Cara Memulai Usaha Nail Art, Rincian Modal dan Step by Step-nya!

cara memulai usaha nail art (5)

Sebagai seorang Beautypreneur, kamu tentu harus jeli melihat peluang usaha dalam industry kecantikan. Enggak hanya melulu berjualan, kamu bisa menawarkan jasa kecantikan tertentu kepada masyarakat. Misalnya dengan cara memulai usaha nail art.

Sebenarnya usaha nail art ini sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Akantetapi yang membuka usaha ini juga enggak bisa dikatakan besar, apalagi kalau dibandingkan dengan salon kecantikan dan jasa Make up Artist (MUA).

Padahal minat Beauty Enthusiast untuk mempercantik kuku mereka lewat jasa nail art juga cukup besar. Karena untuk menghias kuku ini juga enggak bisa dilakukan secara sembarangan, sebab itu mereka membutuhkan orang yang lebih ahli.

Tentu inilah yang kemudian membuat peluang bisnis nail art cukup menjanjikan. Selain itu, peluang untuk bersaing di pasaran dan menawarkan harga kompetitif juga bisa memberikan nilai keuntungan tersendiri untukmu nantinya.

Nah, lantas seperti apa sih peluang bisnis ini dan bagaimana cara memulai usaha nail art untuk pemula? Yuk, cari tahu informasinya lewat penjelasan berikut ini, Beautypreneurs!

Peluang Bisnis Nail Art dan Ruang Lingkupnya

cara memulai usaha nail art (3)

Sebelum benar-benar membahas cara memulai usaha nail art, kamu juga harus tahu terlebih dahulu seperti apa bisnis ini dan ruang lingkupnya.

Nah, sesuai dengan namanya, bisnis nail art merupakan jenis usaha yang menyediakan jasa untuk melukis, menghias, dan mempercantik kuku. Usaha ini tergolong dalam industry kecantikan, khususnya yang berkaitan dengan fesyen dan lifestyle.

Nail art membantu memaksimalkan tampilan seseorang, misalnya untuk menjadi lebih menarik, modis, berkelas, dab banyak lainnya. Meski begitu, enggak hanya berkaitan dengan ‘melukis kuku’, bisnis nail art ini biasanya menyediakan serangkaian pelayanan untuk merawat kesehatan kuku dan jari.

Karena itu, ruang lingkupnya juga lebih besar daripada yang orang awam bayangkan. Beberapa jenis layanan yang dimaksud antara lain, manicure, pedicure, nail polish, nail art, hingga nail spa.

Manicure

Jenis perawatan pertama adalah manicure, yakni merendam tangan serta kaki ke dalam air hangat dengan campuran sabun khusus. Proses ini bertujuan untuk membersihkan kulit pada telapak dan jari-jari tangan ataupun kaki.

Dengan begitu, akan semakin mudah untuk penyedia jasa membersihkan bagian kuku jari dan membuat tampila nail art jadi lebih maksimal.

Pedicure

Setelah manicure, ada juga perawatan namanya pedicure. Perawatan ini merupakan kelanjutan dari manicure, dengan langsung membersihkan area kuku jari atau kutikula sehingga menjadi lebih sehat dan tampak cantik.

Nail Polish

Setelah bersih, kamu bisa melanjutkan perawatan dengan nail polish. Jenis jasa dalam nail art ini bisa membantu memperindah kuku dengan proses pengecatan.

Umumnya, konsumen akan memberikan referensi warna dan desain yang mereka inginkan. Baik dari tren tertentu ataupun menyesuaikan dengan kepribadian mereka sendiri.

Nail Art

Berbeda dengan nail polish, jasa nail art ini serupa melukis di atas kuku. Namanya saja sudah ‘art’, pasti ada karya yang dihasilkan dari prosesnya.

Beautypreneurs, untuk membuka usaha nail art ini kamu wajib banget jadi kreatif dan inovatif. Karena biasanya konsumen datang hanya dengan perkiraan desain dan angan-angan mereka. Selebihnya, mereka percaya pada insting dan keahlianmu sebagai seorang seniman kuku.

Spa Kuku

Tak hanya rambut dan tubuh, kuku juga bisa dirawat lewat Spa. Kamu pun bisa memasukkannya ke dalam list layanan usaha nail art-mu.

Spa kuku ini bisa memberikan kenyamanan dan rasa rileks pada pelangganmu. Sebab dibarengi dengan pijat refleksi serta memberika banyak nutrisi pada kuku.

Modal Membuka Usaha Nail Art untuk Pemula

Modal merupakan hal pertama yang harus kamu perhitungkan ketika akan memulai sebuah bisnis, termasuk ketika ingin menawarkan jasa nail art.

Dengan menyusun rincian modal, kamu bisa membuat rencana usaha yang lebih matang dan dapat memperkirakan keuntungan di masa mendatang nantinya.

Nah, untuk cara memulai usaha nail art ini modalnya ada dua macam, yakni modal non-materiil dan modal materiil yang akan dirinci sebagai berikut.

Modal Non-Materiil

cara memulai usaha nail art (4)

Modal non-materiil ini merupakan jenis modal yang berkaitan dengan skill nail art yang kamu miliki. Sama dengan penyedia jasa Make Up Artist (MUA) dan salon kecantikan lainnya, kamu perlu mengasah keterampilanmu dalam mempercantik kuku.

Nah, biasanya akan ada akademi atau tempat kursus khusus yang menyediakan pelatihan nail art. Setelah mengikuti kelas hingga habis, kamu akan diberikan sertifikat sebagai tanda kamu telah belajar dan bisa dibilang ahli dalam bidang nail art.

Di pelatihan ini kamu bisa mendapatkan ilmu nail art dasar, sementara pengembangannya bisa kamu lakukan dengan terus berlatih dan melihat tren yang muncul di media sosial.

Modal Materiil

Kalau sudah memiliki skill yang dibutuhkan, kamu bisa menyiapkan modal materill. Ini meliputi besarnya biaya pembukaan stand/lokasi fisik nail art, peralatan yang dibutuhkan, juga biaya promosi dan karyawan.

Langsung simak rincian modal untuk membuka usaha nail art berikut ini ya, Beautypreneurs:

No.Keterangan BiayaBesaran Biaya (Rp)
1Sewa Stand di Mall (per bulan)3.000.000
2Beli Kutek dan Peralatan Nail Art2.000.000
3Meja dan Kursi1.500.000
4Dekorasi Toko/Stand1.000.000
5Karyawan1.500.000
Total8.500.000
Tabel perkiraaan modal cara membuka bisnis nail art

Sebenarnya, kamu enggak harus langsung menyewa stand di Mall atau membuka salon fisiknya secara langsung di awal. Kamu bisa mulai dengan menawarkan jasamu door to door, atau dari pintu ke pintu dan bekerja sama dengan Event Organizer (EO) terlebih dahulu.

Setelah kamu telah memiliki pelanggan tetap, koneksi yang beragam, dan cukup modal untuk membuka stand. Kamu bisa melebarkan bisnis nail art impianmu to the next level.

Cara Memulai Usaha Nail Art untuk Pemula

cara memulai usaha nail art (5)

Beautypreneurs, cara memulai usaha nail art untuk pemula ini sebenarnya enggak jauh beda dengan memulai bisnis lain. Kamu harus mempersiapkan modal terlebih dahulu kemudian mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Membuat Rancangan/Perencanaan Bisnis

Langkah pertama dalam cara memulai usaha nail art adalah membuat rancangan/perencenaan bisnis. Ini akan memudahkanmu untuk memetakan langkah dan alokasi modal usaha ketika akan membangun bisnis nail art.

Membuat perencanaan bisnis pun akan membantumu mengetahui kelemahan dan kelebihan usaha. Sehingga, kamu bisa mengatur strategi yang lebih efisien dan efektif untuk bisnis yang kamu miliki.

Penasaran bagaimana cara membuat rancangan/perencanaan bisnis yang tepat? Cek di sini!

Lengkapi Sertifikat Nail Art

Nah, Beautypreneurs, sertifikat nail art rupanya sangat dibutuhkan dalam cara membuka usaha nail art, lho. Karena sertifikat ini bisa menjadi penanda bahwa salon kukumu memang dikelola dan ditangani oleh orang-orang professional.

Apalagi kalau kamu memang serius untuk terjun dan mengelola bisnis di bidang ini. Kamu bisa mengikuti kelas atau sekolah kursus nail art yang ada, sehingga bisa mendapatkan keahlian dan sertifikat tersebut.

Tak hanya itu, hal ini pun bisa memberikan nilai tambah dan daya jual usaha yang kamu rintis. Pasalnya, klien akan merasa lebih percaya pada jasa nail art yang kamu tawarkan.

Pelatihan atau kursus ini pun akan membantu menambah skill, kreativitas, dan teknik nail art yang kamu miliki.

Merekrut Karyawan yang Kompeten

Cara memulai usaha nail art selanjutnya adalah dengan merekrut karyawan yang kompeten. Sebenarnya, kamu enggak perlu terlalu terburu-buru untuk merekrut karyawan. Apalagi kalau usaha ini benar-benar kamu rintis dari nol.

Namun, jika dari awal kamu ingin mendapatkan atau memulai usaha ini dengan lebih dari satu nail artist pun tak masalah. Yang harus kamu perhatikan adalah karyawan atau rekan kerja ini juga harus memiliki pengalaman di bidang nail art.

Hal ini juga akan berpengaruh pada pelayanan dan kepuasan konsumen nantinya. Bila sembarangan merekrut orang, bisa-bisa hasil nail art-nya tak seperti ekspektasi dan malah akan membuat awareness salon kuku berkurang.

Dalam proses perekrutan ini kamu bisa meminta bukti karya, melihat latar belakang pekerjaan sebelumnya, juga mencari tahu seberapa kreatifnya candidat tersebut dengan mengetesnya secara langsung.

Kamu juga harus baca Cara Merekrut Karyawan Berkualitas untuk Bisnis Kosmetik.

Memilih Lokasi Salon Kuku yang Tepat

Cara memulai usaha nail art selanjutnya adalah mmeilih lokasi salon kuku yang tepat. Lokasi usaha memang berpengaruh besar pada penghasilan dan perkembangan bisnismu. Karenanya, mencari lokasi yang tepat dan strategis akan membawa banyak keuntungan.

Sebelum memilih tempat, kamu bisa melakukan riset terhadap target pasar terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan mengetahui tempat seperti apa yang banyak mereka kunjungi dan paling memungkinkan untuk membuka bisnis nail art.

Misal, jika yang kamu jadikan target adalah perempuan-perempuan muda yang suka fesyen. Maka tempat yang paling cocok adalah dalam mall besar atau dekat dengan ritel kosmetik.

Dengan begitu, kamu akan mampu menarik lebih banyak konsumen untuk mengunjungi dan menggunakan jasa nail art-mu.

Lakukan Survey Produk Unggulan

Cat kuku tak hanya punya satu jenis, melainkan belasan jenis. Tak hanya itu, produk ini pun juga dibuat dari berbagai jenis merk/brand kosmetik. Pertanyaannya, produk mana yang paling baik dan bisa kamu gunakan untuk memulai usaha nail art?

Nah, untuk itu cara memulai usaha nail art selanjutnya kamu perlu melakukan survey produk unggulan. Kamu bisa mencari rekomendasi dan review lewat Internet atau media sosial, juga bisa membeli beberapa jenis produk dari merk berbeda kemudian mencobanya langsung.

Langkah ini sangat penting agar kamu bisa memberikan hasil nail art yang maksimal pada konsumen. Karena, mereka pasti juga tak ingin membuang waktu dan uang untuk nail art yang mudah rusak, atau tak sesuai dengan selera mereka.

Well, kamu bisa melakukan riset terhadap produk kutek yang bagus juga aman untuk kulit. Selain itu, pilih kutek yang tak mudah hilang dan berkualitas untuk bisnismu.

Apa saja jenis kutek yang harus kamu tahu? Ketahui kesebelasanya di sini!

Gunakan Media Online untuk Promosi

Beautypreneurs, kegiatan promosi sekarang bisa dilakukan dengan lebih efisien dan efektif lewat media sosial. Bahkan, kamu enggak perlu keluar banyak uang hanya untuk memasang iklan jasa, seperti di televisi atau surat kabar.

Lewat media online pun kamu bisa menjangkau target pasar yang jauh lebih besar dan potensial. Nah, promosi ini bisa kamu gunakan untuk semua jenis usaha, termasuk bagi salon kuku yang ingin kamu dirikan.

Nail art, sama halnya dengan industry kecantikan lain, memerlukan media promosi yang bisa menonjolkan aspek visual. Karenanya, media online bisa menjadi sarana promosi yang efisien.

Media seperti Instagram, Website, Pinterst, Facebook, hingga menggunakan Google My Business bisa mendukung kegiatan promosimu. Semua media online ini pun sangat mendukung penggunaan gambar-gamabar dan video untuk meningkatkan engagement rate.

Ada sebelas jenis media online yang bisa digunakan untuk promosi, simak semuanya di sini.

Selalu Ikuti Tren Desain dan Warna Cat Kuku

cara memulai usaha nail art (3)

Terakhir, cara memulai usaha nail art selanjutnya adalah dengan aktif mengikuti tren desain dan warna cat kuku yang sedang booming. Tentu sebagai seniman, kamu enggak bisa menjiplak karya orang lain begitu saja, tapi kamu masih bisa menjadikannya sebagai referensi dan melakukan inovasi.

Selain itu, mengikuti tren cat kuku pun akan membuat desain menjadi lebih beragam. Kamu bahkan bisa memilih jenis dan warna produk sesuai dengan selera konsumen, serta bebas untuk berekspresi.

Misalnya, pada awal tahun 2022 ini tren cat kuku hadir dengan nuansa yang cukup berani dan mengandung kesan pop. Tren ini terinspirasi dari beberapa film remaja yang cukup popular, dengan  menyediakan cat berwarna hijau, merah muda, kuning, ungu, dan banyak lainnya.

Nah, itu adalah berbagai cara memulai usaha nail art yang haru kamu ketahui. Mulai dari peluangnya, modal yang perlu kamu persiapkan, hingga bagaimana cara memulai usaha tersebut.

Semoga artikel ini bisa memberi semua informasi yang kamu butuhkan soal bisnis nail art. See you, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment