Manfaat African Black Soap untuk Kulit dan Cara Membuatnya

african black soap

Membicarakan soal tren kecantikan pasti enggak akan pernah ada habisnya. Dari zaman Cleopatra yang suka mandi pakai susu dan madu, sampai Kylie Jenner yang bikin brand makeup sendiri, ketertarikan terhadap tren kecantikan sama sekali tak menyurut. Justru, makin bertambah dan berkembang inovasinya dari waktu ke waktu. Nah, saat ini African Black Soap sedang menjadi tren dan kembali mendapat sorotan beauty enthusiast. Apa kamu sudah pernah dengar soal produk ini sebelumnya?

Tren menggunakan bahan-bahan alami dan mereproduksi perawatan tradisional ke teknologi yang lebih canggih, kini cukup populer di industri kosmetik. Salah satunya African Black Soap, yang merupakan sabun alami yang telah digunakan sejak zaman dahulu.

Produk ini umumnya diformulasikan dengan 100 persen bahan alami yang sangat baik untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Mulai dari carrier oil, cocoa powder, dan banyak lainnya.

Hmm… Penasaran dengan asal usul African Black Soap dan manfaatnya untuk kulit tubuh? Langsung simak penjelasannya di bawah ini, Beautypreneurs!

African Black Soap, What is That?

African Black Soap adalah sabun pembersih nabati, umumnya handmade secara tradisional dan menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari Afrika Barat. Masyarakat Ghana, Nigeria, dan berbagai negara Afrika lainnya telah menggunakan sabun ini selama bertahun-tahun.

Dalam pembuatannya, sabun hitam Afrika ini dibuat dengan sangat teliti. Mulai dengan menjemur kulit pisang raja, membakar daun lontar dan buah kakao di tungku tanah liat untuk menghasilkan abu. Kemudian pembuat harus menambahkan bahan-bahan tersebut dengan abu dan menyaringnya.

Bahan-bahan seperti shea butter, minyak kelapa, minyak inti sawit, dan mentega kakao dipanaskan dan ditambahkan, dan diaduk selama 24 jam. Sabun kemudian akan mengeras dan naik ke atas campuran dan dibiarkan selama sekitar dua minggu sebelum siap digunakan dalam bentuk sabun cair atau batangan, sebagai masker, atau pelembab.

Produk ini umumnya juga dikemas dengan minyak penangkal bakteri dan fitokimia yang ditemukan pada tumbuhan, yang menurut sebuah studi tahun 2018, memberikan khasiat pembersihan dan nutrisi yang mendalam untuk hampir semua jenis kulit.

Baca Juga: Cara Membuat Sabun Herbal Sendiri, Jenis Bisnis Kosmetik Rumahan yang Menjanjikan!

Kandungan dalam African Black Soap

kandungan dalam black african soap

Telah kita singgung sedikit sebelumnya, bahwa African Black Soap membutuhkan ketelitian dalam pembuatannya. Inilah yang membuat produk ini istimewa, resep dan cara pembuatannya yang tak mudah serta berasal dari pengetahuan turun temurun.

Ada banyak versi African Black Soap yang beredar di pasaran, kandungannya juga sangat beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan kulit konsumen. Mulai dari mengandung oats, madu, aloe vera, coconut oil, dan banyak lainnya.

Akantetapi, bahan-bahan dasar African Black Soap ini cukup konsisten. Apa saja? Langsung simak daftar dan penjelasannya berikut ini, Beautypreneurs!

Plantain Peels and Leaves

Bahan dasar pertama dalam African Black Soap adalah plantain peels and leaves, atau daun dan kulit pisang raja. Bahan ini mengandung micronutrient terbaik yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Sebut saja anti-oksidan yang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan merawat sel-sel kulit. Ada juga berbagai jenis protein, asam folat, thiamine, Vitamin E, Vitamin C, Zat Besi, Allantoin, dan Vitamin A.

Vitamin E bisa membantu memperbaiki skin barrier, menghidrasi kulit dan menenangkan peradangan, bersamaan dengan Vitamin C, kandungan ini bisa membantu mencerahkan dan mencegah penuaan kulit.

Sementara itu Allantoin berguna mendorong produksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat, sementara Vitamin A mendorong produksi kolagen. Kombinasi epic untuk membuat kulit tubuh menjadi lebih lembut dan terasa kian kencang.

Cocoa Powder

Bubuk cokelat sebenarnya sudah cukup populer di industri kosmetik. Bahan ini menagndung antioksidan yang tinggi, seimbang dengan kandungan antiinflamasi-nya yang tak kalah melimpah.

Bahan ini bisa bekerja dengan efektif untuk melembutkan dan mengencangkan kulit. Selain itu, kandungan antioksidannya akan menangkal dampak buruk radikal bebas, mendorong perbaikan sel-sel kulit, serta mendukung produksi sel baru yang lebih sehat.

Cocoa Butter

Selain bentuk bubuknya, cocoa butter juga cukup umum digunakan dalam formula Sabun Hitam Afrika. Cocoa butter merupakan lemak alami yang diperoleh dari ekstraksi biji cacao.

Bahan ini membantu melembapkan kulit. Selain itu, cocoa butter juga kaya akan vitamin dan dapat membantu merawat hidrasi kulit, serta meningkatkan elastisitas kulit. Bahan ini juga dikatakan mampu meredakan masalah peradangan kulit akibat eczema, psoriasis, dan masalah sejenis.

Coconut Oil

Selanjutnya, coconut oil atau minyak kelapa yang mengandung asam lemak esensial tinggi. Bahan ini dapat membersihkan permukaan kulit dengan mengikat kotoran dan minyak alami, sehingga membuatnya lebih mudah terangkat dari permuakaan kulit.

Selain itu, coconut oil juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan memicu produksi kolagen. Karenanya, produk ini dapat memberikan sensasi lembut dan lembap di kulit setelah mandi.

Palm Kernel Oil

Berasal dari ekstraksi biji buah pohon palm Afrika, bahan ini memiliki kandungan asam laurat yang tinggi. Inilah yang membuat palm kernel oil dapat membantu melawan jamur dan bakteri pada permukaan kulit.

Palm Oil

Lengkap dengan senyawa antioksidan dan dua bentuk vitamin E (tochopherol dan tocotrienol), palm oil akan membantu merawat kulit berjerawat, eczema, dan meredakan kerusakan sel kulit akibat senyawa beracun dan radikal bebas.

Shea Butter

Terbuat dari kacang pohon karite, bahan alami ini membantu memperkuat skin barrier dan membantu memulihkan kulit dari kerusakan. Umumnya, shea butter digunakan untuk meredakan sunburn, peradangan, dan luka. Selain itu bahan ini juga cukup ampuh untuk mendukung produksi sel-sel baru di kulit.

Ketahui Juga: 38 Jenis Pewarna Alami dalam Skincare dan Kosmetik Organik, Apa Saja?

Manfaat African Black Soap untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Lebih dari nilai eksotis dan uniknya, yang membuat produk ini selalu direproduksi dan digunakan ratusan tahun adalah karena manfaatnya untuk kulit yang beragam.

Hadir dengan berbagai bahan dan inovasi baru, manfaat sabun hitam Afrika juga berbeda antara satu merek dengan merek lainnya. Namun secara umum, produk ini menawarkan berbagai manfaat untuk kecantikan kulit seperti berikut ini.

Membantu Merawat dan Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum dan mudah muncul. Pemicunya juga beragam, mulai dari ketidakseimbangan hormone, pola makan yang salah, hingga paparan kotoran dan radikal bebas.

Nah, kabar baiknya, African Black Soap bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat. Kandungan vitamin A dan E dalam sabun ini mampu bekerja sebagai antioksidan, sehingga dapat melawan dampak buruk radikal bebas dan meredakan inflamasi pada kulit.

Tak hanya itu, beberapa kandungan seperti coconut oil dan cocoa powder dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak pada permukaan kulit. Sehingga dapat mencegah pembentukan jerawat dan komedo. Sementara itu, palm kernel oil-nya akan membantu melawan bakteri penyebab jerawat pada kulit.

Kandungan shea butter dan ekstrak kulit pisang raja akan membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat, melembutkan tekstur kulit, dan menyamarkan bekasnya.

Mencegah Hiperpigmentasi

Karena memiliki senyawa antiinflamasi yang tinggi, Sabun Hitam Afrika juga mampu mencegah hiperpigmentasi kulit akibat peradangan. Khususnya dengan bekerja mengurangi produksi melanin pada kulit, yang dapat memicu pigmentasi pada kulit.

Meredakan Eczema

Berbagai bahan dasar yang umumnya ada dalam formulasi Sabun Hitam Afrika memiliki senyawa antiinflamasi yang baik untuk merawat kulit sensitive dan bermasalah dengan eczema. Selain itu, kandungan pelembapnya akan membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegahnya kering.

Mengurangi Bekas Luka

Kaya akan collagen booster (agen pembentuk kolagen), Vitamin E, Vitamin C, dan antioksidan, membuat Sabun Hitam Afrika bisa bekerja efektif untuk mengurangi bekas luka ataupun jerawat.

Melindungi dari Photoaging

African Black Soap membantu meepaskan sel kulit berpigmen gelap akibat sun damage, sekaligus mencegah kemunculan tanda penuaan akibat paparan sinar UV.

Senyawa antioksidan dalam sabun hitam dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan penyebab penuaan kulit dini, keriput, dan garis wajah.

Meningkatkan Warna Kulit

Menurut Byrdie, banyak pengguna African Black Soap yang menyebutkan bahwa produk ini dapat mengencangkan dan mengenyalkan kulit, serta memperbaiki tekstur kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Ahli menyebutkan kandungan daun pisang seperti arang membantu pergantian sel dan pengelupasan kulit. Selain itu, vitamin A secara bertahap membalik sel-sel permukaan kulit untuk mengungkapkan sel-sel kulit segar, yang juga akan mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Mengurangi Peradangan dan Iritasi Kulit

Sabun hitam dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi kulit, menenangkan kulit kering dan teriritasi, serta meredakan bercak kering, ruam, dan area merah.

Membantu Menyembuhkan Masalah Kulit

Kombinasi vitamin A dan eksfoliasi fisik dapat membantu meringankan gejala kondisi kulit seperti jerawat. Secara anekdot, pengguna mengatakan bahwa sabun hitam membantu mengurangi, merawat, dan membersihkan jerawat mereka serta menghilangkan komedo, psoriasis, dan eksim.

Tindakan antibakteri dapat membantu mengendalikan jerawat dan eksim, sementara shea butter, kakao, dan minyak kelapa dapat membantu melembabkan dan menenangkan psoriasis dan eksim.

Membersihkan Kulit hingga ke Pori-pori

Sabun hitam mungkin efektif untuk menghilangkan riasan karena minyak dan mentega.  Dengan prinsip suka larut seperti, komponen minyak membantu melarutkan minyak. Ini juga mengelupas dengan lembut, yang membantu membersihkan kulit dan menghilangkan kotoran.

Dan itu juga merupakan pilihan yang bagus untuk keramas rambut Anda, terutama jika Anda rentan terhadap banyak masalah penumpukan dan kulit kepala.

Mengurangi Benjolan Akibat Pisau Cukur

 Ini sering digunakan oleh pria saat bercukur karena kandungan shea butternya yang tinggi dimaksudkan untuk melindungi kulit. Pengelupasan juga membantu membebaskan rambut yang terperangkap di bawah kulit, sedangkan belerang dimaksudkan untuk menenangkan iritasi pasca-cukur. Selain itu, efek pelembab akan melembutkan rambut dan karenanya membuat pencukuran lebih mudah diatur.

Membantu Mengeksfoliasi Kulit

Abu dalam sabun hitam dapat memberikan sifat pengelupasan fisik untuk mengangkat sel kulit mati, berpotensi memperbaiki garis halus, melembutkan, dan meremajakan kulit kasar.

Kemungkinan Adanya Efek Samping dari African Black Soap

Karena bertekstur agak kasar, Sabun Hitam Afrika bisa saja menyebabkan iritasi, kulit kering, rasa perih atau rasa tak nyaman lainnya jika konsumen gunakan terlalu sering. Namun, karena formulasinya terbuat dari bahan-bahan nabati, produk ini cukup aman untuk kulit.

Untuk pengguna dengan kondisi kulit hypersensitive atau dengan eksim yang parah, ahli tidak menganjurkan penggunaan produk ini sebelum pengguna melakukan uji tempel terlebih dahulu.

Uji tempel atau patch test adalah kegiatan menguji coba produk pada kulit, dengan menempelkan sediaan pada sebagian kecil kulit tubuh untuk melihat reaksi tubuh pada produk tersebut.

Bila tak ada efek buruk yang muncul setelah uji coba, maka kemungkinan adanya alergi atau efek samping pada kulit pun cukup kecil, dan pengguna bisa menggunakan produk sebagai perawatan jangka panjang.

Cara Membuat African Black Soap Sendiri

cara membuat sabun hitam afrika

Nah, Beautypreneurs, setelah membaca soal African Black Soap di atas, apakah kamu tertartik membuat produk ini dan memasarkannya dengan brand kosmetikmu sendiri?

Pasalnya, bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa membuat Sabun Hitam Afrika ini dengan mudah, lengkap dengan legalitas BPOM. Bahkan, kamu juga bisa mengombinasikan dan menambah bahan-bahan baru dalam formula sabun tersebut, untuk membuatnya kian cocok dengan kebutuhan target pasarmu.

Tim formulator kami akan membantumu meracik formula Sabun Hitam Afrika yang tepat dan sesuai dengan keinginanmu. Sementara tim legalitas kami akan membantu menguruskan semua keperluan administrasi dan perizinan terkait produkmu.

Lantas bagaimana dengan kemasan produk? Tenang, kami juga yang akan bantu menguruskannya untukmu. Mulai dari desain kemasan box, desain kemasan stiker, hingga penyediaan kemasan primer.

Kamu hanya perlu menyiapkan konsep produk Sabun Hitam Afrika yang kamu inginkan dan mendiskusikannya bersama tim pemasaran kami.

Soal budget juga tak perlu khawatir, karena kami juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu, loh! Enggak percaya? Langsung diskusi dengan tim kami lewat Contact Us, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment