14 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan di Mata, Pancarkan Keremajaan Wajahmu!

cara menghilangkan kerutan di mata

Salah satu tanda penuaan adalah munculnya kerutan pada area mata. Permasalahan yang satu ini sering kali membuat orang semakin tidak percaya diri. Sebab jika dilihat secara tampilan akan membuat mereka jadi tampak semakin tua. Lantas bagaimana cara menghilangkan kerutan di mata?

Nggak heran bahwa banyak dari mereka yang ingin menghilangkan kerutan itu. Berbagai cara pun dilakukan. Mulai dari perawatan di klinik hingga memakai berbagai produk skincare yang menawarkan solusi menghilangkannya.

Namun sebelum lebih jauh mengetahui bagaimana menghilangkan kerutan di bawah mata, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya. Karena cara penanganan yang paling ampuh menghilangkan kerutan di mata adalah dengan mengetahui penyebabnya.

Apa saja sih faktor yang mempengaruhi munculnya kerutan di area mata? Well, berikut daftarnya. Simak baik-baik ya.

Penyebab Munculnya Kerutan di Mata

cara menghilangkan kerutan di mata

Munculnya kerutan di mata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tentu saja faktor-faktor ini menjadi penentu bagaimana cara penanganannya. Sebab berbeda penyebab, berbeda pula penanganannya. Apa saja?

Merokok

Buat kamu yang suka merokok hati-hati! Kebiasaan merokok dapat mempercepat penuaan dan membuat kulit di area mata mudah berkerut. Tak heran jika kebanyakan perokok mempunyai mata yang tampak redup dari yang lain.

Ini karena zat beracun yang terkandung dalam tembakau dapat merusak jaringan pada kulit. Sehingga keelastisannya akan mudah berkurang dan cenderung lebih kering. Tak hanya itu, zat yang terdapat pada rokok juga beresiko merusak penyimpanan kolagen dalam tubuh.

Seperti yang diketahui kolagen merupakan zat yang cukup penting untuk kulit. Jika pasokan kolagen pada tubuh berkurang, maka kulit akan lebih cepat untuk menua. Selain itu rokok juga dapat mengurangi suplai darah ke kulit. Sehingga kulit akan tampak kurang sehat.

Usia

Faktor usia menjadi salah satu penyebab munculnya kerutan di mata. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit semakin berkurang. Oleh karena itu kulit akan cenderung mudah kering dan berkerut.

Bertambahnya usia juga membuat produksi minyak alami pada wajah berkurang. Padahal minyak alami itu berfungsi sebagai pelebab. Jika berkurang, maka kulit wajah akan cenderung mudah kering, kendur hingga muncul garis-garis kerutan pada area sekitar mata.

Sinar UV

Paparan sinar UV berlebih dapat membawa dampak buruj bagi kulit. Radikal bebas yang dipancarkan oleh sinar UV akan merusak jaringan atau sel-sel yang terdapat dalam tubuh. Sehingga rentan sekali menghilangkan produksi kolagen dalam tubuh.

Padahal kolagen mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Tanpa adanya kolagen, kulit akan mudah kehilangan elatastiisitasnya. Sehingga akan rentan muncul kerutan pada area sekitar mata.

Baca Juga: Sulit Dipercaya, Cek Fakta Mengejutkan Tentang Manfaat Sinar Ultraviolet Berikut Ini

Sering Menggerakkan Otot Wajah

Penyebab kerutan di mata selanjutnya adalah dengan seringnya menggerakan otot wajah. Ini bisa terjadi ketika kamu terlalu berlebihan dalam tertawa. Orang tertawa cenderung akan menyipitkan mata. Jika itu terjadi terlalu sering, maka garis-garis tawa pada area sekitar mata akan terbentuk.

Secara alami otot-otot pada wajah akan membentuk garis. Sehingga jika diteruskan, garis-garis itu akan menjadi permanen dan membentuk kerutan di mata. Tentu saja hal ini akan sangat menganggu nantinya. Oleh karena itu, biasakan jangan menggerakkan otot wajah secara berlebihan.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab terjadinya kerutan di mata, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara menghilangkannya. Berdasarkan penyebabnya yang beragam, cara menghilangkan kerutan di mata pun juga sangat beragam. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

14+ Cara Menghilangkan Kerutan Di Mata

cara menghilangkan kerutan di mata

Selain membuat terlihat semakin tua, kerutan di mata juga akan menganggu penampilan dan sering bikin tak percaya diri. Tak heran jika orang yang mengalami permasalahan yang satu ini berbondong-bondong untuk menghilangkannya. Berikut cara-cara menghilankan kerutan di mata:

Gunakan Pelembab

Kulit kering menjadi salah satu pemicu timbulnya ketutan di mata. Oleh karena itu kamu butuh pelembab yang ekstra untuk menghilangkannya. Menggunakan pelembab secara rutin dapat melancarkan sirkulasi darah di wajah. Sehingga kulit akan tampak ternutrisi dan semakin sehat.

Selain itu, menggunakan pelembab secara rutin juga dapat memicu tumbuhnya sel-sel baru dan meregenerasi kulit. Tak hanya efektif untuk menghilangkan kerutan, pelembab juga berfungsi untuk mencegah kerutan itu muncul.

Kamu cukup menggunakannya dengan teratur. Minimal dua kali sehari. Olehkan pada area wajah dan juga sekitar mata. Jika kamu ingin menggunakan pelembab khusus area mata, itu juga akan menjadi solusi yang cukup efektif.

Baca Juga: Yuk, Kenalan Sama Moisturizer – Produk Skincare Wajah Dengan Segudang Manfaat Untuk Kulitmu

Eksfoliasi Kulit

Cara menghilangkan kerutan di mata selanjutnya adalah dengan mengeksfoliasi kulit di area sekitar mata. Hah, apakah tidak perih? Tentu saja mengeksfoliasi di area sekitar mata harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan lembut agar tidak perih. Sebab area tersebut juga merupakan yang sensitive. Sehingga sangat rentan perih.

Mengapa harus eksfoliasi? Salah satu cara menghilangkan kerutan tersebut adalah dengan menumbuhkan sel-sel baru. Nah, untuk menumbuhkan sel-sel baru itu dibutuhkan eksfoliasi. Kegiatan ini sendiri akan semakin merangsang tumbuhnya sel baru pada kulit.

Pastikan juga saat mengekfoliasi kulit di area sekitar mata, kamu harus menggunakan produk kosmetik khusus yang dirancang untuk daerah tersebut. Pasalnya area sekitar mata termasuk daerah sensitive dan sangat rentan terhadap zat-zat kimia. So, pastikan kamu menggunakan produk khusus.

Krim Mata

Menggunakan krim mata menjadi cara yang cukup umum untuk mengilangkan kerutan. Krim ini tentunya dirancang dengan bahan-bahan khusus untuk area tersebut. Sehingga sangat efektif digunakan dan ampuh untuk menghilangkan kerutan.

Meskipun cukup ampuh, tapi kamu juga nggak boleh sembarang dalam memilih. Tetap pilih bahan-bahan krim mata yang sesuai dan cocok untuk kamu. Jangan sampai memilih krim mata yang mengandung allergen. Karena akan sangat beresiko jika kamu tetap menggunakannya.

Kamu bisa memilih krim mata dengan tekstur yang ringan dan tidak berminyak. Pilihlah krim mata yang mengandung retinol atau retinoid, peptida, mengandung vitamin C, dan asam hialuronat.

Kandungan tersebut sangat ampuh untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan melembabkan kulit. Sehingga akan sangat efektif untuk menjaga elastisitasnya dan juga menghilangkan kerutan.

Ingin tahu lebih banyak soal krim mata (eye cream)? Simak di sini!

Masker Pepaya

Masker papaya juga bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin menghilangkan kerutan di mata. Papaya mengandung vitamin A, C, E dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut terbukti sangat ampuh untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan menjaga elastisitas pada kulit.

Sehingga kulit akan semakin lembab terlindungi. Tentunya juga akan sangat efektif untuk menghilangkan kerutan di mata. Bagaimana cara? Cukup mudah. Kamu tidak perlu membeli masker papaya instan di super atau minimarket. Sebab kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cukup haluskan seperempat papaya dan haluskan. Campurkan papaya yang sudah ditumbuk halus dengan madu. Kemudian aduk hingga mengental. Aplikasikan ke wajah atau hanya area mata saja. Diamkan hingga mongering lalu bilas dengan air bersih.

Minyak Zaitun

Nggak hanya masker papaya saja yang ampuh untuk menghilangkan kerutan di mata. Namun minyak zaitun juga terbukti ampuh melakukannya. Minyak dengan beribu manfaat ini mengandung vitamin E dan K yang cukup tinggi. Kedua kandungan itu cukup efektif untuk menjaga kelembaban.

Kamu cukup mengoleskan minyak zaitun pada area sekitar mata secara rutin sebelum tidur. Dengan begitu area pada matamu akan tetap lembab dan kerutan pun juga akan berkurang. Selain menghilangkan, minyak zaitun juga cukup efektif untuk mencegah kerutan itu muncul.

Jika kamu ingin menggunakan minyak zaitun untuk masker area mata juga sangat bisa. Cukup tambahkan kunyit bubuk dan aduk hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada area mata yang ingin kamu hilangkan kerutannya. Tunggu sekitar 10-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga cukup ampuh untuk menghilangkan kerutan di mata. Minyak kelapa mengandung antioksidan dan vitamin E yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat bagus untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa pada area sekitar mata secukupnya. Pijat dengan lembut dan pelan. Rasakan pijatan itu hingga membuat mata relaks. Gunakan minyak kelapa rutin setiap akan tidur. Ketika bangun nanti mata akan lebih terasa fresh.

Tak hanya dioleskan untuk pijak saja, minyak kelapa juga bisa kamu gunakan sebagai masker mata. Caranya cukup mirip dengan penggunaan minyak zaitun. Yaitu dengan cara mencampurnya dengan kunyit bubuk. Campurkan keduanya hingga membentuk pasta.

Setelah itu aplikasikan ke area mata secukupnya. Tunggu 10-20 menit. Sembari menunggu kamu juga bisa melakukan aktivitas yang lain. Setelah itu, basuh dengan air dengan bersuhu normal hingga bekas masker bersih.

Madu

Bahan selanjutnya yang ampuh ntuk menghilangkan kerutan di mata adalah madu. Madu mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu madu juga sangat efektif untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Kamu bisa mengaplikan madu pada area mata sebelum tidur. Biarkan semalaman. Penggunaan madu secara rutin dapat dengan cepat menghilangkan kerutan pada matamu.

Nggak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan madu sebagai masker mata. Yaitu dengan mencampurnya bersama tepung beras. Tepung beras juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Jadi sangat bagus untuk menghilangkan kerutan dan mengencangkan kulit.

Penggunaannya cukup mudah. Campurkan madu dan tepung beras secukupnya. Aduk hingga menjadi pasta. Kemudian aplikasikan pada area sekitar mata.

Sensasi yang dingin akan membuat mata menjadi semakin relaks. Tunggu selama 10-20 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Setelah itu kulitmu akan terasa lebih kencang dari sebelumnya.  

Hidari Rokok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab munculnya kerutan pada mata adalah dengan merokok. Oleh karena itu, untuk kamu pecandu rokok, usahakan untuk berhenti secara perlahan.

Sebab kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat merusak sel-sel tubuh. Sel-sel pada tubuh yang rusak akan membuat kulit mudah kering dan sangat rentan terhadap kerutan. Hal ini tak hanya berlaku pada pelaku perokok aktif saja.

Namun juga untuk perokok pasif. Sebisa mungkin jika ada orang merokok di sekitarmu, menghindarlah. Sebab asap rokok yang ditimbulkan akan sangat membahayakan tubuh.

Atasi Stress

Stress yang cukup tinggi juga dapat mengakibatkan timbulnya kerutan di mata. Oleh karena itu sebisa mungkin kamu harus menghindari hal yang satu ini. Jika sudah telanjur stress, kamu bisa langsung mengatasinya. Jika dibiarkan berlarut akan membawa dampak yang cukup buruk bagi tubuh.

Saat tubuhmu stress, hormone kostirol akan terproduksi secara berlebihan oleh tubuh. Hormon ini dapat memicu perpecahan dan kerusakan sel-sel pada tubuh. Tak terkecuali pada area sekitar mata. Aliran darah juga akan terganggu dan kerutan pada area matamu akan mudah muncul.

Kacamata Hitam

Nggak untuk bergaya saja, kacamata hitam juga sangat efektif untuk membantu menghilangkan kerutan di mata. Menggunakan kacamata hitam dapat membantu untuk tidak menyerngit ketika terkena sinar matahari.

Jika kamu sering menyerngit dan menyipitkan mata akibat sinar matahari, secara alami otot-otot wajah akan membentuk garis halus pada are asekitar mata. Jika dibiarkan garis-garis itu akan membentuk kerutan secara permanen.

Tak lupa untuk melengkapi penggunaan kacamata hitam dengan menggunakan tabir surya. Sebab jika kamu berada di bawah sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya, maka kulitmu akan menjadi cepat kering dan berkerut.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Siapa bilang bahwa menghilangkan kerutan di mata hanya dapat dilakukan di luar saja? Cara menghilangkan kerutan di mata juga dapat dilakukan dari dalam. Yaitu dengan makan makanan yang sehat dan begizi.

Komsumsilah makanan yang kaya akan vitamin A, C dan E. Ketiga vitamin ini sangat efektif untuk membantu menyehatkan kulit. Dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan tersebut secara rutin, kulitmu akan ternutrisi dan lembab secara alami.

Kandungan tersebut akan mudah kamu dapatkan pada buah dan sayur. Seperti alpukat, brokoli, tomat, dan aneka buah-buahan. Tak hanya buah dan sayur, kamu juga bisa menemukan kandungan tersebut pada ikan.

Apalagi ikan mengandung omega 3 yang tinggi. Kandungan ini juga bermanfaat untuk membuat kulit menjadi semakin sehat.

Redam Alergi Mata

Kerutan di mata juga bisa disebabkan oleh allergen. Jika kamu mengalami alergi di mata, pasti akan cenderung untuk menggosoknya karena gatal. Sehingga mata akan mudah merah, berair dan kering. Jika sudah begini resiko muncul kerutan akan semakin besar.

Oleh karena itu kamu perlu meredam alergi tersebut hingga sembuh. Jika alergi itu sudah hilang, barulah kamu focus untuk menghilangkan efek sampingnya. Sebab mata yang nyaman dan relaks juga akan sangat membantu mengurangi kerutan itu muncul.

Posisi Tidur

Tahu nggak sih kalau posisi tidur juga dapat mempengaruhi terjadinya kerutan pada mata? Semua orang pasti akan mencari posisi tidur yang nyaman agar bisa tidur dengan nyenyak. Bahkan tak jarang dari mereka yang menemukan posisi nyaman itu dengan tengkurap atau miring.

Posisi tidur miring dan tengkurap akan membuat resiko kerutan semakin tinggi. So, hindarilah posisi tersebut. Sebisa mungkin ambilah posisi terlentang. Sebab dengan posisi itu akan meminimalisir timbulnya kerutan pada mata.

Nah, itu dia tip dan cara menghilangkan kerutan di mata. Buat kamu yang suka begadang dan mulai merasakan kerutan. Wajib coba!

About Author

Related posts

Leave a Comment