5 Indikator Kepuasan Pelanggan dan Metode Ukurnya dalam Bisnis

indikator kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan setelah membeli dan menggunakan produk jualanmu adalah hal yang sangat penting. Sebab, ini menandakan bahwa brand kosmetikmu telah berhasil dan memang relevan untuk target pasar. Lantas seperti apa indikator kepuasan pelanggan ini?

Membuat pelanggan merasa puas dengan layanan maupun produk jualanmu bukanlah hal mudah. Sebab sifatnya yang tak muncul secara tiba-tiba atau bahkan tanpa usaha sama sekali.

Untuk menumbuhkan rasa puas ini, ada banyak factor yang harus kamu perhatikan. Mulai dari terpenuhinya hak pelanggan, kemudahan bertransaksi, layanan konsumen yang menyenangkan, hingga kualitas produk yang terjamin dan bermutu tinggi.

Sebelum terlalu jauh membahas apa saja yang bisa membuat konsumen merasa puas dengan bisnismu. Mari kita simak terlebih dahulu apa itu indikator kepuasan pelanggan, jenisnya, serta metode penerapannya.

Baca terus, yuk!

Apa Itu Indikator Kepuasan Pelanggan?

Indikator kepuasan pelanggan merupakan sebuah tingkat rasa puas dari para konsumen setelah mencoba produk yang kamu jual. Plus, kemudian membandingkan produk tersebut dengan kondisi yang ditawrkan sebelumnya.

Kepuasan pelanggan inilah yang kedepannya dapat membuat pelanggan kamu menjadi cocok dan setia untuk membeli produk yang kamu jual.

Selain itu dengan mengukur bagaimana kepuasan pelanggan, kamu jadi tahu mana poin dari produkmu yang perlu ditingkatkan, dipertahankan, atau bahkan diubah sama sekali.

Dengan kata lain, kamu memiliki tolok ukur yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan produk dan layanan menjadi lebih baik lagi.

5 Jenis Indikator Kepuasan Pelanggan

5 indikator kepuasan pelanggan

Berikut ini adalah 5 indikator kepuasan pelanggan yang wajib kamu ketahui agar bisa membantu strategi pemasaran bisnismu. Apa saja?

Kualitas Produk

Kepuasan pelanggan akan ditentukan oleh kualitas produk yang baik. Disini pelanggan akan sangat menginginkan untuk mendapatkan produk yang berkualitas, sesuai dengan harapan dan kebutuhan mereka.

Untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis, usahakan selalu tingkatkan kualitas produk kamu sebagus mungkin ya. Hal ini akan dapat meningkatkan kepuasan para pelanggan produk kamu lho.

Maka dari itu, dimulai dari sekarang kamu harus sering perhatikan kualitas produk perusahaan kamu jika ingin mendapatkan kepuasan pelanggan yang baik.

Nah, sebagai brand owner kosmetik, kamu tentu memahami bahwa kualitas produk ini berkaitan dengan banyak factor. Termasuk bahan yang digunakan, takaran formulasi, hingga pembuatan produk tersebut.

Jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia sendiri telah memiliki pengalaman belasan tahun di industry kecantikan. Sudah ribuan produk kosmetik telah kami ciptakan dan terdaftar secara resmi di laman BPOM.

Karenanya, ketika membuat dan mengembangkan produkmu bersama kami, tak perlu khawatir soal kualitas dan keunikan produk. Pengalaman panjang kami adalah bukti bagaimana kami mampu menciptakan produk terbaik di pasaran.

Kualitas Pelayanan Konsumen

Selain memperhatikan kualitas produk, memperhatikan pelayanan terhadap para pelanggan juga merupakan kunci untuk mendapatkan kepuasan pelanggan.

Berikan pelayanan yang memuaskan dengan bersikap ramah dan baik kepada pelanggan, agar hati para pelanggan menjadi puas.

Jika pelanggan sudah mendapatkan kualitas pelayanan ini, dijamin mereka akan lebih memilih menggunakan produk yang kamu jual dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kamu.

Harga Produk

Harga produk juga akan menjadi pertimbangan untuk faktor kepuasan pelanggan. Jika kita mampu memberikan tawaran harga produk yang terjangkau, pelanggan akan merasa lebih puas.

Terjangkaunya harga produk juga akan menjadi tawaran tambahan, lho. Apalagi kalau produkmu memiliki kualitas yang mumpuni.

Namun, bukan berarti kamu harus menurunkan semua harga produkmu ya. Memasangkan harga produk yang sedikit lebih mahal juga boleh saja kok, asalkan masih sesuai dengan kualitas.

Harga yang kamu tetapkan harus sesuai dengan kualitas produk. Agar tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap produk yang kamu jual.

Ingin tahu bagaimana cara menciptakan harga produk yang kompetitif tapi menguntungkan? Simak di sini.

Kemudahan Akses Produk

Selain harga, faktor untuk menaikan kepuasan pelanggan salah satunya kemudahan untuk mengakses produk. Cara dan akses yang mudah untuk memperoleh produk adalah salah satu keinginan pelanggan.

Untuk kamu yang akan memulai untuk berbisnis, sangat disarankan untuk memberi kemudahan akses untuk proses jual beli produk. contohnya memberi kemudahan pelanggan saat ingin memesan produk yang kamu jual, seperti mendistribusikan produk di pasar swalayan dan mendistribusikan produk secara online.

Usahakan untuk menghindarai biaya tambahan dan sistem birokrasi pembayaran yang cukup merumitkan pelanggan ya. Itu semua untuk jaga-jaga agar pelanggan bisa membeli produk yang kamu jual dengan mudah dan tidak ribet.

Cara Iklan

Menggunakan teknik periklanan akan sangat memudahkan kamu ketika melakukan promosi produk. iklan bisa berpeluang menjadi penentu kepuasan para pelanggan.

Ketika melakukan periklanan, usahakan kamu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Hal ini agar pelanggan bisa teredukasi dari tawaran yang kamu promosikan.

Penggunaan bahasa yang jujur dan sederahana bisa membuat para pelanggan menjadi percaya dengan produk yang diiklankan, sesuaikan dengan kualitas produk yang kamu miliki.

Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan

Selain mengetahui faktor-faktor pemicu kepuasan pelanggan, disini kamu wajib banget untuk tahu metode pengukuran kepuasan pelanggan.

Hal ini harus kamu laksanakan untuk dapat mengetahui sudah sejauh mana para pelanggan kamu sudah puas dengan produk yang kamu jual.

Berikut ini ada beberapa cara dan metode untuk kamu bisa mengukur sudah sejauh mana sih para pelanggan puas dengan produk yang kamu jual, dan sudah meningkat sejauh mana penjualan produk kamu, seperti:

Sistem Keluhan dan Saran

Penggunaan metode ini berfungsi untuk menampung seluruh saran dan keluhan dari para pelanggan produk kamu.

Caranya, kamu bisa menggunakannya melalui media sosial dengen memberi fitur kotak saran, e-mail, media sosial dan telepon bebas pulsa.

Melalui metode ini, kamu akan bisa mengetahui apa saja yang pelanggan keluhkan. Kemudian bisa mengevaluasi setiap hasil keluhan para pelanggan untuk meningkatkan kepuasan mereka.

Dari tampungan keluhan dan saran ini, kamu bisa membuat ide-ide baru, dan bisa kamu terapkan untuk perkembangan produk kamu kedepannya.

Semua ide-ide tersebut bisa menjadi solusi untuk menghadapi keluhan para pelanggan kamu. Dan juga bisa kamu jadikan strategi untuk mendapatkan kepuasan dari pelanggan.

Ghost Shopping

Agar kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa sih pengalaman yang di dapatkan oleh para pelanggan produk, kamu bisa menyewa jasa untuk berperan sebagai seorang pelanggan juga (Ghost Shopping)

Disini para Ghost Shopping akan memperhatikan dan mengamati setiap kelemahan dan kekuatan dari produk yang kamu jual. 

Lost Customer Analysis

Metode lost customer analysis akan berfungsi untuk menghubungi para pelanggan kamu yang telah berhenti membeli produk.

Disini kamu bisa mencari tahu penyebab yang membuat para pelanggan kamu berhenti membeli produk dan mencari tahu kenapa mereka tidak lagi memberi produk tersebut.

