Kiat Promosi Digital, Ini Cara Mengelola Halaman Bisnis di Facebook

cara mengelola halaman bisnis di Facebook (2)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan fitur halaman di Facebook bukan? Lebih jelasnya, Halaman adalah sebuah fitur yang memberikan tempat bagi tokoh publik, artis, organisasi, pelaku bisnis seperti kamu, dan lainnya untuk bisa berinteraksi dengan penggemar dan pelanggan dengan lebih mudah.

Halaman Facebook memberikan fitur serupa namun tak sama pada Halaman sesuai tujuan masing-masing. Karena tidak mungkin halaman untuk artis akan sama dengan Halaman bisnis bukan?

Agar bisa mengoptimalkan Halaman Bisnis Facebook dengan lebih maksimal, alangkah lebih bijak kalau kamu menguasai cara mengelola halaman bisnis facebook ini. Semakin kamu mahir dan menguasai Halaman Bisnis Facebook, tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri untukmu agar lebih mudah mengembangkan bisnismu.

Yuk caritahu lebih jauh mengenai Cara Mengelola Halaman Bisnis Di Facebook agar kamu bisa segera mengembangkan bisnismu!! Sudah nggak sabar kan? Simak, jangan sampai ada yang terlewat!!

Mengapa Halaman Bisnis Harus Dikelola?

Apakah kamu juga berpikir bahwa setelah membuat halaman bisnis, kamu hanya perlu mengunggah konten bagus saja dan pelanggan akan datang dengan sendirinya?

Membuat konten yang bagus dan menarik memang penting, tapi ternyata itu saja masih belum cukup lho! Jika diibaratkan dengan memancing, kamu harus menyesuaikan jenis kail, umpan, senar dan berbagai peralatan lainnya dengan ikan yang ingin kamu tangkap dan lokasi tempat kamu memancing bukan?

Sama saja dengan Halaman Bisnis Facebook ini. Kamu harus memahami cara kerja Halaman Bisnis Facebook, siapa target market bisnismu, dan berbagai aspek lainnya yang bisa mendukung agar Halaman Bisnismu dapat dikenal luas dengan lebih cepat.

Ketika Halaman Bisnis Facebookmu sudah banyak dikenal luas, jaminan untuk mendapatkan akses pasar yang lancar jadi lebih mudah. Karena sekarang, setiap orang akan memastikan suatu produk atau layanan melalui sosial media.

Mereka akan mencari kepastian, apakah suatu produk atau layanan dapat dipercaya hasil dan kualitasnya melalui validasi publik.

Nah, sekarang kamu jadi yakin kan kalau memahami cara mengelola Halaman Bisnis Di Facebook itu penting! Jadi, yuk langsung saja kita bahas semuanya di bawah ini!!

Ketahui Juga: Potensial Banget, Ini Dia Cara Iklan di Facebook yang Harus Kamu Tahu

Cara Mengelola Halaman Bisnis di Facebook

cara mengelola halaman bisnis di Facebook (1)

Meski fitur pada Facebook sudah banyak berkembang, namun landasan yang digunakan masih tetap sama yaitu interaksi antar pengguna. Interaksi inilah yang menjadi modal dasarmu untuk mengembangkan Halaman Bisnis Facebookmu.

Buat Halaman Bisnismu

Langkah pertama sebelum mengelola tentu saja adalah menciptakan Halaman Bisnis Facebookmu. Untuk membuat Halaman Bisnis sendiri sangat mudah. Kamu hanya perlu masuk ke akun Facebookmu kemudian membuat Halaman Bisnis dari akun tersebut.

Ikuti saja instruksinya dan Halaman Bisnis Facebookmu sudah jadi. Sangat mudah bukan?

Tambahkan Aset dan Tetapkan Izin

Setiap jenis halaman di Facebook memiliki fitur berbeda. Pada Halaman Bisnis, kamu perlu mengatur beberapa hal dan yang paling utama adalah aset dan izin untuk orang-orang yang berperan dalam halaman bisnismu.

  1. Untuk mengatur aset, buka pengaturan di Halamanmu, pilih Orang dan Aset kemudian pilih Orang. Tetapkan siapa yang boleh mengendalikan Akun Iklan dan Halaman, jangan lupa memberikan izin sesuai peran meraka dalam Halaman.
  2. Kalau kamu sudah membuat akun Bisnis Instagram untuk produk atau layananmu, kamu juga bisa menghubungkannya dengan Halaman Bisnis Facebookmu. Untuk menghubungkannya adalah dengan membuka Pengaturan Bisnis, kemudian pilih Akun Instagram.
  3. Selanjutnya, Buka Halaman, pilih Tambahkan Halaman Baru dan pilih Klaim Halaman.
  4. Buat akun Iklan kemudian Tambahkan akun iklan baru

Ketika kamu menetapkan izin akses pada timmu, pastikan mereka mendapat level izin sesuai posisi mereka ya agar tugas mereka jadi lebih jelas dan lebih mudah memantau Halaman Bisnis yang kamu kelola.

Ciptakan Interaksi dan Tumbuhkan Loyalitas Pelangganmu

Sebagaimana sudah dijelaskan di awal, landasan dasar dibuatnya halaman adalah untuk menciptakan interaksi. Bukan hanya itu, Facebook mendesain Halaman agar memberi pelaku bisnis seperti kamu menjadi lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan dan dapat lebih cepat memberikan tanggapan.

Pelanggan selalu merasa senang dengan kesan-kesan positif. Kesan positif ini menjadi nilai lebih bahkan tak sedikit pelanggan yang memilih layanan menyenangkan dibanding harga yang murah.

Bukan hanya itu, pelayanan yang baik menunjukkan seberapa profesional timmu. Siapa yang tidak yakin untuk berbisnis dengan tim yang profesional?

Aspek yang Harus Kamu Kelola Dalam Pelayanan

Selain membuat konten yang menarik, untuk meningkatkan engagement dan membuat Halaman Bisnismu aktif. Kamu juga harus memperhatikan berbagai aspek penting dalam pelayanan berikut ini.

Pesan

Bukan hanya membalas dan berkirim pesan, tinjaulah bagaimana orang berinteraksi dengan Halaman Bisnismu. Jadikan informasi tersebut sebagai acuan dalam menanggapi pesan dari pelanggan. Pertimbangkan pula informasi yang dibagikan pelanggan di profilnya.

Notifikasi

Melalui notifikasi kamu jadi tahu seberapa banyak suka dan tanggapan lainnya untuk postingan yang kamu bagikan melalui Halamanmu. Selain itu, dengan notifikasi kamu jadi bisa segera menanggapi komentar pelanggan lebih cepat.

Pengaturan

Karena sebelum membuat Halaman kamu sudah menentukan siapa yang menjadi target marketmu, kamu bisa mengatur hal tersebut di menu pengaturan. Kontrol siapa saja yang bisa melihat Halaman dan postingan di halaman. Selain itu, kamu juga bisa mengatur siapa saja yang boleh memiliki peran di Halaman Bisnismu.

Tentang

Gunakan fitur ini untuk membagikan informasi seputar bisnismu pada pelanggan. Kamu bisa menambahkan informasi berupa alamat, nomor telepon, situs web dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membagikan detail mengenai produk, layanan hingga harga dan promo yang sedang kamu adakan.

Periksa Secara Berkala Kinerja Halaman Bisnismu dan Tingkatkan

Kamu bisa memeriksa kinerja halaman melalui tab Insight Halaman. Di sini kamu bisa memantau konten seperti apa yang menciptakan lebih banyak interaksi.

Sehingga kamu jadi lebih mudah menentukan konten seperti apa lagi yang dapat menciptakan lebih banyak interaksi di Halaman Bisnismu.

Ini dia beberapa hal yang harus kamu pantau melalui Insight Halaman

Jangkauan dan interaksi

Ketahui berapa banyak yang melihat postinganmu dan memberikan tanggapan berupa komentar, sukai postingan hingga berapa kali postingan dibagikan.

Tindakan

Awasi tindakan orang-orang di halamanmu. Apakah mereka membuka situs atau menekan tombol ajakan untuk memberi tindakan.

Orang

Pahami pelangganmu dari data demografi mereka seperti usia, jenis kelamin dan lainnya. Selain itu kamu juga bisa mengetahui bagaimana mereka menemukan Halamanmu dan kapan mereka menemukannya.

Tayangan

Perhatikan berapa banyak orang yang melihat Halamanmu dan bagian mana dari Halamanmu yang menarik perhatian mereka.

Postingan

Lihat rincian kinerja postingan yang kamu unggah di Halaman Bisnismu. Perhatikan berapa banyak yang telah dijangkau oleh postinganmu dan bagaimana tanggapan mereka terhadap postinganmu.

Data-data yang kamu peroleh dari Insight Halaman ini bisa menjadi acuanmu ketika kamu akan membuat konten baru. Dengan modal data dan informasi tersebut, kamu jadi lebih tahu konten seperti apa yang harus kamu buat untuk mendapatkan tanggapan yang kamu inginkan dari pelangganmu.

Eits, tunggu dulu! Masih ada informasi lebih lanjut nih untuk mengelola Halaman Bisnis Di Facebook. Berikut ini akan kita bahas lebih jauh dan lebih detail mengenai tindakan-tindakan yang bisa kamu dan timmu lakukan agar pengelolaan Halaman Bisnismu jadi lebih rapi dan lebih maksimal.

Rencanakan dan Jadwalkan Unggahan

Perencanaan dan penjadwalan sangat penting loh! Setelah kamu mengawasi bagaimana pelanggan menanggapi unggahanmu di Halaman, segera lakukan perencanaan untuk unggahan selanjutnya. Jangan lupa untuk mengatur jadwalnya agar unggahan Halamanmu teratur dan tidak berbenturan dengan postinganmu di platform yang lain.

Halaman Facebook sendiri sudah menyediakan fitur agar kamu lebih mudah untuk menjadwalkan unggahan-unggahanmu. Dengan memanfaatkan fitur ini kamu tidak perlu takut terlambat mengunggah postingan hingga kehilangan momen.

Gunakan Gambar Thumbnail dan Video Yang Berkualitas serta Menarik

Thumbnail adalah visual pertama yang ditangkap pelanggan ketika menjelajah sosial media. Jika kamu ingin menarik perhatian mereka untuk menyimak unggahanmu, maka gunakan thumbnail yang menarik.

Pastikan bahwa gambar dan video yang kamu gunakan untuk unggahanmu tidak terlalu berat untuk diputar dan tidak terlalu buruk kualitasnya ya. Pilihlah gambar dan video yang nyaman untuk disimak oleh pelanggan agar mereka tegerak untuk memberikan tanggapan.

Pilih Foro Profil dan Cover Yang Menarik dan Dapat Mewakili Identitas Bisnismu

Ketika pelanggan merasa ingin tahu mengenai Halaman Bisnismu, mereka akan membuka Halamanmu. Sambutlah kedatangan mereka dengan tampilan yang menarik.

Selain penampilan, penting juga untuk menambahkan informasi pada foto profil dan sampul halamanmu. Informasi tidak selalu dalam bentuk tulisan, logo brand ataupun gambar lain yang dapat menjelaskan bisnismu juga merupakan informasi.

Tampilan inilah yang ditangkap pelanggan ketika mereka membuka Halaman Bisnismu untuk kali pertama, dan pastikan mereka tahu siapa kamu dan menaritahu lebih jauh mengenai bisnismu.

Tab Custom

Manfaatkan Tab Custom untuk meningkatkan hasil pemasaran melalui Halaman Bisnismu. Berikan berbagai penawaran menarik untuk pelangganmu. Kamu bisa mengajaknya untuk mengikuti halamanmu, memberikan penawaran khusus hingga promosi terbatas.

Berikan Apresiasi Untuk Pelanggan

Perhatian-perhatian kecil yang kamu berikan pada pelangganmu melalui Halaman Bisnis bisa memberikan kesan yang baik pada mereka. Pelanggan akan merasa dihargai, merasa dekat denganmu, dan merasa bahwa keberadaan mereka benar-benar berarti untukmu.

Apresiasi berupa balasan sederhana pada komentar yang mereka berikan di unggahanmu, balasan cepat pada pesan yang mereka kirim hingga hadiah-hadiah kecil yang kamu bagikan akan membuat pelangganmu dengan senang hati memberikan kesetiaan mereka.

Ajukan Pertanyaan

Tidak harus berupa pertanyaan berat, menanyakan aktivitas pagi atau sekadar menu sarapan dapat mengundang tanggapan dari pelangganmu. Semakin mereka merasa nyaman, semakin mudah menggiring mereka untuk memberikan hasil yang kamu harapkan, yaitu konversi.

Call To Action

Tak perlu sungkan atau segan untuk mengajak pelanggan agar memberikan tanggapan mereka. Undang mereka untuk memberikan tanggapan sesuai yang kamu inginkan.

Namun, perlu kamu tahu panggilan aksi bukan hanya ajakan untuk menanggapi unggahan di Halaman Bisnismu. Karena kembali pada tujuan utama bisnismu, yang sebenarnya kamu inginkan dari pelangganmu adalah agar mereka membeli produkmu atau menggunakan layanan yang kamu tawarkan.

Pastikan, di momen yang tepat kamu menambahkan panggilan aksi berupa ajakan pada pelanggan sesuai tujuan bisnismu ya!

Jangan Lengah Dari Kompetitor

Bukan hanya pelanggan, penting juga untuk mempelajari kompetitor. Apa yang tidak kamu tawarkan tapi ditawarkan oleh kompetitormu dan sebaliknya. Kemudian bagaimana perbedaan tanggapan pelanggan pada penawaran kalian.

Strategi apa yang digunakan oleh kompetitormu, siapa target pasar mereka dan berbagai informasi lainnya. Hal-hal ini akan kamu perlukan untuk mengembangkan bisnismu serta menentukan strategimu sendiri.

Baca Juga: Jangan Gengsi, Ini Pentingnya Riset Kompetitor untuk Brand Kosmetik Milikmu

Keep It Short And Simple

Tak perlu menggunakan caption panjang lebar untuk menjelaskan tentang unggahanmu. Kamu bisa mempelajari teknik copywriting untuk membuat caption yang singkat, padat, jelas dan menarik untuk unggahanmu.

Nah, itu adalah berbagai cara mengelola halaman bisnis di Facebook yang perlu kamu ketahui. Sebab, langkah ini sangat penting untuk menunjang kelancaran dan kesuksesan kegiatan promosi digital-mu.

Well, sampai sini dulu tips bisnis yang kita bahas kali ini. Semoga artikel ini dapat memberikan tips yang kamu butuhkan. See you, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment