Ide dan Modal Bisnis Skincare Paling Menguntungkan untuk Dicoba

modal bisnis skincare

Memulai bisnis bukan hanya tentang melihat peluang, tapi juga harus memikirkan modal. Bisnis skincare memang menjanjikan karena pasar yang luas dan tidak pernah habis. Lalu, berapa ya modal bisnis skincare yang kamu butuhkan agar bisa mulai usaha di bidang ini?

Modal untuk memulai bisnis tentu saja ditentukan berdasarkan jenis bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan. Alasannya tentu saja, berbeda jenis bisnisnya akan berbeda juga kebutuhan operasional dan cara kerjanya.

Nah, di sini kamu akan lebih tahu modal yang harus kamu keluarkan berdasarkan jenis bisnis skincare yang ingin kamu jalani.

Peluang Memulai Bisnis Skincare di Indonesia

Bisnis skincare adalah salah satu bisnis yang pasarnya tak akan mati, terlebih lagi di negara tropis seperti Indonesia. Cuaca dan lingkungan menjadikan penduduk Indonesia harus memberikan perhatian ekstra pada tubuh mereka, terutama kulit agar tidak mengalami kerusakan.

Beberapa penyebab yang menjadikan skincare penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia adalah cuaca, banyaknya jenis pekerjaan secara outdoor dan gaya hidup.

Oleh karena itu, skincare kini bukan hanya tentang produk perawatan untuk membuat kulit sehat, melainkan memberikan beragam manfaat lain.

Nah, kalau kamu ingin membangun bisnis skincare, ini juga harus kamu pertimbangkan agar bisnismu bisa bersaing dengan kompetitor yang sudah lebih dahulu masuk ke dunia bisnis ini.

Ide dan Modal Bisnis Skincare Paling Menguntungkan

Memilih jenis bisnis juga penting loh agar kamu juga bisa memprakirakan berapa modal yang harus kamu keluarkan untuk mengawali bisnismu. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai modal yang akan kamu butuhkan berdasarkan jenis bisnis yang ingin kamu lakukan.

Bisnis Toko Skincare

Bisnis yang pertama adalah bisnis toko skincare. Toko skincare ini dapat berupa toko offline maupun online. Berikut rincian modal serta kekurangan dan kelebihannya:

modal toko skincare

Kelebihan Toko Skincare Offline

  1. Kepercayaan konsumen tinggi
  2. Pelayanan konsumen lebih mudah
  3. Sistem pembayaran lebih aman
  4. Tidak perlu melakukan pengiriman
  5. Persaingan tidak terlalu banyak dengan sesama toko skincare

Kekurangan Toko Skincare Offline

  1. Jangkauan pasar terbatas
  2. Perlu tempat fisik
  3. Membutuhkan karyawan lebih banyak
  4. Memerlukan modal yang besar
  5. Waktu penjualan terbatas
  6. Pilihan produk yang terbatas dan sulit untuk mencari barang

Kelebihan Toko Skincare Online

  • Mudah dijalankan
  • Jangkauan pasar lebih luas
  • Modal tidak terlalu besar
  • Tidak memerlukan tempat fisik
  • Memerlukan karyawan yang lebih sedikit
  • Waktu penjualan fleksibel
  • Produk lebih bervariasi

Kelebihan Toko Skincare Online

  • Persaingan lebih ketat.
  • Kredibilitas sering diragukan.
  • Tidak memiliki control besar untuk menjaga dan mengawasi kualitas barang sampai ke tangan konsumen.

Modal Investasi Toko Skincare Offline

Dalam modal investasi berhubungan dengan modal awal yang kamu keluarkan di awal dan kemungkinan besar tidak kamu keluarkan lagi di masa selanjutnya. Biaya ini meliputi modal pembelian etalase, modal renovasi dan lainnya. Simak rinciannya berikut ini:

Modal Investasi Toko Kosmetik OfflineBesaran Biaya (Rp)
Etalase2.000.000
Kursi dan meja700.000
Rak1.000.000
Renovasi Ruang750.000

Modal Operasional Toko Skincare Offline

Bukan hanya membutuhkan modal investasi untuk jangka panjang, kamu juga membutuhkan modal operasional yang berhubungan dengan pengelolaan toko skincaremu. Biaya operasional meliputi biaya yang harus kamu keluarkan agar toko skincaremu dapat berjalan seperti upah karyawan, biaya listrik dan lainnya. Berikut rinciannya:

Modal Operasional Toko Kosmetik OfflineBesarnya Biaya (Rp)
Belanja Kosmetik10.000.000
Listrik dan air100.000
Biaya100.000
Upah untuk Karyawan800.000 – 1.000.000
Biaya lain-lain100.000
Bangunan toko kosmetik sederhana2.000.000
Biaya sewa tempat2.000.000-5.000.000

Modal Investasi Toko Kosmetik Online

 Meski toko yang kamu bangun tidak ada bentuk fisiknya, kamu juga perlu mengeluarkan biaya investasi. Tidak jauh berbeda dengan modal investasi toko offline, biaya investasi toko online adalah biaya awal yang harus kamu keluarkan untuk hal-hal yang bersifat tetap. Sederhananya modal untuk membeli keperluan yang digunakan dalam waktu lama. Berikut ini adalah rinciannya:

Modal Investasi Toko OnlineBesarnya Modal (Rp)
Laptop5.000.000
Smartphone3.000.000

Modal Operasional Toko Kosmetik Online

Kamu juga memerlukan biaya operasional untuk mengelola toko online. Terlebih lagi, toko online tidak memiliki bentuk fisik. Banyak pelanggan tidak tahu bahwa kamu menjual produk skincare. Nah, berikut ini adalah rincian modal operasional yang kamu butuhkan untuk toko online:

Modal Operasional Toko Kosmetik OnlineBesar Biaya (Rp)
Pembelian Kosmetik10.000.000
Listrik100.000
Kuota100.000
Lakban dan ATK200.000
Biaya Iklan di Media Sosial300.000
Biaya Iklan di Marketplace500.000

Reseller Skincare

Kelebihan Bisnis Reseller Skincare

Selain dengan membuka toko online, kamu bisa memulai bisnis skincaremu dengan menjadi reseller. Dengan menjadi reseller, kamu akan menikmati beberapa keuntungan sepertoi:

  • Tidak memerlukan inventaris
  • Lebih menghemat modal dan uang
  • Lebih dapat menghemat waktu
  • Memiliki risiko yang lebih kecil dibanding bisnis skincare lainnya
  • Cocok sebagai cara untuk trial dan error
  • Lebih mudah untuk melakukan ekspansi
  • Cara kerja lebih fleksibel

Kelemahan Bisnis Reseller Skincare

Bukan hanya kelebihan, kamu juga harus siap dengan kelemahan dari bisnis jenis ini. Dengan mengetahui beberapa kelemahan berikut kamu bisa mempersiapkan strategi agar kelemhan dari bisnis jenis ini tidak mempengaruhi hasil usahamu.

  • Margin yang relatif kecil
  • Kompetisi lebih ketat, bukan hanya sesama penjual skincare bahkan sesama reseller
  • Inovasi yang lebih terbatas
  • Bukan bisnis milik pribadi

Modal Pengadaan Produk

Bisnis yang akan kamu lakukan adalah menjadi seorang reseller, yaitu pihak yang menjual produk milik orang lain dengan cara membeli produk tersebut terlebih dahulu. Di atas sudah dijelaskan beberapa kelebihan sekaligus kekurangan menjadi seorang reseller. Nah, selanjutnya kamu juga perlu tahu modal yang akan kamu butuhkan untuk dapat menggeluti bidang ini.

Berbeda dengan bisnis lain yang rincian modalnya bisa dijelaskan dengan mudah sekaligus angka nominalnya. Modal menggeluti bisnis sebagai reseller sangat ditentukan akan kemampuanmu dalam menemukan supplier yang oke. 

Supplier yang oke itu bagaimana sih? Tentu saja yang bisa meningkatkan angka keuntunganmu. Yaitu supplier yang memiliki produk yang mumpuni dengan harga yang lebih murah.

Bisanya, untuk menjadi reseller, kita harus membeli produk pada jumlah tertentu untuk dijual kembali. Supplier akan menentukan jumlah minimal sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik sehingga ketika dijual lagi akan ada keuntungan yang bisa kita dapat meski menjual dengan harga yang sama dengan kompetitor.

Namun, jika penjualan yang kita lakukan tidak besar maka sangat berisiko terjadi penumpukan hingga kerugian. Salah satunya akibat produk yang kadaluarsa atau sudah tidak menjadi trend di pasaran.

Modal Biaya Operasional

Bukan hanya menyiapkan modal untuk pengadaan produk, kamu juga perlu menghitung dan menyiapkan modal yang akan kamu butuhkan untuk operasional bisnis reseller yang kamu lakukan.

Beberapa modal operasional yang akan kamu butuhkan untuk bisnis reseller antara lain modal untuk promosi. Biaya ini meliputi biaya pembuatan website, internet, biaya iklan jika perlu, hingga biaya pengemasan.

Dropshipper Skincare

Selain toko, kamu juga bisa mencoba peruntungan lewat bisnis dropshipper ksometik. Agar kamu bisa mengira-ngira, berikut ini kelebihan dan kekurangannya, serta modal bisnis dropshipper skincare yang perlu kamu tahu.

efisiensi cost operation untuk bisnis kosmetik

Kelebihan Bisnis Dropshipper Skincare

Nah, jika kamu ingin mengelola bisnis kamu bisa banget memilih bisnis dropship skincare. Bisnis jenis ini menawarkan berbagai kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  • Tidak perlu mengeluarkan modal sebanyak jenis bisnis skincare lainnya
  • Kamu bisa menjalankan bisnismu di mana saja dan kapan saja
  • Lebih mudah dijalankan dan efisien
  • Kamu bisa menawarkan produk yang lebih beragam untuk konsumenmu
  • Lebih mudah untuk menekan biaya overhead
  • Lebih hemat tenaga

Kelemahan Bisnis Dropshipper Skincare

Meski menawarkan banyak kelebihan, bisnis ini tetap memiliki beberapa kelemahan yang harus kamu ketahui. Terdapat tiga kelemahan dari bisnis dropship skincare yaitu:

  • Kamu tidak memiliki kendali terhadap produk atau barang yang kamu jual
  • Sistem pengiriman pada konsumen lebih rumit
  • Keuntungan penjualan lebih sedikit

Modal Bisnis Dropshipper Skincare

Ketika kamu menggeluti bisnis dropship skincare, modal yang harus dikeluarkan memang jauh lebih kecil dibanding jenis bisnis skincare yang lain. Namun, lebih sedikit  bukan berarti tidak mengeluarkan modal sama sekali bukan?

Nah, beberapa modal yang harus kamu siapkan untuk memulai bisnis dropship skincare meliputi modal untuk menyediakan aset dan uang tunai. Aset yang akan kamu butuhkan untuk bisnismu antara lain smartphone dan laptop.

Kedua alat ini akan kamu butuhkan dalam urusan pelayanan terhadap konsumen, promosi atau pemasaran, menerima pesanan, mendeteksi barang yang tengah dikirim hingga mencari supplier.

Selain modal untuk aset, kamu juga perlu menyiapkan modal berupa uang yang akan berguna sebagai uang ganti di awal. Selanjutnya adalah biaya promosi dengan tujuan untuk membangun brand bisnismu serta untuk modal untuk memenuhi kebutuhan operasional lainnya.

Distributor Skincare

Jenis bisnis skincare selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah dengan menjadi distributor skincare. Apakah kamu tertarik dengan jenis bisnis ini? Seperti bisnis-bisnis yang dijelaskan sebelumnya. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai kelebihan jenis ini dan modal yang akan kamu butuhkan untuk menjalankannya:

cara menjadi distributor kosmetik (2)

Kelebihan Menjadi Distributor Skincare:

Bisnis-bisnis sebelumnya menawarkan berbagai kelebihan yang menarik sekali bukan. Nah, jangan dulu memutuskan jenis bisnis yang ingin kamu lakukan. Simak dulu kelebihan dari menjalani bisnis distributor skincare berikut ini:

  • Risiko dari bisnis ini lebih kecil dibanding jenis bisnis lainnya.
  • Target keuntungan bisa kamu tentukan sendiri
  • Lebih mudah untuk menjual produk dalam jumlah besar sehingga keuntungan yang didapat juga akan lebih besar

Kekurangan Menjadi Distributor Skincare:

Sayangnya, bisnis distributor juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan. Nah berikut ini adalah kekurangannya yang harus kamu ketahui agar bisa memperhitungkan strategi yang akan kamu gunakan jika menjadikan ini sebagai bisnis skincaremu:

  • Modal yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis besar
  • Kendali yang kamu miliki terhadap produk yang didistribusikan kecil
  • Harga produk tidak bisa stabil karena faktor produksi yang tidak tetap dan biaya distribusi yang bisa membengkak jika produksi terlalu sedikit
  • Adanya risiko lokasi yang sulit dijangkau sehingga barang tidak sampai tepat waktu dan dapat mengurangi penilaian pada bisnismu
  • Harga yang dijual akan lebih mahal dibanding harga dari produsen

Modal Bisnis Dropshipper Skincare

Tidak ada angka pasti mengenai jumlah modal yang akan kamu butuhkan untuk melakukan bisnis distributor skincare. Hanya saja, kamu pasti akan membutuhkan jumlah modal yang besar. Tentu saja alasannya karena kamu mendistribusikan produk dalam jumlah besar.

Karena jumlah produk yang besar maka kamu juga harus memiliki modal yang besar sehingga dapat menangani setiap aspek yang akan kamu perlukan agar bisnis ini berjalan. Salah satu penyebab utama yang menjadikan modalmu besar adalah karena kamu akan membutuhkan kendaraan untuk mendistribusikan produk tersebut.

Tentu saja, kamu tidak mungkin hanya menyediakan satu kendaraan saja bukan. Kamu perlu beberapa kendaraan agar dapat mendistribusikan produk dalam jumlah besar ke beberapa lokasi secara bersamaan.