Hadirnya metode customer loss rate ini akan membantu kamu untuk melakukan peningkatan dan juga menjadi referensi untuk bahan evaluasi, kenapa produk kamu gagal memenuhi kepuasan para pelanggan produk kamu.

Survei Kepuasan Pelanggan

Metode mensurvei kepuasan pelanggan adalah salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana peningkatan produk yang kamu jual.

Penggunaan metode ini biasanya dimulai dengan membuat semacam kuisioner dengan berisi pertanyaan melalui survey yang akan dilaksanakan secara online maupun offline.

Menyesuaikan keadaan masyarakat saat ini, menggunakan survei secara online adalah metode pengukuran indikator kepuasan pelanggan yang paling ideal untuk kamu lakukan.

Adapun beberapa hal yang wajib kamu perhitungkan dahulu sebelum melakukan survei, agar setiap jawaban survei bisa lebih akurat dan maksimal.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum melaksanakan survei seperti:

  1. Membuat sebuah pertanyaan yang sifatnya mengajak mereka untuk memberikan jawaban berupa tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk yang kamu jual
  2. Lebih tekankan untuk memberi pertanyaan berupa arahan yang detail dan jelas agar mereka mudah untuk menjawabnya dengan detail dan jelas pula.
  3. Usahakan hindari membuat pertanyaan yang terlalu banyak, hal ini bis memicu kepusingan para pelanggan, dan malas untuk mengisinya
  4. Jika kamu memiliki anggaran lebih, kamu bisa memberikan hadiah kepada setiap pelanggan kamu yang mengisi survei. Hadiah tersebut bisa berupa bonus dan diskon. Selain itu hadiah ini bisa menjadi sebuah penghargaan tersendiri untuk para pelanggan.

Metode Analasis Mantan Pelanggan

Fenomena berpalingnya para pelanggan terhadap produk yang kamu jual adalah sebuah hal yang sangat mungkin terjadi, dan pasti memiliki sebab musababnya.

Agar kamu dapat mengetahui setiap penyebabnya, akan sangat baik untuk kamu melakukan metode analasis terhadap mantan pelanggan produk kamu.

Kamu bisa memulainya dengan menghubungi mantan-mantan pelanggan kamu, kemudian menanyakan kapada mereka perihal apa penyebab para pelanggan berpaling ke produk lain.

Selain itu, usahakan ketika memberikan pertanyaan kamu menggunakan etika yang baik dan ramah. Hal ini untuk menghindarkan kesan bahwa perusahaan kamu memiliki atitude yang buruk.

Kemudian jangan lupa mencatat setiap alasan mengapa mereka berpindah produk ya. karena alasan-alasan para pelanggan ini bisa kamu jadikan evaluasi utnuk mengembangkan produk kamu kedepannya.

Setiap alasan para pelanggan ini juga bisa kamu jadikan sebagai pedopan untuk berjalannya bisnis kamu kedepan, dengan cara membuat strategi-strategi baru agar mantan pelanggan bisa kembali menggunakan produk kamu.

Nah, Beautypreneurs itu adalah indikator kepuasan pelanggan dan metode penerapannya yang bisa kamu coba. Mengetahui apa yang membuat konsumenmu merasa senang dan puas adalah hal penting, sehingga kamu dapat menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Selain itu, adanya indikator kepuasan pelanggan ini juga akan membuatmu lebih dekat dengan konsumen. Kamu bisa menjalin hubungan yang baik, memberikan pelayanan yang menyenangkan, dan membuat mereka nyaman bertransaksi di tokomu.

Sampai sini dulu artikel kali ini, kamu bisa baca banyak tips pemasaran dan ide bisnis kosmetik lainnya di Berita Terkini. See you!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

heat protection spray apa itu

Manfaat Heat Protection Spray, Cara Penggunaan, dan Komposisi Produk

Rambut sering kali dianggap sebagai salah satu hal yang sangat memengaruhi penampilan seseorang. Baik buruknya kondisi rambut akan merubah looks seseorang secara signifikan. Oleh sebab itu, banyak orang berlomba-lomba untuk mempercantik tampilan rambutnya, mulai dari potongan rambut, warna rambut,...

Continue Reading