Rekomendasi Bisnis Gen Z, Berikut 8 Idenya! 

Rekomendasi Bisnis Gen Z

Di era digital seperti sekarang, Gen Z memainkan peranan dalam industri kecantikan tanah air. Dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, muncul berbagai rekomendasi bisnis Gen Z yang berpotensi menguntungkan. 

Itu sebabnya, kamu bisa pilih jenis bisnis yang paling cocok dengan dengan karakteristik dan nilai-nilai Gen Z. Sesuaikan juga bisnis yang kamu pilih agar sesuai dengan selera dan tren anak muda sekarang. 

Kalau kamu butuh rekomendasi bisnis yang cocok buat Gen Z, maka ulasan berikut ini bisa menjadi referensi yang pas. Yuk, perhatikan! 

8 Rekomendasi Bisnis Gen Z yang Patut Dicoba 

Generasi Z atau Gen Z biasanya terdiri dari anak-anak muda yang lahir di rentang tahun 1990-an sampai awal 2010-an. Generasi ini telah membawa angin segar ke dunia bisnis dengan perspektifnya yang unik dan melek teknologi. 

Nggak heran kalau mereka cenderung lebih kreatif dan berani saat memulai bisnis. Berdasarkan karakteristik seperti ini, kamu bisa manfaatkan beberapa ide bisnis Gen Z yang menarik untuk dicoba. Apa saja? 

Buka Toko Baju Thrift

Toko baju thrift adalah model usaha yang sesuai untuk Generasi Z yang memiliki pemahaman mendalam tentang model terkini dan kepedulian terhadap keberlanjutan. Anda bisa membangun toko daring yang menawarkan pakaian bekas berkualitas tinggi, aksesori, atau barang antik. 

Dengan mengoptimalkan platform e-commerce, jejaring sosial, dan aplikasi berbagi gambar, Anda dapat menciptakan toko online yang unik dan menarik bagi para pelanggan. 

Rekomendasi Bisnis Gen Z : Jadi Affiliate Marketing 

Bagi mereka yang aktif di dunia media sosial, pasti sudah akrab dengan istilah pemasaran afiliasi, bukan? Yup! Pemasaran afiliasi kini semakin terkenal karena dapat dijalankan dengan mudah tanpa perlu modal besar. 

Dalam konsepnya, pemasaran afiliasi memungkinkan Anda menjadi perantara dalam proses penjualan. 

Semakin banyak orang yang membeli melalui rekomendasi Anda, semakin besar pula komisi yang dapat Anda peroleh. Usaha tambahan ini tidak akan memakan banyak waktu, sehingga dapat dilakukan dengan mudah di antara jadwal kuliah! 

Baca juga “Ide Bisnis Menguntungkan 2024, Ini 11 Rekomendasinya!” 

Bikin Buket Wisuda 

Sebagai anggota Generasi Z, tentunya kamu memiliki minat dalam seni, bukan begitu? Jika ya, maka kamu dapat menjelajahi potensi bisnis di bidang buket wisuda. 

Mengingat di lingkungan kampus, sangat mungkin ada banyak mahasiswa yang sedang mencari buket sebagai hadiah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan di bidang ini, bukan? 

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa memulai dengan belajar melalui tutorial online terlebih dahulu. Setelah memperoleh pengetahuan yang cukup, bagikan hasil karyamu melalui posting dan promosikan kepada teman-teman dekat terlebih dahulu. 

Ketika memasuki musim sidang dan wisuda, dapat dipastikan bahwa bisnis buketmu akan semakin dikenal dan pesanan akan datang mengalir! 

Rekomendasi Bisnis Gen Z : Jadi Make Up Artist 

Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki minat besar dalam dunia makeup. Memulai karier sebagai MUA sebagai pekerjaan sampingan selama masa kuliah bisa menjadi pilihan yang sangat bijak. 

Hal ini dikarenakan kamu dapat melibatkan diri dalam kegiatan ini sebagai pembelajaran sambil mendapatkan fee yang sesuai dengan kondisi mahasiswa. 

Selain itu, lingkungan kampus menyediakan berbagai kesempatan untuk mengembangkan keterampilan MUA. Banyaknya event dan acara seperti pentas seni serta berbagai kompetisi lainnya yang membutuhkan jasa MUA. 

Setelah menyelesaikan kuliah, kamu akan memiliki pengalaman yang cukup untuk memperluas jangkauan bisnismu dengan menetapkan tarif yang lebih tinggi. 

Rekomendasi Bisnis Gen Z : Buka Kafe 

Pilihan bisnis pertama yang cocok untuk generasi milenial dan gen Z adalah coffee shop. Bagi mereka yang tertarik dengan dunia kopi, bisnis ini merupakan ide usaha yang sangat sesuai. Pasalnya, generasi milenial dan gen Z memiliki kecenderungan untuk menghabiskan waktu di coffee shop, sehingga hal ini dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. 

Bukan hanya itu, bisnis coffee shop juga sedang populer di kalangan generasi milenial dan gen Z. Oleh karena itu, tak heran jika semakin banyak coffee shop bermunculan. Sebelum memulai bisnis ini, penting untuk memahami segala hal yang terkait dengan usaha tersebut. 

Mulai dari jenis-jenis kopi, pilihan supplier, hingga desain interior yang perlu dipersiapkan. Tak lupa, penting juga untuk menguasai cara meracik kopi agar menghasilkan minuman yang lezat dan nikmat. 

Rekomendasi Bisnis Gen Z : Jual Cemilan Kekinian 

Menimbang ketertarikan Generasi Z terhadap makanan dan kreativitas, Anda dapat menjelajahi peluang bisnis dalam menciptakan camilan inovatif. Anda memiliki opsi untuk menghasilkan camilan yang unik, seperti keripik kreatif, marshmallow dengan bentuk yang unik, atau kue-kue dengan bentuk yang tak lazim. 

Lalu menjualnya melalui platform online atau partisipasi dalam berbagai acara lokal. Pemanfaatan media sosial sebagai alat untuk memasarkan produk Anda dapat menjadi strategi yang efektif untuk menjangkau calon pelanggan.  

Baca juga “Rekomendasi Jasa Maklon Eye Serum Terlengkap dan Modal Fleksibel, Simak Yuk!

Bisnis Jastip (Jasa Titip) 

Bisnis penyedia layanan titip, yang terkenal sebagai jastip kerap menawarkan solusi bagi Generasi Z yang mau meraih penghasilan tambahan sembari membelikan titipan barang orang lain. 

Anda dapat menyediakan jasa belanja atau pengiriman barang dari toko-toko tertentu kepada pelanggan yang sibuk atau tidak dapat mengaksesnya. Kunci kesuksesan dalam bisnis ini adalah kepercayaan dan pelayanan yang cepat. 

Saat ini, bisnis jastip semakin populer, terutama di kalangan generasi milenial dan Gen Z. Jika Anda memiliki hobi berwisata, bisnis ini bisa menjadi pilihan yang tepat ketika Anda berada di perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri. 

Selain itu, bisnis jastip dapat dijalankan tidak hanya saat bepergian, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat menawarkan berbagai produk yang membutuhkan layanan titip dengan menetapkan biaya sesuai aturan yang Anda tetapkan. 

Maklon Produk Kosmetik dan Skincare 

Rekomendasi Bisnis Gen Z : maklon skincare dan kosmetik

Salah satu rekomendasi bisnis gen Z yang nggak boleh kamu lewatkan adalah maklon produk skincare atau kosmetik. Menilik pertumbuhan bisnis yang cukup besar di bidang ini, sayang kalau kamu melewatkan peluang ini untuk membangun bisnis skincare pakai brand sendiri. 

Dalam upaya mendukung para BeautyPreneur pemula seperti kamu, Mash Moshem Indonesia menawarkan solusi bisnis skincare dengan modal relatif terjangkau. Sebagai salah satu perusahaan maklon skincare terpercaya, Mash Moshem siap membantu bisnis skincare kamu. 

Kamu nggak perlu ragu dengan biaya dan fasilitas yang diberikan, karena Mash Moshem akan memberikan layanan One Stop Service buat para mitranya. 

Tips & Trik Membangun Brand Kosmetik Sendiri untuk Gen Z

Saat ini, setiap individu memiliki potensi menjadi seorang pengusaha, terutama di Indonesia. Tidak diperlukan pengalaman khusus, pemahaman ekonomi mendalam, atau anggaran besar untuk mengembangkan bisnis. Meskipun mungkin Anda akan menghadapi tantangan administratif yang cukup kompleks, namun dengan dedikasi, Anda pasti dapat mengatasinya. 

Sebelum terjun ke dunia bisnis, langkah yang bijak adalah menyusun rencana bisnis yang efektif sebagai salah satu upaya manajemen risiko. Proses ini memerlukan investasi tenaga dan waktu yang signifikan untuk melakukan riset pasar, menganalisis pesaing, berinteraksi dengan pemasok, dan menghitung biaya yang terlibat. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda tempuh untuk memulai bisnis kosmetik dengan merk Anda sendiri. 

Pilih Produk yang Mau Dijual 

Dalam industri kosmetik, terdapat beragam opsi yang dapat dipertimbangkan untuk dijual dan bisa menjadi rekomendasi bisnis Gen Z. Untuk menentukan produk yang optimal dan menguntungkan, lakukanlah riset pasar secara menyeluruh. 

Menurut data dari Statista, pada tahun 2022, pendapatan di sektor kosmetik mencapai US$1,61 miliar atau sekitar 25 triliun rupiah. Dalam laporan yang sama, dikemukakan bahwa perawatan mata merupakan produk yang sangat diminati dan diprediksi akan terus meningkatkan penjualannya hingga tahun 2026. 

Baca juga “Rekomendasi Tempat Maklon Kosmetik Anak Aman, Ada di Mana?

Tentukan Target Market 

Menentukan sasaran pasar akan memberikan kemudahan dalam merancang rencana dan strategi bisnis. Dalam ranah kosmetik, kelompok generasi Z (kelahiran 1996-2009) menjadi konsumen terbesar di Indonesia. 

Meskipun demikian, memikat perhatian generasi Z terbukti kompleks dan berisiko. Jika pendekatan dan produk sesuai dengan preferensi mereka, bisnis dapat berkembang pesat dalam waktu singkat. Namun, jika tidak berhasil (disebut sebagai dibatalkan oleh generasi Z), Anda mungkin harus mengucapkan selamat tinggal pada impian bisnis Anda.

Siapkan Modal Bisnis 

Dalam mengurus berbagai aspek administratif seperti perizinan usaha, sertifikasi, dan lisensi produk, dari tahap produksi hingga pemasaran, diperlukan dana yang cukup besar. Umumnya, modal yang kamu butuhkan bisa mencapai jutaan rupiah. 

Agar dapat menetapkan anggaran yang rasional, penting untuk melakukan proyeksi pendapatan dan arus kas di masa mendatang. Selain itu, kamu juga bisa menganalisis pengeluaran pesaing, serta menetapkan batasan biaya untuk setiap aspek bisnis. 

Susun Strategi Marketing yang Ampuh 

Ciptakan penawaran harga yang rasional, perencanaan komunikasi yang efektif, kegiatan promosi, pemanfaatan iklan, dan media sosial. Apabila Anda terbiasa dengan teknologi, merancang strategi pemasaran akan terasa mudah. 

Tetapi jika tidak, Anda selalu dapat mengandalkan jasa agen periklanan dan pemasaran untuk membantu Anda. 

Menjalin Kerjasama dengan Tempat Maklon

Bermitra dengan jasa maklon merupakan solusi ideal bagi mereka yang memiliki keterbatasan anggaran namun bercita-cita mendirikan bisnis kosmetik. Layanan maklon dapat mengubah konsep produk Anda menjadi produk jadi yang siap untuk dipasarkan, membantu Anda mengatasi segala tantangan. 

Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan penyedia jasa maklon yang telah berhasil membuat produk impian untuk banyak klien, baik di tingkat domestik maupun internasional. Biaya yang kamu tawarkan juga relatif terjangkau. 

Kamu bisa lihat-lihat katalog kami untuk mengetahui berbagai produk yang telah kami hasilkan. Kalau berminat bikin produk kosmetik sendiri, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya bareng tim kami. Gratis! 

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading