Insight Bisnis

Cara Memasang Iklan Toko di Tokopedia & Tips Optimalisasinya

iklan toko di Tokopedia

Memanfaatkan fitur iklan atau TopAds di Tokopedia, menjadi langkah awal cerdas yang bisa kamu lakukan sebagai pemilik brand kosmetik. Pasalnya, fitur TopAds ini memungkinkan brand owner untuk mempromosikan produk kosmetik di marketplace Tokopedia, sehingga menjadi lebih mudah dikenal oleh konsumen.

Sayangnya, masih banyak pemilik brand kosmetik yang belum tahu cara memasang iklan toko di Tokopedia. Padahal, langkah ini bukan hanya membantu meningkatkan jangkauan saja, tapi juga penjualan produk bisa menjadi naik. Dengan cara yang tepat, kamu bisa merasakan manfaatnya dari fitur TopAds Tokopedia ini.

Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan tentang keuntungan, cara memasang iklan toko di Tokopedia, hingga tips mengoptimalisasinya. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Keuntungan Promosi Lewat iklan toko Bagi Seller

Sebelum membahas langkah demi langkah dalam cara memasang iklan toko di Tokopedia, kamu harus tahu apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Membuat Toko Tampak Eksklusif

Keuntungan yang pertama adalah memberikan kesan eksklusif pada toko. Ini dikarenakan iklan toko bekerja dengan menampilkan toko online-mu di layar pembeli.

Yang menjadikannya lebih eksklusif lagi adalah toko yang dimunculkan ini hanya satu toko saja dalam sekali waktu.

Promosi Toko dan Produk Sekaligus

Ketika menggunakan fitur iklan toko sebagai strategi marketing kamu di Tokopedia, pada dasarnya kamu tidak hanya mempromosikan toko tersebut saja.

Melainkan, berbagai produk yang kamu jual pun secara otomatis pun akan dilihat dan diamati oleh calon pembeli. Dengan kata lain, hanya dengan satu jenis Iklan TopAds, kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus.

Baca Juga: Cek Syarat dan Cara Daftar Tokopedia Official Store Berikut Ini

Meningkatkan Jumlah Kunjungan

Saat toko mendapatkan jangkauan konsumen yang luas, maka semakin tinggi pula kesempatan untuk meningkatkan jumlah kunjungan.

Karena di tempatkan pada area yang strategis, dimunculkan dalam beranda pengguna atau pembeli. Besar kemungkinan konsumen akan tertarik dan menjelajahi berbagai penawaran yang ada dalam toko milikmu.

Meningkatkan Brand Awareness dan Followers Toko

Selain membantu meningkatkan jumlah kunjungan, iklan toko ini juga dapat membuat brand awareness dan followers toko bertambah, lho.

Kamu bisa mengoptimalkan kesempatan ini dengan menata tokomu semenarik mungkin. Misalnya, menggunakan foto-foto produk berkualitas tinggi, desain produk yang menarik, deskripsi toko yang jelas dan relevan, dan banyak lainnya.



Cara Memasang Iklan Toko di TopAds dengan Mudah

Tokopedia selalu menggunakan fitur yang memudahkan para seller dalam berjualan. Salah satunya, adalah menyediakan fitur iklan toko yang ternyata sangat mudah dibuat.

Nah, kamu pasti tertarik untuk mencoba menggunakan iklan toko ini, bukan? Langsung praktekkan step by step cara memasang iklan toko di Tokopedia berikut ini!

  1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller lewat desktop, ya.
  2. Setelah itu, kamu pilih Iklan dan Promosi. Lanjutkan dengan klik Tingkatkan Kunjungan Pembeli dan pilih TopAds.
  3. Selanjutnya, isi Nama Iklan Toko.
  4. Isi Konten Iklan

Dalam langkah ini kamu bisa memilih jumlah maksimal produk yang direkomendasikan. Kemudian isi pesan promosi yang telah kamu susun sebelumnya.

  • Tambahkan Kata Kunci yang relevan.

Gunakan kata kunci yang relevan agar lebih mudah menjaring pembeli potensial, yang benar-benar akan melakukan transaksi atau pembelian.

  • Atur Biaya Iklan

Kamu bisa mengatur biaya iklan ini sesuai rekomendasi, kemudian atur juga jadwal dan anggaran iklan yang kamu inginkan. Jika sudah, kamu bisa langsung klik Iklankan.

  • Pantau Performa Iklan secara Berkala

Ketika iklan telah berjalan, kamu bisa memantau performanya di halaman TopAds. Ingat, tidak hanya mengaktifkannya, kamu pun perlu menganalisis seberapa efektif iklan yang kamu gunakan.

Dengan begitu, kamu jadi tahu apakah strategi yang kamu gunakan sudah tepat. Atau justru, kamu harus mengganti strategi tersebut karena efek yang diterima tidak sebesar harapan kamu sebelumnya.

Nah, selesai deh! Cara memasang iklan toko di Tokopedia ini mudah bukan? Apakah kamu tertarik menggunakannya ke dalam strategi marketing bisnis atau toko online yang kamu miliki?



Tips Mengoptimalisasi iklan toko TopAds Agar Lebih Maksimal

Selain memastikannya selalu aktif, akan sangat penting buatmu untuk mengoptimalisasi iklan toko TopAds yang kamu gunakan sekarang. Dengan begitu, hasil kegiatan promosi ini pun akan jauh lebih maksimal.

Pada dasarnya ada tiga aspek dasar yang perlu diperhatikan ketika ingin memaksimalkan iklan toko tersebut. Simak ulasan mengenai tiga aspek tersebut berikut ini.

Menggunakan Copy yang Tepat dan Menarik

Sama halnya dengan jenis iklan pada umumnya, ketika menggunakan fitur TopAds ini kamu pun perlu merangkai copy yang menarik.

Untuk itu, kamu bisa merangkai kalimat-kalimat yang menarik dan mensugesti pembeli untuk melakukan transaksi. Seperti beberapa contoh berikut.

Kalimat untuk Menonjolkan Promosi Toko

Untuk tujuan ini, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti, ‘Eksklusif’, ‘Cuma buat kamu’, ‘Gratis’, ‘Lebih Hemat 15%’, dan masih banyak lainnya.

Menonjolkan Urgensi

Untuk membuat konsumen melakukan tindakan tertentu, kamu bisa menambahkan kata yang bisa menambah urgensi. Misalnya menggunakan klausa, ‘Hanya hari ini’, ‘Promo terbatas’, dan sebagainya.

Menggunakan Kalimat untuk Mengunggulkan Produk

Kamu bisa menyisipkan keunggulan atau nilai lebih dari produk yang kamu jual. Misalnya, ‘Serum wajah alami dan mencerahkan’, ‘Krim pencerah wajah alami’, dan masih banyak lainnya.

Mengoptimalkan Kata Kunci yang Digunakan

Langkah selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan jenis kata kunci yang digunakan dalam iklan toko di Tokopedia TopAds. Seperti dalam tips berikut ini:

Pertimbangkan Relevansi dengan Produk/Toko

Semakin relevan kata kunci dengan produk yang ada di grup iklan, semakin tinggi kesempatan iklanmu menarik calon pembeli.

Menggunakan Kata Kunci Sesuai Jangkauan yang Diinginkan

Pencarian spesifik akan membuat iklanmu lebih efektif. Pencarian luas meningkatkan frekuensi jumlah tampilan produk.

Menggunakan Kata Kunci yang Populer pada Wawasan Pembeli

Cek daftar kata kunci yang digunakan pembeli saat mencari produkmu atau produk serupa.

Atur Kata Kunci Negatif

Kata kunci negatif adalah kata yang tidak sesuai dengan produk yang tidak dikenakan biaya.

Atur kata kunci negatif untuk mencegah iklan muncul di halaman pencarian yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Cara Membuat Etalase Toko di Tokopedia dan Mengaturnya Agar Menarik

Perhatikan Produk dan Iklanmu

Selain aspek-aspek teknis seperti pada poin pertama dan kedua, kamu pun bisa mengoptimalkan Iklan yang kamu lakukan dengan membuat produk serta kampanye yang dilakukan lebih menarik.

Misalnya dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Pastikan foto produk yang digunakan memiliki kualitas tinggi, resolusi yang jelas, dan diambil dengan pencahayaan yang baik.
  2. Tambahkan video produk, ini akan membantu memberikan gambaran riil kepada konsumen tentang tekstur dan warna produk kosmetik kamu.
  3. Pastikan produk yang dipromosikan ini memiliki review yang positif, serta dalam kategori produk yang tepat.
  4. Kamu bisa menjalankan iklan dalam mode Always On, dengan begitu iklan tersebut akan selalu terpasang atau ditampilkan.
  5. Mengatur biaya iklan seefisien mungkin dan sesuaikan dengan budget!

Meningkatkan Kualitas Produk yang Dijual

Langkah selanjutnya adalah dengan meningkatkan kualitas produk yang dijual. Ketika kamu telah menggunakan strategi pemasaran yang tepat, dan mengusahakan agar faktor eksternal dapat lebih dikendalikan.

Maka, untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen, kamu perlu meningkatkan dan berinovasi lebih pada produk kosmetik kamu.

Kamu bisa menambah value produk, menggunakan bahan-bahan yang lebih ampuh, bahkan bisa menambahkan ciri khas yang unik pada produkmu.

Pada tips mengoptimalisasi iklan toko di Tokopedia ini, kamu harus memperhatikan komentar dan testimoni yang ditinggalkan klien. Perbaiki apa yang dirasa kurang, dan tingkatkan mutu produk sesuai kebutuhan audiens.

Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik Brand Sendiri yang Sukses Bersama Mash Moshem Indonesia!

Memahami cara memasang iklan toko di Tokopedia saja tidak cukup, kamu juga wajib menciptakan produk kosmetik yang berkualitas tinggi. Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan produk kosmetik berstandar BPOM dan Halal MUI.

Dengan fasilitas berstandar CPKB Grade A, produk kosmetik yang kamu ciptakan sudah melewati serangkaian uji klinis, sehingga keamanannya sudah terjamin. Oleh karena itu, bila kamu tertarik memproduksi kosmetik berkualitas, segera hubungi tim ahli kami dengan tekan banner di bawah ini!



author-avatar

About PT Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011