Modal lainnya adalah operasional seperti gaji karyawan. Baik karyawan yang bertugas sebagai driver, pengangkut produk dari gudang ke mobil. Selain itu biaya bahan bakar, perawatan, dan lainnya.

Brand Owner Skincare

Jenis bisnis skincare terakhir yang bisa kamu geluti adalah brand owner skincare. Bisnis ini sangat menarik, salah satunya karena banyaknya kelebihan yang ditawarkan. Wah, apakah kamu penasaran apa saja kelebihannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

strategi product development (2)

Kelebihan Bisnis Skincare Brand Sendiri dengan Maklon:

Jika kamu ingin bisnis skincare brand sendiri akan sangat mahal, kamu bisa membuang pikiran itu jauh-jauh. Kamu bisa memanfaatkan jasa maklon agar bisa memasarkan produk milikmu sendiri tanpa modal besar. Nah, berikut ini beberapa kelebihan bisnis skincare dengan jasa maklon:

  • Tak perlu mengeluarkan modal besar
  • Tidak perlu membangun pabrik
  • Tidak memerlukan karyawan yang banyak, bahkan kamu juga bisa menjalankannya sendiri
  • Tak perlu menjadi ahli marketing
  • Kualitas, mutu hingga legalitas produk tak perlu diragukan dan pastinya kamu memiliki kendali
  • Memiliki jangkauan pasar yang luas karena distribusi juga akan dibantu oleh penyedia jasa maklon
  • Lebih mudah mendapatkan kepercayaan konsumen
  • Jam kerja yang lebih fleksibel

Kelemahan Bisnis Skincare Brand Sendiri dengan Maklon:

Wah, ternyata banyak sekali ya kelebihan dari menggeluti bisnis skincare dengan brand sendiri melalui jasa maklon. Namun, kamu juga perlu mencatat beberapa kekurangannya di bawah ini: 

  • Memiliki risiko rugi yang cukup tinggi
  • Persaingan dengan brand lain cukup besar

Modal Bisnis Skincare Brand Sendiri dengan Jasa Maklon

Ada trik yang bisa kamu lakukan jika ingin lepas dari risiko membangun bisnis brand owner skincare. Caranya adalah dengan memilih perusahaan jasa maklon yang tepat. Alasannya tentu saja setiap perusahaan akan menawarkan harga dan pelayanan yang berbeda.

Lalu perusahaan seperti apa ya yang harus kamu pilih? Salah satu perusahaan jasa maklon yang bisa kamu andalkan adalah perusahaan yang menawarkan MOQ kecil. MOQ adalah Minimum Order Quantity atau jumlah minimum pemesanan.

Salah satu perusahaan maklon dengan MOQ kecil adalah Mash Moshem Indonesia. Dengan jumlah pemesanan yang kecil, maka artinya modal yang kamu keluarkan untuk membuat sebuah produk juga akan semakin kecil. Dengan begitu, kamu bisa membuat beberapa produk sekaligus dan dapat mengujinya di pasar sekaligus.

Kamu bisa secara langsung melihat produk manakah yang paling konsumen minati, sehingga kamu bisa memesan ulang produk tersebut dalam jumlah yang lebih besar.

Dengan begitu, risiko kerugian bisa kamu hindari dan kamu bisa bersaing dengan kompetitor dengan lebih mudah karena kamu punya banyak varian produk yang bisa ditawarkan.

Tips Membangun Bisnis Skincare Modal Kecil

Tentu saja bisa membangun bisnis skincare dengan modal kecil adalah sesuatu yang menggiurkan. Nah, setelah mengetahui beragam jenis bisnis skincare yang telah dijelaskan di atas, mana nih yang menurut kamu membutuhkan modal yang lebih kecil dan peluang berhasil yang lebih besar?

modal bisnis skincare

Ada beberapa tips untuk kamu yang ingin membangun bisnis skincare dengan modal kecil, simak tips berikut ini:

  1. Tentukan tujuan bisnis yang ingin kamu lakukan
  2. Ciptakan produk skincare yang lebih baik dibanding produk yang sudah ada
  3. Bangun brandmu sendiri
  4. Buat target pasar yang spesifik
  5. Pahami siapa yang akan menjadi konsumen produkmu
  6. Terapkan strategi harga 
  7. Buat website dan akun sosial media untuk produk dan perusahaan
  8. Terapkan strategi up-selling dan cross-selling
  9. Buatlah strategi pemasaran yang matang

Nah, Beautypreneurs itu adalah berbagai ide dan modal bisnis skincare yang bisa kamu coba. Mulai dari reseller, membuka toko skincare, menjadi dropshipper, hingga berbisnis dengan brand skincare-mu sendiri.

Kira-kira mana yang paling pas buatmu? Tulis di kolom komentar, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading