Cara Membuat Scrub dari Garam dan Manfaatnya Buat Kulit

cara membuat scrub dari garam

Belakangan ini melakukan perawatan kecantikan di rumah lebih banyak dilakukan. Salah satunya adalah eksfoliasi kulit. Ternyata garam bisa menjadi salah satu eksfoliator alami yang bagus untuk kulit, lho. Enggak percaya? Simak cara membuat scrub dari garam dan manfaatnya buat kulit berikut ini.

Eksfoliasi kulit adalah cara yang dilakukan untuk menghilangkan dengan mengikis atau mengangkat sel-sel kulit mati yang tertinggal di kulit.

Karenanya, proses ini sangat penting untuk merangsang pembentukan sel kulit baru. Pembentukan sel kulit baru akan membuat kulit tampak lebih cerah secara alami.

Pembentukan sel kulit baru akan membuat tekstur kulit menjadi lebih kencang dan halus sehingga membuatmu tampak lebih muda dan segar.

Nah, biasanya untuk melakukan eksfoliasi orang akan berangkat ke klinik dan membayar tenaga ahli untuk melakukannya. Ternyata, eksfoliasi bisa dilakukan dengan mudah loh di rumah.

Salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah yaitu garam, gula, kopi, dan bahan alami lainnya. Bahan-bahan ini bisa diracik menjadi scrub alami untuk membantu eksfoliasi.

Well, kamu juga tertarik bukan untuk tahu bagaimana cara membuatnya dan apa saja manfaatnya untuk kecantikan. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini, ya, Ladies!

7+ Manfaat Garam untuk Kulit

manfaat garam untuk kulit

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara membuat scrub dengan bahan dasar garam. Akan lebih baik kalau kamu terlebih dahulu tahu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari pemanfaatan garam.

Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat garam untuk kulit.

Membantu Mencerahkan Kulit

Manfaat garam untuk kulit yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit. Garam mengandung berbagai mineral alam yang ternyata baik untuk tubuh.

Kandungan mineral mineral tersebut antara lain potasium, magnesium, kalsium dan lainnya. Mineral yang tinggi dalam garam memberi peran besar dalam membantu merevitalisasi sel-sel kulit yang mati.

Selain itu, mineral juga sangat membantu dalam menjaga kulit tetap terhidrasi, mencegah kekusaman hingga mencegahnya dari iritasi. Oleh karena itu, penggunaan garam dalam perawatan kulit membuat kulit menjadi semakin cerah secara alami.

Membantu Mengatasi Peradangan

National Eczema Foundation menyarankan untuk menambahkan secangkir garam ke air yang digunakan untuk mandi untuk membantu mengatasi iritasi dari eksim. Saran tersebut berangkat dari sifat garam yang antiinflamasi sehingga dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit.

Eksim sendiri adalah gangguan pada kulit yang ditandai munculnya ruam merah dan rasa gatal yang berlebihan. Selain mengatasi peradangan, penggunaan garam ketika mandi juga membantu menghidrasi kulit yang kering.

Membantu Menyerap Minyak

Garam yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri berpengaruh pada penggunaan garam yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit.

Minyak memang dibutuhkan oleh kulit, namun produksi minyak yang berlebihan justru dapat memberikan efek negatif pada kulit seperti jerawat dan lainnya.

Membantu Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat selanjutnya dari pemanfaatan garam adalah dapat membantu mengatasi jerawat yang muncul di wajahmu. Manfaat ini ada karena sifat antibakteri yang ada pada garam berfungsi melawan bakteri penyebab jerawat.

Selain bakteri, jerawat juga bisa disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan. Nah, garam juga dapat membantu mengontrol produksi minyak. Sehingga mencegah adanya jerawat akibat minyak berlebih, namun tidak membuat wajah kering akibat minyak yang hilang.

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Garam juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dengan menjadikannya sebagai scrub. Bentuknya yang berupa butiran-butiran kecil dapat dipadukan dengan bahan lain dalam penggunaannya. Ketika sel-sel kulit mati terangkat, kulit akan menjadi lebih halus dan tidak kusam.

Membantu Membersihkan pori-pori

Siapa sangka, ternyata air garam bisa dijadikan sebagai pembersih wajah. Khasiatnya sama bahkan lebih baik dibanding pembersih wajah ataupun sabun wajah yang biasa kamu gunakan ketika membersihkan wajah sehari-hari.

Mengatasi Kantung Mata dan Mata Panda

Munculnya kantung mata membuat penampilan tampak tidak segar. Nah, ternyata garam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kantung mata ini loh. Caranya adalah dengan merendam kapas dalam campuran air dan garam.

Selanjutnya tinggal mengoleskan kapas pada bagian kantung mata atau mata pandamu. Secara berkala kantung mata akan pulih dan warna hitam di sekitar mata juga akan menghilang.

Cara Membuat Scrub dari Garam Sendiri

cara membuat scrub dari garam

Ini dia beberapa cara membuat scrub dengan bahan dasar garam. Cara di bawah ini sangat mudah untuk kamu praktikkan di rumah. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, kamu bisa mengombinasikan garam dengan bahan alami lainnya.

Kombinasi Scrub Garam dan Kopi

Apakah kamu tahu kalau bubuk kopi bisa dimanfaatkan sebagai scrub? Nah, memadukan garam dan bubuk kopi sebagai scrub akan memberikan hasil lebih pada perawatan yang kamu lakukan.

Bukan hanya mencerahkan kulit, perpaduan garam dan bubuk kopi yang digunakan secara teratur juga dapat membantu menghilangkan daki menahun loh. Berikut cara membuat scrub garam dan kopi:

  1. Pertama, siapkan bahan berupa bubuk garam, bubuk kopi hitam, dan minyak zaitun.
  2. Racik bubuk kopi, bubuk garam dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:2:1.
  3. Aduk hingga menjadi pasta.
  4. Untuk memakainya, oleskan pada bagian kulit yang ingin kamu bersihkan.
  5. Gosok perlahan beberapa menit.
  6. Bilas hingga bersih.
  7. Lakukan pada bagian kulit yang lain dengan cara yang sama.

Membuat Scrub Garam dan Lemon

Resep kedua adalah scrub dari bahan garam dan lemon. Sudah bukan rahasia bahwa dua bahan ini memiliki khasiat mencerahkan, bahkan ampuh mengangkat daki di kulit.

Sebelum mencoba resep ini pastikan kulitmu sudah bersih terlebih dahulu. Resep ini dapat kamu coba di rumah dengan cara seperti berikut:

  1. Siapkan bahan berupa bubuk garam dan satu buah lemon.
  2. Potong lemon menjadi dua bagian.
  3. Taburkan bubuk garam di permukaan potongan lemon.
  4. Untuk menggunakannya sebagai scrub, langsung saja gosokkan potongan lemon yang telah diberi taburan garam di kulit.
  5. Gosok perlahan selama beberapa waktu.
  6. Jika garam di permukaan lemon habis, kamu bisa menambahkannya lagi.
  7. Lakukan hingga selesai kemudian bilas hingga bersih.
  8. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Scrub Garam dan Minyak Zaitun

Resep ketiga adalah perpaduan antara garam dan minyak zaitun. Perpaduan kedua bahan ini akan membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit. Untuk mencobanya, perhatian cara pembuatan dan pemakaiannya berikut ini:

  1. Siapkan bahan berupa minyak zaitun dan bubuk garam.
  2. Buat campuran berupa bubuk garam dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1
  3. Aduk campuran hingga menjadi pasta
  4. Pastikan kulit sudah bersih dan dalam keadaan kering
  5. Untuk memakainya, oleskan pada bagian kulit yang akan dieksfoliasi.
  6. Gosok perlahan dengan cara memutar selama 10 menit.
  7. Selanjutnya bersihkan dengan sabun dan keringkan.

Efek Samping Pemakaian Scrub Garam

Dari pembahasan di atas, kamu sudah tahu bahwa garam memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Namun, penggunaan scrub garam juga bisa memiliki efek samping, apalagi kalau kamu menggunakannya secara berlebihan. Nah, berikut ini adalah beberapa efek samping penggunaan scrub garam yang mungkin terjadi.

Menjadikan Kulit Kering

Garam memang membantu mengurangi produksi minyak pada kulit. Namun, pada pemakaian berlebihan atau membiarkan garam terlalu lama di kulit dapat membuat kulit menjadi kering.

Pastikan untuk membiarkan garam menempel di kulit tidak lebih dari 15 menit. Selain itu batasi pemakaian scrub, jangan sampai menggunakannya setiap hari.

Pada cuaca dingin atau bagi orang dengan jenis kulit yang kering, pemakaian garam sebagai scrub tidak dianjurkan. Sebelum memakainya, pastikan terlebih dahulu jenis kulit yang kamu miliki. Selain itu, pastikan untuk membilas scrub garam hingga bersih setelah memakainya.

Reaksi Alergi

Ternyata pemakaian garam juga bisa menimbulkan reaksi alergi loh. Oleh karena itu, sebelum memakai garam sebagai bahan perawatan, pastikan terlebih dahulu bahwa kulitmu tidak memiliki alergi terhadap garam.

Bagi orang yang memiliki alergi, maka reaksi bisa saja muncul setelah pemakaian garam untuk perawatan.

Reaksi yang muncul dapat berupa ruam, gatal pada kulit atau biduran, hingga sesak napas sesaat setelah menggunakan garam. Jika setelah mencoba memakai garam sebagai perawatan kamu mengalami salah satu gejala atau lebih, maka sebaiknya tidak mengulanginya lagi dan segera memeriksakannya ke dokter.

Munculnya Jerawat

Jika sebelumnya telah dijelaskan bahwa pemakaian garam dapat membantu mengurangi jerawat, pemakaian garam juga bisa menjadi penyebab jerawat.

Penyebabnya adalah proses pembersihan yang masih kurang atau pemakaian yang terlalu lama. Pastikan untuk tidak menggunakan garam hingga lebih dari 15 menit serta bilas wajah hingga bersih setelah menggunakannya.

Sisa residu garam yang masih menempel di wajah dapat menyumbat pori sehingga justru menjadi penyebab jerawat. Gunakanlah garam dengan hati-hati dan teliti agar dapat mengambil manfaatnya secara maksimal.

Iritasi Kulit

Iritasi kulit akibat pemakaian garam hanya terjadi pada beberapa orang saja. Alasannya adalah pemakaian yang kasar. Butiran garam memiliki bentuk yang tidak beraturan, oleh karena itu penggunaannya harus perlahan.

Jika menggosokkan garam secara kasar pada kulit, dapat membuat kulit tergores hingga menyebabkan iritasi.

Scrub Garam VS Scrub Gula, Mana yang Paling Baik?

Penggunaan gula sebagai scrub sudah lama dikenal dan dilakukan oleh kebanyakan orang. Bahkan, sebagian orang masih belum tahu bahwa garam bisa dijadikan sebagai bahan scrub alami. Lalu bagaimana cara menentukan jika ingin memilih untuk memakai scrub garam atau gula?

Kelebihan Scrub Garam

  1. Membantu melancarkan aliran darah pada proses scrubbing, membuat kulit tampak lebih segar
  2. Memiliki butiran yang lebih besar dan lebih kuat daripada gula
  3. Cocok untuk scrub badan
  4. Membantu kulit menjadi lebih lembab
  5. Mencerahkan kulit
  6. Lebih membantu jika ingin mengangkat daki menahun

Kelebihan Scrub Gula

  1. Memiliki butiran lebih halus
  2. Cocok untuk scrub wajah
  3. Membantu kulit menjadi lebih lembab dan kenyal

Baca Juga: Sering Dipakai Beauty Hack, Ketahui Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan Ini

Nah, itu dia beberapa kelebihan dari masing-masing jenis scrub berdasarkan bahan garam dan gula. Sebenarnya kedua bahan ini sama baiknya bergantung tujuan yang ingin kamu capai dari penggunaannya.

Ternyata hanya dari garam saja bisa memiliki begitu banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Setelah kamu tahu manfaat pemanfaatan garam dan cara membuat scrub dari garam, apakah kamu tertarik untuk mencobanya di rumah?

Selalu ingat untuk tidak menggunakannya secara berlebihan dan tetap berhati-hati ya! Selamat mencoba!

About Author

Related posts

Leave a Comment