasi, ada beberapa senyawa kimia yang diperlukan dalam proses pembuatan sabun yang bagus dan berkhasiat, yaitu Kalium Hidroksida (KOH). 

Fungsi zat kimia ini adalah untuk mengendalikan kadar pH dan sebagai zat reaktif dalam sabun. Kadar KOH yang diperbolehkan dalam proses pembuatan sabun juga tidak boleh melebihi batas SNI (Standar Nasional Indonesia). 

Umumnya, kadar KOH dalam sabun hanya berkisar di angka 0,14%. Jika kadarnya melebihi ambang SNI, maka dapat mempengaruhi hasil akhir produk sabun yang kamu bikin. 

Mau coba untuk meracik sabun dengan bahan favoritmu sendiri? Ajukan sampel gratis dengan isi formulir di bawah!

Mudahnya Cara Membuat Sabun Pepaya dengan Jasa Maklon 

Sudah sadar betapa ribetnya membuat sabun pepaya secara manual? Makanya, pakailah jasa maklon sabun pepaya dari Mash Moshem Indonesia! 

Selain efektif, memproduksi sabun pepaya dengan jasa maklon kosmetik juga bisa mendatangkan berbagai keuntungan lainnya. Terlebih jika kamu adalah seorang pemilik brand dan beautypreneur muda. 

Dengan memakai jasa maklon, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan formulasi bahan yang bagus untuk membuat sabun pepaya. Sebab, Mash Moshem Indonesia mampu membantu meracikkan formulasi sabun pepaya yang tepat dan sesuai dengan keinginanmu. 

Dari segi biaya, cara membuat sabun pepaya dengan jasa maklon kosmetik pun disinyalir lebih terjangkau. Kamu tidak perlu bingung memikirkan biaya tambahan untuk membeli mesin, membangun pabrik, atau membayar gaji karyawan. 

Sebab, Mash Moshem Indonesia telah menyediakan fasilitas lengkap, termasuk mesin-mesin berteknologi canggih untuk mendukung produksi sabun pepaya secara massal. Dengan begitu, kamu hanya perlu menyediakan biaya produksi dan biaya packaging sejumlah MOQ produk yang kamu pesan. 

Prosedur Membuat Sabun Pepaya di Mash Moshem Indonesia 

Sudah yakin membuat brand produk sabun pepaya milik sendiri? Kalau begitu, kamu bisa melanjutkan ke tahap pemesanan produk sabun pepaya dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia

Untuk gambaran jelas terkait alur kerjanya, Anda bisa simak informasinya melalui ulasan berikut ini. 

Konsultasikan Ide Sabun yang Mau Dibuat 

Pertama-tama, konsultasikan dulu ide produk sabun yang mau kamu buat bersama tim ahli kami. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kesalahan konsep dari ide yang kamu inginkan. 

Kamu juga bisa mendiskusikan gambaran packaging yang kamu mau agar tidak melenceng dari ide awal. Di samping itu, kamu juga bisa mengajukan request terkait bahan-bahan aktif yang ada di dalam produk sabunmu, loh

Pembuatan Sampel Sabun

Tahapan cara membuat sabun pepaya selanjutnya adalah peracikan formulasi bahan dan sample produk. Seluruh formulasi bahan dan pembuatan sample akan dilakukan oleh tim formulator ahli dari Mash Moshem Indonesia, sehingga sudah dijamin kualitasnya. 

Apabila sampel sudah jadi, tetapi hasilnya masih kurang sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa kok mengajukan revisi sampai tiga kali. Fasilitas ini diberikan agar produk sabun yang dihasilkan bisa ideal. 

Pendaftaran Legalitas dan Pembuatan Desain Kemasan 

Kalau kamu sudah cocok dengan sample produk yang dibuat oleh tim kami, maka kamu bisa melanjutkan ke tahap pendaftaran legalitas. 

Di tahap ini, kamu tidak perlu ribet mengurus legalitas produkmu sendiri, karena tim kami akan mengurus seluruh pendaftaran legalitas produk seperti BPOM, legalitas halal, dan HKI. 

Lalu, bagaimana dengan desain packaging produknya? Kamu tidak perlu khawatir! Tim multimedia kami akan mendesainkan bentuk packaging yang menarik dan cocok dengan produk sabun pepayamu. 

Proses Produksi Massal 

Setelah seluruh tahapan pra-produksi selesai, maka inilah waktunya untuk memproduksi sabun pepaya secara massal! 

Tim produksi kami akan membantu kamu memproduksi sabun pepaya dalam skala besar menggunakan mesin-mesin berteknologi canggih yang kami punya, sehingga tidak memakan waktu produksi yang lama. 

Nah, setelah produksi massal selesai, kami tidak akan meninggalkan kamu begitu saja. Sebab, kami akan bertanggung jawab membantu kamu melalui layanan after sales yang kami tawarkan. Mulai dari menyediakan foto produk yang cakep, FAQ, video produk, dan masih banyak lagi.

Semua media pemasaran ini dapat kamu olah ke dalam konten-konten promosi dan kamu distribusikan di berbagai channel marketing yang kamu miliki. Selain memberikan layanan pembuatatan media pemasaran, kami juga memiliki jaringan distributor kosmetik yang dapat membantumu memasarkan dan menyalurkan produkmu hingga ke tangan konsumen. Menarik, bukan?

Jadi, jangan sia-siakan kesempatanmu untuk menjadi seorang Brand Owner kosmetik sukses melalui brand sabun pepaya milik sendiri! Buruan booking slot pembuatan produk di Mash Moshem Indonesia dengan mengklik tombol di bawah ini!

cta cara membuat sabun pepaya

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading