Cara Merawat Kesehatan Kulit Saat di Rumah Saja, Gampang Banget!

Selama pandemic ini kita menghabiskan banyak waktu di rumah, karena anjuran pembatasan interaksi sosial dan memutus rantai penularan virus Covid-19.

Nah, ini artinya ada banyak waktu luang yang tersisa dan alangkah lebih baik kalau kita menginvestasikannya pada kagiatan yang menguntungkan. Misalnya dengan merawat kesehatan dan kecantikan kulit kamu dari dalam.

Yap! Harus diakui, menghabiskan banyak waktu di rumah tanpa kepastian yang jelas bisa menimbulkan stress tersendiri. Akhirnya ini akan menimbulkan masalah kecantikan, seperti jerawat, breakout, kulit yang jadi berminyak, dan masih banyak lainnya.

Nah, selain dari penggunaan tips-tips kecantikan dan resep masker DIY alami, coba pertimbangkan cara merawat kesehatan kulit saat di rumah saja berikut ini.

Waktunya Memberikan Perhatian pada Agresor Baru: Bluelight Effect

blue light skincare

Jika kamu sudah menjalani gaya hidup yang sehat secara umum, maka kunci dari cara merawat kesehatan kulit saat di rumah saja yang pertama adalah dengan rutin menggunakan rangkaian skincare harian kamu.

Well, kamu mungkin berpikir bahwa tidak ada salahnya untuk absen menggunaka perawatan ini beberapa kali. Mengingat kamu tidak perlu keluar rumah atau bertemu dengan siapapun saat isolasi.

Padahal, banyak faktor yang bisa menyebabkan radikal bebas menumpuk dalam tubuhmu. Seperti kebiasaan tidur yang tidak teratur, pola konsumsi yang buruk, hingga paparan sinar biru dari gadget yang kamu miliki.

Berbagai faktor itu dapat membuat kulit kusam dan dehidrasi, metabolisme kulit tidak maksimal, dan peningkatan peluang untuk berjerawat.

Sebaliknya, mempertahankan gaya hidup pra-karantina kamu dapat membantu kulittetap tenang, bersih, dan terlindungi dari cuaca buruk.

Selain itu, agresor dalam ruangan seperti sumber cahaya biru buatan membuat kulit kehilangan vitalitasnya.

Menggunakan tabir surya sebagai cara merawat kesehatan kulit saat di rumah saja adalah hal yang sangat direkomendasikan. Khususnya untuk melawan dampak buruk sinar biru dari perangkat elektronik serta dari sinar matahari yang dapat merambat melalui jendela.

Gunakan Rangkaian Perawatan Berkualitas di Akhir Minggu

cara merawat kesehatan kulit saat di rumah saja (2)

Untuk melengkapi cara merawat kesehatan kulit saat di rumah saja, kamu bisa menambahkan rangkaian perawatan berkualitas nan mewah di akhir minggu.

Salah satunya dengan melakukan spa dan facial di rumah. Selain memberikan rasa nyaman, kegiatan ini akan membuat pori-pori mengecil, mengangkat penumpukan sel mati pada epidemis, pun meningkatkan sirkulasi darah.

Akhirnya, wajah akan jadi lebih sehat dan proses penyerapan kandungan dari skincare yang kamu gunakan akan kian optimal.

Cara merawat kesehatan kulit saat di rumah aja ini bisa kamu lakukan dengan mudah, lho. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba lakukan:

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Ini adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai sebuah perawatan kecantikan, apapaun bentuknya. Termasuk ketika kamu akan melakukan cara merawat kesehatan kulit saat di rumah aja.

Lanjutkan dengan Steaming Face

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan steaming face, yakni menggunakan uap hangat untuk membuka pori-pori dan melancarkan peredarand arah di bawah kulit wajah.

Cara melakukannya cukup mudah, kamu bisa menyiapkan sebaskom kecil dengan ramuan steaming face yang kamu inginkan. Kemudian tutupi kepala belakang kamu dengan handuk bersih dan menunduklah di atas baskom tersebut.

Pelajari juga manfaat dan cara melakukan steaming face yang benar di sini.

Eksfoliasi Sel Kulit Mati

Selanjutnya adalah melakukan eskfoliasi sel kulit mati. Tentu, sebelum melakukannya kamu harus memberikan jeda sejenak untuk kulit wajah kamu menjadi lebih dingin.

Kamu bisa mencoba scrub wajah dengan kandungan enzim untuk membantu mengangkat sel kulit mati lebih optimal. Ini pun akan membuat wajah kamu jadi tampak cerah dan bercahaya.

Namun, kalau kamu memiliki jenis kulit yang lebih sensitif, gunakan scrub wajah dengan buliran yang lebih lembut. Dengan begitu, risiko terjadinya iritasi dapat lebih diminimalisir.

Gunakan Hydrating dan Moisturizing Sheet Mask

Kalau kamu sudah melakukan eksfoliasi, waktunya untuk menenangkan dan mengembalikan kelembapan kulit menggunakan sheet mask. Pilih yang menawarkan kandungan dengan manfaat melembapkan dan menghidrasi kulit, ya!

Pijat Wajah Menggunakan Jade Roller

Keuntungan menggunakan sheet mask adalah kamu bisa menyambinya dengan melakukan pijatan lembut. Gunakan jade roller agar pijatan jadi lebih mantap!

Pijat wajah kamu dengan lembut, fokuskan gerakan ke atas. Luangkan waktu sebanyak yang kamu inginkan pada langkah in, karena pemijatan memainkan peran penting dalam memperlancar aliran oksigen dan nutrisi pada sel kulit.

Aplikasikan Toner Wajah

Setelah selesai menggunakan masker wajah, biarkan dulu selama beberapa menit kemudian gunakan toner wajah. Perawatan ini bersifat opsional, kamu bisa mengurangi langkah ini bila dirasa terlalu panjang.

Akan tetapi, penggunaan toner dapat bekerja untuk menyeimbangkan pH kulit. Toner penghidrasi yang baik juga berfungsi sebagai sistem pembawa untuk membantu penetrasi produk untuk krim dan serum Anda.

Lanjutkan dengan Serum dan Pelembap

Lanjukan cara merawat kesehatan kulit saat di rumah saja menggunakan serum dan pelembap. Sekarang setelah pori-pori wajah kamu bersih dan terbuka, kuncilah beberapa nutrisi dengan mengoleskan serum dan pelembab yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kamu.

Jangan Lupakan Mata dan Bibirmu

Last but not least, perawatan bibir dan mata enggak boleh dilupakan, lho! Untuk menjaga kesehatan kulit di area ini, kamu bisa menggunakan krim mata dan pelembap bibir.

Lakukan cara merawat kesehatan kulit saat di rumah saja ini selama seminggu sekali. Kalau kamu merasa nyaman dengan perawatan yang lebih sederhana, kamu bisa menyesuaikan urutan dan langkah yang kamu inginkan.

Kulit Berjerawat saat Isolasi, Jangan Panik!

jenis bekas jerawat (1)

Jerawat memiliki kebiasaan untuk muncul saat kita sedang stres, dan itu bukanlah suatu kebetulan. Karena berbagai pelitian menunjukkan bahwa ketika stress tubuh kita menghasilkan sebuah reaksi kimia, yang dapat merusak kulit.

Seperti meningkatnya sensitivitas kulit, reaktivitas, dan peradangan. Selama masa stres, tubuh kamu akan melepaskan hormon kortisol, inilah yang dapat menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak sebum dan dapat memicu kemunculan jerawat.

Jika kamu memiliki masalah kecantikan bawaan lain, seperti adanya rosacea, eksim, atau psoriasis. Stress akan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan menyebabkan semua masalah ini datang kembali.

Meskipun menjalani kehidupan tanpa beban selama masa yang tidak pasti ini bisa jadi sulit, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan atau mendapatkan kulit yang bersih.

Seperti menjaga kebersihan wajah dan tidak menyentuhnya saat tangan kotor, selalu mengonsumsi makanan yang sehat, tidur teratur, serta belajar untuk mengolah stress.

Anggap Momen ini Waktu yang Tepat untuk Kulitmu Beristirahat

skin microbiome (3)

Menurut survei dari 2017, 41 persen orang Amerika berusia antara 30 dan 59 memakai riasan setiap hari, dan 25 persen menggunakan riasan beberapa kali per minggu.

Sayangnya, memakai dan menghapus riasan secara sering dapat menyebabkan jerawat, warna kulit tidak merata, dan segudang masalah kulit lainnya.

Selain itu, lupa mencuci muka sebelum tidur memungkinkan bakteri dan partikel dari riasan yang kamu gunakan meresap ke dalam kulit dan mata. Ini tentunya dapat menyebabkan iritasi dan potensi infeksi mata.

Karenanya, anggap pengurangan make up ini menjadi bagian dari cara menjaga kesehatan kulit saat di rumah saja. Manfaatnya kamu bisa membuat kulitmu beristirahat, dan mencegah adanya kerusakan akibat penggunaan makeup berlebihan.

Menghabiskan waktu panjang di rumah tanpa tahu kapan keadaan akan lebih membaik, tentu membuat kita sangat jenuh dan tak sedikit merasa stress.

Meski begitu, di masa pandemic ini kita harus lebih bijak dan memilah mana yang harus diprioritaskan. Untuk itu, dibanding keluar rumah tanpa tujuan yang penting dan mendesak, ada baiknya untuk mencegah penularan Covid-19 dengan mengisolasi diri.

Nah, agar rasa cemas dan stress ini bisa sedikit berkurang, kamu dapat menerapkan cara merawat kesehatan kulit saat di rumah saja di atas. Dan jangan lupa bagikan pengalaman serta pendapatmu di kolom komentar!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment