9 Cara Meningkatkan Engagement TikTok Agar Kontenmu Viral!

cara meningkatkan engagement tiktok (2)

Siapa di sini yang pernah menganggap TikTok sebagai aplikasi alay, tapi sekarang justru kecanduan? Iya, kita sama. Aplikasi yang berisi konten video singkat ini memang sekarang lagi ngetren dan digandrungi para pengguna social media.

Konten video-video singkat itu yang bikin kita ketagihan dan ingin terus stay. Bahkan TikTok juga membuat kita tidak sadar bisa berlama-lama menghabiskan waktu bersama aplikasi tersebut. Yang awalnya niat cuma lima menit saja, eh keterusan jadi satu jam.

Dulu TikTok dikenal sebagai aplikasi hanya untuk anak alay joget-joget saja. Tapi nyatanya, sekarang lebih dari itu. Mulai dari konten hiburan, edukasi, lifestyle, wisata, kuliner hingga vlog pun ada di TikTok. Jadi nggak heran jika aplikasi yang masuk di Indonesia pada 2017 ini bisa setenar sekarang.

Beragam isi konten inilah yang membuat penggunanya terus semakin meningkat. Bahkan pada 2021 saja pengguna aplikasi ini sudah mencapai 92,2 juta. Itu masih akan terus mengalami peningkatan. Menurut beberapa ahli, keberadaan TikTok diprediksi bisa melebihi pengguna social media lain. seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Inilah yang mendasari para content creator mulai banting setir ke TikTok. Sebab dengan menggunakan aplikasi dari China ini, mereka bisa cepat mendapat engagement dari audience. Apalagi kalau konten yang kamu buat bisa masuk FYP (For Your Page). Potensi untuk mendapat like, komen dan share akan semakin besar.

Bisa masuk FYP juga berpotensi membuat followermu bertambah. Jika sudah seperti ini, brandingmu bisa meningkat dan mendapat engagement yang lebih dari audience. Sebab engagement ini adalah suatu kunci untuk meningkatkan brandingmu.

Nah, bagaimana sih bisa masuk FYP dan cara meningkatkan engagement di TikTok? Tenang, karena kami punya tips dan triknya untuk kamu. Simak dengan seksama ya. Happy Reading!

Cara Meningkatkan Engagement TikTok dengan Efektif

cara meningkatkan engagement tiktok (2)

Hampir sama seperti cara meningkatkan engagement pada platform di social media lain, kunci utama bisa tenar di TikTok adalah konsistensi. Konsistensi ini memang sangat diperlukan bagi setiap content creator. Sebab dengan konsistensi ini branding yang kamu bangun akan  lebih terlihat.

Sebelum masuk ke konsistensi, kamu ada beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan engagement di TikTok. Apa saja? Berikut daftarnya:

Focus Content

Cara meningkatkan engagement TikTok yang pertama adalah dengan menentukan focus pada konten. Jadi sebelum menjadi content creator di TikTok, kamu harus menentukan konten apa yang akan kamu angkat. Apakah itu tentang traveling, kuliner, review, kecantikan, edukasi, hiburan atau bahkan vlog.

Dengan menentukan focus konten ini, kamu akan mudah dikenali oleh audience. Jika sudah dikenali dan menarik perhatian audience, followermu akan bertambah. Dalam hal ini juga engagement pada TikTok-mu akan bertambah pula.

Bahkan potensi untuk masuk FYP juga akan sangat tinggi. Selain itu, pihak TikTok pun akan lebih mudah mengkategorikan kamu sebagai content creator dalam bidang apa. Sebab jika TikTok sudah mengkategorikan kamu sebagai content creator tertentu, potensi untuk meningkatkan engagementmu pun semakin tinggi.

Bahkan, jika kontenmu sudah focus pada topic tertentu. Berbagai brand pun juga akan melirik kamu sebagai tempat promosi. Tentu hal ini sangat menggiyurkan sekali. Sebab kamu tak hanya bisa berkreasi dengan ide-ide yang kamu punya. Tapi juga akan mendapatkan penghasilan dari karya-karya yang telah kamu buat.

Karena saat ini berbagai brand-brand juga mulai melirik TikTok sebagai tempat promosi. Jadi ini sangat berpotensi bagi kamu yang ingin menambah penghasilan melalui TikTok.

Interaktif

Jika kamu sudah menentukan focus konten, jangan lupa untuk meyelipinya dengan interaksi. Semakin interaktif konten yang kamu buat, semakin kuat pula relationship yang akan kamu  bangun bersama audience.

Dengan membangun inteaksi ini, audience akan memprioritaskan kontenmu dari pada yang lain. Keterikatan inilah yang akan membangun engagement pada TikTokmu.  Interaksi di TikTok ini beragam. Mulai dari like, komen, share hingga direct message atau DM.

Interaksi semacam tersebutlah yang akan meningkatkan engagement rate di TikTokmu. Perlu diketahui jikaa engagement rate inilah yang menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia digital marketing. Karena TikTok juga masuk dalam kategori digital marketing, jadi engagement rate menjadi acuan utama untuk sebuah kesuksesan.

Kreatif dan Berkualitas

Cara meningkatkan engagement TikTok selanjutnya adalah dengan membuat konten yang kreatif dan juga berkualitas. Semakin kreatif konten yang dibuat, akan semankin merik pula di mata audience. Oleh karena itu sebisa mungkin kamu harus membuat konsep video yang berbeda dari yang lainnya.

Meskipun kamu terinspirasi dengan suatu video konten, kamu tidak boleh langsung menirunya. Sebab itu bisa menjadi sebuah plagiasi. Alangkah baiknya jika kamu modifikasi video tersebut menjadi versimu sendiri. Dengan begitu kamu akan terlihat beda di mata audience.

Nggak cuma menarik saja, kamu juga harus membuat konten video yang berkualitas. Yaitu dengan membuat video dengan topic-topik tertentu. Seperti hiburan, edukasi, music, tips and trik, tantangan atauoun vlog.

Jangan sampai video yang kamu buat mengandung SARA dan merugikan orang lain. Karena hal ini dapat membangun image negative terhadap brandingmu. Semakin positif konten yang kamu buat, akan akan semakin positif pula komentar yang kamu dapat.

Baca Juga: Dijamin FYP! Intip Ide Konten Promosi Brand Kosmetik di TikTok Ini!

Konsisten

Selain membuat konten yang kreatif dan berkualitas, konsistensi juga merupakan kunci utama cara meningkatkan engagement TikTok. Dengan membuat konten yang konsisten ini, potensi kamu untuk masuk di FYP juga semakin besar.

Jika konten yang kamu buat sudah masuk FYP, interaksi yang kamu dapat dari audienc, mulai dari like, komen hingga share akan meningkatkan engagement rate akunmu. Tentu hal ini sangat efektif untuk meningkatkan branding.

Selain konsisten membuat konten, kamu juga harus konsisten dalam memilih fokusmu. Misalnya kamu memilih focus membuat konten tentang edukasi, itu berarti kamu juga harus konsisten membuat konten tentang edukasi.

Sebab dengan cara konsisten tersebut, akunmu akan mudah dikenali oleh TikTok dan diketagorik menjadi content creator dalam bidang apa. Jika kamu sudah masuk dalam kategori bidang tertentu di TikTok, kamu bisa mendapat reward tertentu.

Mengikuti Tren

Mengikuti tren di TikTok bisa sangat berpotensi membuat kontenmu untuk FYP. Biasanya tren yang sangat membantu kontenmu untuk masuk dalam FYP adalah tren music. Kamu bisa melihatnya di eksplore dan melihat challenge atau music apa saja yang sedang trending.

Kamu bisa memakai sound tersebut ke dalam konten yang kamu buat. Cara ini sangat efektif untuk membantu kontenmu masuk dalam rekomedasi TikTok. Tentu ini sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin viral.

Selain music, kamu juga bisa mengikuti tren lain. Seperti challenge, filter atau bahkan dance tertentu. Namun juga perlu diingat, meskipun kamu sedang mengikuti tren, jangan lupa tentang focus konten yang kamu buat. Buatlah tren tersebutdan mengaitkannya dengan focus konten yang kamu pilih. Ini supaya kamu bisa viral tanpa keluar dari focus konten.

Gunakan Tagar

Menggunakan tagar adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan engagement di TikTok. Pakailah tagar yang sedang tren atau popular. Sebab dengan adanya tagar ini akan sangat membantu kontenmu meraih lebih banyak audience lagi.

Kamu bisa menggunakan tagar atau hastag lebih dari satu. Semakin banyak hastag yang kamu pakai, akan semakin luas pula jangkauan yang kamu dapat. Dengan jangkauan luas ini kamu akan berpotensi untuk mendapatkan audience yang baru dan followermu tentu juga akan bertambah.

Kolaborasi

Cara meningkatkan engagement TikTok selanjutnya adalah dengan kolaborasi. Kamu bisa mengajak content creator lain untuk berkolaborasi. Dengan menggunakan metode kolaborasi kamu bisa menjalin audience baru. Terutama dari follower content creator yang sedang kamu ajak untuk kolaborasi.

Kolaborasi ini akan sangat menguntungkan jika content creator yang kamu ajak mempunyai follower lebih banyak dari kamu. Dengan begini akunmu juga bisa ikut terangkat bersamaan dengan ketenaran content creator tersebut.

Jadi potensimu untuk viral juga akan semakin besar. Sehingga followersmu akan terus bertambah dan engagementmu akan meningkat.

Live Streaming

Nggak cuma Instagram saja yang menyediakan live streaming, TikTok pun juga mempunyai fitur yang satu ini. Live streaming sangat efektif untuk meningkatkan engagement. Apalagi live streaming TikTok juga bisa mendatangkan uang.

Hah, kok bisa? Setiap kamu melakukan live streaming, audience akan memberimu gift item tertentu yang sudah disediakan oleh pihak TikTok. Hadiah tersebut bisa kamu tukarkan ke dollar. Yakni dengan transaksi penukaran sebesar $10 perhari dan maksimum sekitar $1000 perharinya.

Sangat menarik sekali bukan? Live streaming di TikTok ini juga sama seperti live streaming pada umumnya. Kamu bisa membagikan kegiatanmu sehari-hari ataukah membagikan kegiatan tertentu. Jangan lupa juga untuk mengajak audience untuk berinteraksi.

Sebab interaksi inilah yang sangat penting. Dengan adanya live streaming ini kamu juga bisa langsung berinteraksi dengan penggemar melalui kolom chat. Sehingga hal ini akan membangun relationship yang kuat antara kamu dengan audience.

Ketahui Juga: Live Shopping, Tren Jualan Online Baru yang Menjanjikan dan Menguntungkan!

Lakukan Give Away

Siapa sih yang nggak suka diberi hadiah gratis? Pasti semua orang suka. Begitu pula dengan audience. Jika kamu ingin meningkatkan engagement TikTok, cara yang satu ini wajib kamu coba. Sebab ini merupakan cara efektif untuk menjaring follower baru.

Kamu bisa memasukkan beberapa persyaratan tertentu dengan melakukan ajang give away ini. Seperti memberi persyaratan audience untuk memfollow, like, komen, share hingga menduetkan konten yang telah kita buat.

Demi mendapatkan hadiah yang sudah diiming-imingkan di awal, pasti mereka tidak akan berpikir panjang dan akan melakukan berbagai persyaratan yang telah dibuat. Dengan begitu kita akan mendapatkan feedback secara langsung dan dijamin jika engagement akun pasti akan meningkat drastic.

Selain itu give away juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan audience terhadap produk yang kita buat. Ini berlaku untuk para pebisnis. Kamu bisa melakukan give away untuk memancing mereka membeli produkmu. Efektif banget, kan?

Baca Juga: Manfaat dan Cara Mengadakan Giveaway yang Menarik untuk Bisnis Kosmetik

Nah, itu semua adalah cara meningkatkan engagement di TikTok. Bagi kamu para content creator atau pebisnis, cara-cara ini sangat efektif untuk kamu coba.

Kamu juga nggak perlu ragu membuat TikTok sebagai kendaraan digital marketingmu. Sebab semakin hari peminat TikTok terus bertambah. Bahkan diprediksi akan menjadi aplikasi raksaksa di Indonesia. Selamat berkarya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment